Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik Terbaru 2023

Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik

Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mencacah atau menghancurkan semua jenis plastik.

Limbah plastik berupa botol plastik, ember, mainan bekas atau apapun plastik bekas, tidak akan hancur jika dibuang begitu saja. Bahkan akan menjadi limbah yang kurang sehat. Maka pemanfaatannya adalah dengan menggunakannya kembali menjadi barang-barang turunan plastik lainnya.

Caranya adalah dengan menghancurkan plastik bekas pakai dengan mesin pencacah plastik menjadi butiran kecil. Yang kemudian akan diolah kembali sesuai barang plastik sesuai keinginan.

Plastik-plastik dipisahkan terlebih dahulu sesuai jenisnya, bisa botol plastik bening sendiri, atau plastik-plastik lembaran sendiri. Pemisahan jenis limbah plastik tersebut akan memudahkan proses selanjutnya.

Untuk memanfaatkan limbah plastik, setidaknya ada beberapa tahap, antara lain mencuci plastik, mencacah plastik dan mengeringkan plastik dan mengepak plastik.

 

Spesifikasi Mesin Pencacah Plastik K75

Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik
Gambar Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik

Harga Mesin Pencacah Plastik K75

Rp. Call

Kapasitas : 75-100 Kg / Jam.
Dimensi : 1500 mm x 950 mm x 1450 mm.
Diameter Tabung : 45 cm
Panjang Tabung : 60 cm
Jumlah Pisau Gerak : 6 buah
Jumlah Pisau Diam : 2 buah
Bahan Rangka : UNP 120
Bahan Tabung : 4 mm & 8 mm
Bahan Material Pisau : Baja.
Ukuran Mesh : 2,5cm
Penggerak : Diesel.
Daya ( Power ) : 24 PK RRT.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Fungsi : Untuk Mencacah Botol Plastik, Plastik Lembaran Dan Beberapa Jenis Limbah Plastik.

 

Video Mesin Pencacah Plastik Rumah Mesin

 

Cara Kerja Mesin Pencacah Plastik

  • Pisahkan jenis plastik sesuai jenisnya sendiri – sendiri, botol saja atau plastik saja.
  • Nyalakan mesin diesel, biarkan sampai mesin beberapa saat.
  • Masukkan limbah plastik ke dalam mesin pencacah.
  • Plastik akan tercacah antara 0,5-1 cm bergantung limbahnya.
  • Setelah limbah plastik tercacah, teruskan dengan pencucian.
  • Kemudian tiriskan dan keringkan.
  • Packing.

 

Informasi dan Pemesanan Mesin Pencacah Plastik Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pencacah Plastik Untuk Limbah Plastik untuk mempermudah proses daur ulang limbah plastik anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pengolah Limbah Plastik.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa andasterlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.

 

Mekamisme Mesin Pencacah Plastik

Sebagai pengusaha yang hendak mengunakan mesin pencacah plastik, Anda harus mengetahui mekanisme dari mesin pencacah plastik terlebih dahulu, dikarenakan dengan Anda mengetahui mekanisme dari mesin pencacah plastik ini Anda kana bisa menggunakan nya dengan benar dan leluasa.

Begitu juga sebaliknya jik Anda tidak memahami mekanisme dari mesin pencacah plastik ini maka dikawatirkan Anda bisa merusak mesin nya atau melakukan kesalahan yang bisa membuat kerusakan fatal, hal ini juga perlu dilakukan karena uuntuk menghindari dari penyalahgunaan mesin.

Mekanisme kerja mesin ini telah menggunakan motor listrik sehingga memutar poros pisau agar bisa mencacah plastik dengan roda gila yang memiliki sebagai penyimpan inersia.

 

Kegunaan Mesin Pencacah Plastik

Mesin pencacah plastik umumnya digunakan untuk mencacah plastik dari hasil olahan limbah, bagi Anda yang mempunyai industri dan ingin mencacah limbah plastik maka dengan menggunakan mesin pencacah plastik ini akan sangat cocok dan tepat. Pasalh nya dengan menggunakan mesin pencacah plastik ini akan lebih cepat dan efisien dalam pengerjaan pencacahan maupun kecepatan proses.

Kegunaan menggunakan mesin pencacah plastik ini juga perlu diketahui bagi Anda yang mempunyai industri, dikarenakan mesin ini sangat bisa membantu Anda untuk membantu mengolah hasil dari limbah plastik, tentu saja mesin ini perlu perawatan dan pengendalian atau penggunaan yang baik untuk menjaga mesin dari kerusakan dan bisa membantu Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

Manfaat Limbah Plastik

Hal yang paling penting diketahui oleh Anda yaitu dengan mengetahui manfaat dari limbah plastik yang hendak Anda cacah menggunakan mesin pencacah plastik. pasalnya jika Anda mengetahui manfat dari limbah plastik ini Anda bisa memanfaatkan nya kembali daripada Anda membuang nya begitu saja.

Anda bisa memanfaatkan limbah plastik ini dengan melepaskan kreatifitas Anda, dan lebih menariknya apabila Anda berbisnis dengan hasil daur ulang limbah plastik ini maka keuntungan yang Anda dapatkan bukan main, bisa samapai jutan bahkan puluhan juta.

DI mana kaki Anda melangkah, akan Anda temui sampah-sampah yang bertaburan. Ntah itu sampah organik, seperti dedaunan, sayuran, ataupun sampah anorganik, seperti plastik, botol, dan yang lainnya. Komposisi sampah yang memiliki asal mula dari permukiman terdiri dari 75% sampah organik dan 25% sampah anorganik.

Jurnal yang berjudul Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif  juga ada kaitannya dengan sampah, khususnya anorganik yang umumnya dijumpai di lingkungan sekitar ialah sampah plastik. Menurut hasil observasi dan penghitungan, pada 2008 kemasan sampah plastik telah mencapai hingga 925 ribu ton.

Tidak bisa dipungkiri, sudah dari jaman dahulu sampah masih menjadi persoalan krusial yang sulit sekali dipecahkan. Meskipun sudah banyak penyuluhan dan sosialisasi tentang pemanfaatan sampah supaya tidak mencemari lingkungan, namun, tidak banyak masyarakat yang memedulikan hal tersebut. Bahkan dengan santainya justru merekalah subjek perusak ketenangan, kenyamanan, kebersihan, dan kerindangan alam.

Ada satu hal yang mendasar yang paling umum dilakukan oleh masyarakat, contoh saja setelah mereka makan camilan di taman, banyak ditemui seseorang membuang bungkus camilan dengan sembarangan. Hal inilah salah satu sikap dan bentuk kurang sadarnya masyarakat kita terhadap kebersihan lingkungan. Kebiasaan buruk masyarakat kita berlangsung sejak mereka masih di usia dini.

Hal itu disebabkan karena orangtua sebagai guru pertama bagi anak dan sekaligus panutan terkadang sering kita jumpai membuang sampah sembarangan. Wajar apabila kebiasaan itu ditiru buah hatinya. Oleh karena itulah, dibutuhkannya kesadaran akan pentingnya membuangan sampah pada tempatnya dan peduli terhadap kebersihan lingkungan dan ketentraman alam.

Sampah plastik, meskipun sudah telah disebut sebagai sampah dalam hal seni kreatif sampah dapat dimanfaatkan dan sangat banyak manfaat didalam sampah yang di daur ulang. Salah satu bentuk pemanfaatan sampah tersebut yaitu kita mengenal daur ulang (recycle). Kegiatan mendaur ulang sampah adalah tindakan positif atas bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Adapun sampah plastik juga bisa diolah beraneka ragam, mulai dari pembuatan tas, dompet, mainan anak-anak, bunga hias, pot, dan masih banyak yang lainya.

Sederhana itulah kata yang tepat dari pemanfaatan daur ulang sampah plastik ini. Akan tetapi, sampah plastik juga bisa membuat dan membuka peluang seseorang dalam berbisnis. Hal itu sudah dibuktikan oleh banyak orang yang berbisnis dengan plastik yang di daur ulang lalu menjualnya kembali, dengan kreatifitas yang Anda punya Anda bisa mengubah sampah plastik menjadi sesuatu yang menggiurkan dan menguntungkan dalam skala yang besar hingga jutaan, bahkan miliaran.

Dari hal tersebut, kita bisa mengubah pandangan sampah dari yang kita lihat sebagai bahan yang terbuang atau dibuang dari hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang tidak memiliki nilai ekonomi. Karena sampah kini bisa disulap menjadi barang yang lebih bermanfaat lewat proses daur ulang, dan sekarang sampah atau hasil buangan limbah juga memiliki nilai ekonomis.

Sudah dibuktikan bahwa di balik sampah yang dianggap membawa penyakit itu ternyata mempunyai manfaat sendiri apabila seseorang mampu memanfaatkan nya dengan baik. Mendaur ulang untuk menciptakan suatu produk baru yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat lainnya. Dan pada akhirnya sampah memiliki nilai ekonomis, maka jangan sesekali kita menganggap sampah adalah suatu barang yang tidak dapat digunakan lagi.

Justru ketika anggapan itu muncul pada Anda, dengan tanggapan dan kepekaan Anda membuat suatu percobaan agar sampah tersebut dapat digunakan kembali dan terlihat seperti produk baru. Cintailah lingkungan Anda dengan menjaga keberadaannya dan kelestariannya. Apabila Anda menjaga kebersihan, sudah bisa dipastikan lingkungan akan membawa Anda berkah di kehidupan.

 

Hasil Daur Ulang dari Limbah Plastik

Anda juga perlu mengetahui beberapa kerjainan yang berasal dari limbah plastik yang didaur ulang, hal ini perlu dilakukan supaya Anda bisa menjadikan nya sebagai referensi ketika Anda hendak membuat kerajinan atau hendak mendaur ulang plastik.

Denga mempunyio banyak waktu luang pastinya menjadi privilege tersendiri bagi Anda. Bagaimana tidak, Anda bisa melakukan berbagai ragam kegiatan bermanfaat yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Contohnya, mendaur ulang atau memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang indah dan layak dijual.  Terlebih lagi sekarang gaung no plastic bag makin kerap diterapkan pada berbagai wilayah di Indonesia.
Jika di rumah Anda masih banyak limbah plastik dari botol bekas, kantong kresek, bungkus makanan, ataupun kemasan produk rumah tangga lain yang berbahan dasar plastik, maka disarankan untuk Anda mendaur ulang nya. Anda hanya butuh sedikit kreativitas, semua sampah Anda bisa diubah menjadi barang yang bermanfaat.
Daur ulang plastik merupakan kegiatan mengelola dan memanfaatkan plastik bekas supaya dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang berguna bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual yang tinggi. Tindakan ini memiliki tujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan dari masyarakat yang suka membuang plastik sampah sembarangan.
Plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai. Selain itu, membakar sampah plastik bisa menyebabkan polusi udara yang lama kelamaan bisa memicu bahaya bagi kesehatan. Untuk itu, Anda bisa mengolah plastik tersebut menggunakan mesin pencacah plastik lalu menyulapnya menjadi barag yang memiliki ilai jual yang tinggi.
Berikut ini adalah beberapa contoh Kerajinan Daur Ulang Plastik :
1. Kerajinan Dari Botol Plastik
Jenis kerajinan dari botol plastik ini sangat banyak diminati sebabkarena proses pengerjaannya yang mudah dan simpel. Hanya perlu ide dan beberapa alat yaitu gunting, lem, cat, dan pernak-pernik lainnya, botol plastik bisa disulap menjadi berbagai mainan menarik untuk anak tersayang.

2. Kerajinan Dari Plastik Kresek

Apakah Anda masih mempunyai stok kantong yang plastik tidak terpakai di rumah. Jika Anda mempunyainya maka disarankan untuk Anda menjadikan kantong plastik tersebut menajdi kerajinan tangan. Ide kerajinan dari plastik kresek yang dapat Anda tiru yaitu bunga atau tanaman artificial, pouch serbaguna, ataupun vas yang ekonomis.

3. Limbah Plastik Bungkus Kopi

Sementara limbah plastik bungkus kopi juga tak kalah keren untuk disulap. Bagi Anda yang pecandu kopidaripada bungkusnya dibuang begitu saja lebih baik bungkusnya diolah ke barang fungsional. Biasanya, limbah plastik bungkus kopi bisa dikreasikan menjadi tas, dompet, tempat tisu, sampai bingkai foto.

4. Menyulap Botol Plastik Jadi Anting

Mungkin Anda akan terkejut dengan mengetahui fakta bahwa botol plastik dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat anting. Dengan Anda mengolat tutup dari botol nya lalu dibentuk menjadi seperti hiasan telinga atau anting.
5. Bungkus Bekas Jadi Tas Cantik
Terdapat banyak bungkus atau kemasan bekas produk rumah tangga di rumah Anda pastinya. Tapi pernahkah Anda terpikir untuk menjadikan bungkus bekas sampah tersebut menjadi kerajinan dari plastik yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Cara Merawat Mesin Pencacah Plastik

Bagi Anda yang hendak mencacah plastik hasil limbah maka sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan mesin pencacah plastik ini, menggunakan alat apapun jika tidak dirawat dengan baik dan enar maka sama saja Anda merusak mesin tersebut. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat mesin pencacah plastik ini dengan baik dan benar.

Jika Anda tidak mengetahui cara merawat mesin yang Anda beli atau yang akan Anda pakai maka dikhawatirkan mesin yang Anda gunakan bisa rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, hal itu pun bisa berpengaruh ke hasil dari olahan tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Cara merawat mesin pencacah plastik ini dapat dikatakan mudah bahkan bagi seorang pemula, Anda hanya perlu memeriksa pada bagian komponen-komponen mesin tersebut dan pada bagian mesin nya juga, mungkin pada bagian mesinnya mengalami kendala dan kerusakan maka segera lah bawa mesin pencacah plastik ini ke service alat atau service mesin terdekat agar masalah dapat segera diatasi dan mesin bisa digunakan kembali dengan normal.

Tidak hanya di cek saja, melainkan mesin pencacah plastik ini juga memerlukan perawatan kebersihan secara rutin supaya mesin terjaga dari serangga dan debu yang menempel pada alat tersebut. Bersihkanlah pada bagian input yang sudah tersedia di alat tersebut dan bersihkan juga pada bagian output nya serta bersihkan juga pada bagian sekitar mesin agar mesin aman dari serangan serangga-serangga yang dapat merusak mesin seperti tikus dan serangga yang lainya.

Dengan Anda menjaga kebersihan mesin pencacah plastik maka Anda akan merasa nyaman dalam menggunakan alat tersebut, cara pembersihannya umumnya dibersihkan alat pada setiap sebelum dan sesudah digunakan maka mesin pencacah plastik ini akan terjaga dari kotoran yang menempel dan terjaga dari kerusakan atau kendala yang bisa membuat mesin menjadi rusak.

Tidak hanya itu saja, gunakanlah mesin dengan bijak dengan menggunakannya secara tepat dan tidak secara berlebihan, gunakan lah alat seperlunya saja dan tidak melebihi batasan dari kapasitas yang dimilki mesin pencacah plastik ini. Hal ini perlu dilakukan karena jika Anda menggunakan mesin secara berlebihan akan membuat mesin mengalami kerusakan mesin atau membuat mesin terlalu panas sehinga dapat memicu kendala pada mesin.