Home » Artikel » Artikel Proses » 4 Tips Cara Membuat Keripik Sayur Yang Buat Anda Ketagihan

4 Tips Cara Membuat Keripik Sayur Yang Buat Anda Ketagihan

Anda sudah pernah coba cemilan sehat keripik sayur? Meskipun Kripik Sayur mungkin terdengar dan bahkan melihat-agak aneh, Tapi setelah makan satu gigitan saja pasti Anda akan ketagihan.


Cara membuat keripik sayur

www.sidomi.com

Hal ini yang menjadikan keripik sayur disukai semua kalangan  Resep ini mudah akan membantu Anda menambahkannya ke diet Anda dengan cara yang menyenangkan dan lezat. Mau tau tips membuat keripik sayur?

Berikut tips membuat keripik sayur renyah dan bikin ketagihan.

  • Potong tipis.

Carrot-Sliceswww.wanderingdinda.com

Gunakan pisau yang tajam untuk memotong sayuran yang akan digunakan. Sehingga, mampu menghasilkan potongan setipis mungkin. Inilah bagian yang penting dalam membuat keripik sayur Potongan yang tipis membuat keripik sayur menjadi renyah, renyah – rapuh makanan ringan jauh lebih baik bagi Anda daripada asin, lemak, ultra-olahan makanan ringan karena kale adalah salah satu nutrisi-makanan kemasan yang paling di sekitar.

  • Sayuran kering.

Untuk bayam yang baru dicuci, pastikan airnya sudah dikeringkan. Untuk memotong kentang, wortel atau ubi, selain menggunakan pisau tajam bisa juga dengan menggunakan peeler makanan agar potongannya tipis.

  • Jemur Sayuran.

penjemuranwww.budidayacaraalam.blogspot.com

Setelah sayuran selesai dipotong, jemur sebentar untuk memastikan kandungan airnya mengering. Kemudian, sayuran bisa dibumbui dengan garam, lada, atau cabai bubuk.

  • Balur tepung.

balur tepungwww.djowoklaten.com

Balur sayuran ke dalam campuran sedikit tepung terigu yang sudah ditambahkan dengan tepung kanji dan sedikit garam. Goreng menggunakan api besar. Bila warna sudah berubah kecoklatan, angkat, tiriskan dan dinginkan. Untuk opsi yang lebih sehat, gunakan minyak zaitun atau pun air fryer yang tidak menggunakan minyak.

Bagaimana? penasaran ingin membuat keripik sayur. Itulah beberapa tips cara membuat keripik buah keripik sayur yang renyah. Selain rasanya yang renyah kandungan dari keripik sayur juga tetap terjaga.

Pertanyaannya, jika sayuran yang dibuat menjadi keripik, apakah kandungan nutrisi dari sayuran tersebut masih banyak atau justru malah sudah rusak?

Nah ini jawabannya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Setyawan et. al., kandungan gizi dari keripik sayuran yang diolah dengan menggunakan penggoreng vakum tidak rusak dan ternyata relatif masih tinggi. Seperti pada keripik buncis, masih terkandung total karotenoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena berfungsi sebagai antioksidan. Demikian juga untuk sifat kimia yang lain seperti protein, vitamin C, kalsium, serat kasar, dan asam lemak bebas (FFA) yang jumlahnya masih tinggi pada produk keripik sayuran.

Mengapa bisa demikian?

Karena proses penggorengan vakum dengan mesin vacuum frying berada dalam sebuah sistem tertutup yang tidak membutuhkan suhu kerja yang tinggi. Hanya dengan suhu 80-90 ?C saja minyak goreng sudah mendidih dan dapat digunakan untuk menggoreng buah-buahan atau sayuran segar. Struktur ikatan hidrokarbon pun juga tidak rusak sehingga minyak goreng dapat digunakan berkali-kali dalam proses penggorengan vakum. Minyak goreng ini tetap aman dan tidak akan menjadi bahan pemicu terjadinya kanker (karsinogenik) meskipun digunakan berkali-kali. Jadi kesimpulannya adalah kandungan gizi buah-buahan atau sayuran segar tidak berbeda jauh dengan keripik buah atau keripik sayuran yang dihasilkan dengan menggunakan mesin vacuum frying.

Sekian tips membuat keripik sayur yang bikin anda ketagihan.

By | 2017-11-04T08:53:41+00:00 January 13th, 2016|Artikel Proses|Comments Off on 4 Tips Cara Membuat Keripik Sayur Yang Buat Anda Ketagihan

About the Author: