Home » Products » Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin Pencacah Pelepah Sawit atau Mesin Perajang Pelepah Sawit adalah mesin yang berfungsi untuk mencacah pelepah kelapa sawit menjadi bentuk-bentuk kecil bahkan sampai bentuk yang cukup lembut.

Penggunaan mesin ini ditujukan untuk kebutuhan pembuatan kompos, pakan ternak dan lain sebagainya.

 

Spesifikasi Mesin Pencacah Pelepah Sawit

 

Mesin Pencacah Pelepah Sawit 1
Berikut ini adalah spesifikasi mesin pencacah pelepah sawit :

Ketebalan Ruang Penghancur : Plat Baja 3 mm
Jumlah pisau : 39 Buah
Susunan : Spiral dan Knock Down
Bahan Pisau : Baja Hardening HRC Minimum : 60
Penggerak : Diesel Yanmar TS 230 R (23 hp / 2200 rpm)
Berat Mesin / Penggerak : 203 kg
Bahan Bakar : Solar
Pendingin : Radiator
Unit Kerangka : Baja UNP 60 mm x 60 mm x 4 mm
Dimensi : 1885 mm x 1120 mm x 1175 mm
Berat Keseluruhan  : 450 kg

 

Harga Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Untuk harga, anda dapat langsung menghubungi Call Center kami, anda dapat berkonsultasi tentang kebutuhan mesin anda, budget (alokasi dana) anda, dan konsultasi lainya mengenai Mesin Pencacah Pelepah Sawit.

kontak rumah mesin

Kegunaan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Perlu anda ketahui bahwasanya peranan ternak sapi untuk industri perkebunan kelapa sawit sangatlah penting. Dikarenakan antara peternakan sapi dengan perkebunan kelapa sawit merupakan model simbiosis mutualisme yang bermanfaat dan cukup efektif untuk menekan biaya pakan di sebuah industri peternakan sapi.

Dengan metode mengubah limbah pelepah sawit menjadi pakan ternak sapi menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit. Yang telah diketahui secara ilmiah bahwasanya pelepah sawit dapat menggantikan rumput sampai 80% tanpa mengurangi laju pertumbuhan bobot badan ternak.

Timbal baliknya adalah, limbah dari perkebunan kelapa sawit yang berupa pelepah sawit tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Dapat juga menjadi suatu barang yang lebih bermanfaat, dengan adanya Mesin Pencacah Pelepah Sawit atau Mesin Perajang Pelepah Sawit ini .

 

Video Proses Pencacahan atau Perajangan Pelepah Sawit dengan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

 

Keunggulan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Kami

Mesin Pencacah Pelepah Sawit kami sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha pertanian, perkekebuan, peternakan serta daur ulang limbah pelepah kelapa sawit. Mesin ini mempunyai keunggulan untuk mencincang dan memotong kecil-kecil pelepah kelapa sawit.

Bahkan hasil cacahan bisa sampai ukuran yang cukup lembut untuk kemudian diolah kembali menjadi kompos, pakan ternak atau bahkan bahan membuat biogas ataupun biomasa.

Mesin Pencacah Pelepah Sawit ini sangat penting peranannya dalam proses pembuatan pakan ternak atau kompos berbahan dasar pelepah kelapa sawit. Jangan salah pilih Mesin Pencacah Pelepah Sawit, pilihlah Mesin Pencacah Pelepah Sawit yang memang berkualitas dan dari sumber atau produsen mesin terpercaya.

 

 

Cara membuat Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Sebagai catatan bahwa Pelepah sawit memiliki karakter yang unik, serat nya tidak terlalu keras akan tetapi pada saat proses pencacahan akan susah dihancurkan, untuk itu harus dilakukan treatment khusus terhadap pelepah sawit yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk kompos organik.

Biasanya para operator Mesin Pencacah Pelepah Sawit cukup dibuat kecewa dengan hasil cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit yang tidak bagus pada saat mereka menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit, keadaan ini terjadi apabila pelepah sawit tidak dipersiapkan dengan baik.

Berikut adalah langkah pembuatan pupuk kompos dari pelepah sawit :

  1. Siapkan Pelepah Sawit dan masukkan ke mesin.
  2. Hasil cacahan mesin diberi Bioaktovator, tujuannya adalah untuk memberikan serta mengembangkan mikro-organisme yang akan mengurai hasil cacahan dari mesin tersebut.
  3. Sebagai Catatan = Bioakoivator ini bisa anda beli di toko – toko pertanian disekitar anda). Selain menambahkan Bioaktovator ke hasil cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit tadi. Anda juga dapat menambahkan kotoran sapi pada cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit tadi.
  4. Tujuannya adalah sama dengan menambahkan Bioaktivator tadi yaitu untuk memberikan serta mengembangkan mikro-organisme pada cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit.
  5. Setelah itu siapkan semua bahan yang sudah kita buat dan sediakan diatas, kemudian campur semua bahan diatas menjadi satu sampai merata.
  6. Selanjutnya buat cetakan dari bambu,caranya sangat mudah, yaitu cukup dibuat dari bambu yang dirakit dan dibentuk menjadi kubus dan diberi terpal pada bagian sisi-sisi-nya.
  7. Campuran pelepah sawit tadi kita masukkan kedalamnya secara berselang-seling, sambil diinjak-injak supaya padat.
  8. Setelah semua campuran pelepah sawit memenuhi cetakan. Kemudian yang anda lakukan adalah melepas cetakan bambu tadi dari campuran pelepah sawit.
  9. Tahapan terakhirnya adalah membungkus hasil cetakan pupuk kompos organik pelepah sawit tadi dengan terpal lalu diikat agar tidak kehujanan.
  10. Selain itu pembungkusan dimaksudkan untuk menjaga suhu dan kelembaban dari pupuk kompos organik pelepah sawit tadi. Jika kelembaban dan suhunya terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menghambat bahkan menggagalkan proses fermentasi kompos.

 

Peluang Usaha Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit

Membuat serta menggunakan pupuk kompos organik dari pelepah sawit merupakan salah satu ide cemerlang dalam mengatasi masalah keuangan terutama bagi para pelaku industri perkebunan kelapa sawit , pelepah dan juga daun kelapa sawit tidak boleh terlalu rindang tau banyak.

Jika pelepah dan daun sawit terlalu banyak maka pertumbuhannya akan sedikit terganggu , tapi jangan khawatir, kami punya solusinya, tebang atau potong saja pelepah sawit yang terlalu banyak atau melampaui jumlahnya, kemudian pelepah sawit yang sudah ditebang atau dipotong tadi.

Anda bisa manfaatkan dengan memprosesnya menjadi pupuk kompos organik bagi pohon kelapa sawit itu sendiri, cukup menguntungkan bukan? Sangat menguntungkan sekali, tapi bagaimana cara memprosesnya?

Mesin ini cenderung lebih banyak pemanfaatanya untuk penyiapan bahan baku pembuatan kompos dalam proses produksi pupuk kompos organik. Yaitupenyiapan awal ( pre treatment) untuk penyediaan bahan utama dan tambahan untuk reactor digester dalam pembangkit energi biogas.

Selain itu digunakan untuk penyediaan pakan tambahan ternak ( ruminansia) sapi.

Perolehan dari hewan ternak sapi adalah kotorannya, yang sangat bermanfaat untuk dijadikan pupuk kompos . Karena dapat meningkatkan tingkat kesuburan pohon kelapa sawit. Maka biaya alokasi untuk pengadaan pupuk pohon kelapa sawit pun dapat diminimalisir.

Tidak hanya itu, biomassa hasil pengolahan mesin yang dicampur dengan kotoran sapi yang kemudian diproses didalam reaktor digester akan mampu menghasilkan biogas.

Ternyata ada yang lebih menarik lagi, biogas hasil pemrosesan dari reaktor digester tadi, dapat diproses lagi dengan cara dimurnikan. Kemudian akan menghasilkan biometan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin, bahan bakar generator pembangkit listrik. Juga dapat digunakan untuk bahan bakar kompor biogas.

Sangat menarik bukan menjadi sebuah peluang usaha untuk Anda?

Informasi Pemesanan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Kami

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta

Call Center : 0274 287 1809
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0813 2804 2283
XL : 0878 3336 8884 / 0877 1818 2211
MENTARI : 081 666 9383

CV. RUMAH MESIN adalah produsen mesin-mesin pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, makanan, UMKM, dan industri lainnya yang membutuhkan mesin-mesin berkualitas. Kami menyediakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit berkualitas.

Jadi, masih ingin mencoba Mesin Pencacah Pelepah Sawit dari produsen lain? Atau anda masih bingung mau bagaimana? Tenang, kamilah solusi anda, dengan menghubungi Call Center kami, kami akan segera membantu anda, karena kami menyediakan layanan konsultasi yang cukup istimewa dibandingkan produsen mesin lainya.

Mesin Pencacah Pelepah Sawit kami sangat berkualitas, karena Mesin Pencacah Pelepah Sawit kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami, serta menggunakan bahan-bahan yang berkualitas juga, yang tentunya telah berstandar SNI.

Sehingga menghasilkan mesin yang pastinya berkualitas, dan tidak hanya itu, kami pastikan akan menggaransi Mesin Pencacah Pelepah Sawit untuk anda. Lebih dari itu kami juga memfasilitasi anda untuk training menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit  yang akan anda gunakan.

Info Pemesanan Rumah Mesin

By | 2017-01-06T14:56:42+00:00 December 26th, 2016|Comments Off on Mesin Pencacah Pelepah Sawit

About the Author: