Cara Membuat Bunga Dari Kertas – Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tips dan cara membuat bunga dari kertas dan tentunya kertas yang dipakai dari berbagai jenis. Oke, sebelum kita belajar mengenai cara membuat bunga dari kertas, kira-kira disini siapa yang suka dengan bunga ?

Kami yakin semua pasti suka dengan bunga, iya kan ? Mengapa kita akan membuat bunga dari kertas, adalah kerena memang kertas biasanya kerapkali dipakai untuk membuat beragam kerajinan tangan.

Semua itu di karenakan teksturnya yang sangat ringan ketika di bentuk dan selain itu biayanya yang tergolong tidak mahal alias murah. Keunggulan lain yang ada pada kertas adalah terdapat banyak sekali warna sehingga kita bisa memilih warna apa saja untuk dipakai untuk membuat kerajinan. Selain itu bisa juga untuk dibuat berbagai macam karya unik dan menarik.

Bunga dari kertas ternyata bisa diubah menjadi berbagai macam hiasan dalam ruangan rumah. Ya, kamu sudah pasti sangat bisa dalam membuat berbagai macam bunga untuk hiasan di permukaan meja maupun hiasan dinding. Taukah kamu bahwa bunga tersebut bisa juga digunakan untuk mempercantik tampilan ruangan pesta ataupun acara-acara lainnya.

Mungkin kamu bertanya, kira-kira bunga apa saja yang bisa di bentuk dari kertas krep tersebut ? Bunga bunga tersebut yang masih bisa di bentuk adalah bunga tulip, sakura, mawar, melati dan lain sebagainya.

Yakin mau tau caranya ? Berikut ini informasi cara membuat bunga dari kertas.

Cara Membuat Bunga dari Kertas HVS

Untuk latihan membuat bunga mawar dari kertas HVS bisa di bilang mudah untuk dilakukan. Dalam membuatnya biasanya selesai dengan waktu yang sangat singkat.

Bahkan dalam membuat satu buket bunga, kamu hanya memerlukan waktu cuma beberapa menit saja. Sangat cepat kan. Selain itu kamu bisa memprovisasi yang srek dan cocok dengan kemauan dan kreasi bahan motif yang nanti kamu pakai. Baiklah langsung saja kita mulai belajar tentang bagaimana cara membuat bunga dari kertas HVS. Berikut ini tutorialnya.

Bahan-bahan yang harus di persiapkan untuk tutorial bikin bunga mawar kertas tersebut antara lain:

  • Lem atau pereket
  • Manik manik
  • Cutter atau gunting
  • Kertas HVS warna putih atau warnanya sesuai dengan keinginan kamu. Tapi ada hal yang harus kamu perhatikana di sini adalah semakin tebal dan berat kertas HVS yang kamu pakai, maka akan berakibat tidak bagus pada bunga, yang pada akhirnya bunga tersebut akan sangat susah di bentuk dan kaku.

Cara Membuat Bunga dari Kertas HVS

cara membuat bunga dari kertas

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah semua bahan dari tutorial membuat bunga mawar kertas sudah siap adalah kamu harus memastikan bahwa kertas HVS yang akan kamu gunakan sudah diwarnai dengan menggunakan cat air.

Sebenarnya dalam pemakaian pola cat air ini tidak begitu pasti. Kamu bisa jika mengubahnya sesuai dengan seleramu dengan beraneka macam pola yang kamu sukai.

Kalau boleh kami beri contoh misalnya kesukaan kamu adalah gambar notasi musik ya kamu beri gambar tersebut.

cara membuat bunga dari kertas

2. kamu harus membuat setidaknya 3 buah kertas yang bentuknya menyerupai kubus. Ukurannya kira-kira panjang sisi sekitar 6 cm. setelah itu kamu lipat dengan melewati garis diagonal di sertai sisi berpola di bagain dalam.

Nah, langkah tersebut kamu lakukan dua kali yaitu melipatnya kembali sampai nanti menjadi dua lipat segitiga. Kemudian setelah itu, kamu potong pada bagian sisi lebar segitiga dengan bantuk yang melengkung atau semacam ujung kelopak bunga.

cara membuat bunga dari kertas

3. Setelah itu, kamu gunting pada bagian lancip atau puncak piramida segitiga tersebut agar ada lubangnya pada bagian tengah kertas, kalau bisa di gunting sekecil mungkin, jangan terlalu besar.

cara membuat bunga dari kertas

4. Ulangilah langkah atau cara tersebut di di seluruh kertas bahan. Kemudian semua kertas kamu buka seperti bunga yang rata.

cara membuat bunga dari kertas

5. Kita mulai dari kertas yang paling awal dulu. Ya, berdasarkan bagian dari kelopak bunga, kamu potong satu bagian kelopak bunga tersebut, lalu kertas yang kedua untuk dua kelopak dan kertas yang ketiga digunakan untuk tiga kelopak. Setelah itu kamu sisihkan dan biarkan potongan-potonga yang kecil itu tadi, sebab nanti akan di gunakan untuk bagian tengahnya.

6. Langkah selanjutnya agar kelopak terluar dan kelopak bunga saling menumpuk kamu beri lem ke potongan kelopak besar tersebut. Nah nanti akan menjadi lapisan yang terdiri atas 4,5, sampai 6 kelopak bunga. Lalu pada sisi lebar kelopak bunga tersebut kamu lipat keluar supaya nampak ada efek merekah.

cara membuat bunga dari kertas

7. Setelah itu kamu buat bagian dalam, kamu pakai bagian potongan kelopak yang ukurannya kecil yang tadi sudah kamu simpan. Kamu buat kembali seperti corong, akan tetapi cuma sedikit bagian yang kamu kasihkan lem. Tujuannya agar kelopak yang saling menumpuk cuman sebagian kecil.

8. Oke pada tahap ini akhirnya bunganya sudah siap untuk di susun.Kalau kamu ingin membuat bunganya sama kawat untuk di jadikan tankainya, maka pertama kali kamu harus siapkan kawat seperlunya, lalu letakkanlah manik-manik tepat di tengah kawat.

cara membuat bunga dari kertas

9. Setelah semuanya selesai, buatlah simpul kawat itu tadi supaya manik-manik tersebut terkunci. Selanjutnya tempelkan bagian corong kelopak untuk mengitari kawat yang posisinya ada di bawah manik.

10. Langkah berikutnya pada bagian bawah lapisan kelopak pertama kamu kasih lem dan lekatkanlah kelopak kedua di bagian bawahnya.Nah setelah lapisan kelopak tersebut sudah tertempel maka tahan sebentar dan nunggu sampai nanti lemnya sudah melekat dengan sangat baik.

cara membuat bunga dari kertas

11. Lakukanlah langkah-langkah diatas secara berulang ulang pada tiap kelopak bunga dan seterusnya. Jangan lupa beru sedikit putaran supaya di setiap lapisan kelopak bunga agar terdapat variasi dan juga efek selang seling.Nah. Kalau proses penempelan sudah selesai, maka kamu bisa meletakkan sebuah manik-manik tepat dibagian bawah bunga.Tujuannya agar bunganya tidak bisa bergeser kemana-mana dan terkunci.

12. Langkah berikutnya adalah kamu masukkan bunga ke satu sisi kawat sampai menyentuh pada bagian sisi bawah bunga. Setelah itu kamu putar kedua kawat itu tadi mereka saling mengunci.

Kamu boleh melapisi kawat tersebut dengan mamakai isolasi warna hijau atau bisa juga dengan kertas. Tujuannya agar ada efek yang lebih nyata. Gimana sangat gampang bukan untuk cara membuat bunga dari kertas seperti diatas?

Cara Membuat Bunga Sakura dari Kertas Krep

cara membuat bunga dari kertasMenurut kamu bunga tersebut keren tidak ? Kalau kamu suka dengan kerajinan tangan yang berasal dari kertas dengan bentuk bunga sakura tersebut, kamu bisa membuatnya sendiri. Kalau kamu tidak tau caranya tenang saja kami akan beri tahu.

Untuk cara membuat bunga dari kertas tentu saja yang pertama kali yang harus kamu siapkan adalah alat dan bahan. Nah, di bawah ini informasi alat dan bahan yang harus kamu siapkan

Alat-alat yang Harus Dipersiapkan :

  • Pensil
  • Pot kecil
  • Penggaris
  • Gunting

Bahan-Bahan yang Perlu Dipersiapkan :

  • Isolasi warna
  • Kertas krep dengan bermacam-macam warna
  • Benang
  • Lem kertas atau perekat
  • Kertas koran

Kamu tau bunga sakura ? Ya, bunga sakura merupakan bunga khas yang berasal dari negara matahari terbit, Jepang. proses pembuatan bunga yang satu ini bisa di bilang sangat susah. Kenapa susah ? Alasannya adalah karena bunga tersebut tidak Cuma mempunyai satu buah tangkai saja. Biasanya dalam satu tangkai terdapat banyak sekali ranting dan bunga di dalamnya.

Nah, dalam membuat tankainya, kamu bisa menggunakan kawat kemudian kamu lilitkan dengan benang atau kertas agar mirip denga ranting yang asli. Tapi jika kamu tipe orang yang tidak suka dengan yang ribet-ribet dan tidak mau pusing, maka kamu bisa memakai ranting yang sudah kering dan tentu sudah di awatkan.

Selain itu kamu sediakan kertas krep dengan tiga warna dimana warna tersebut harus berbeda beda. Ada warna hijau tua, merah mudah, dan kuning. Apabila kedua bahan-bahan tadi sudah siap, maka untuk cara membuat bunga dari kertas bisa membaca langkah atau tahapan-tahapan yang ada di bawah ini.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Bentuk Bunga Sakura

  1. Pertama kamu potong kertas krep yang hijau dan kuning manjadi ukuran 1 x 10 cm, kemudian potong kertas yang berwarna merah mudah menjadi 5×10 cm.
  2. Selanjutnya kertas krep yang berwarna pink kamu lipat, kemudian guntinglah menjadi lima bagian. Bentuknya di buat melonjong dan memanjang seperti bentuk kelopak bunga sakura.
  3. Setelah itu nanti hasil dari pengguntingan tersebut akan menghasilkan lima bagian kelopak, dimana tiap bagian dari kelopak tersebut terdapat dua tumpuk kelopak.
  4. Kemudian kamu bentuk kertas krep menjadi putik bunga, dan warna krepnya berwarna kuning.
  5. Lalu bentuklah lipatan kertas krep yang berwarna kuning menjadi putik bunga. Agar meringankan kita ketika melekatkan kelopak di ranting, maka kamu harus lipat kertas krep kuning tersebut dengan agak sedikit panjang.
  6. Ketika putik bunga sudah terbentuk, maka satu persatu kelopak bunga tersebut kamu lengketkan di putik sampai jadi mirip mahkota.
  7. Kemudian langkah berikutnya kamu tutup tepat pada bagian putik dengan memakai kertas krep yang warnanya hijau. Tujuannya agar ada kesan nampak seperti sebuah tangkai bunga yang asli.
  8. Tahap terakhir adalah melakukan langkah diatas secara berulang-ulang untuk menempelkan bunga sakura pada ranting. Ulangilah cara tersebut sampai seluruh ranting terisi dengan bunga yang begitu indah dan menarik.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Krep

cara membuat bunga dari kertas

Menurut kamu bunga mawar diatas mirip seperti bunga mawar sungguhan ya ? Padahal itu hanya sebatas kerajinan tangan lho, bukan aslinya .Di latihan sebelumnya kita belajar cara membuat bunga sakura, maka sekarang kita akan belajar cara membuat bunga dari kertas dengan bentuk bunga mawar.

Kamu pasti sudah sangat familiar dan tak asing lagi dengan bunga mawar, iya kan ? bunga mawar merupakan salah satu bunga yang sangat populer di masyarakat dan biasanya bunga tersebut di pakai sebagai pengungkapan rasa cinta terhadap lawan jenis.

Bunga tersebut juga mempunyai bau yang wangi, selain itu bunga mawar memang memiliki warna yang cantik dan menarik. Maka jangan heran bila ada banyak sekali orang-orang yang menyukai jenis bunga yang satu ini.

Kalau bunga aslinya pada umumunya di tanam di pot bunga, maka bunga yang terbuat dari kertas tersebut sangat cocok dan pas jika di manfaatkan sebagai hiasan di dalam ruangan atau rumah kamu.

Cara membuatnya sendiri bisa di bilang lumayan tidak terlalu sulit. Kalau kamu tidak tau, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama sediakan kertas krep dengan warna yang kamu sukai. Bisa juga memakai warna ungu, putih maupun merah muda.
  2. Langkah selanjutnya adalah kamu potong kertas krep itu menjadi beberapa bagian. Bentuknya juga sebaiknya di buat melengkung agar persis seperti kelopak bunga mawar.
  3. Gunakan gulungan kertas koran untuk membuat tangkai bunganya . Kemudian lekatkanlah koran tersebut menggunakan lem atau bisa juga menggunakan kawat.
  4. Untuk merekatkan bagian kelopak bunga ke ujung tangkai yang sudah di bentuk tadi, kamu bisa memakai lem.
  5. Langkah selanjutnya kelopak bunga yang lain kamu rekatkan dengan melinggkar sampai menjadi satu buah mahkota bunga yang sangat menarik dan indah.
  6. Setelah semuanya selesai kamu merekatkan kelopak bunga tersebut, maka kamu buat lapisan untuk bagian tangkai bunga dengan menggunakan kertas krep warna hijau atau cokelat.
  7. Kamu bisa memberi daun pada tangkai dengan menggunakan kertas krep warna hijau agar supaya tambah lebih bagus dan menawan.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Lipat

cara membuat bunga dari kertas

Menurut kamu bunga tersebut sangat indah kan ? Kalau suka. kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya sangat gampang kok. Kalau kamu tidak tau kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Sediakan 3 lembar kertas yang warnanya macam – macam. bisa juga mencetak kertas menggunakan mesin daur ulang kertas. Usahakan bedakan warna tiap-tiap kertas tersebut, contohnya warna merah, ungu dan kuning . Lalu gunanya apa  ? Gunanya agar hasilnya tampak lebih cerah dan menarik .

2. Oh iya, kalau hasil bunganya ingin lebih awat dank keras, pakailah kertas karton. Jika belum punya, kamu bisa memakai kertas lipat atau yang lainnya.

3. Masing-masing kelopak tersebut nantinya akan terdapat dua lapisan. Adapun lapisan tersebut untuk bagian depan memiliki ukuran yang kecil dan untuk bagian belakang ukurannya agak besar.

4. Kalau bisa warna dari dua lapis tersebut berbeda. Untuk kelopaknya bisa kamu sesuaikan, misalnya ingin berjumlah empat atau lima tidak masalah. Jadi sesuaikan saja.

5. Langkah selanjutnya yaitu bunga yang ukurannya kecil dengan bunga yang ukurannya besar tersebut kamu satukan dengan posisi bunga berukura kecil di depan bunga yang berukuran besar.

6. Kemudian sediakan tangkai, lalu masukkan tepat ke bagian tengah dari bunga. Lebih bagusnya untuk tangkai yaitu kawat yang sudah dilapisi dengan menggunakan silotip warna atau boleh juga menggunakan kertas warna.

7. Kamu harus bengkokkan tangkai tersebut, atau boleh juga dibuat simpul pada bagian ujung tangkai tersebut. Tujuan dari semua itu adalah agar tangkainya tidak mudah lepas dan lebih awet.

8. Setelah langkah demi langkah cara membuat bunga dari kertas sudah selesai, bunganya sudah jadi. Kamu tinggal masukkan saja ke pot bunga kemudian taruh di depan rumah atau ruang tamu kamu.

9. karena terbuat dari kertas, tentu bunga tersebut akan lebih awet atau tahan lama dibandingkan bunga asli. Karena pasti bunga mawar asli akan lebih  memerlukan perawatan ekstra seperti menyirami setiap hari.

Bagaimana?mudah bukan cara membuat bunga dari kertas seperti yang sudah dijelaskan diatas. Tinggal bagaimana kamu memainkan imajinasimu untuk menghasilkan kreasi bunga yang unik dengan pedoman contoh diatas. tunggu apa lagi? Buruan coba. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kamu.