Diartikel ini saya ingin sharing kepada anda bagaimana cara membuat getuk beraneka macam dan mudah. Sebelum masuk ke pembahasan apakah anda mengetahui getuk itu apa?dan apakah anda mengetahui langkah dan bahan yang diperlukan apa saja?

Cara Membuat Getuk

Getuk singkong merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak disukai oleh semua kalangan. Getuk singkong tentunya terbuat dari bahan dasar singkong.

Dalam bahasa Jawa: gethuk) adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pembuatan getuk diawali dengan singkong dikupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

Cara Membuat Getuk

Beberapa Varian Dari Cara Membuat Getuk           

Getuk dikenal beberapa macam yang dapat kita jumpai:

  • Getuk singkong
  • Getuk lindri
  • Getuk Pisang
  • Getuk Talas
  • Getuk Goreng
  • Getuk Ubi Ungu

1.Cara Membuat Getuk lindri

Getuk lindri merupakan salah satu sajian tradisional yang banyak dijumpai di daerah Jawa, terutama Jawa Tengah. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, getuk lindri kini sudah tersebar luas ke daerah-daerah yang lainnya. Sehingga, sajian tradisional ini dikenal oleh orang banyak.

Kehadiran getuk lindri itu sendiri mendapatkan respon baik dari masyarakat sekitar, pasalnya sajian tradisionl yang begitu sederhana ini disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sajian yang satu ini terbuat dari bahan dasar singkong.

Kemudian, singkong dicampurkan dengan gula pasir dan bahan-bahan lainnya. Yang mana biasanya getuk lindri disajikan bersama dengan taburan kelapa parut di atasnya, sehingga cita rasanya semakin enak. Tekstur Getuk lindri begitu empuk dan lembut ketika disantap, anda akan ketagihan ketika menyantapnya.

Getuk lindri sudah banyak dijajakan di pasaran. Namun, dibandingkan membeli alangkah lebih baik jika membuatnya sendiri di rumah karena cara membuatnya mudah dan sederhana.

Bahan-bahan yang diperlukannya pun praktis. Nah, untuk mengetahui resep dan bahan yang diperlukan, anda bisa simak langsung pada pembahasan di bawah ini.

 

Bahan Utama Getuk Lindri dari Singkong

500 gram singkong
5 tetes pewarna makanan merah
100 gram gula pasir
5 tetes pewarna makanan hijau
75 gram kelapa parut kasar
1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan Untuk Taburan

1/2 sendok teh garam
200 gram kelapa parut

Cara Menyiapkan Bahan Bahan

1.Pertama-tama, kupas terlebih dahulu singkong yang sudah anda siapkan. Jika sudah, cuci singkong dengan menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih.

2.Setelah itu, siapkan alat untuk mengukus.

3.Kukus kelapa parut yang sudah anda siapkan selama kurang lebih 5 menit.

Cara Membuat Getuk Lindri dari Singkong

1.Siapkan kembali alat untuk mengukus.Jika sudah, kukus singkong yang sudah anda bersihkan tadi sampai benar-benar empuk. Jika singkong sudah empuk, anda bisa langsung menghaluskannya. Lalu, sisihkan terlebih dahulu.

2.Siapkan wadah, lalu masukan gula pasir, vanili bubuk, dan kelapa parut. Aduk merata bahan-bahan tersebut sampai gula menjadi larut.

3.Tuangkan campuran gula ke dalam singkong yang sudah dikukus. Aduk sampai merata.

4.Bagi adonan singkong menjadi 3 bagian. Masing-masing adonan diberikan pewarna makanan merah dan hijau. Aduk-aduk sampai merata. Sedangkan untuk adonan yang satunya dibiarkan berwarna putih.

5.Siapkan alat khusus untuk menggiling getuk lindri. Lalu giling masing-masing adonan dengan menggunakan gilingan getuk lindri tersebut. Lalu gulung dan potong.

Cara Membuat Taburan

1.Siapkan alat untuk mengukus kembali.

2.Jika sudah siap, kukus kelapa parut untuk bahan taburan bersama dengan garam. Kukus kelapa parut sampai benar-benar matang.

3.Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya.

Sajikan getuk lindri dengan taburan kelapa parut di atasnya. Akan jauh lebih nikmat jika menyantap kue tradisional yang satu ini dalam keadaan hangat dengan ditemani minuman hangat pula. Itulah resep dan cara membuat kue getuk lindri dari singkong.

2.Cara Membuat Getuk Singkong

Getuk singkong merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak disukai oleh semua kalangan. Getuk singkong tentunya terbuat dari bahan dasar singkong. Namun, resep getuk singkong yang kami sajikan kali ini lebih spesial dibandingkan dengan getuk singkong yang lainnya.

Pasalnya, getuk singkong kali ini dipadukan dengan gula merah. Sehingga selain cita rasanya lebih manis, juga lebih enak dan lezat. Bahkan akan semakin gurih karen ditaburi atau digulingkan dengan kelapa muda parut.

Getuk singkong ini cocok disajikan di tengah-tengah keluarga tercinta. Anda bisa membuat sendiri kue getuk singkong gula merah tabur kelapa ini sendiri di rumah.

Cara membuatnya sederhana dan mudah, selain itu bahan-bahan yang dibutuhkannya juga praktis. Nah, berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat kue getuk singkong gula merah tabur kelapa parut yang bisa anda simak.

 

Bahan Utama Getuk Singkong Gula Merah Kukus Tabur Kelapa

1.000 gram singkong
125 ml air
225 gram gula merah
3 sendok makan gula pasir atau secukupnya
1/2 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh garam atau secukupnya
100 gram kelapa parut

Bahan Taburan

Kelapa muda parut secukupnya
Garam secukupnya

Cara Menyiapkan Bahan

1.Pertama, ambil singkong yang sudah anda siapkan. Jika sudah, kupas singkong tersebut.

2.Kemudian, bersihkan atau cuci dengan menggunakan air bersih.

3.Sisir halus gula merah.

Cara Membuat Getuk Singkong Gula Merah Kukus Tabur Kelapa

1.Pertama, siapkan panci. Lalu masukan air yang sudah anda siapkan bersama dengan gula merah yang sudah disisir. Rebus gula merah dan air tersebut sampai air mendidih dan gula merah larut.

2.Jika sudah mendidih, anda bisa langsung mengangkat rebusan gula merah. Agar tidak kotor, anda bisa menyaringnya dengan saringan.

3.Selanjutnya, masukan garam dan vanili bubuk. Lalu aduk sampai merata. Jika sudah, sisihkan.

4.Potong singkong yang sudah anda bersihkan tadi dengan ukuran sesuai selera.

5.Siapkan alat untuk mengukus. Lalu kukus singkong yang sudah dipotong sampai matang atau empuk.

6.Jika sudah empuk atau matang, anda bisa langsung mengangkat singkong dan menghaluskannya. Haluskan singkong ketika masih panas agar lebih mudah.

7.Tambahkan atau masukan kelapa parut. Aduk sampai merata.

8.Tuangkan rebusan gula merah. Uleni dengan menggunakan tangan sampai lembut.

9.Siapkan nampan berbentuk kotak. Lalu masukan adonan ke dalam nampan tersebut sambil diratakan. Potong-potong getuk tersebut dengan ukuran sesuai selera.

Cara Membuat Taburan

1.Siapkan kembali alat untuk mengukus.

2.Jika alat untuk mengukus sudah siap, anda bisa langsung mengukus kelapa parut bersama dengan garam.

3.Kukus selama kurang lebih 5 menit. Baru setelah itu, angkat.

Sajikan kue getuk ini dengan kelapa parut. Anda bisa menggulingkan getuk yang sudah dipotong dengan kelapa parut yang sudah dikukus.

Baru setelah itu, anda bisa langsung menyajikannya. Akan lebih nikmat jika getuk ini disantap dengan disertai minuman hangat. Itulah resep dan cara membuat getuk singkong gula merah tabur kelapa parut

3.Cara Membuat Getuk Goreng

Getuk goreng merupakan salah satu kreasi getuk, getuk goreng ini memiliki rasa yang begitu gurih dibandingkan dengan getuk yang lainnya. Getuk goreng tidak hanya dibuat dengan bahan dasar singkong saja, karena ubi jalar pun bisa dijadikan sebagai bahan getuk goreng.

Getuk goreng ubi jalar ini patut anda coba di rumah, karena selain gurih cita rasa dari getuk ini begitu manis dan gurih. Bagi anda yang kerap kali bingung menyajikan cemilan atau kudapan apa untuk keluarga, anda bisa membuat getuk goreng ubi jalar ini sendiri di rumah.

Sajian tradisional ini merupakan sajian murah dan sederhana, karena anda tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkannya. Nah, berikut ini resep dan cara membuat getuk goreng ubi jalar yang bisa anda simak.

 

Bahan Bahan Untuk Membuat Getuk Goreng Ubi Jalar

  • 500 gram ubi jalar
  • Minyak goreng secukupnya
  • 150 gram gula pasir atau secukupnya
  • Air secukupnya
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara Menyiapkan Bahan Bahan

1.Pertama, ambil ubi yang sudah anda siapkan. Lalu kupas kulit ubi tersebut sampai benar-benar bersih.

2.Jika sudah, anda bisa langsung mencuci atau membersihkan kulit ubi tersebut sampai benar-benar bersih.

3.Kemudian, potong-potong ubi dengan ukuran sesuai selera.

Cara Membuat Getuk Goreng Ubi Jalar

1.Siapkan panci berukuran kecil. Lalu masukan air, garam, gula pasir, dan vanili bubuk. Aduk sampai merata.

2.Nyalakan api kompor. Lalu simpan panci berisi bahan-bahan tersebut di atas kompor menyala. Rebus semua bahan-bahan sampai mendidih.

3.Aduk-aduk sampai gula larut dan mengental. Lalu, angkat dan sisihkan.

4.Siapkan alat untuk mengukus. Jika sudah siap, anda bisa langsung mengukus ubi yang sudah anda bersihkan tadi sampai matang dan halus.

5.Setelah itu, angkat ubi yang sudah matang atau empuk. Lalu haluskan sampai benar-benar halus dengan cara ditumbuk. Haluskan ketika masih dalam keadaan panas agar lebih mudah dan ubi tidak lengket.

6.Kemudian, tuangkan rebusan gula dan masukan ke dalam ubi yang sudah dihaluskan. Lalu aduk-aduk sampai merata.

7.Siapkan loyang atau nampan kotak. Masukan adonan yang sudah anda buat tadi ke dalam loyang atau nampan kotak tersebut. Lalu ratakan dengan ketebalan kurang lebih 2 cm.

8.Biarkan atau diamkan adonan sampai dingin.

9.Selanjutnya, potong-potong adonan dengan ukuran sesuai selera anda.

10.Siapkan wajan dan nyalakan api kompor. Simpan wajan yang sudah anda siapkan tersebut di atas kompor menyala.

11.Tuangkan minyak goreng secukupnya. Biarkan sampai minyak goreng tersebut panas.

12.Jika minyak goreng sudah panas, anda bisa langsung memasukan getuk yang sudah dipotong tadi. Goreng getuk sampai matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Baru setelah itu, angkat dan sisihkan.

13.Siapkan piring atau tempat saji lainnya. Sajikan getuk ini di atas piring dan hidangkan di tengah-tengah keluarga.

Getuk goreng ubi jalar sudah selesai dibuat. Santap getuk ini dalam keadaan hangat agar lebih enak. Santap pula bersama dengan minuman hagat agar lebih lengkap. Itulah resep dan cara membuat getuk goreng ubi jalar.

4.Cara Membuat Getuk Ubi Ungu

Ubi ungu merupakan salah satu ubi-ubian yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Banyak sekali olahan makanan berbahan dasar ubi ungu, mulai dari keripik, kolak, getuk dan makanan yang lainnya.

Nah, berbicara tentang getuk tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Getuk itu sendiri merupakan jajanan atau sajian tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong yang diolah dengan cara dikukus, dan dimakan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Jika dulu getuk hanya terbuat dari singkong, namun lainnya halnya dengan saat ini. Saat ini banyak sekali variasi getuk yang bisa kita temukan, sesuai dengan bahan dasar atau bahan pelengkap yang digunakan. Selain singkong, getuk juga bisa memanfaatkan ubi ungu sebagai bahan dasarnya.

Getuk ubi ungu sama dengan getuk pada umumnya, namun yang membedakan yaitu hanya bahan dasarnya saja. Sedangkan untuk taburan masih tetap sama yaitu dengan menggunakan kelapa parut. Getuk ubi ungu tentunya memiliki penampilan yang lebih menarik dan cantik.

Cita rasanya begitu enak dan manis. Teksturnya yang empuk akan sangat memanjakan lidah. Anda akan merasa ketagihan pada saat menyantapnya. Getuk ubi ungu bisa dijadikan sebagai kudapan di tengah keluarga, maupun sebagai sajian untuk menjamu tamu.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk mendapatkannya. Cara atau proses membuatnya sederhana dan mudah. Berikut ini resep dan cara membuat getuk ubi ungu yang empuk, manis dan enak yang bisa anda simak.

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Getuk Ubi Ungu yang Empuk, Manis dan Enak

Bahan Utama Getuk Ubi Ungu

500 gram ubi ungu
3 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok teh vanili bubuk
Gula pasir halus secukupnya

Bahan Taburan

Garam secukupnya
Kelapa muda parut secukupnya

Langkah Membuat Getuk Ubi Ungu

1.Langkah pertama yaitu, bersihkan ubi ungu yang sudah anda siapkan.

2.Jika sudah, siapkan alat untuk mengukus. Jika sudah siap, anda bisa langsung mengukus ubi ungu yang sudah anda siapkan. Kukus ubi ungu sampai empuk atau matang.

3.Jika sudah matang, angkat ubi ungu dari alat kukusan. Lalu kupas kulitnya. Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk. Ketika menghaluskannya akan lebih baik ketika masih dalam keadaan hangat agar lebih mudah.

4.Campurkan ubi ungu bersama dengan bahan-bahan yang lainnya seperti, gula pasir halus, vanili, dan susu bubuk. Aduk sampai merata.

5.Siapkan loyang, lalu simpan adonan di atas loyang. Kemudian pipihkan. Jika sudah, anda bisa langsung memotong-motongnya sesuai dengan selera anda.

Cara Membuat Taburan

1.Siapkan kembali alat untuk mengukus.

2.Lalu kukus kelapa parut dan garam. Kukus selama kurang lebih 10 menit.

3.Jika sudah, anda bisa langsung mengangkatnya.

Sajikan getuk ubi ungu ini di atas piring saji. Lalu taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Anda bisa menyantap getuk ubi ungu dengan ditemani secangkir minuman hangat, baik teh atau minuman yang lainnya.

Bagaimana cukup mudah dan sederhana bukan cara membuat getuk. Jika anda sudah mengetahui cara membuat getuk maka saya juga akan sharing Cara memasak udang

Demikianlah yang bisa saya sharing kepada anda semua. Semoga resep resep yang  diatas bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih.