Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak Dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak Dan Gurih

Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan rasanya yang enak dan gurih membuat makanan ini semakin di cari oleh konsumen. Maka disini akan kami sajikan beberapa tips cara membuat kerupuk ikan enak dan gurih.

Cara membuat kerupuk ikan bisa dilakukan dengan berbagai cara pengolahan. Berbagai macam bentuk makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan misalnya kerupuk yang akan saya paparkan saat ini.

Membuat kerupuk ikan tergolong sangat mudah dah sederhana. Cara membuatan kerupuk ikan memang ada yang langsung di goreng ketika kerupuk tersebut kering atau juga bisa disimpan dan dijual dalam bentuk mentah. Dalam pembuatan nya memang sama.

 

Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak

 

Untuk pengiriman kerupuk ikan dalam bentuk yang sudah di goreng memang memiliki kekurangan yaitu kerupuk akan mudah pecah serta anda hanya bisa mengirimnya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kecuali anda sudah menggunakan teknik pengepakan yang baik atau anda menggunakan wadah yang bagus dan tertutup rapat.

Sedangkan untuk kerupuk ikan yang masih mentah bisa lebih menghemat tempat serta terlalu berat ketika dikirim ke luar kota. Atau jika anda bertindak sebagai pembeli, sebaiknya anda memilih untuk membeli kerupuk ikan yang masih mentah karena biasanya harga nya lebih murah. Anda juga bisa membuat kerupuk ikan sendiri, tanpa harus membeli. yang harus dipersiapkan adalah :

Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak Dan Gurih

Untuk mendapatkan kerupuk ikan yang enak, ada beberapa hal yang penting dilakukan. Untuk mendapatkannya, berikut kami berikan cara membuat kerupuk ikan yang enak dan gurih.

 

Bahan dan Bumbu 

  •  800 gr tepung tapioka
  •  350 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  •  1 sendok makan garam
  •  5 siung bawang putih ( haluskan )
  •  1/2 sendok teh ketumbar halus
  •  1/2 sendok teh soda kue
  •  300 gr gula pasir
  •  5 butir telur
  •  air secukupnya
  •  minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak, Renyah dan Gurih :

  1. campurkan semua bahan dalam wadah mesin pengaduk adonan mesin ini akan mengaduk adonan hingga semua bahan tercampur rata
  2. uleni dengan tangan sampai adonan kalis dan tidak lengket ditangan
  3. kemudian adonan dibungkus dengan daun pisang gulung memanjang dan kukus selama 2 – 3 jam sampai adonan benar-benar matang
  4. angkat dan dinginkan adonan lalu dimasukan ke mesin pemotong kerupuk ikan, kemudian adonan menjadi tipis, selanjutnya keringkan adonan tipis tadi pada sebuah mesin oven kerupuk ikan sampai benar-benar kering ( 2 – 3 hari )
  5. panaskan minyak diatas api sedang dan goreng adonan yang sudah kering sampai merekah, angkat dan tiriskan
  6. kerupuk ikan sudah jadi dan siap packing

 

Namun bagaimana jika anda sudah membeli kerupuk ikan yang masih mentah dan ternyata anda tidak bisa menggorengnya dengan baik? Tentu hal ini akan merugikan anda, apalagi jika ternyata anda membuat bisnis atau usaha kerupuk ikan goreng untuk dijual kembali. Namun kali ini anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips cara menggoreng kerupuk ikan mentah agar lebih gurih:

 

Tips Menggoreng Kerupuk Ikan Mentah Agar Lebih Gurih

 

Cara Mudah Membuat Kerupuk Ikan Enak Dan Gurih Yang Membuat Anda Ketagihan 1

Berikut kami berikan beberapa tips cara menggoreng kerupuk ikan Agar Lebih Gurih, anda bisa coba beberapa tips dibawah ini.

  1. Dalam cara menggoreng kerupuk ikan mentah agar lebih gurih, anda harus mengeringkan kerupuk ikan mentah yang anda beli tersebut selama 8 jam. Kemudian pindahkan kerupuk ikan tersebut ke tempat yang teduh untuk di dinginkan, namun jangan sampai kerupuk ikan yang anda jemur tersebut terlalu kering atau bahkan belum kering sempurna, anda tentu harus melihat seberapa teriknya matahari yang anda gunakan untuk menjemurnya. Atau anda juga bisa menggunakan mesin pengering / oven jika memang anda menjemurnya dalam skala besar dan secara terus menerus agar hasilnya menjadi lebih bagus dan menghasilkan jumlah kerupuk yang banyak.
  1. Kemudian siapkan dua kuali besar dan kecil untuk menggorengnya, namun jika anda memiliki mesin penggoreng juga akan lebih baik. Untuk kuali yang kecil anda isi dengan minyak goreng yang tidak boleh terlalu panas, jadi gunakan api kecil saja. Sedangkan untuk kuali yang besar isilah dengan minyak dan panaskan. Kemudian tuangkan kerupuk ikan tersebut ke dalam kuali kecil, setelah kerupuk ikan mulai mengembang, anda bisa memindahkan nya dengan cepat ke kuali yang lebih besar tersebut. Dan kerupuk ikan akan segera mengembang dengan cepat.
  1. Setelah mengembang, anda harus segera mengangkatnya agar kerupuk ikan tidak gosong. Kemudian anda tiriskan kerupuk ikan tersebut hingga minyak nya turun dan kerupuk ikan menjadi dingin.
  1. Setelah dingin, anda bisa melakukan proses packing atau mengemasnya dengan kemasan yang bagus dan tertutup rapat. Atau anda juga bisa langsung memakan nya.

 

Catatan: hal yang harus anda perhatikan adalah kerapatan ketika anda menyimpan nya agar kerupuk tetap terjaga dari angin sehingga kerupuk ikan tersebut tidak mudah melempem dan tetap terjaga kerenyahan nya ketika di makan.

Dan jangan lupa ketika menjemur kerupuk ikan tersebut, sebaiknya jangan terlalu kering karena bisa membuat kerupuk ikan tersebut pecah ketika di goreng sehingga hasilnya tidak akan cantik nantinya. Jangan sampai terkena air hujan agar tidak rusak ketika di goreng, serta ketika cuaca mendung anda harus segera mengangkatnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal memang membutuhkan alat yang memang khusus untuk pembuatan kerupuk ikan, entah itu dari awal pembuatan kerupuk ikan hingga pengemasan nya agar kerupuk ikan bisa bertahan lama dan rasanya juga lebih enak.

Demikian informasi tentang cara membuat kerupuk ikan enak yang bisa kami berikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan membantu anda untuk mendapatkan hasil kerupuk ikan yang lebih nikmat dan gurih. Terima kasih.

By | 2017-10-26T09:28:12+00:00 April 6th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak Dan Gurih

About the Author: