Punya Daging Sapi Di Rumah? Yuk Kreasikan Dalam Menu Ini

cara memasak daging sapi

Cara Memasak Daging Sapi – Rasanya semua masakan yang diolah dari daging selalu sukses membuat orang ketagihan. Wajar saja karena daging adalah makanan yang disukai banyak orang. Namun tahukah anda, jika daging memiliki dua jenis.

Jenis pertama adalah daging putih dan jenis kedua adalah daging merah. Contoh hewan yang memiliki daging putih adalah ayam, kalkun, dan ikan. Hewan apapun yang mengandung serat lebih luas, dianggap sebagai jenis daging putih.

Sedangkan contoh hewan dari penghasil daging merah adalah kambing, kuda, sapi,dll. Dianggap sebagai jenis daging merah, karena warna dagingnya berwarna merah. Dengan berbagai jenis daging, tentunya dalam hal penggolahan mereka juga memiliki perbedaan.

 

Tentang Daging Sapi

cara memasak daging sapi

Daging sapi adalah daging merah yang berasal dari hewan yang bernama sapi. Bisa dibilang daging sapi adalah jenis komoditi pangan utama di dunia. Hal inilah yang membuat jenis daging ini sangat mudah ditemui di pasar dan supermarket.

Daging sapi adalah daging yang memiliki warna merah dan memiliki serat yang tebal. Daging sapi yang segar biasanya berwarna merah darah dan berbau gurih. Selain enak untuk dimakan, ternyata daging sapi juga memiliki berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

 

Kandungan Gizi Dalam Daging Sapi dan Manfaatnya

  1. Zat Besi

Salah satu gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah Zat besi. Kita bisa mendapatkan zat besi ini dengan mengkonsumsi daging. Manfaat dari zat besi adalah, untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, zat besi juga berpengaruh pada semangat anak untuk belajar. Bahkan zat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

  1. Protein

Kandungan gizi lain yang terdapat di daging sapi adalah protein. Protein bermanfaat untuk membantu perkembangan otak balita. Selain itu, protein juga berperan dalam pembentuk otot-otot baru.

  1. Vitamin B Kompleks

Daging sapi kaya akan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks bermanfaat untuk membantu sistem kerja otak. Selain itu, vitamin ini sangat membantu untuk menambah daya ingat

  1. Seng atau Zinc

Daging sapi juga mengandung Zinc. Zinc adalah nurisi yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi Zinc juga membantu dalam melancarkan sistem pencernaan.

  1. Selenium

Yang terakhir adalah selenium. Selenium dalam daging bermanfaat membentuk antioksidan. Manfaat lain dari selenium untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Tips Memilih Daging Sapi Berkualitas

Saat membeli daging sapi, tentunya anda ingin mendapatkan yang kualitas baik. Berikut ini ada beberapa tips memilih daging sapi yang bagus dan berkualitas:

  • Perhatikan Warna Dagingnya

Tips pertama lihat warna dagingnya. Daging sapi yang bagus dan yang tidak, memiliki warna yang berbeda. Daging sapi yang segar memiliki warna merah darah. Sebaliknya, daging sapi yang tak segar berwarna agak pucat.

  • Perhatikan Tekstur Daging

Selanjutnya anda bisa memperhatikan tekstur dagingnya. Tekstur daging sapi yang berkualitas adalah lebih kenyal. Begitu juga sebaliknya, daging sapi yang kurang baik memiliki tekstur yang lembek. Untuk mengetahuinya, anda bisa menekan daging yang akan anda beli.

  • Perhatikan Aroma dan Bau Daging

Tips ketiga, perhatikan aroma atau bau daging. Ini adalah hal penting yang harus anda lakukan ketika akan membeli daging. Daging sapi yang tak segar berbau sedikit masam dan aneh. Sedangkan daging sapi segar memiliki aroma daging yang kuat.

  • Tidak Berair

Tips terakhir adalah perhatikan kondisi daging. Saat anda akan membelinya, pastikan anda lihat kondisinya dulu. Daging busuk atau tidak segar biasanya berlendir. Nah untuk daging yang masih segar tidak berlendir dan berair.

Baca juga : Bagaimana Cara Membuat bumbu bistik daging giling

 

Cara Mengolah Daging Sapi

cara memasak daging sapi

Setelah anda membeli daging sapi yang segar, tentunya anda akan memasak daging tersebut. Namun perlu diketahui, pastikan anda mengolahnya dengan benar.

Hal ini karena, pengolahan yang salah bisa membuat daging keras dan alot. Nah berikut ini beberapa tips mengolah daging sapi agar empuk dan lezat:

  1. Potong Daging Sapu Melintang Seratnya

Cara memotong daging, teryata sangat berpegaruh pada empuk atau kerasnya daging. Cara memotong daging yang benar, adalah dengan melawan alur urat dan seratnya. Memotong dengan cara ini, bisa membantu agar daging menjadi empuk setelah dimasak. Kalian juga dapat mengolahnya menggunakan mesin pemotong tulang dan daging beku.

  1. Pukul-pukul Daging Sapi

Supaya dagingnya bisa lebih empuh, sebelum memasak anda bisa memukul-mukul dagingnya terlebih dahulu. Tujuan dari memukul-mukul daging ini, adalah untuk melemaskan otot-otot dan serat-serat dari daging. Setelah otot dan seratnya lemas, daging bisa  lebih empuk setelah dimasak.

  1. Berikan Bumbu

Penggunaan bumbu, ternyata juga bisa membuat daging sapi menjadi lebih empuk. Bumbu yang mengandung asam bisa membuat daging menjadi empuk. Contoh bumbu masam yang sering dipakai adalah cuka

  1. Atur Temperature

Panas atau suhu saat memasak bisa jadi mempengaruhi daging. Untuk itulah, pastikan anda memasaknya dengan temperature yang tepat. Temperatur yang tepat untuk memasak daging adalah 145 derajat fahrenheid

  1. Masak dengan Pisang

Cara terakhir adalah dengan memasaknya bersama kulit pisang. Kulit pisang memiliki kandungan alami yang unik. Kandungan alami inilah yang membantu mengurangi protein dalam daging.

Jadi semakin berkurang proteinnya daging sapi bisa menjadi lebih empuk. Bahkan hebatnya lagi, kulit pisang ini tidak akan menggubah rasa dari daging tersebut.

 

Cara Memasak Daging Sapi Dalam Berbagai Menu Masakan

Untuk cara memasak daging sapi sendiri terdiri dari banyak variasi. Seperti yang kita tahu hampir sebagian besar masakan yang enak berasal dari daging. Jadi sangat mudah untuk menemukan berbagai kreasi masakan yang menggunakan daging. Contohnya adalah beberapa jenis variasi masakan ini:

Cara Memasak Daging Sapi Menjadi Soto Daging Sapi

cara memasak daging sapi

Untuk variasi pertama dalam cara memasak daging sapi adalah dengan menjadikannya soto. Bagi masyarakat Indonesia, tentunya makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi. Faktanya ada berbagai varian soto termasuk soto ayam dan soto daging.

Soto ayam sendiri dibagi lagi menjadi beberapa menu khas seperti soto lamongan, soto madura dan lain sebagainya. Nah, kali ini kita akan mengulas mengenai  cara memasak daging sapi dengan menyajikannya sebagai soto daging sapi. Simak ulasannya berikut ni ya..

Bahan-Bahan Soto Daging Sapi :

  • Bahan utamanya adalah daging sapi
  • Kaldu bubuk instan yang rasa sapi sebanyak 1 kotak atau satu saset saja. Namun jika tidak ada ,bisa juga dihilangkan dan diganti dengan kaldu sapi non MSG
  • Lengkuas yang memiliki ukuran sedang. Patikan lengkuas itu sudah dimemarkan, dengan panjang kurang lebih sepanjang 1 jari orang dewasa
  • Daun jeruk yang masih segar sebanyak 3 lembar
  • Batang serai yang sudah digeprek sebanyak 2 pcs
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Kunyit yang sudah digeprek atau dimemarkan sepanjang 2 cm
  • Jahe ukuran sedang dan sudah digeprek  sebanyak 1 ruas jari tangan
  • Daun bawang yang dirajang kecil-kecil, sesuai dengan selera masing-masing
  • Air untuk memasak kurang lebih sebanyak 2,5 liter
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu soto secukupnya saja
  • Garam dan gula pasir untuk melezatkan soto secukupnya, sesuai selera

Bahan Bumbu Soto Daging Sapi :

  • Bawang putih dengan ukuran sedang sebanyak 5 siung
  • Bawang merah dengan ukuran sebanyak 8 siung
  • Merica bubuk secukupnya
  • Ketumbar butiran atau yang sudah dihaluskan, kurang lebih sebanyak 0.5 sendok makan

Bahan Pelengkap Soto Daging Sapi

  • Bawang merah yang sudah goreng secukupnya
  • Seledri yang sudah dirajang halus
  • Tauge segar sesuai selera. Sebaiknya menggunakan tauge pendek saja
  • Sambal dari cabe rawit, ataupun sambal lainnya yang sesuai dengan selera anda
  • Kerupuk udang atau kerupuk jenis lainnya yang anda sukai
  • Mie soon

Cara Membuat Soto Daging Sapi :

  1. Pertama-tama cucilah daging sapi sampai bersih dengan air mengalir.
  2. Setelah dicuci rebus daging sampai empuk. Supaya daging anda cepat empuk, anda bisa menggunakan panci tekanan tinggi atau presto
  3. Setelah daging itu cukup empuk keluarkan dari panci, lalu potonglah kotak-kotak kemudian sisihkan.
  4. Air bekas rebusan atau air kaldu dari daging sapi jangan dibuang. Sisihkan untuk membuat kuah dari soto daging nanti. Patikan anda menyaring air rebusan itu dahulu supaya bersih dari kotoran
  5. Haluskan semua bumbu soto daging sapi diatas. Menghaluskannya bisa dengan menggunakan ulegan atau diblender.
  6. Setelah bumbu halus, siapkan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya. Lalu tumislah bumbu halus tersebut dan aduk-aduk sampai tercium wangi
  7. Masukkan lengkuas, kunyit yang sudah dimemarkan, batang serai, jahe dan daun salamnya. Jika sudah dimasukkan, aduklah  sampai semua bahan itu layu atau matang
  8. Setelah itu, masukkan bumbu soto daging tadi kedalam panci berisi air kaldu. Setelah semuanya dimasukkan, rebus lagi dengan daging sapi yang sudah dipotong tadi. Tunggulah sampai mendidih dan matang.
  9. Beri garam, gula pasir, kaldu bubuk kalau suka daun jeruk dan daun bawang. Selanjutnya aduk-aduk sampai matang
  10. Jika sudah mendidih, tes rasanya
  11. Kalau sudah pas anda bisa mulai menyajikan dan menyantap soto daging tersebut

Cara Memasak Daging Sapi Menjadi RENDANG

Cara memasak daging sapi selanjutnya yang bisa anda coba adalah rendang. Seperti yang kita ketahui, masakan rendang dari daging sapi sangat populer. Bahkan banyak sekali orang yang menyukai rendang daging.

Bahan-Bahan Rendang:

  • 1 kg daging sapi. Potonglah dengan bentuk persegi menjadi 20 potong. Bisa juga lebih sesuai keinginan anda
  • 4 lembar daun jeruk yang masih segar
  • 1 serai batang
  • 2 liter santan kelapa yang kental

Bumbu Halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 25 gram jahe
  • 15 gram kunyit
  • 75 gram lengkuas yang masih muda
  • 1 sendok makan, cabai giling. Bisa juga disesuaikan dengan selera
  • 1 sendok teh merica
  • ½ buah biji pala
  • 4 buah kemiri
  • ½ sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat Rendang:

  1. Rendamlah daging sapi dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Lama waktu merendamnya paling sedikit 1 jam
  2. Masaklah santan di atas wajan dengan api yang sedang. Sekali-kali aduklah santan tersebut kurang lebih selama 20 menitan
  3. Masukkan daging sapi dengan bumbu dan santan, sebanyak 300 cc. Pastikan semua daging terendam bumbu.
  4. Masukan bumbu lainnya seperti daun salam dan daun serai. Masaklah dengan api sedang, sambil diaduk-aduk sampai separuh dari santan menguap atau mengering
  5. Setelah itu tuangkan lagi ,kurang lebih sebanyak 100 cc santan dan aduklah lagi
  6. Masaklah daging sapi paling sedikit selama 1,5 jam. Bisa juga lebih, sampai semua air pada santan kelapa menguap dan bumbu rendang itu jadi
  7. Setelah daging empuk dan semua santan kelapa menguap. Artinya rendang sudah matang dan siap untuk disajikan.

Bakso Daging Sapi

cara memasak daging sapi

Selain soto dan rendang, cara memasak daging sapi dalam berbagai varian menu yang tak kalah terkenal adalah bakso. Di Indonesia sendiri, bakso adalah makanan favorit banyak orang. Nah jika anda ingin memasak bakso sendiri, berikut ini adalah cara dan bahan-bahan yang dibutuhkan:

 Bahan Utama Bakso Daging :

  • Daging sapi sebanyak 1 kg. Disarankan, lebih baik anda memilih daging sapi bagian paha
  • Merica bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Tepung tapioka/ kanji kurang lebih sebanyak 4 sendok
  • Bawang putih 7 siung dengan ukuran besar
  • Garam 2 sendok makan
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Baking powder double acting ½ sendok makan. Jika tidak ada ,anda bisa menggunakan baking soda.
  • Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan.

Bahan dan Bumbu Kaldu :

  • Tulang ayam bagian dada sebanyak 2 buah. Jika tidak ada, bisa juga diganti dengan tulang sapi
  • Air sebanyak kurang lebih 1 liter

Bumbu Halus Kuah Kaldu :

  • Bawang putih 5 siung
  • Jahe sepanjang 3 centi meter
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa sapi, sebanyak ½ bungkus
  • Gula pasir sesuai selera

Bumbu Tambahan Kuah Kaldu :

  • Daun jeruk sebanyak 2 lembar
  • Serai 1 batang yang sudah dimemarkan atau digeprek

Bahan Pelengkap Bakso :

  • Caisim atau pokcoy secukupnya yang rebus
  • Tahu putih sebanyak 15 buah, goreng matang
  • Daun bawang sebnayak 2 batang yang dirajang halus
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan bakso
  • Mie soun kering 100 gram yang direbus sampai matang atau cukup lunak
  • Sambal cabai rawit

Cara Memasak Daging Sapi Menjadi Bakso :

  1. Haluskan daging sapi dengan cara digiling menggunakan mesin gilingan daging. Pastikan anda mencampurkannya dengan telur dan minyak goreng. Fungsinya supaya daging lebih licin dan mudah digiling.
  2. Setelah menjadi adonan yang halus, mulailah membuat bakso. Cara membuatnya hanya dengan membulatkan adonan. Proses membulatkan adonan, bisa menggunakan tangan atau sendok. Jika sudah dibulatkan semua, masukkan ke dalam air yang belum mendidih atau masih hangat. Setelah semua adonan bakso selesai di bentuk bulat-bulat, baru airnya anda didihkan. Jika baksonya sudah mengapung, artinya bakso sudah matang dan langsung diangkat.
  3. Jika anda menginginkan bakso isi bisa saja. Isian bakso, bisa di beri telur puyuh rebus, telur ayam rebus, sosis, ati ampela, dan cincang daging sapi.

Catatan:

Untuk mempermudah cara memasak daging sapi menjadi bakso, gunakanlah Mesin Pembuat Bakso dan mesin pencetak bakso untuk pembuatan skala besar.

Langkah Membuat Kuah Bakso:

  1. Masak air bersama tulang dada ayam+kulitnya atau tulang sapi
  2. Kemudian masukkan bumbu halus dan bumbu pelengkap. Aduklah sampai tercampur dengan rata.
  3. Tes rasanya
  4. Jika rasa kuahnya sudah pas, masukkan bakso yang telah matang, tunggu sampai mendidih
  5. Jika sudah mendidih artinya bakso sudah matang dan siap untuk disajikan

Penyajian Bakso:

Siapkan mangkok atau wadah untuk bakso. Masukkanlah dan tata mie soun, tahu, bakso kedalam mangkok. Setelah itu siram dengan kuah bakso. Lalu sajikan dengan memberi taburan daun bawang dan bawang merah goreng, serta pelengkap lainnya seperti saus dll.

Nah, semoga informasi mengenai cara memasak daging sapi dalam berbagai menu masakan di atas bermanfaat untuk anda semua ya. Menurut anda, menu mana yang paling cocok untuk dijadikan pilihan dalam mengolah daging sapi? Atau mungkin anda memiliki menu spesial lain untuk memasak daging sapi? Jangan ragu untuk berbagi cara memasak daging sapi ala anda sendiri dengan kami.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •