Home » Artikel » Artikel Proses » Kreasikan Dirimu Lewat Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

Kreasikan Dirimu Lewat Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel – Anda tau apa itu kain flanel ? Kain flanel ialah kain yang umumnya di gunakan untuk membuat kerajinan tangan baik yang berupa boneka, gantungan kunci, maupun bros. Karena kain flanel tergolong kain yang lebih mudah dibentuk, maka banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan kain ini. Jika masih belum paham secara pasti mengenai bahan kain yang satu ini, simak penjelasannya dibawah.

Apa itu kain flanel?

cara membuat bunga dari kain flannel

Agar tidak menjadi salah kaprah, sebelumnya saya ingin berbagi sedikit informasi tentang kain flanel di luar negeri. Di sana kain ini disebut dengan felt. Di luar negeri sendiri, kain felt justru berbeda dengan kain flannel meskipun bahan utamanya sama-sama terbuat dari serat wol.

Kain flannel pada umumnya digunakan untuk bahan membuat kemeja yang biasanya bermotif tartan atau kotak-kotak (di Indonesia juga biasa disebut dengan flannel/flanel). Jadi bisa dibilang kalau kain flanel (bahan membuat kerajinan) itu berbeda dengan kain flannel (bahan membuat kemeja).

Pada zaman dahulu kain ini sering dipakai pada industri otomotif dan menghasilkan suara yang bersih pada alat musik piano. Kain flanel sekarang sudah banyak dikombinasikan dengan produk lain. Flanel ini bisa dibuat enjadi berbagai macam bentuk karena teksturnya yang kuat tetapi sangat mudah untuk dibentuk. Bentuknya juga bisa sesuai dengan bentuk yang kita, inginkan. Selain itu, kain flanel ini harganya sangat terjangkau.

Sedangkan di Indonesia, yang dimaksud kain flanel yaitu bahan yang biasa dipergunakan untuk membuat barang craft atau kerajinan tangan adalah sama dengan kain felt (yang dikenal di luar negeri). Dilansir dari situs Wikipedia, ” flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya) “.

Kain flanel memiliki ketebalan dan kualitas yang bebeda-beda. Namun kini banyak dijumpai kain flanel yang agak sedikit tipis dari biasanya, bahkan kain flanel yang agak tebal justru semakin sulit untuk didapatkan.

Ciri-ciri atau Tekstur Kain Flanel :

– sangat tebal (dibanding jenis kain lainnya)
– berserat seperti kapas
– tidak bertiras (pinggiran kain tidak mudah mbrudul)
– agak kaku
– tidak ada motif tenunan benang

Apa kegunaan Kain Flanel?

Kain flanel sering kali digunakan sebagai bahan utama kerajinan tangan dengan beraneka ragam bentuk. Pada awalnya kain flanel kerap digunakan untuk bahan aksesoris wanita seperti jepit rambut, bros hingga kalung.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya kreatifitas dari para crafter, kain flanel kini sudah semakin banyak dimanfaatkan untuk menjadi beraneka ragam fungsi yang lainnya, seperti untuk membuat :
– amplop angpau lebaran,
– pelapis celengan / tempat pensil,
– boneka / finger doll,
– gantungan kunci,
– aksesoris untuk menghias pakaian atau mukena,
– souvenir, dan lain sebagainya.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Kain Flanel?

Kekurangan Kain Flanel :

– tidak dapat digunakan sebagai bahan pakaian karena bahannya yang tebal dan sulit ditekuk
– mudah kotor
– masih jarang penjual yang menjual kain flanel bermotif

Kelebihan Kain Flanel :

– mudah dibentuk, sekalipun dalam bentuk potongan yang sudah sangat kecil
– tidak perlu menjahit pinggiran kain
– bisa dibeli dengan ukuran yang kecil (tidak harus membeli dengan ukuran per meter)
– harga terjangkau

Buket bunga ini biasanya diberikan kepada orang yang sedang mengadakan acara kelulusan atau wisuda, sebab jika menggunakan bunga hidup tentu saja akan cepat layu dan kering. Tentu hasilnya akan berbeda apabila membuat buket bunga dengan menggunakan kain flanel, ya pasti hasilnya selain bagus juga tetap awet atau bisa disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga bisa untuk dijadikan sebagai kanang-kenangan.

Jika anda mau, anda bisa kok membuatnya sendiri tanpa harus membeli. Hal pertama kali yang harus anda lakukan ialah anda perlu mempelajari tentang membuat bentuk bunga dari kain flanel.

Tapi kalau anda sudah mahir dalam membuat ini, maka otomatis akan sangat mudah untuk bisa membuat buket bunga dari kain flanel. Ya, sebab anda cukup merangkai dan membungkus bunga dari kain flanel tersebut.

Nah, biar tidak berlama-lama langsung saja penulis akan membagikan cara membuat bunga dari kain flenel yang bisa anda coba, berikut ini tutorialnya.

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

cara membuat bunga dari kain flannel

Sebelum kita memulai untuk membuat bunga, maka alangkah baiknya jika anda persiapkan dulu alat dan bahan yang di perlukan, agar apa ? Agar nanti dalam pengerjaanya lebih mudah.

Alat dan Bahan :

  • Kain flanel
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel : 

  1. Langkah pertama yaitu potonglah kain tersebut hingga berbentuk oval sebanyak 16 buah. Potongannya harus sama besarnya.
  2. Kemudian potong kain flanel hingga membentuk oval yang mana oval terebut harus 3 kali lebih besar dari potongan kain oval yang sebelumnya. Untuk potongan ovalnya sebanyak 4 buah
  3. Langkah selanjutnya lipatlah satu buah kain oval yang ukurannya kecil menjadi dua bagian (dari atas ke bawah) kemudian anda gulung dari sisi kiri atau kanan ke arah sebaliknya dan persis dengan contoh yang pertama.
  4. Lipatlah tiga buah kain oval yang ukurannya kecil hingga menjadi dua bagian (dari atas ke bawah) Setelah itu anda tempelkan di sekeliling gulungan pertama, persis sama seperti contoh yang ke dua.
  5. Langkah  berikutnya ambillah lagi buah oval yang ukurannya kecil sama seperti yang tadi, lalu anda tempelkan tepat di sekeliling kain yang sudah di tempelkan diantara bagian kosong lipatan sebelumnya, sama persis dengan contoh yang ke empat.
  6. Nah, sekarang ambillah enam buah kain oval kemudian anda tempelkan tepat di sekeliling kain yang sudah ditempelkan sebelumnya, diatara bagian kosong lipatan sebelumnya sama seperti contoh yang ke lima.
  7. Sekarang langkah terahir, anda ambil empat buah kain oval yang berukuran besar kemudian tempelkanlah tepat di sekeliling kain yang tadi sudah ditempelkan diantara bagian kosong lipatan yang sebelumnya, sehingga seluruh bunga bisa tertutup sama seperti contoh pada langkah nomor enam.

Gimana udah tau kan cara membuatnya ? Oh iya dari cara sebelumnya, anda bisa kok membentuk bunga lain tapi dengan jenis yang berbeda.

cara membuat bunga dari kain flannel

Sebenarnya caranya masih sama, yang membedakan disini hanyalah pada pola potongan kain flanel. Nah, setelah pola sudah terbentuk, selanjutnya yang anda lakukan ialah menggulung dan menempelkan secara satu persatu pola yang nantinya akan membentuk kelopak bunga.

 

Alat maupun bahan yang perlu anda siapkan dalam membuat bunga ini ialah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Gunting
  • Kain flanel
  • Jarum
  • Benang (Warnanya harus sama dengan kain flanel)

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Dengan Motif Lain :

  1. Buatlah pola seperti pada gambar yang pertama
  2. Kemudian anda jahit jelujur seluruh sisi pangkal kain flanel. Perhatikan, jarak jahitannya harus renggang janga terlalu rapat.
  3. Langkah selanjutnya anda tarik benang tersebut secara perlahan-lahan hingga kain flanel mengkerut dan kemudian membentuk lipatan kelopak bunga.
  4. Jahit mati pada bagian bawah bunga, tujuannya supaya lipatan tidak pudar atau lepas.
  5. Terakhir tempelkan hiasan berupa mutiara kecil.

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Kreasi Baru

cara membuat bunga dari kain flannel

Alat maupun bahan yang perlu anda siapkan dalam membuat bunga ini ialah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Kain flanel
  • Gunting
  • Jarum
  • Benang (warnanya harus sama dengan kain flanel)

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

  1. Pertama buatlah pola seperti yang ada pada gambar pertama.
  2. Kemudian anda jahit jelujur seluruh sisi pangkal kain flanel. Perhatikan, jarak jahitannya harus renggang janga terlalu rapat.
  3. Langkah selanjutnya anda tarik benang tersebut secara perlahan-lahan hingga kain flanel mengkerut dan kemudian membentuk lipatan kelopak bunga.
  4. Jahit mati pada bagian bahwah bunga, tujuannya supaya lipatan tidak bergeser kembali.
  5. Terakhir anda tempelkan hiasan berupa kancing kecil.

Cara Membuat Bunga Dari Kain Flannel Motif Mawar

cara membuat bunga dari kain flannel

Alat maupun bahan yang perlu anda siapkan dalam membuat bunga ini ialah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Jarum
  • Gunting
  • Kain Flanel
  • Benang (usahakan warnanya sama dengan kain flanel )

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Motif Mawar

  1. Pertama tama buatlah pola seperti pada gambar yang pertama.
  2. Kemudian anda jahit jelujur seluruh sisi pangkal kain flanel. Jarak jahitannya harus renggang janga terlalu rapat.
  3. Langkah selanjutnya anda tarik benang tersebut secara perlahan-lahan hingga kain flanel mengkerut dan kemudian membentuk lipatan kelopak bunga.
  4. Jahit mati pada bagian bawah bunga, tujuannya supaya lipatan tidak bergeser kembali.

Membuat kreasi bunga dari flanel akan semakin asyik dan syahdu apabila ditemani oleh makanan kesukaan sejuta umat, nasi goreng.

Cara Membuat Mawar Bertangkai dari Kain Flanel

cara membuat bunga dari kain flannel

Sebelum anda membuat bunga liliy ada yang perlu anda siapkan terlebih dahulu. Alat dan bahan yang perlu anda siapkan antara lain ialah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Lem tembak
  • Gunting
  • 2 buah kain flanel (warna berbeda, misalnya krem untuk putik, putih untuk kelopak, hijau untuk pangkal bunga)

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Versi Pertama: 

  • Langkah awal anda potong masing-masing 2 buah kain flanel seperti pola gambar kedua.
  • Selanjutnya ambillah dua buah dari pola kain flanel  dari masing-masin warna. Kemudian anda tempelkan kain tersebut satu sama lain. Masing-masing undakan kain flanel harus satu dan lainnya tidak boleh menumpuk. Agar tidak bingung anda bisa lihat contoh gambar nomor 3.
  • Langkah ketiga yaitu anda gulung kain flanel tersebut dengan rapi supaya nanti membentuk kelopak yang berundak-undak sama seperti kolopak mawar. Agar kelopak tidak bergeser, sebaiknya tempel dengan lem tembak.
  • Berikutnya anda tempelkan pola kain yang terlihat di bagian bawah gulungan kain flanel.
  • Langkah terakhir anda dapat menambahkan tangkai yang terbuat dari kawat yang mana kawat tersebut di lapisi kain flanel warna cokelat yang sudah di gulung, sehingga terlihat membentuk seperti batang.

 

Alat maupun bahan yang harus anda siapkan dalam membuat bunga ini ialah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • 2 buah kain flanel (warna berbeda)
  • Lem tembak
  • Gunting

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Versi Kedua :

  • Pertama anda buat pola kain flanel sama seperti gambar yang pertama, setelah itu gunting secara melingkar.
  • Selanjutnya anda gulung kain flanel tersebut mulai dari pangkal sampai ke ujung pola kain secara mengerucut.
  • Nah, jika sudah selesai digulung, maka langkah yang harus anda lakukan ialah potong bentuk bulatan dari kain flanel yang terlihat mendahului satu sama yang lain.
  • Agar bunga tambah menarik dan cantik, anda dapat memberikan tempelan hiasan berupa manik mutiara kecil tepat di tengah gulungan kain.
  • Terakhir anda dapat menambahkan tangkai yang mana tangkai tersebut yaitu terbuat dari kawat yang dilapisi kain flanel berwarna cokelat yang kemudian digulung sehingga membentuk persis seperti batang.

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel

cara membuat bunga dari kain flannel

Agar lebih mudah dalam pengerjaannya sebaiknya sebelum anda membuat bunga tulip dari kain flanel ini anda harus persiapkan dulu bahan dan alat yang dibutuhkan. Adapun bahan dan alat tersebut ialah sebegai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Kain flanel
  • Lem Tembak
  • Catokan atau setrika
  • Kawat.

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel :

  1. Langkah awal anda bentuk dulu pola pada kain flanel setelah itu anda gunting.
  2. Langkah berikutnya ialah pada kain flanel anda bentuk persegi panjang yang mana tingginya harus sama dengan pola sebelumnya. Setelah anda bentuk polanya lalu anda gunting.
  3. Gulung lalu lapisi dengan kawat dengan menggunakan pola kain flanel yang berbentuk persegi panjang, lalu anda tempelkan dengan menggunakan lem tembak.
  4. Berikutnya kawat yang sudah dilapisi kain flanel tadi anda taruh di tengah pola kain flanel yang berbentuk hati.
  5. Kemudian lekukan pola hati dan lipat ke dalam kawat setelah itu tempelkanlah ujungnya dengan menggunakan lem tembak
  6. Lipat juga lekukan yang lain ke sisi satunya, kemudian ujungnya tempelkan dengan menggunkan lem tembak.
  7. Langkah terakhir lekukan sedikit ujung, anda harus lekukan ujung kain flanel dengan mengikuti lekuk lipatan sebelumya, lalu panaskan menggunkan catokan atau bisa juga di setrika bagian kain flanel yang tidak terlipat supaya kain tersebut melekuk dengan sempurna.

cara membuat bunga dari kain flannel

cara membuat bunga dari kain flannel

Alat maupun bahan yang perlu anda siapkan dalam membuat bunga ini ialah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • 3 kain flanel yang warnanya berbeda
  • Lem tembak

Langkah-langkah Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel :

  1. Hal pertama yang harus anda lakukan ialah membuat pola pada kain flanel yang berwarna putih, untuk kelopak seperti pada gambar di atas, kemudian anda gunting.
  2. Buatlah pola pada kain flanel yang berwarna krem untuk kemudian dijadikan kelopak seperti pada gambar, setelah itu guntinglah.
  3. Buat pola lagi diatas kain flanel yang berwarna hijau yang nanti akan di jadikan pangkal bunga seperti pada gambar di atas, lalu gunting polanya.
  4. Kemudian tempellah ujung pola putih dibagian tengah pola, kemudian kawat dan kelopak di bagian bawah dengan menggunakan lem tembak.
  5. Lipatlah lekukan yang lain ke arah sisi satunya, setelah itu anda tempelkan ujungnya, kemudian anda ulangi lagi pada sisi yang lain.
  6. Langkah terakhir anda lapisi tepat pada bagian bawah dengan menggunakan kain flanel warna hijau degan posisi pola di balik, lalu kencangkan dan tempelkan.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara membuat bunga dari kain flanel beserta pengertian dan fungsi dari kain flanel. Semoga ulasan diatas membantu Anda dalam mengkreasikan kerajinan tangan menggunakan kain flanel ini.

By |2018-12-31T10:42:50+00:00Desember 31st, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Kreasikan Dirimu Lewat Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

About the Author:

WhatsApp chat