7 Manfaat Kerupuk Ikan Yang Baik Untuk Kesehatan

7 Kandungan Bermanfaat Yang Ada Pada Kerupuk Ikan

Ini dia manfaat kerupuk ikan yang perlu Anda ketahui, kerupuk ikan merupakan hasil olahan laut yang kaya akan kandungan gizinya, berikut ulasannya.

Indonesia merupakan Negara yang memang sangat kaya akan kekayaan alamnya, apalagi kekayaan laut nya yang begitu melimpah, Indonesia yang memiliki banyak pulau memang memiliki kekayaan laut yang sangat luar biasa. Bahkan keanekaragaman penghuni laut Indonesia sangat banyak.

7 Kandungan Bermanfaat Yang Ada Pada Kerupuk Ikan

Ikan yang merupakan salah satu hasil laut juga menjadi salah satu jenis makhluk hidup di laut Indonesia yang sangat banyak jenisnya. Dengan banyaknya jenis ikan serta jumlahnya, tentu ini harus di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang tinggal di daerah penghasil ikan atau dekat dengan laut.

Ikan yang memang salah satu makanan yang banyak mengandung protein yang bermanfaat bagi pertumbuhan memang menjadi salah satu bahan makanan yang banyak dicari oleh masyarakat. Bahkan sudah menjadi sebuah kebutuhan premier bagi sebagian masyarakat. Oleh karena itulah banyak orang yang memanfaatkan ikan yang rasanya enak tersebut sebagai bahan baku pembuatan produk lain nya.

Saat ini ikan bukan hanya digunakan sebagai bahan makanan utama sebagai lauk saja. Namun ikan sudah memiliki banyak sekali jenis produk yang memang terbuat dari daging ikan. Salah satunya adalah kerupuk ikan. Produk yang terbuat dari daging ikan dan tambahan beberapa bahan lain ini memang banyak diburu oleh masyarakat, apalagi yang suka dengan kerupuk.

Kerupuk yang sangat cocok dijadikan cemilan ringan atau pendamping ketika makan ini memang menjadi salah satu primadona. Apalagi dengan hadirnya kerupuk ikan yang memberikan rasa lebih gurih dan enak. Cara membuatnya pun mudah dengan menggunakan mesin pembuat kerupuk Anda sudah bisa membuat berbagai macam kerupuk. Apalagi bisnis kerupuk ikan memang sangat menjanjikan. Bisnis kerupuk ikan tidak memerlukan modal yang besar cukup dengan menyediakan mesin pembuat kerupuk Anda sudah bisa meraup omzet yang lumayan. Kandungan yang dimiliki ikan memang sangat baik untuk tubuh manusia. Apalagi dengan adanya kerupuk ikan, maka orang yang tidak suka makan ikan sekalipun akan bisa makan kerupuk ikan dan mendapatkan banyak manfaat dari kandungan ikan.

Kandungan Gizi Kerupuk Ikan

Selain mengkonsumsinya, tentu anda juga harus tahu kandungan gizi ikan yang ada, dan berikut kami akan mengulaskan kandungan ikan segar per 100 gram:

  • Kandungan air sebanyak 76 %
  • Protein 17 %
  • Lemak 4.5 %
  • Mineral dan vitamin 2,52 % – 4,5 %

Ikan segar memang tidak bisa bertahan dengan lama, sedangkan hasil dari ikan yang ada di lautan Indonesia sangat melimpah. Oleh karena itulah kerupuk ikan menjadi salah satu alternative lain untuk mengawetkan ikan dengan cara mengolahnya menjadi kerupuk ikan. Dengan adanya kerupuk ikan, maka peningkatan produksi dalam sektor perikanan menjadi lebih terbantu dan meningkat.

Kandungan ikan segar di atas memang baik bagi manusia, namun apakah setelah di jadikan kerupuk ikan, kandungan nya masih sama? Tentu ada beberapa perbedaan. Namun kandungan yang bermanfaat seperti protein misalnya, itu masih tetap ada dalam jumlah yang hampir sama seperti ikan segar. Sehingga kerupuk ikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

Hal ini dikarenakan dalam pengolahan kerupuk ikan tidak ditambahkan bahan yang bisa membahayakan ataupun dilakukan nya proses yang mampu mengurangi kualitas kerupuk ikan. Namun kerupuk ikan mengandung banyak manfaat tentu di dapatkan dari ikan yang masih segar. Jadi setiap kerupuk ikan belum tentu memiliki kandungan yang sama. Semuanya tergantung dari bahan yang digunakan serta proses pengolahan yang dilakukan.

Untuk mendapatkan olahan kerupuk ikan yang berkualitas bagus, tentu anda harus menggunakan mesin kerupuk ikan karena dengan begitu kerupuk ikan tersebut masih memiliki banyak kandungan bermanfaat dari ikan segar tersebut.

Kandungan Dalam Kerupuk Ikan

Dan berikut ini kami akan mengulaskan kandungan 7 kandungan bermanfaat yang ada pada kerupuk ikan:

  • Karbohidarat 65,6%
  • Protein 16%
  • Air 16,6 %
  • Lemak 0,4%
  • Kalsium 2,0%
  • Fosfor 20,0%
  • Zat besi 0,1%

Itulah 7 kandungan bermanfaat yang ada pada kerupuk ikan yang ternyata tidak jauh berbeda dengan kandungan ikan segar, meskipun ikan tersebut sudah di olah dan dijadikan makanan ringan, oleh karena itu anda bisa mengganti makanan ikan menjadi kerupuk ikan sebagai alternative lain untuk memakan ikan yang memiliki gizi tinggi.

Baca Juga : 5 Manfaat Kerupuk Ikan Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Anda tentu sudah tahu apa manfaat dari karbohidrat, atau kandungan lain nya yang ada di kerupuk ikan tersebut, karbohidrat yang bermanfaat untuk menambah energy dan bisa membuat seseorang yang memakan nya merasa kenyang, protein juga bagus untuk pertumbuhan otak, kalsium bagus untuk pertumbuhan tulang manusia. Zat besi membantu ketahanan tubuh dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran jika kandungan dari ikan atau kerupuk ikan juga banyak dicari serta bermanfaat bagi orang yang memakan nya.

Demikian informasi tentang 7 kandungan bermanfaat yang ada pada kerupuk ikan yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membuat kerupuk ikan atau mengkonsumsi kerupuk ikan. Serta bisa membantu agar anda mengetahui kandungan kerupuk ikan dengan jelas dan mengetahui manfaat nya lebih dalam. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •