Dampak covid-19 begitu terasa bagi para pengusaha di berbagai sektor. Baik di sektor industry, makanan, pariwisata, properti, dan sektor-sektor tersier lainnya. Berbagai usaha saat ingi mengalami penurunan omzet atau bahkan harus tutup usaha. Bahkan, beberapa pelaku usaha memilih untuk memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya karena tak sanggup untuk membayar gaji karyawan.

Rumah Mesin, sebagai salah satu pelaku usaha di bidang produksi mesin-mesin untuk kegiatan UMKM juga mengalami dampak dari wabah covid-19 ini. Omzet perusahaan juga mengalami penurunan dikarenakan jumlah mesin yang dikirimkan menurun.

Gambar Ilustrasi Grafik Penjualan

Penurunan pengiriman mesin biasanya terjadi pada awal tahun. Ditambah dengan adanya pandemik covid-19 ini , jumlah penurunan pengiriman mesin masih berlangsung sejak bulan Februari 2020 hingga sekarang. Presentase penurunan jumlah pengiriman mesin kurang lebih 5%. Meskipun demikian, perusahaan optimis bisa segera bangkit setelah pandemik ini berakhir.

Adapun pengiriman mesin di bulan April 2020 untuk kegiatan usaha kecil menengah seperti mesin hand sealer, vacuum sealer, continuous sealer, pemanggang sosis, pemotong buah dan sayur, mesin giling daging, filling cairan, cup sealer, blender, termos, dan wrapping. Mesin-mesin tersebut bisa dikatakan mendominasi pengiriman dibandingkan dengan mesin-mesin lainnya di bulan ini.

Ilustrasi Gambar Mesin

Kemudian untuk pengolahan kelapa antara lain mesin kristalisator gula semut, oven gula semut dan pencungkil batok kelapa. Selain kategori mesin-mesin tersebut masih ada beberapa mesin lain yang dikirimkan seperti mesin press hidrolik, pencacah multifungsi, destilasi minyak atsiri, dan perontok bunga cengkeh.

Ilustrasi Gambar Mesin

Sekitar 25%, mesin dikirimkan ke beberapa wilayah di DIY. Sementara sisanya dikirimkan ke Jakarta, Cirebon, Kudus, Polewali Mandar, Bandung, lampung, Depok, Bali, Cepu, Lampung, Balikpapan, Sulawesi Tengah, Surabaya, dan Kuningan. Terlebih saat ini beberapa daerah sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga untuk pengiriman mesin sedikit terhambat dengan adanya penutupan beberapa wilayah.

Untuk mengatasi penurunan tersebut, Rumah Mesin berupaya semaksimal mungkin agar tetap bertahan dan segera bangkit dari kondisi ini.  Rumah Mesin juga terus berusaha mendorong masyarakat maupun pelaku UMKM agar mencari peluang usaha di tengah kondisi seperti sekarang ini dengan menggunakan mesin tepat guna agar usaha dapat berjalan dengan maksimal.

Harapannya, pandemik ini segera berakhir dan semua aktivitas berjalan normal kembali.