Kali ini saya akan membagikan resep yaitu cara  Cara Membuat Bublle Pearl yang enak dan lembut ya borrr. Siapa si zaman sekarang yang ngakk tau dengan namanya bubble?? kalo belum tau simak baik-baik ya borrr. Jangan lupa baca artikel lain bor yaitu cara membuat es krim yang enak pastinya.

Sejarah Bubble

Bubble dulunya adalah minuman bubble tea yang merupakan ciptaan Chun Shui Tang Teahouse di Taichung, Taiwan. Pemiliknya, Liu Han-Chieh, mengamati orang Jepang menyajikan kopi dingin saat berkunjung ke sana pada 1980 dan mencoba metode tersebut pada teh.

Gaya baru sajian teh dingin membuat bisnisnya berkembang. Kemudian pada tahun 1988, manager pengembangan produknya, Liu Hsiu Hui, menuangkan pudding dan bola tapioka dalam teh saat rapat, ide bubble tea pun muncul.

Minuman buatan Hui ini disukai anggota  dan lantas dijadikan menu di kedai. Minuman ini akhirnya menjadi produk terlaris franchise Chun Shui Tang Teahouse. Bubble tea pun mulai populer, awalnya di wilayah Asia Timur dan Tenggara pada 1990an. Dan terus bereskspansi hingga dunia barat seperti di Kanada dan Amerika.

Kini telah banyak modifikasi pada bubble tea. Mulai dari adanya tambahan susu serta pada tehnya. Dulu hanya digunakan black tea varian oolong dan earl grey. Kini basis bubble tea sudah beragam ada fruit tea berbagai rasa, green tea juga yuanyang (campuran kopi dan black tea).

Di musim kemarau yang sudah mulai terasa gersang ini minuman bubble sangat pas di minum siang-siang sebagai penyegar mulut dan tenggorokan. Membuatnya mudah tapi yang bikin jadi pe er adalah kala membentuk adonannya menjadi bola-bola yang ukurannya lebih kecil dari kelereng.

Setelah menggumpal maka ulenilah hingga kalis dan menjadi adonan bulat menyatu. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat kecil, lebih kecil dari kelereng. Anda atau lebih tepatnya saya harus bersabar saat membentuk adonan. Karena bentuknya harus kecil maka kita akan membentuk banyak adonan menjadi bola-bola kecil yang terus-menerus dan berulang kali.

Jadi persiapkan tangan kita agar tidak pegal. Seperti menempelkan plester koyo misalnya, hehe. Lalu letakkan adonan yang sudah dibentuk bola-bola pada wadah yang telah ditaburi tepung agar tidak lengket. Setelah semua adonan selesai dibentuk kemudian ayak untuk membuang tepung yang menempel berlebihan pada bola-bola.

Sesekali aduk agar semua bubble matang merata. Tiriskan dan rendam bubble dalam air es selama beberapa menit. Tiriskan kembali dan rendam bubble dalam air gula agar manis saat digigit. Bubble pun siap digunakan untuk campuran minuman atau toping es serut ala korea. Hmm.. Saya ngiler membayangkannya.

Cara Membuat Bubble Blue Sky

Resep ini mengasilkan banyak bola-bola kecil bubble. Jika dijadikan minuman mungkin bisa lebih dari 20 gelas. Dengan catatan dalam satu gelas diisi 1 sampai 2 sendok makan bubble saja.

Bubble saya simpan dalam chiller dalam wadah bersama air gula. Bubble saya ini hanya bertahan 2 hari. Di hari ke-3 bubble sudah tidak seenak dan sekenyal waktu baru selesai di rebus. Ini mungkin karena bubble menyerap air gula. Sedangkan untuk menyimpan di freezer saya belum pernah mencoba.

Jadi saran saya saat anda akan membuat bubble ini rencanakan terlebih dahulu akan dijadikan apa bubble ini. Dijadikan minuman seperti yang saya buat ini atau dijadikan hidangan lain. Seperti menjadi isian puding misalnya atau campuran es krim, hmm sepertinya ide yang bagus.

Apapun itu, Cara Membuat Bublle Pearl ini tidak terbuang mubazir karena satu resep ini dapat menghasilkan banyak bubble. Jika sudah tak ada ide lagi, maka dijadikan cemilan saja sambil menonton tv. Hehe.Berbicara mengenai minuman yang saya buat ini, namanya memang agak lebay ya borrr, Iced Bubble Blue Sky.

Minuman ini dari pop ice biru yang saya tambahkan susu bubuk dan sedikit gula pasir. Lantas saya blender bersama ice cube alias es batu yang berbentuk kotak. Kemudian dituang dalam gelas dan saya tambahkan beberapa lagi es batu. Dan jangan lupa, bubble yang sudah dibuat tadi.

Sllrruuupp! Ah! Begitu menyegarkan. Sambil sesekali menyendokkan bubble yang kenyal dan manis. Meneguk ice bubble sambil memandang langit biru cerah di musim kemarau ini. Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan? ckckck.

Oh ya, susu bubuk dan gula pasir bisa diganti dengan setengah atau full satu sachet susu kental manis. Atau anda skip pun tidak masalah. Karena biasanya pop ice sudah cukup manis. Jadi coba tambahkan sedikit dulu dan bila kurang maka bisa ditambah kembali.

Bahan Cara Membuat Bublle Pearl :

  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 sendok makan bubuk coklat
  • 2 sendok makan gula halus, gula pasir yang di blender hingga halus dengan blender dry mill (blender untuk bumbu kering)
  • 1 sachet (30 gram) nutrijell coklat
  • 100 ml air hangat
  • 2 sendok makan tepung tapioka, untuk taburan
  • Air agak banyak untuk merebus
  • Air es secukupnya untuk merendam
  • 300 – 400 ml air
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sachet pop ice blueberry (biru)
  • 2 sendok makan susu bubuk + 1 sendok makan gula pasir, atau bisa diganti ½ atau – 1 sachet susu kental manis
  • 200 ml air
  • 3 buah ice cube
  • 2 – 3 sendok makan bubble
  • 4 buah ice cube

Cara Membuat Bubble Blue Sky:

Siapkan saringan, ayak tepung tapioka, bubuk coklat, gula halus, dan nutrijell. Letakkan pada sebuah mangkuk.Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula atau sendok hingga bergerindil. Jangan langsung memasukkan air semuanya, agar adonan tidak lembek.

Uleni adonan hingga kalis dan menyatu. Jika sulit menyatu dan masih bergerindil, tambahkan air hingga adonan mudah diuleni dan menyatu.Ambil sedikit adonan. Sekitar ¼ sampai ½ sendok teh atau lebih kecil dari kelereng. Bentuk bulat-bulat dan letakkan pada wadah yang telah ditaburi tepung tapioka agar tidak lengket. Lakukan hingga adonan habis.

Siapkan saringan. Ambil sekitar segenggam adonan bola-bola bubble. Ayak untuk menghilangkan tepung yang menempel berlebih pada adonan. Letakkan pada mangkuk dan lakukan hingga semua bola-bola adonan selesai bubble diayak.

Siapkan panci, masukkan air agak banyak dan masak hingga mendidih. Masukkan bola-bola adonan bubble dan masak hingga mengapung.Setelah mengapung, biarkan bola-bola bubble tetap dalam panci dan lanjutkan merebus selama 5 sampai 7 menit. Aduk sesekali agar bola-bola bubble matang merata dan sampai ke bagian dalamnya.

Manfaat Tepung Tapioka

1. Baik bagi penderita hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

Kandungan natrium yang rendah pada tepung tapioka sangat menguntungkan bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, penderita penyakit jantung, dan stroke. Hal ini karena jumlah batas harian natrium pada orang dewasa adalah 2300 mg.
Untuk mendapatkan manfaat tepung tapioka secara maksimal, sebaiknya kamu mengurangi garam atau baking soda ketika memasak.

2. Baik bagi orang dengan diet bebas gluten.

Sebagian orang ada yang mengalami intoleransi terhadap bahan makanan yang mengandung gluten. Seperti orang yang mengidap penyakit celliac. Tepung tapioka sangat cocok bagi orang dengan diet bebas gluten karena tepung ini terbuat dari singkong yang secara alami bebas gluten.

Tepung tapioka dapat menjadi pengganti tepung terigu yang biasanya dipakai untuk membuat roti dan kue. Namun tidak semua produk tepung tapioka yang dijual di pasaran bebas gluten, karena biasanya tepung diproses dengan peralatan yang sama sehingga berisiko mengalami kontaminasi dengan produk tepung lain yang memiliki kandungan gluten.

3. Membantu melancarkan sistem pencernaan.

Tepung tapioka dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Hal ini dikarenakan tepung tapioka mengandung pati resisten. Pati resisten adalah pati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, fungsinya pun sama seperti serat dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu pati resisten juga dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan, meningkatkan metabolisme glukosa dan insulin dalam tubuh.

4. Membantu menaikkan berat badan.

Kamu yang mempunyai masalah untuk menaikkan berat badan, hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung tapioka lho. Penelitian menyatakan bahwa kandungan karbohidrat yang tinggi pada tepung tapioka dapat membantu menaikkan berat badan.

Kandungan Gizi Tepung Tapioka

Kandungan Gizi
Tapioka
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 129
Jumlah Lemak 3,9 g
Lemak jenuh 1 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 2,5 g
Kolesterol 1 mg
Natrium 145 mg
Kalium 92 mg
Jumlah Karbohidrat 22 g
Serat pangan 0 g
Gula 15 g
Protein 2 g
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0,3 mg
Kalsium 71 mg Zat besi 0,1 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0,2 µg Magnesium 6 mg

Cara Membuat Bubble Pearl Hitam

Cara Membuat Bublle Pearl atau merupakan minuman kekinian yang sudah beredar di Indonesia sejak lama. Biasanya berupa milk tea yang disajikan bersama bola-bola tapioka berwarna hitam. Sensasi memang unik karena terasa kenyal saat dikunyah.

Untuk Anda yang ingin menyajikan di rumah, tak ada salahnya belajar cara membuat bublle pearl  sendiri. Bahan utama yang diperlukan cuma tepung kanji dan pewarna makanan.


Bahan-bahan Bubble Pearl
Hitam:

  • 1 gelas belimbing tepung kanji/tapioka
  • 1 gelas belimbing air panas
  • 1/4 sendok teh garam
  • Pewarna makanan hitam secukupnya
  • Air untuk merebus secukupnya
  • Air dingin untuk merendam secukupnya

Cara membuat Bubble Pearl Hitam:

  1. Campur tepung kanji atau tapioka di dalam wadah lebar, kemudian tuangi air panas sedikit demi sedikit. Tak perlu semua, cukup sampai adonan bisa dipulung saja. Kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung lagi.
  2. Masukkan 4 sampai 5 tetes pewarna makanan hitam, kemudian bentuk menjadi kelereng. Lakukan sampai seluruh adonan habis.
  3. Panaskan air dalam jumlah banyak, kemudian rebus bubble. Jika panci yang digunakan kecil sebaiknya rebus sedikit sedikit saja agar tidak menempel.
  4. Rebus sampai bubble cukup empuk dan berwarna ungu tua. Setelah itu tiriskan airnya dan masukkan ke dalam air dingin agar berubah warna menjadi hitam.

Manfaat Tepung Kanji

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ketika berbicara tentang manfaat kesehatan tapioka, itu akan menjadi kesalahan jika meningkatkan sirkulasi Anda tidak disebutkan juga. Seperti yang Anda lihat, zat besi sangat penting untuk fungsi tubuh dan memainkan peran penting dalam menciptakan sel darah merah baru.

Selain itu, zat besi dan tembaga, yang keduanya terkandung dalam tapioka, dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah di tubuh Anda.Oleh karena itu, tapioka dapat membantu mencegah anemia atau masalah yang terkait dengannya.

Selanjutnya, ketika tubuh Anda memproduksi lebih banyak sel darah merah, sistem organ perifer, serta ekstremitas, jugamemastikan aliran darah yang sehat dan aliran oksigen untuk menjaga sel-sel ini tetap sehat dan beroperasi pada tingkat optimal. Menumbuhkan kembali dan mempertahankan sel juga meningkat, yang berarti bahwa penyembuhan luka,

Membantu Mendapatkan Berat Badan

Jika Anda menemukan manfaat tapioka, Anda akan menemukan bahwa tapioka mampu membantu dalam mendapatkan berat badan yang sehat. Meskipun banyak orang ingin kurus dan bugar, beberapa orang masih ingin menemukan beberapa metode yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan berat badan yang sehat karena menjadi kurus dapat terkadang sama bahayanya dengan obesitas.

Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah percaya pada tapioka. Bahan ini dapat memberi Anda cara yang mudah dan cepat untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat. Seperti disebutkan di atas, tapioka mengandung banyak karbohidrat dan kolesterol baik sehingga Anda hanya perlu minum satu cangkir tapioka per hari. Itu akan memberi Anda 45 persen karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Membantu Memelihara Kesehatan Pencernaan

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa salah satu manfaat kesehatan tapioka adalah untuk membantu pencernaan. Ini karena serat makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di tapioka.

Seperti yang kita ketahui, serat memainkan peran penting dalam meningkatkan kondisi di tubuh termasuk pencernaan. Hal ini dapat membantu membuat tinja menjadi besar, yang membantu memindahkannya melalui saluran pencernaan Anda. Oleh karena itu, tapioka dapat membantu menghilangkan konstipasi, nyeri usus; dan kembung, serta beberapa gangguan yang lebih serius seperti kanker kolorektal.

Selain itu, serat dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan menyingkirkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri; oleh karena itu, membantu dalam menghilangkan aterosklerosis serta kondisi terkait seperti stroke dan serangan jantung.

Mencegah Cacat Lahir

Kadang-kadang, bayi dapat lahir dengan cacat lahir yang mungkin traumatis untuk orang tuanya. Itu sebabnya mencegah cacat lahir adalah hal yang perlu dilakukan.

Selain itu, dalam tapioka, mereka telah menemukan sejumlah vitamin B yang cukup dan terdiri dari asam folat. Dan vitamin B ini dapat membantu mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi. Dengan alasan di atas, salah satu manfaat tapioka untuk kesehatan adalah mencegah cacat lahir.

Manfaat Tapioka Dalam Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat yang luar biasa dari tapioka untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang.Seperti yang Anda tahu, tapioka adalah sumber zat besi, kalsium, dan vitamin K yang kaya. Zat tersebut memainkan bagian penting dalam melindungi dan memelihara tulang Anda.

Selain itu, ketika Anda semakin tua, kepadatan mineral tulang dapat menurun. Dan kemudian dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti osteoarthritis, osteoporosis, dan kelemahan umum atau kurangnya fleksibilitas. Namun, jika Anda mengonsumsi tapioka lebih sering, tulang akan dilindungi dan dikembangkan atau bahkan dipertahankan ketika kita lebih tua.

Menjaga Tekanan Darah tetap Optimal

Keunggulan lain yang juga tercantum dalam daftar manfaat tapioka untuk kesehatan adalah menjaga tekanan darah yang optimal.Seperti yang kita ketahui, potasium, serta beberapa mineral penting, yang terkandung dalam tapioka dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres arteri pada pembuluh darah.

Selain itu, zat-zat tersebut dapat membantu meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh Anda. Sehingga bisa mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular Anda.Dengan kata lain, semakin berkurangnya aterosklerosis yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan terjadinya pembekuan darah.

Di samping itu, kalium dikatakan sebagai komponen utama untuk keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Ketika seimbang dengan natrium, cairan yang bertukar di tubuh Anda dapat mengalir dengan lancar.

Meningkatkan Tingkat Stamina

Tapioka juga dapat Meningkatkan tingkat energi kita.Seperti yang telah disebutkan di atas, tapioka mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi utama karena gula sederhana seperti sukrosa dapat dipecah menjadi energi yang dapat digunakan.

Akan tetapi, zat-zat seperti lemak jenuh atau kolesterol dapat merampok energi Anda. Oleh karena itu, banyak makanan yang membantu Anda menambah berat badan tidak dapat meningkatkan energi.Nah, tapioka ini memiliki banyak karbohidrat tanpa lemak jenuh, dan juga kolesterol negatif. Hal ini akan membantu tingkat energi Anda menjadi tinggi. Dan kemudian Anda akan merasa penuh energi sepanjang hari.

Mendorong Aktivitas Metabolisme

Protein merpakan salah satu elemen penting bagi tubuh. Selain itu, protein dikatakan sebagai blok bangunan kehidupan yang sehat.

Sementara sebagian orang mencari protein dalam ikan, daging, produk susu dan unggas, para vegetarian mencari cara lain agar mendapat asupan protein. Oleh karena itu, tapioka adalah pilihan yang luar biasa bagi para vegetarian karena dapat memberi mereka jumlah protein yang cukup.

Kandungan Gizi Tepung Kanji

Kandungan Gizi
Tapioka
Jumlah Per
100 g
Kalori (kcal) 129
Jumlah Lemak 3,9 g
Lemak jenuh 1 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 2,5 g
Kolesterol 1 mg
Natrium 145 mg
Kalium 92 mg
Jumlah Karbohidrat 22 g
Serat pangan 0 g
Gula 15 g
Protein 2 g
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0,3 mg
Kalsium 71 mg Zat besi 0,1 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0,2 µg Magnesium 6 mg

Itulah tadi beberapa resep cara membuat bublle pearl yang ssaya bagikan kali ini semoga bermanfaat yah booor selamat mencoba dirumah, dan jangan lupa baca artikel lainnya ya itu cara membuat es cincau hitam.