Home » Products » Mesin Perontok Cengkeh

Mesin Perontok Cengkeh

Tentang Bunga Cengkeh

Cengkeh adalah tanaman asli indonesia dan menjadi salah satu andalan rempah-rempah dunia. Dari tanaman cengkeh ini akan menghasilkan bunga cengkeh yang menjadi komoditas utama dari pohon ini. Pada saat panen, bunga cengkeh yang dipetik dari batangnya harus dipisahkan, dan untuk memisahkan antara bunga cengkeh dan batangnya, menggunakan mesin perontok cengkeh.

 

Mesin Perontok Cengkeh

Mesin perontok cengkeh adalah alat dan mesin yang digunakan untuk merontokkan bunga cengkeh dari batangnya. Dan bagi anda yang bergerak di industri yang berhubungan dengan cengkeh, kami adalah salah satu perusahaan yang  bisa memproduksi mesin perontok cengkeh.

Dengan adanya mesin perontok bunga cengkeh ini, tentunya akan mempermudah anda dalam merontok dan memisahkan bunga cengkeh. Bahkan jauh lebih singkat waktunya dibanding dipisahkan sendiri.

Mesin pemisah bunga cengkeh atau mesin perontok cengkeh ini dirancang untuk mengatasi masalah pemisahan bunga cengkeh dari tangkai yang sangat lama dan membosankan.

Pada mesin ini terdapat dua sistem mekanisme utama yaitu : mekanisme perontok dan mekanisme pemisah.

Pada mekanisme perontok digunakan dua buah sikat yang berputar saling berlawanan arah dengan kecepatan tertentu. Sementara pada mekanisme pemisah digunakan length Grader.

Dari hasil pengujian performa mesin ini diperoleh hasil sebagai berikut : kapasitas mesin 137 kg/jam cengkeh basah, tingkat kebersihan bunga 95,63 %, tingkat kehilangan bunga 8,5%, dan tingkat kerusakan bunga 0 %.

 

Mesin Perontok Cengkeh

 

 

Spesifikasi

  • Kapasitas 50 kg /jam
  • Penggerak Elektro Motor 1 Hp
  • Dimensi 200 x 75 x 175
  • Rangka Besi Siku
  • Dilengkapi dengan penyaring berputar bertingkat

 

Cara Kerja Mesin Perontok Cengkeh

  1. siapkan mesin perontok cengkeh, pastikan semua terpasang pada tempatnya juga pastikan untuk kelistrikan berjalan dengan baik.
  2. Setelah semuanya siap, nyalakan pengggerak. Penggerak bisa memakai listrik 700 watt, atau bisa mengggunakan mesin dengan penggerak motor bensin.
  3. Setelah penggerak bisa menyala, perhatikan setiap gerakan mesin perontok, apakah ada hal yang kurang baik, ataukah sudah berjalan sesuai peruntukkanya, seperti van belt yang sering lepas atau mur baut harus diperhatikan
  4. setelah dipastikan semua berjalan dengan baik, masukkan bunga cengkeh ke dalam hopper bagian atas. Untuk bunga cengkeh yang dirontokkkan adalah minimal sudah berumur 1 hari sejak cengkeh itu dipetik dari batangnya atau disebut dengan pelayuan cengkeh. Pelayuan tersebut berfungsi untuk mengurangi getahnya, dan untuk mengurangi tingkat kepatahan pada bunga cengkeh yang dirontokkan memakai mesin ini.
  5. Bunga cengkeh yang melewati alat perontok dalam input masukkan, akan merontokkan bunga cengkeh dan batangnya.
  6. Selanjutnya bunga cengkeh akan melewati saringan. Jumlah saringan terdapat 3 buah saringan. Fungsinya untuk memisahkan batang dan bunga cengkeh. Bunga cengkeh akan keluar melalui saringan dan tangkainya akan lolos lurus melewati saringan.
  7. dan Hasil outputnya berupa 1 tempat untuk batang dan 2 tempat saringan untuk bunga cengkeh.

Video Cara Kerja Mesin perontok Bunga Cengkeh

Untuk memperjelas bagaimana sistem perontokkan cengkeh ini berjalan, baiknya anda bisa melihat sistem kerja mesin perontok bunga cengkeh kami, dibawah ini :

Kelebihan Mesin Perontok Cengkeh Kami

  1. Mesin berjalan stabil dan mampu merontokkan bunga cengkeh dengan rendemen +-90-95 %. artinya 90 % bunga cengkeh terontok dan sisanya sktr +- 10 % harus diulang kembali.
  2. Mesin sudah teruji dan terbukti banyak di pakai oleh para petani cengkeh dari tulungagug, pacitan, manado, palu dan lain-lain
  3. Penggerak mesin bisa di switch atau ditukar menggunakan listrik atau motor bensin
  4. Bahan terbuat dari bahan berkualitas, sehingga awet untuk pemakaianya
  5. Efektif, efisien dan terjangkau harganya

Info Pemesanan Rumah Mesin

By | 2016-12-26T08:48:27+00:00 February 3rd, 2015|Comments Off on Mesin Perontok Cengkeh

About the Author: