Home » Artikel » Artikel Proses » 3 Jenis Ikan Populer Sebagai Bahan membuat kerupuk Ikan

3 Jenis Ikan Populer Sebagai Bahan membuat kerupuk Ikan

 

Dalam pembuatan kerupuk ikan, tepung memang menjadi salah satu bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kerupuk, namun untuk pembuatan kerupuk ikan sendiri, tepung di alihkan dengan menggunakan daging ikan. Daging ikan memang menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan kerupuk ikan.

Daging ikan yang memang mengandung banyak protein dan kandungan lain nya akan memberikan rasa gurih pada kerupuk. Kerupuk ikan juga memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kerupuk jenis lain nya, mengingat bahan dasar yang digunakan adalah ikan yang memang harga nya juga lebih mahal di bandingkan dengan bahan pembuatan kerupuk jenis lain nya.

 

Kerupuk Ikan Tengiri

 

Biasanya ikan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan memang bukan sembarangan ikan, sehingga harga nya juga akan berbeda-beda. Daging yang digunakan biasanya berwarna putih. Penggunaan daging ikan yang berwarna terang memang bertujuan agar hasil dari kerupuk ikan tersebut memiliki warna yang bagus dan kerupuk lebih kenyal dan padat, namun bukan berarti tidak ada produsen yang menggunakan ikan berdaging merah atau gelap dalam pembuatan kerupuk ikan ini.

Ikan yang berdaging putih memang memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti aktin, myosin yang akan mengikat adonan menjadi lebih kuat dan tidak mudah buyar. Namun bukan berarti semua jenis ikan yang berwarna putih juga digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan. Ada juga ikan yang berwarna putih yang membutuhkan perekat.

Dan berikut ini kami akan mengulaskan tentang 3 Jenis Ikan yang Bisa Digunakan sebagai bahan membuat Kerupuk Ikan:

  1. Ikan Tenggiri

Ikan Tengiri

Jenis ikan ini memang cocok untuk digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan, selain memang karena ikan ini mudah untuk didapatkan di pasaran, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang. Ikan ini memiliki warna perak dan kehitaman di bagian sirip atasnya. Ikan tenggiri juga sering digunakan dalam pembuatan pempek, siomay, ataupun pembuatan bakso karena memang tekstur daging nya lembut, jadi tidak heran jika banyak juga produsen yang menggunakan daging ikan tenggiri dalam pembuatan kerupuk ikan.

  1. Ikan Gabus

Ikan Gabus

Ikan gabus yang juga memiliki harga yang cukup mahal serta mengandung banyak protein yang bermanfaat bagi kesehatan dan menambah albumin ini memang menjadi salah satu jenis ikan yang juga banyak digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan.

Ikan ini memiliki kepala yang besar, dan agak gepeng menyerupai kepala ular, tubuhnya bulat dan memanjang. Warna nya hitam kecoklatan serta di bagian bawahnya berwarna putih. Selain untuk pembuatan kerupuk ikan, ikan gabus ini juga bisa anda gunakan dalam pembuatan pempek. Hal ini dikarenakan tekstur daging nya yang lembut dan rasanya yang gurih sehingga hasil yang akan di dapatkan juga akan semakin gurih. Ikan ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pasaran.

  1. Ikan Belida

Ikan Belida

Ikan belida ini juga menjadi salah satu ikan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan, dan juga banyak digemari oleh masyarakat. Ikan yang memiliki punggung seperti pisau yang meninggi dan bagian perut yang tampak lebih lebar dan pipih ini memang memiliki rasa yang gurih dan enak sehingga tidak heran jika di gunakan dalam pembuatan kerupuk ikan.

Biasanya ikan belida ini tumbuh di sungai yang airnya tenang, ikan ini memiliki ciri corak bulat-bulat di bagian tubuhnya. Ikan ini rasanya khas, namun sulit untuk di dapatkan di pasaran, sehingga tidak begitu banyak produsen yang bisa memproduksinya secara konsisten.

Ketiga ikan tersebut memang menjadi ikan yang paling banyak digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan, disamping dagingnya yang halus, ikan ini juga mudah untuk diolah menjadi kerupuk ikan. Untuk tulangnya yang memang berbentuk besar, anda bisa menggunakan mesin pemisah daging agar anda lebih mudah dalam mengolah ikan tersebut menjadi kerupuk ikan.

Demikian informasi tentang 3 Jenis Ikan yang Bisa Digunakan sebagai bahan membuat Kerupuk Ikan yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

By | 2017-10-18T16:38:06+00:00 April 27th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 3 Jenis Ikan Populer Sebagai Bahan membuat kerupuk Ikan

About the Author: