Tepung beras merupakan salah satu tepung yang terbuat dari biji-bijian. Tepung beras dibuat dengan bahan dasar beras. Tepung beras ini bisa dijadikan dasar dalam membuat berbagai macam masakan yang bisa anda sesuaikan dengan selera. Salah satu makanan olahan dari tepung beras adalah bubur tepung beras.

Bubur tepung beras atau sum-sum merupakan jajanan tradisional dari Jawa yang terbuat dari bahan utama tepung beras dan gula jawa. Bubur sum-sum sangat enak dikonsumsi bila sedang bosan dengan nasi meski sebenarnya bubur sum-sum lebih tepat disebut camilan. Rasanya yang manis dan sum-sumnya yang lembut membuat anda dan keluarga pasti sangat menyukainya. Terlebih bila disantap dengan es di siang hari. Sedap! Semakin enak bila anda membuat sendiri tepung berasnya sehingga bisa menjamin kualitasnya.

Cara membuat tepung beras pun tidak rumit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan:

Cara Membuat:

  1. Rendam beras dalam air bersih semalaman. Tutup dengan serbet kering agar tidak ada benda yang masuk.
  2. Tiriskan, bilas hingga bersih. Letakkan beras di tampah, tutup dengan serbet yang kering. Jemur hingga kering. Sebar beras jangan terlalu rapat agar beras cepat kering.
  3. Setelah beras benar-benar kering, giling dengan menggunakan mesin penepung, untuk tetap menjaga kualitas tepung gunakan mesin berkualitas foodgrade.
  4. Ayak tepung beras. Yang sudah cukup halus bisa dipisahkan dengan yang masih kasar.
  5. Giling kembali tepung beras yang masih kasar.
  6. Simpan tepung beras hingga akan diolah. Boleh disimpan di kulkas.

Bubur sum-sum merupakan salah satu makanan yang mengenyangkan dan menyegarkan. Rasa manis dari gula dan lembut dari tepung beras membuat setiap anggota keluarga pasti menyukainya. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Bahan:

  • 180 ml santan kental
  • 200 gr tepung beras
  • 3 helai daun pandan besar
  • 1 sdt vanili
  • 1 liter air
  • 30 gr gula jawa, atau bila ingin lebih enak bisa menggunakan gula aren
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Rebus air, vanili, garam, dan pandan. Setelah mendidih, buang pandan. Bagi air rebusan menjadi dua bagian. Tiga perempat bagian air rebusan digunakan untuk bubur, sedangkan sisanya dipakai untuk rebusan gula jawa.
  2. Resep kuah: rebus gula jawa dan gula pasir dalam air rebusan pandan. Masak hingga mendidih. Sisihkan.
  3. Resep bubur: Masak santan, tepung beras dan air pandan hingga mendidih dengan api sedang. Aduk terus perlahan.
  4. Sajikan bubur yang sudah jadi dengan kuah gula.

 

Tips dalam membuat bubur sum-sum:

  1. Adonan bubur sum-sum terkadang menggumpal. Agar hal ini tidak terjadi, campur adonan bubur dengan air dingin, lalu aduk dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga adonan benar-benar halus. Pastikan tidak ada lagi gumpalan.
  2. Jangan mengaduk adonan yang masih panas dengan mixer.
  3. Jangan gunakan vanili terlalu banyak, karena vanili dapat membuat bubur menjadi pahit meski vanili juga memberikan aroma yang wangi.
  4. Pakai santan agak kental yang segar untuk membuat bubur sum sum supaya hasilnya bisa enak, halus dan mengkilat, serta gurih buburnya. Minimal gunakan 650 ml santan cair atau santan yang berasal dari setengah butir kelapa untuk setiap 100 gram tepung beras. Atau jika terpaksa dari santan instan yang diencerkan juga bisa, hanya saja pilih merk santan yang memang bagus agar santan tidak memberikan rasa santan yang membuat eneg.
  5. Bila tidak bisa memakai tepung beras yang dibuat langsung, bisa dengan memakai tepung beras yang ada di pasaran. Bila yang anda pakai adalah tepung beras buatan sendiri lebih baik. Namun jangan sampai yang dipakai adalah tepung beras yang sudah lama disimpan karena kemungkinan tepung beras sudah apek. Namun bila anda menggunakan tepung beras yang ada di pasaran, anda perlu memerhatikan merk yang anda pakai karena merk sangat berpengaruh terhadap kualitas tepung.
  6. Cairkan dahulu tepung beras dengan sebagian santan. Jangan langsung dituang tepungnya di atas santan yang dididihkan, hal ini bisa menyebabkan tepung yang akhirnya membuat keseluruhan bubur menggumpal.
  7. Masak bubur sambil terus diaduk-aduk sampai mengental dan meletup-letup. Sesekali cicipi bubur hingga bubur tidak lagi tercium bau tepung.
  8. Tambahkan daun pandan saat bubur sum-sum sudah matang. Pandan yang masih segar akan menambah keharuman bubur sum-sum. Hangat dan harum tentunya lebih menggugah selera, bukan?
  9. Jangan lupakan garam. Meskipun bubur sum-sum tergolong jajanan yang manis, akan tetapi garam akan menambah rasa sehingga bubur sum-sum tidak akan plain rasanya.
  10. Agar kuah gula merah lebih enak dan beraroma tambahkan daun pandan dan kayu manis. Kayu manis akan lebih bagus bila masih berbentuk kayu dan bukan dalam bentuk bubuk.