Jenang di kalangan masyarakat Jawa khususnya di wilayah Surakarta sudah melekat dari zaman kerajaan hindu-budha dan era walisongo hingga sekarang. Jenang, makanan tradisional khas penduduk Jawa yang terbuat dari beras putih dan beras ketan. Jenang adalah makanan yang kerap hadir sebagai pelengkap di berbagai acara penting seperti hajatan pernikahan, selamatan ibu hamil, selamatan bayi yang baru lahir dan masih banyak lagi berbagai acara adat maupun keagamaan. Segala macam acara adat maupun keagamaan tersebut tidak pernah lepas dari kehadiran jenang, makanan ini diyakini muncul dari kreativitas masyarakat setempat.

Jenang bukanlah sekedar makanan tradisional yang khas digemari oleh penduduk Jawa. Lebih dari itu, ternyata jenang memiliki filosofis dan simbol-simbol yang diyakini oleh masyarakat di daerah Jawa. Selain sebagai rasa syukur dan terimakasih kepada-Nya, jenang juga dijadikan sebagai simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat masyarakat Jawa. Jenis-jenis simbol antar jenang satu dengan lainnya berbeda-beda mengingat ada banyak jenis jenang yang terkenal di Pulau Jawa.

Sejarah Jenang

jenang

Eksistensi makanan manis ini di kalangan masyarakat Jawa memang sudah mulai luntur khususnya di kota-kota besar. Namun, di wilayah Surakarta yang masih terdapat kerajaan yang sudah ada dari zaman Hindu-Budha, makanan ini sangat melekat pada setiap acara yang diadakan oleh masyarakat. Makanan yang berbahan dasar tepung beras dan tepung ketan ini sering hadir dalam acara hajatan dan selamatan seperti, pernikahan, selamatan ibu hamil, selamatan bayi baru lahir, dan masih banyak lagi.

Berbagai jenis jenang yang cukup terkenal memiliki makna yang berbeda-beda. Contoh seperti Jenang Sum-sum, Ketan Hitam, Procot, masih banyak lagi yang lainya dan memiliki filosofi yang khusus. Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya, makanan ini menjadi sebuah simbol doa, harapan, persatuan, dan semangat masyarakat. Masing-masing dari setiap jenisnya juga menjadi simbol yang berbeda pada setiap acara.

Sejarawan dari Universitas Sanata Dharma, Bapak Heri Priyatmoko menemukan dalam Serat Lubdaka karya dari Empu Tanakung. “Penulis dari kitab Serat Lubdaka ini hidup di Zaman Kerajaan Kediri atau di sekitar abad XII,” kata Bapak Heri Priyatmoko. Masakan yang berupa jenang atau bubur telah tercatat didalam kitab itu.

Kitab kuno yang lebih lengkap dalam menulis tentang jenang adalah Kitab Serat Tatacara yang ditulis Ki Padmasusastra pada sekitar tahun 1893. Menurut Bapak Heri, kitab itu mendokumentasikan tenteng jenis jenang, bahan hingga penggunaannya di dalam tradisi masyarakat.

Sedangkan sejarawan dari Universitas Sebelas Maret, Tundjung Sutirto mengatakan ada hal yang menarik pada penyajian makanan manis berbentuk bubur dalam budaya Jawa. “Jenang selalu disajikan dalam acara upacara maupun selamatan,” kata dia. Sangat jarang jenang di sajikan dalam upacara kematian maupun peringatan kematian di Jawa. Oleh karena itu, Tundjung menyimpulkan makanan ini sebagai simbol sebuah kehidupan.

Apa sih, Jenang itu ?

macam macam jenang

Dalam KBBI jenang adalah bubur ketan atau jenang bisa juga disebut dodol. Di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Solo dan Yogyakarta jenang adalah penyebutan untuk bubur dan sejenisnya.

Menurut pakar kuliner, yaitu Bondan Winarno menyatakan bahwa penyebutan jenang maupun dodol sama saja. Tapi dia lebih cenderung menyebut jenang yang bubur dengan sebutan bubur saja. Menurut Heri Priyatmoko, seorang sejarawan, mengatakan bahwa bubur yang di keraskan adalah dodol.

Jenang Sumsum

Jenang Sumsum hd

Jenang sumsum ini terbuat dari tepung beras putih yang dicampur dengan tepung beras ketan sedikit kemudian ditaburi dengan gula merah atau gula putih di atasnya. Selain dari warnanya yang putih bersih, jenang sumsum juga diyakini sebagai simbol kebersihan hati dan kesejahteraan, jenang ini kerap disuguhkan ketika ada acara pernikahan dan dipercaya dapat mendatangkan kesehatan, berkah, dan juga kekuatan bagi pasangan serta panitia acara hajatan.

Jenang Sumsum atau banyak di sebut juga dengan nama Bubur Sumsum. Banyak orang yang memilih jenang/bubur sumsum sebagai konsumsi sarapan yang ringan namun mengenyangkan. Karena teksturnya yang lembut dan gurih begitu cocok untuk dikonsumsi di pagi hari ditambah dengan wanginya santan dan manisnya gula merah yang dicairkan. Selain itu, cara bikin jenang sumsum atau bubur sumsum ini juga bisa dibilang tidak begitu sulit. Kamu tidak perlu pandai memasak untuk bisa membuat jenang sumsum yang enak dan lezat.

Kandungan Dalam Jenang Sumsum

Adapun bahan baku bubur sumsum, yakni tepung beras diyakini mengandung banyak nutrisi, antara lain ada mineral, vitamin dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus ataupun sistem pencernaan secara umum. Karena mengandung karbohidrat, tepung beras juga bisa menjadi pengganti nasi serta sumber energi.

Sedangkan bahan santannya yang mengandung lemak jenuh, antara lain dapat membantu meningkatkan energi. Bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena bersifat sebagai antibakteri juga antivirus. Tak ketinggalan, santan kelapa juga dapat mencegah serta melawan radang tenggorokan. Lalu sirup atau juruh terbuat dari gula Jawa ataupun gula aren membantu meningkatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh. Pasalnya, mengandung sejumlah vitamin seperti thiamin, niacin, riboflafin, vitamin C, asam folat serta mineral.

Selain itu bubur sumsum disajikan sebagai menu bagi orang yang sedang sakit, terutama penderita sakit pencernaan maupun sakit gigi. Bubur sumsum pun sangat baik bagi penderita asam lambung, sebab bisa menetralkan asam lambung, sehingga berperan meredakan nyeri lambung. Adapun kandungan gizi pada kacang hijau sebagai bahan baku burjo antara lain ada protein, lemak, vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral berupa fosfor, zat besi dan magnesium. Selain itu dipercaya bisa membantu melawan radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengatasi keracunan alkohol.

Walaupun cara bikin jenang sumsum ini cukup sederhana, tetapi tetep saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya teksturnya lembut dan merata. Untuk mendapatkan hasil jenang sumsum yang bagus dan sempurna, sebaiknya kamu mencampurkan tepung berasnya terlebih dahulu dengan sebagian santan. Setelah itu baru dicampur dengan santan lainya yang sudah direbus.

Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum

cara bikin jenang sumsum1

Membuat jenang dikenal cukup rumit dan panjang dalam proses pengolahannya. Sama seperti dengan membuat dodol, resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah.

Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol ini sangat di rekomendasikan. Pada umumnya alat pengaduk dodol itu juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jenang dengan jumlah produksi yang banyak.

Jika kalian berminat membuat Jenang Sumsum, berikut ini saya paparkan beberapa Resep dan Cara Bikin Jenang Sumsum yang bisa langsung kalian coba di rumah.

1. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Sederhana

Bahan- bahan :

  • Tepung beras 100 g
  • Santan 800 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 6 lembar

Cara membuat jenang sumsum sederhana :

  1. Pertama-tama siapkan santan sebanyak 650 ml lalu bagi menjadi 2 gelas.
    Setelah itu rebus 1 gelas santan dan 5 lembar daun pandan dengan menggunakan api kecil, sambil diaduk secara merata.
  2. Jika sudah, ambil satu gelas santan dan tuang ke dalam tepung beras sambil diaduk agar tidak menggumpal.
  3. Lalu tambahkan 1 sdt garam
    Jika sudah selesai, masukan adonan ke dalam santan yang tadi direbus. Jangan lupa untuk tetap mengaduk agar tidak menggumpal.
  4. Jika sudah tercampur rata matikan api, lalu cincang gula merah dan rebus dengan api kecil.
  5. Langkah berikutnya, masukan daun pandan ke dalam rebusan tadi dan aduk – aduk semuanya hingga merata.
  6. Lalu rebus sisa santan tadi sebanyak 200 ml untuk di jadikan sebagai kuah.
  7. Kemudian cara penyajiannya, tuangkan bubur sumsum dan tuang kuah santan yang sudah dibuat tadi dan bubur sumsum pun siap untuk dihidangkan.

 

2.  Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Keju

Bahan-bahan :

  • 200 ml santan kara siap pakai
  • 3 sendok tepung beras
  • 35 gram keju kraft chedder
  • 100 gram palm sugar atau gula merah
  • 300 ml gram air

Cara membuat jenang sumsum keju :

  1. Pertama campurkan 300 ml air dan palm sugar atau gula merah, lalu panaskan hingga mendidih, jika sudah angkat dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya, masukkan santan ke dalam panci kecil, campurkan dengan 300 ml air lalu aduk – aduk hingga merata dan berikan taburan parutan keju.
    Sisihkan sebagian rebusan santan yang telah bercampur air tadi ke dalam gelas panjang.
  3. Jika sudah, berikutnya masukkan tepung beras ke dalam gelas yang berisi santan dan aduk merata hingga tepung tidak ada lagi yang menggumpal.
  4. Lalu nyalahkan api, masak santan yang di panci dengan api kecil sambil diaduk. Setelah mendidih masukan campuran tepung yang di gelas tadi dan santan sedikit demi sedikit ke dalam panci sambil terus diaduk.
  5. Langkah selanjutnya, jika sudah matang bubur akan meletup-letup matikan api dan diamkan bubur sebentar.
  6. Sajikan bubur / jenang sumsum ke dalam mangkuk dengan disiram air gula yang yang sudah dibuat tadi, lalu tambahkan taburan parutan keju di atasnya.

 

3. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Mutiara

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung beras
  • 2 bungkus santan kara( larutkan santan dengan 1500 ml air dan bagi jadi 2 bagian )
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 200 gram mutiara
  • Air sebanyak 1/2 panci ukuran kecil untuk merebus
  • 2 bungkus kara
  • 200 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat jenang sumsum mutiara :

  1. Pertama campurkan tepung beras ke dalam santan yang telah dibagi 2, kemudian aduk hingga merata.
    Lalu panaskan santan kedua, masukan gula pasir dan garam masak hingga mendidih.
  2. Jika sudah kecilkan api, lalu masukan campuran tepung beras tadi sambil diaduk – aduk terus hingga adonan mengental.
  3. Membuat mutiara: panaskan air hingga mendidih, masukkan mutiara hingga mengental dan berubah warna.
  4. Membuat kuah gula: masukkan bahan gula dan air lalu masak gula hingga teksturnya mengental.
  5. Kuah santan: masukkan semua bahan, masak santan hingga mendidih.
  6. Untuk penyajian ambil bubur mutiara sesuai selera lalu siram dengan kuah gula dan santan. Bubur pun siap untuk dinikmati.

 

4. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Strawberry

Bahan-bahan :

  • 125 gram tepung beras
  • 1 bungkus santan kara ukuran kecil
  • 500 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • garam secukupnya
  • pasta strawberry secukupnya
  • 2 keping gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • garam sedikit
  • 500 ml air

Cara membuat jenang sumsum strawberry :

  1. Langkah pertama larutkan tepung beras dengan segelas air dan aduk – aduk agar tidak menggerindil.
  2. Setelah itu masak santan, gula pasir dan garam aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan pasta strawberry secukupnya. Aduk terus hingga meletup-letup.
  3. Untuk membuat kuahnya masukan gula merah, masak air, daun pandan dan gula merah kedalam panci aduk hingga mendidih lalu saring.
  4. Langkah terakhir sajikan bubur / jenang sumsum ke dalam mangkuk dengan disiram kuah gula yang yang sudah dibuat tadi. Bubur siap di hidangkan

 

5. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Pandan

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg tepung beras
  • 6 lembar daun pandan, ambil airnya
  • 1 bungkus santan kelapa saset ukuran kecil
  • 1 buah gula merah
  • garam secukupnya
  • pewarna pandan secukupnya

Cara membuat jenang sumsum pandan :

  1. Pertama campurkan semua bahan tepung beras, air daun pandan, santan, garam, dan tambahkan pewarna.
  2. Lalu masak adonan dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mengental, jika sudah matikan kompor dan biarkan sampai dingin.
  3. Masak gula merah dengan air hingga mengental untuk membuat kuah bubur sumsum.
  4. Langkah terakhir, sajikan bubur dengan kuah gula merah.

 

6. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Tabur Kelapa

Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung beras
  • 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  • 5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 buah kelapa parut, kukus selama 10- 15 menit
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 lempeng gula merah, rebus hingga meleleh dan gula mengental

Cara membuat jenang sumsum tabur kelapa :

  1. Peras 1 buah butir kelapa dengan menggunakan 1 liter air. Setelah itu saring dan campur dengan tepung beras, gula, garam, aduk sampai merata.
  2. Langkah selanjutnya menyalahkan kompor untuk memasak adonan tersebut dengan menggunakan api besar, supaya adonan cepat mengental.
  3. Lalu aduk- aduk terus menerus adonan agar tidak menimbulkan kerak, aduk hingga mengental. Setelah terdapat letupan pada adonan, artinya adonan bubur sudah matang.
  4. Langkah terakhir untuk penyajian siapkan bubur sumsum di wadah, lalu taburi kelapa yang sudah dikukus dan siram dengan kuah gula merah yang sudah dicairkan.
  5. Bubur sumsum tabur kelapa siap untuk dinikmati.

 

7. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Daun Suji

Bahan-bahan :

  • 50 gram tepung beras
  • 500 ml air yang terdiri dari ( daun suji yang terdiri dari 65 ml air daun suji dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar pandan, santan 435 ml )
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 125 gram gula jawa, disisir
  • 1 sdt gula pasir
  • 125 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat jenang sumsum daun suji :

  1. Pertama siapkan semua bahan-bahan.
  2. Lalu aduk tepung beras dan sebagian santan hingga merata.
  3. Setelah itu, masak sisa santan, garam, dan daun pandan. Aduk sampai mendidih lalu kecilkan api.
  4. Berikutnya, masukan campuran santan, tepung beras ke sisa santan. Aduk menggunakan api kecil, hingga masak dan mengental.
  5. Rebus gula jawa, gula pasir, dan daun pandan. Aduk hingga gula larut dan saring.
  6. Langkah terakhir untuk penyajian siapkan bubur sumsum pada mangkok dan siram dengan kuah gula.

 

8. Resep Dan Cara Bikin Jenang Sumsum Buah Naga

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung beras
  • 250 gram gula merah
  • 270 gram buah naga merah
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 3 bungkus santan kara
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 gelas air
  • 1.500 ml air untuk bubur
  • sedikit garam

Cara membuat jenang sumsum buah naga :

  1. Blender buah naga dengan air, saring hingga ampas tidak terbawa.
  2. Siapkan 2 wadah untuk jus buah naga, masing-masing 750 ml.
  3. Pada wadah 1, masukan daun pandan, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk hingga rata. lalu nyalakan api dan masak adonan pada wadah 1 dengan api sedang.
  4. Wadah 2, aduk terus hingga larut sempurna dan jangan sampai ada yang menggumpal.
  5. Apabila adonan 1 sudah mendidih, masukkan isi wadah 2 ke dalam wadah 1 secara perlahan sambil diaduk. Aduk terus hingga merata dan benar-benar tercampur hingga meletup-letup.
  6. Lalu buat kuah gula, rebus gula merah dengan air hingga larut dan mengental.
  7. Untuk penyajiannya, sajikan bubur sumsum naga merah di wadah dan tuang kuah gulanya.

 

9. Resep Dan Cara Membuat Jenang Sumsum Cendil

Bahan pertama :

  • 100 gram tepung kentan
  • air 100 ml untuk membentuk adonan bola cendil, dan 500 ml air untuk merebus adonan bola
  • 100 ml sirup gula merah
  • seperempat sdt garam sebanyak
  • 1 sdm tepung tapioka

Bahan kedua :

  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 3 sdm tepung ketan

Bahan ketiga :

  • 200 ml santan
  • 1 lembar daun pandan
  • seperempat sdt garam

Cara membuat jenang sumsum cendil:

  1. Langkah pertama dalam membuat bubur cendil adalah membuat bola-bolanya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mencampur tepung kentan dan tepung tapioka. Setelah tercampur tuangkan air panas hingga tepung menjadi lembek dan bisa dibentuk.
  2. Setelah membuat bola cendil, lalu masukan ke dalam kuah gula merah yang sudah mendidih.
  3. Masak hingga bola-bola cendil matang. Ciri-cirinya jika sudah matang adalah bola-bola mengapung dan telah berubah warna jadi kecokelatan.
  4. Setelah matang, lalu masukkan bahan ke-2 kemudian aduk-aduk hingga mengental.
  5. Bahan ke-3 adalah bahan untuk kuah santan.
  6. Langkah terkhir kamu bisa menyajikan bubur sumsum cendil dengan kuah santan hangat ataupun dingin.

 

10. Resep Dan Cara Membuat Jenang Sumsum Tanpa Santan.

Bahan-bahan :

  • 100 g tepung beras
  • 50 gr krimer
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 400 ml air matang
  • 50 gr gula pasir
  • 200 gr gula jawa merah
  • 250 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat jenang sumsum tanpa santan :

  1. Cairkan krimer dengan 400 ml air.
  2. Lalu masukkan tepung beras ke dalam panci, tuang krimer cair 300 ml masak dan aduk hingga merata.
  3. Rebus sisa krimer cair dengan daun pandan dan garam hingga mendidih.
  4. Masukkan tepung beras yang sudah diencerkan terlebih dahulu, masak dan aduk sampai mengental kemudian angkat.
  5. Sisir gula merah
  6. Campurkan dan rebus gula pasir, gula merah, garam dan pandan sampai mengental dan mendidih.
  7. Langkah terakhir sajikan bubur sumsum tanpa santan dan tuang kuah gula merah.
    Bubur pun siap untuk dinikmati.

Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Bikin Jenang Sumsum yang bisa kami berikan untuk Anda,  mengenai  Jenang Sumsum dan cara bikin Jenang. Mungkin bisa Anda gunakan referensi ini untuk memulai usaha atau untuk Anda coba praktikan sendiri dirumah.

Note :

Hai Sobat jika kalian ingin memanfaatkan peluang usaha makanan jenang ini dengan optimal, maka sangat disarankan untuk menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan guna kuantitas dan kualitas produksi yang maksimal. Karena pada umumnya alat pengaduk dodol itu juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu ya !.

Terimakasih sudah membaca artikel mengenai Cara Bikin Jenang Sumsum, Makanan Sehat Tingkatkan Kekebalan Tubuh. Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini !