Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang yang Enak dan Gurih

Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang

Kerupuk ikan tenggiri merupakan salah satu jenis kerupuk yang banyak diminati oleh para konsumen pecinta kerupuk. Salah satu yang terkenal berasal dari Palembang. Maka Disini Kami hadirkan cara membuat kerupuk ikan Tenggiri Palembang.

Kerupuk ikan tenggiri memang memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok untuk dijadikan pendamping lauk ketika makan. Kerupuk ikan memang renyah dan gurih meskipun dimakan secara langsung atau dimakan bersama makanan lain juga enak.

 

Cara Membuat Ikan Tengiri

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang

Kerupuk ikan memang merupakan salah satu makanan khas kota Palembang yang banyak diburu oleh para wisatawan yang berkunjung kesana sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah, namun untuk saat ini kerupuk ikan sendiri sudah diproduksi oleh banyak produsen di berbagai daerah, jadi bukan hanya Palembang saja yang memiliki kerupuk ikan.

Banyak sekali versi resep yang ada untuk saat ini, hal ini dikarenakan banyaknya jenis ikan yang bisa digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan. Dalam membuat kerupuk ikan memang tidaklah terlalu sulit, anda hanya membutuhkan resep dan mengikuti langkah-langkah nya secara baik dan benar.

Baca Juga….! Macam-macam Kerupuk Ikan dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan tenggiri palembang

Untuk mendapatkan hasil kerupuk ikan yang enak dan gurih, berikut ini kami ulaskan untuk anda Cara membuat kerupuk ikan tenggiri Palembang yang enak dan gurih:

Bahan dan Bumbu:

  • 3 kg gram ika tenggiri, dan ambil daging nya saja sebanyak 1,5 kg.
  • 1 kg tepung tapioka kualitas 1.
  • 5 siung bawang putih.
  • 1 sendok makan garam.
  • ¼ sendok makan soda kue.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang yang Enak dan Gurih:

  1. Daging ikan yang sudah dihilangkan durinya menggunakan mesin atau secara manual bisa anda cuci terlebih dahulu, kemudian anda masukkan ke dalam mesin penggiling, dan giling daging ikan tenggiri tersebut hingga halus.
  2. Kemudian haluskan bawang putih, garam dan soda.
  3. Kemudian campurkan daging ikan dengan bumbu yang sudah anda siapkan tersebut ke dalam cobek dan ulek hingga adonan mengembang.
  4. Tambahkan tepung tapioka kurang lebih 300 gram dan uleni hingga tepung tercampur rata dengan daging ikan tersebut.
  5. Uleni dengan tangan hingga adonan menjadi kenyal dan bisa dibentuk, kemudian bentuk dengan mencetaknya dengan cetakan atau masukkan ke dalam plastik atau daun pisang.
  6. Setelah itu, kukus adonan yang sudah anda cetak hingga matang, cara mengetahui apakah sudah matang atau tidak dengan cara menusukkan lidi ke dalam adonan yang anda kukus tersebut, kemudian jika adonan sudah tidak lengket, anda bisa segera mengangkatnya dari alat pengukus.
  7. Diamkan adonan tersebut hingga dingin dan mengeras, kemudian potonglah adonan tersebut tipis-tipis dengan menggunakan pisau atau anda bisa menggunakan alat pemotong adonan.
  8. Jemur kerupuk ikan mentah yang sudah anda iris tersebut hingga benar-benar kering, untuk menghemat waktu, anda bisa menggunakan mesin pengering adonan agar hasilnya lebih bagus dan lebih cepat.
  9. Jika sudah kering, anda bisa menggorengnya secara langsung kemudian di sajikan atau di kemas ke dalam plastic, atau anda bisa juga menyimpan nya dalam keadaan mentah dan bisa menggorengnya dikemudian hari.

Dengan mempelajari Cara membuat kerupuk ikan tenggiri Palembang yang enak dan gurih, anda bisa menggunakan hal ini sebagai suatu bisnis yang akan menghasilkan banyak keuntungan bagi anda.

Baca Juga…: Tips Cara Membuat Keruupuk Ikan Belida

Banyaknya peminat kerupuk ikan tenggiri khas Palembang, atau anda juga bisa menambahkan kerupuk ikan dari jenis ikan lain nya akan membuat usaha anda akan lebih banyak diminati penggemar kerupuk di bandingkan dengan kerupuk biasa. Meskipun harga dari kerupuk ikan memang lebih mahal, namun masyarakat memang lebih menyukai kerupuk ikan karena kandungan protein nya yang di dapatkan dari ikan serta rasanya yang lebih nikmat dan gurih akan menjadi alasan bagi mereka untuk membeli kerupuk ikan anda.

Demikian informasi tentang Cara membuat kerupuk ikan tenggiri Palembang yang enak dan gurih yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu anda dalam membuat kerupuk ikan. Terima kasih.

By | 2017-10-17T11:41:12+00:00 April 28th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang yang Enak dan Gurih

About the Author: