Sejarah Cara Membuat  Es Cincau

Kali ini saya akan membagikan resep cara membuat es cincau hitam yang enak dan seger.Kata “cincau” ini berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: ??, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan bangsa Tionghoa di Asia Tenggara dan sekarang dikembangkan dengan Cara Membuat Es Cincau Hitam yang Enak dan Seger.

Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.dan sekarang banyak yang membagikan cara membuat es cincau hitam yang enak dan segercara membuat ec cincau hitam baik secara langsung maupung di sosmed.

Kali ini saya akan menuliskan resep cara membuat Es Cincau hitam yang enak dan seger.Simak baik-baik yah supaya nanti pas kalian coba dirumah hasilnya memuaskan dan dapat dinikmati dengan keluarga ,,,,ookkk baca juga artikel lain yaitu cara membuat kripik pisang yang enak.

Siapa si dari kamu yang tak kenal es cincau? Yaap, bahan makanan satu ini paling cocok disandingkan dengan berbagai jenis minuman untuk meredakan dahaga apalagi kalo diminumnya pas buka di bulan ramadhan atau pas cuaca lagi panas.

Es cincau hitam adalah salah satu minuman tradisional khas asli dari Indonesia. Es cincau hitam ini tersebut terbuat dari daun cincau Jangelan yang proses pembuatannya dengan cara manual dan tanpa menggunakan alat bantu, atau bisa dikatakan dengan menggunakan tangan kita sendiri,yaitu dengan cara diremas-remas dengan campuran air.

Setelah melakukan aktivitas seharian memang membuat rasa letih dan dahaga itu sangat-sangat terasa bukan,apalagi kalo kondisi cuaca itu panas bgt seperti sekarang ini lebih baik anda mencoba untuk membuat es cincau hitam yang enak dan seger.

Rasanya ingin sekali memang untuk menikmati sajian yang menyegarkan ketika cuaca sengang panas-panasnya.Salah satunya yaitu menu yang dapat dinikmati dan bikin kenyang adalah es cincau gula merah yang sekarang sangat popular di Indonesia ini.

Dan juga banyak di gemari oleh berbagai kalangan di Indonesia baik yang muda maupun yang tua karna terbuat dari bahan alami yang tidak mengandung penyakit asalkan mengonsumsinya tidak terlalu berlebihan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk Cara Membuat Es Cincau Gula Merah.

Bahan-bahan:

-750 Ml santan

-Garam secukupnya

-200 Gram gula merah

-400 Ml air

-1 Lembar daun pandan, simpul

-200 Gram cintau, potong dadu, seduh air panas

-100 Gram nata de coco

-100 Gram pacar cina

Cara membuat es cincau hitam yang enak dan seger:

  1. Ambil santan dan masak dengan api sambil diaduk-aduk, lalu angkat dan diinginkan.
  2. Panaskan gula merah hingga larut dalam air.
  3. Larutan gula merah kemudian dicampurkan dalam santan.
  4. Sajikan cincau dengan bahan-bahan lainnya, seperti larutan kuahnya lalu beri es serut atau es batu dan beri toping diatasnya.

Segar banget bukan? Yakin nggak mau coba nii?selamat mencoba dirumah yah.

 

cara membuat es cincau hitam

Cara membuat Es Cincau Serut.

Hampir mirip seperti minuman sebelumnya, tapi minuman satu ini lebih sederhana lagi cara membuat es cincaunya,tidak ribet dan juga lebih mudah di sedot ketika pake sedotan karna dengan bentukknya yang kecil dan memanjang seperti mie.

Berikut bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

  • Cincau secukupnya
  • 200 gram gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 liter susu cair

Cara pembuatan:

  1. Serut cincau dengan serutan keju hingga tipis-tipis.
  2. Rebus gula merah di api sedang.
  3. Masukkan Daun Pandan yang sudah dipotong-potong ke dalam rebusan Gula Merah.
  4. Tunggu sampai air rebusan mendidih dan sampai Gula Merah sudah hancur semua.
  5. Setelah rebusan dingin, gula disaring.
  6. Tambahkan 1 liter Susu Cair.
  7. Masukkan cincau yang sudah dipotong-potong.
  8. Simpan dalam lemari pendingin.
  9. Cincau rootbeer susu

Cara Membuat Cincau Rootbeer Susu

Minuman cincau sangat pas ketika disajikan untuk berbuka puasa di bulan ramadhan.Setelah seharian beribadah puasa, pastinya kita akan mencari minuman yang bisa menyegarkan dahaga bukan?ya pilihan terbaik yaitu  Cincau Rootbeer Susu adalah solusinya ketika ingin diminum pas berbuka puasa.

Selain bisa menambah tenaga karena kandungan gula di dalamnya tapi juga sebagai penghilang dahaga pastinya, minuman ini pun kayak akan kandungan seratnya yang pasti akan menyehatkan. Terbilang mudah untuk dibuat, untuk kamu-kamu yang ingin mencoba minuman baru untuk menu berbuka puasa mu nanti.

Bahan-bahan:

  • Cincau hitam
  • Susu Full Cream
  • Rootbeer
  • Es Batu

Cara Pembuatan:

  1. Sediakan gelas untuk menghidangkannya.
  2. Masukan es batu secukupnya ke dalam gelas.
  3. Masukan cincau secukupnya saja, banyaknya tergantung selera penyaji saja.
  4. Setelah itu, tuangkan susu cream ke dalamnya sebagai penambah rasa.
  5. Terakhir, tuangkan Rootbeer ke dalam campuran di gelas.
  6. Nah, minuman pun siap untuk dihidangkan.

Minuman ini bisa juga ditambahkan gula atau susu kental manis, tergantung dari selera penikmatnya saja tapi jangan banyak supaya rasanya pas dan tidak terlalu manis.

3. Es Nutrijell Cincau

Dipadu dengan Nutrijell bubuk rasa cincau pun semakin enak dan nikmat ketika diminun, minuman satu ini tak ketinggalan serunya untuk menemani menu berbuka puasamu bersama keluarga tercinta dirumah .

Bahan-bahan:

  • Nutrijell Cincau
  • Susu Kental Manis
  • Gula Pasir
  • Daun Pandan
  • Vanili
  • Cengkeh
  • Kayu Manis
  • Garam
  • Santan
  • Air
  • Es Batu

Cara pembuatan:

  1. Masukkan 200 ml air di dalam sebuah wajan hingga mendidih.
  2. Masukkan 2 bungkus Nutrijell rasa cincau.
  3. Masukkan 1 sdm gula pasir.
  4. Aduk hingga merata sambil nyalakan apinya.
  5. Rebus di tempat berbeda air 500 mL.
  6. Masukkan gula pasir kembali di dalam wajan kedua.
  7. Masukkan daun pandan dan sedikit vanili dan kayu manis.
  8. Masukkan sedikit garam.
  9. Aduk hingga larut dan mendidih.

10.Setelah adonan Nutrijell mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin.

11.Setelah itu, rebus santan di wadah yang berbeda hingga mendidih.

12.Tunggu semua hingga dingin.

13.Potong-potong cincau yang sudah dingin.

14.Campurkan semua adonan yang sudah dingin sesuai porsi ke gelas

15.Dan, es Nutrijell pun siap untuk dinikmati bersama sanak saudaramu.

Es Cappucino Cincau

Untuk menu satu ini kamu pasti sudah sering dengar bukan,dan juga sering kamu beli di beberapa tempat penjualan es cincau? Yup. banyak sekali kita temukan penjaja minuman satu ini.

Dan minuman ini pun bisa menjadi rekomendasi untuk menu anda dan menemani acara berbukamu dibulan ramadhan bersama keluarga di rumah.

Bahan-Bahan :

  • 1 sachet cappucino bubuk
  • Susu kental manis rasa coklat secukupnya
  • 2 sdm gula pasir
  • Potongan dadu cincau hitam secukupnya
  • Air
  • Es batu serut

Cara Pembuatan :

  1. Masukan bubuk cappucino, gula pasir, dan air secukupnya ke dalam blender.
  2. Setelah itu, masukan es batu serut secukupnya sesuai dengan seleramu.
  3. Kemudian nyalakan blender, dan tunggu hingga adonan merata.
  4. Selanjutnya, siapkan gelas yang sudah diberi potongan cincau dan diolesi secara melingkar dengan susu kental manis.
  5. Tuangkan campuran cappucino tadi ke dalam gelas yang sudah berisi cincau.
  6. Es cappucino cincau pun sudah siap dihidangkan dan siap untuk dinikmati.

Es Bajigur Cincau

Tak mau ketinggalan,Es Cincau bajigur ini pun menjadi idaman jika disandingkan dengan cincau. Minuman khas Jawa Barat ini memang memiliki cita rasa yang luar biasa ketika diminum apalagi kalo minumnya bersama-sama dengan sanak saudara baik dirumah maupun di manapun.

Bahan-bahan:

  • 1 liter air santan kelapa
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 sdm gula pasir halus
  • 250 gram gula merah, iris tipis
  • 2 lembar daun pandan, ikat membentuk simpul
  • 1 ruas jari kayu manis
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam halus
  • 100 gram cincau hitam, potong dadu
  • 1 sdm bubuk kopi
  • Es batu serut secukupnya

Cara Pembuatan:

  1. Masukan santan kelapa, potongan cincau hitam, daun pandan, gula merah, dan gula pasir ke dalam panci.
  2. Masak dan tunggu sampai mendidih sambil diaduk terus-menerus.
  3. Setelah itu, masukan jahe, kayu manis, bubuk kopi, vanili bubuk, garam halus, dan cincau hitam.
  4. Kemudian aduk-aduk semua bahan dan masak hingga mendidih dengan api kecil.
  5. Jika sudah mendidih, matikan api lalu biarkan bajigur hingga mendingin sejenak.
  6. Jika sudah dingin, ambil gelas dan tuangkan bajigur ke dalam bersamaan dengan es batu.
  7. Es bajigur cincau siap untuk dihidangkan dan juga siap untuk dinikmati bersama keluargamu.

Es Teh Tarik Cincau

Dengan bahan dasar teh yang dibuat menjadi es teh tarik pun kamu bisa menjadikan cincau menjadi minuman favoritmu Pada saat panas-panasnya terik matahari di siang hari,yang paling enak dan segar, tentu saja minum es cincau.

Es cincau selain enak rasanya, es ini pun dapat menyegarkan tenggorokan kita dan juga mengenyangkan.Cincau ada 2 jenis yaitu, cincau yang berwarna hitam dan cincau yang berwarna hijau. Untuk kali ini saya akan membahas tentang cincau hijau terlebih dahulu ya.

Cincau bermanfaat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, nyeri pada perut, dan panas dalam.Bagian yang sangat diperhatikan pada saat membuat cincau yaitu  pemberian garam. Garam ketika diberikan pada es  dapat memberikan rasa gurih.

Cincau dapat anda jumpai di pasar tradisional baik di supermarket terdekat. Jadi anda tidak perlu repot-repot membuat cincau hijau. Tapi jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah berikut cara pembuatan dan bahan es cincau hijau.

Resep Es Cincau Hijau

Bahan-bahan

  • 30 lembar daun cincau hijau, cuci bersih
  • 500 ml air matang
  • 100 gram kelengkeng, kupas, dan sisihkan
  • 300 ml santan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 150 gram gula merah sisir
  • 100 ml air
  • 500 gram es serut

Cara membuat

  1. Tempatkan daun cincau ke wadah,lalu beri air sedikit demi sedikit sambil diremas-remas hingga cairan menjadi kental.dan Saring.
  2. Rebus santan dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, angkat.
  3. Rebus gula merah dengan air hingga larut dan mengental.
  4. Penyajian : Siapkan gelas saji, letakkan dan susun cincau, kelengkeng, gula merah, santan, dan es serut.
  5. Sajikan segera.

Cara Membuat Es Teh Tarik Cincau

Biasanya banyak para pedagang es cincau yang tidak memakai buah kelengkeng. Mereka hanya menjual cincau hijau saja.

Tetapi jika anda ingin es cincau anda beda dari yang lainnya, anda juga dapat menambahkan kelengkeng ataupun buah yang lainnya ke dalam es cincau buatan anda sendiri yang anda buat dirumah.

Semua tergantung pada kesukaan dan selera anda masing-masing apa yang anda suka. Es cincau pun dapat dijadikan sebagai menu pilihan untuk berbuka puasa karena rasanya manis,seger dan tidak akan membuat perut anda sakit setelah seharian berpuasa.

Nah,selamat mencoba ya dirumah bersama teman maupun  keluarga anda tercinta.

Bahan-bahan:

  • 250 ml susu cair putih
  • 500 liter air
  • 200 gram teh/teh celup
  • 1 cincau hitam (potong dadu)
  • Es batu secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Rebus air dan teh sampai mendidih lalu angkat dan saring.
  2. Tuangkan gula secukupnya ke dalam air teh, aduk rata.
  3. Tambahkan susu ke dalam wadah teh, aduk rata terlebih dahulu.
  4. Siapkan wadah bersih, tuangkan teh sambil dicelup-celup beberapa kali.
  5. Lakukan berulang kali sampai teh mengeluarkan busa.
  6. Diamkan sebentar sampai dingin sejuk.
  7. Masukan potongan cincau ke dalam gelas bersih.
  8. Tambahkan juga es batu ke dalam gelas sesuai seleramu.
  9. Tuangkan teh tarik sebelumnya ke dalam gelas.

10.Akhirnya, es teh tarik cincau pun siap untuk kamu nikmati.

 Es Milo Dinosaurus

Menu satu ini merupakan menu khas McDonald’s. Kalian Tak perlu buat  repot-repot mengantri lama  karena kamu pun juga bisa mendapatkannya dari dapurmu sendiri dirumah.

Bahan-bahan :

  1. 2-3 sdm Milo bubuk
  2. 1 sdm Susu kental manis (sesuai selera bnyknya)
  3. Secukupnya Air hangat untuk melarutkan
  4. Secukupnya Es batu
  5. Secukupnya Air es
  6. Secukupnya Milo bubuk untuk topping

Cara pembuatan :

  1. Larutkan 2-3 sdm milo & SKM dengan air hangat.
  2. Beri es batu sebanyaknya.
  3. Tuang air es, aduk sebentar.
  4. Beri topping bubuk milo.

 Milo (Milo Oreo)

Perpaduan antara oreo dan milo benar-benar menjadi idaman. Bagaimana tidak perpaduan rasa antara oreo dan cincaunya bikin mereka menjadi ketagihan dan membuat inspirasi siapapun untuk mencoba membuat berbagai minuman sendiri dirumah.

Bahan-bahan :

  1. 1 bungkus Milo bubuk
  2. 2 sdm susu kental manis putih
  3. Es batu secukupnya (sesuai selera)
  4. Oreo secukupnya

Cara pembuatan :

  1. Pisahkan oreo dan susu kental manisnya. Sebagian saya tumbuk halus untuk hiasan.
  2. Siapkan blender, masukkan semua bahan, milo, susu kental manis, oreo, air dan es.
  3. Blender sampai halus.
  4. Salin digelas dan hias sesuai selera.

 Es Milo Cincau

Es Cincau dan Milo pun tak mau kalah, perpaduannya dengan milo banyak diperjual-belikan dan juga ingin mencoba meminumnya dan sekarang di beberapa cafe di Jakarta sudah mulai diperjual belikan baik itu secara langsung maupun online.

Kamu pun bisa mencobanya dirumah bersama keluarga untuk menemani menu berbuka puasamu nanti ya. Dijamin keluarga besarmu pun pasti akan menikmatinya dan juga menyukainya

Bahan-bahan :

  1. 3 sdm Milo bubuk
  2. 1 sdm skm coklat
  3. 1 sdm gula (sesuai selera)
  4. 200 ml air
  5. Es batu secukupnya
  6. Cincau secukupnya

Cara pembuatan :

  1. Larutkan milo, skm, dan gula dengan sedikit air panas.
  2. Setelah larut tambahkan sedikit air.
  3. Agar muncul buih-buih, larutkan di gelas tertutup lalu kocok hingga berbuih.
  4. Tambah kan es batu dan cincau yg sudah diparut (parutan keju).
  5. Es cincau milo pun siap untuk dihidangkan dan segera untuk dinikmati.

 Alpukat Milo Kocok

Menu satu ini sedang viral di Kota Yogyakarta. Untuk kamu yang tidak sempat berkunjung kesana , ternyata kamu bisa juga mencoba sendiri di dapurmu loh. Caranya tidak terlalu sulit, dijamin keluargamu akan suka dengan minuman satu ini.

Bahan-bahan :

  1. 2 buah Alpukat matang
  2. secukupnya Susu kental manis
  3. 3 sdm Milo bubuk
  4. Es batu halus (serut)

Cara pembuatan :

  1. Alpukat yang sudah matang dibelah menjadi 2 (dua) bagian, ambil daging buahnya.
  2. Daging buahnya dikocok dengan menggunakan sendok di dalam sebuah gelas hingga merata.
  3. Bila sudah merata, tambahkan es batu halus (serut) diatasnya.
  4. Tambahkan lagi susu kental manis dan milo bubuk sebagai toppingnya.
  5. Alpukat milo kocok pun siap dihidangkan.

Manfaat Es Cincau

  1. Obat Antimalaria. Siapa yang menyangka bahwa cincau dapat menangkal penyakit yang satu ini. …
  2. Obati Demam. Tanaman cincau mengandung senyawa seperti karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, kardioplegikum, tentradin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B. …
  3. Sebagai Antibiotik.

Kanadungan Gizi Es Cincau

Energi Daun Cincau = 122 kkal
Protein Daun Cincau = 6 gr
Lemak Daun Cincau = 1 gr
Karbohidrat Daun Cincau = 26 gr
Kalsium Daun Cincau = 100 mg
Fosfor Daun Cincau = 100 mg
Zat Besi Daun Cincau = 3 mg
Vitamin A Daun Cincau = 10750 IU
Vitamin B1 Daun Cincau = 80 mg
Vitamin C Daun Cincau = 17 mg

yaak itulah tadi beberapa resep yang saya bagikan  buan anda coba dirumah supaya lebih enak seger dan pastinya sehat.Dan jangan lupa baca artikl lain yaitu cara membuat cake marmer yang enak dan lembut.

Semoga beberapa resep yang saya bagikan tadi bisa masuk dimenu anda semua dan pastinya dapat berguna dan dapat ditiru dirumah bersama keluarga tercinta.