Home » Artikel » Artikel Proses » ANDA BERUNTUNG..! Inilah Rahasia Cara Membuat Kue Bolu Tanpa Bantat

ANDA BERUNTUNG..! Inilah Rahasia Cara Membuat Kue Bolu Tanpa Bantat

Cara Membuat Kue Bolu – Anda tentu akan setuju jika jenis kue yang ada di Indoneisa dan juga di seluruh dunia sangatlah banyak. Dari berbagai jenis kue yang kita temui hingga saat ini, ada salah satu jenis kue yang keberadaaannya sudah sangat dikenal banyak orang.

Kue ini juga memiliki variasi yang tak ada habisnya. Hampir setiap orang pasti sudah mengenal jenis kue ini, ya apalagi kalau bukan kue bolu.

Kue bolu merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak dibuat dan dikenal oleh masyarakat karena bahan dan cara pembuatannya yang mudah dan praktis.

Kue berbahan dasar tepung terigu dan telur ini juga cocok untuk disajikan dalam berbagai acara dan kesempatan, baik untuk ulang tahun, kumpul dengan keluarga, rapat, ataupun lainnya. Nah, berikut beberapa informasi lebih lanjut mengenai keberadaan kue bolu.

Sejarah Kue Bolu

Mengenal kue bolu rasanya belum lengkap tanpa mengetahui sejarah dan cara membuat kue bolu itu sendiri. Bolu atau cake sebenarnya berasal dari daratan Eropa yang diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia oleh bangsa Belanda pada masa penjajahan.

cara membuat kue bolu

Bolu, Kue Sederhana nan Lezat

Di Eropa sendiri, setiap negara paling tidak memiliki satu jenis cake sendiri yang begitu istimewa dan terkenal ke berbagai negara. Sebelum dikenal di Indonesie, Cake atau bolu juga sudah dikenal oleh bangsa Mesir kuno.

Cara membuat kue bolu dan bahan-bahannya yang sederhana membuat banyak orang tertarik membuatnya. Baik untuk dikonsumsi sendiri atau dibuat untuk keperluan upacara keagamaan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, rasa kue bolu sudah jauh berbeda. Begitupun dengan variasi dan jenis yang ditampilkan sudah sangat beragam.

Mesir Kuno, Romawi, Yunani dan Eropa

Roti sendiri sebenarnya telah berasal dari negara Mesir Kuno ribuan tahun lalu. Masyarakat Mesir kuno mengolah roti dengan bahan dasar tepung gandum. Awalnya roti berbentuk gepeng yang diolah dengan dipanggang diatas batu yang telah dipanaskan.

Setelah masyarakat Mesir kuno, masyarakat Yunani dan Romawi pun turut membuat roti dengan bahan dasar lain yang ada di daerah mereka. Barulah pada abad pertengahan, Eropa juga mulai mengembangkan cara pembuatan roti dengan teknik yang lebih modern, misalnya dengan penambahan susu ataupun telur untuk membuat roti harus dan empuk.

Hingga kini, cara pembuatan roti seperti ini paling banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Bahan dan Alat Untuk Membuat Kue Bolu

Secara umum bahan dasar pembuatan kue bolu terdiri dari tepung terigu, telur, mentega, dan gula. Hanya saja bertambahnya variasi pembuatan kue bolu menambah pula bahan dasar yang harus digunakan.

Meskipun begitu, penambahan bahan ini tergantung pada masing-masing pembuat. Beberapa bahan yang sering ditambahkan adalah mentega, susu bubuk putih, baking powder, ovalet vanili kecil, dan garam.

Sedangkan untuk penambah rasa, anda bisa tambahkan berbagai bahan lain seperti bubuk coklat (bolu coklat), daun pandan (bolu pandan), keju (bolu keju), pisang (bolu pisang), dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu saja, kue bolu juga sering digunakan sebagai kue tart pesta ulang tahun ataupun pernikahan. Nah, untuk jenis variasi ini biasanya akan memerlukan bahan lain seperti buttercream, fondant, dan buah ceri sebagai pemanis kue tart.

Alat-Alat yang Digunakan

Alat yang digunakan untuk membuat kue bolu biasanya terdiri dari, baskom, mixer, oven (bila dipanggang), dandang (bila dikukus), loyang atau tempat cetakan, dan kompor. Meskipun sangat simple namun anda harus tetap memperhatikan teknik pembuatan secara tepat.

Cara Membuat Kue Bolu

Banyaknya jenis kue bolu membuat teknik pembuatannya pun berbeda-beda. Meskipun begitu, secara umum pembuatan kue bolu hampir sama.

  • Pertama

Siapkan semua bahan yang diperlukan. Lalu masukkan telur, mentega, dan gula, kocok menggunakan mixer atau alat lainnya hingga mengembang (hingga keluar gelembung udara). Penambahan mentega ditujukan untuk membuat tekstur kue menjadi lembut.

  • Kedua

Masukkan tepung terigu, kocok kembali hingga tercampur secara merata. Lalu anda bisa menambahkan berbagai tambahan lainnya untuk memberikan rasa lain dari bolu yang anda buat, bisa berupa serbuk coklat, pisang, serbuk pandan dan lainnya.

Tak lupa, anda juga bisa menambahkan soda kue atau baking powder (pengembang) , ovalet (pengemulsi), penstabil (krim tartar), untuk menambah citarasa kue menjadi lebih nikmat.

  • Ketiga

Siapkan loyang yang telah diolesi dengan margarine, mentega ataupun minyak supaya tidak lengket. Kemudian sesuai selera, anda bisa memasak bolu dengan dipanggang (menggunakan oven), ataupun dengan cara dikukus (menggunakan dandang).

  • Keempat

Panggang atau kukus adonan dengan suhu 160-180 derajat celcius selama kurang lebih 30-40 menit. Untuk memastikan kue sudah matang, anda bisa menusuknya menggunakan lidi ataupun garpu.

  • Kelima

Jika kue sudah masak, keluarkan kue bolu dari loyang. Pada tahap ini sebenarnya kue sudah bisa langsung anda cicipi. Hanya saja, jika anda berniat membuat kue bolu untuk acara pesta, ulang tahun atapun lainnya, jangan lupa untuk memberikan buttercream serta hiasan-hiasan lainnya.

Setelah kue bolu selesai dibuat maka Anda sudah bisa menikmati kue bolu bersama dengan keluarga ataupun teman. Ternyata mudah bukan, cara membuat kue bolu sendiri di rumah?

Jenis-Jenis Kue Bolu

cara membuat kue bolu

Berdasarkan teknik pembuatannya, kue bolu (cake) dibedakan menjadi dua kelompok :

  1. Butter Cake Atau Shortened (Cream Cake)

Pembuatan Butter cake atau shortened diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue.

Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon.

Pada zaman dulu, resep Butter cake atau shortened belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.

  1. Sponge Cake (Foam Cake)

Proses pembuatan Sponge cake diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.

Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:

  • Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah
  • Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.
  • Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise).
  • Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.

Dekorasi Kue Bolu

Dekorasi kue bolu sebenarnya sudah sedikit disinggung pada bagian teknik pembuatan, namun untuk lebih jelas dan lengkapnya akan diuraikan kembali. Setelah berhasil menerapkan cara membuat kue bolu dengan benar, maka Anda bisa menghiasnya.

Hiasi kue bolu buatan Anda dengan menggunakan krim mentega atau fondant, tambahan coklat butir, permen warna warni, marshmallow, atau bisa juga dengan parutan keju. Hiasan kue tart pada kue bolu biasanya disebut sebagai icing (frosting), karena pada umumnya dibuat dari adonan gula halus (icing sugar) dan putih telur.

Berikut beberapa alat dan bahan yang sering digunakan untuk menghias kue bolu :

  1. Lazy Susan (Piring Berputar)

Alat ini digunakan untuk meletakkan kue yang ingin dihias. Kue diputar sewaktu melapisi permukaan kue dengan krim mentega atau ganache (coklat cair) sambil diratakan dengan pisau palet (spatula) atau potongan plastik (scrapper).

Penggunaan alat ini sebenarnya ditujukan supaya proses penghiasan berjalan cepat dan merata.

  1. Gilingan Kue (Rolling Pin)

Berbeda dengan kue putar, alat ini digunakan untuk menipiskan rolled fondant atau marzipan yang dipakai untuk melapisi permukaan kue atau membentuk hiasan kue.

  1. Kantong Dekorasi (Decorating Bag Atau Piping Bag)

Kantong dari kain, plastik, atau kertas untuk diisikan krim mentega.

  1. Spuit (Decorating Tip)

Alat ini digunakan untuk mengeluarkan krim mentega dari kantong dekorasi. Ada banyak jenis corong spuit, seperti spuit bintang digunakan untuk membuat berbagai motif seperti bunga dan binatang, sedangkan spuit bermulut bundar untuk menulis huruf atau menggambar motif yang halus.

  1. Coupler

Gelang dari plastik yang memungkinkan satu kantong dekorasi memakai spuit yang berbeda-beda.

  1. Kertas Berpola (Stencil)

Kertas berpola dipakai untuk menutupi permukaan kue yang ingin dihias dengan ayakan tepung gula atau bubuk cokelat. Bagian kertas yang berlubang-lubang membentuk motif di atas permukaan kue.

  1. Aneka Cetakan Kue Kering (Cookie Cutter)

Cetakan kue kering dari plastik atau logam digunakan untuk membuat hiasan kue seperti berjenis-jenis bunga, binatang dari fondant.

  1. Busa Styrofoam

Styrofoam yang dipotong persegi atau bundar sebagai pengganti kue sewaktu berlatih menghias kue.

Variasi Kue Bolu

Sebelum dipanggang ataupun dikukus, adonan akan diberikan berbagai bahan perasa sesuai selera, seperti bubuk coklat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, buah-buahan kering, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya itu, kue bolu yang sudah matang dapat anda potong secara horizontal untuk kemudian diolesi dengan krim mentega, vla, pasta coklat, krim keju, selai, buah ceri, atau diperciki dengan campuran sirup atau minuman keras seperti rhum.

Istilah cake sering digunakan untuk berbagai jenis makanan, meskipun bahan dan teknik pembuatannya tidak seperti cake. Cheesecake tidak termasuk kue bolu (cake), melainkan kue pai. Fried carrot cake dari Singapura dibuat adonan tepung beras dan lobak yang dimasak di wajan seperti kwetiau goreng.

Dalam bahasa Inggris, rice cake adalah sebutan untuk berbagai jenis kue berbahan baku beras, sedangkan fish cake dipakai untuk kamaboko, dan kue berisi potongan ikan seperti risoles atau kroket.

Rahasia Pembuatan Bolu Enak

Secara umum, sekalipun kita belum pernah membuat kue bolu, namun jika anda mengikuti cara membuat kue bolu dengan benar, maka hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan hasil yang ada dibuku.

Terkadang, meski sudah sering membuat kue ada kalanya kue yang kita buat tidak sesuai dengan harapan. Padahal, alat bahan, serta langkah-langkah pembuatannya telah sesuai dengan resep tanpa ada yang diubah sedikitpun. Mengapa demikian ?

Ada banyak factor yang dapat menyebabkan hasil kue buatan anda tidak sesuai dengan harapan. Ketrampilan bisa menjadi factor utama mengapa kue yang anda buat tidak berhasil.

Terkadang, meskipun anda merasa takaran serta langkah yang anda lakukan telah sesuai, namun jika anda melakukannya asal, semua akan berubah, karena sedikit saja kesalahan atau takaran bahan yang tidak sesuai, maka rasa dari kue yang anda buat sudah berbeda.

Tidak hanya soal ketrampilan, ketersediaan dan kelengkapan alat juga bisa menjadi factor penting yang harus selalu diperhatikan saat pembuatan kue. Ketika membuat kue, ada banyak sekali alat yang harus anda persiapkan, namun diantara alat-alat tersebut ada tiga alat yang ketersediaannya sangat memperngaruhi hasil dari kue yang anda buat.

  1. Mixer

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan alat ini, dan tahu betul apa fungsi dari mixer. Mixer biasanya digunakan untuk mengaduk adonan kue supaya semua bahan tercampur dengan baik.

Sayangnya dalam membuat kue, banyak dari kita yang tidak menggunakan mixer untuk mengaduk adonan, melainkan menggunakan alat manual yang proses pengadukannya tidak maksimal dan sangat lama.

Hal inilah yang sering mengakibatkan adonan tidak jadi secara maksimal. Maka dari itu dengan adanya mixer diharapkan hasil adonan bisa tercampur dengan baik, sehingga menciptakan hasil kue yang enak.

Nah, berbicara mengenai mixer dalam cara membuat kue bolu , ada banyak sekali jenis mixer yang dijual dipasaran. Oleh sebab itu, sangat disarankan anda memilih mixer yang tepat saat akan membeli.

Jangan tergoda harga murah ataupun diskon besar ya. Lebih baik Anda membeli mixer berkualitas dengan merek yang terpercaya. Anggap saja Anda berinvestasi di masa depan karena mixer tidak hanya bisa Anda gunakan untuk membuat kue bolu saja. Ada banyak sekali jenis kue yang bisa Anda buat dengan bantuan alat yang satu ini.

  1. Alat Pengukus dan atau Oven

Selain, mixer alat selanjutnya yang berpengaruh dalam penerapan cara membuat kue bolu adalah alat pengukus dan juga oven. Alat pengukus dan oven digunakan untuk mematangkan kue yang anda buat.

Jika anda ingin membuat bolu kukus misalnya, anda bisa menggunakan alat pengukus. Sedangkan, jika anda ingin membuat bolu kering anda bisa memasukkannya ke dalam oven, masing-masing dengan suhu yang sesuai.

 

  1. Alat Pendingin dan Pemanas Makanan

Setelah dua alat di atas, satu lagi alat pendukung hasil olahan kue anda adalah alat pendingin makanan. Salah satu alat pendingin yang wajib anda miliki adalah Showcase pendingin dan pemanas makanan.

Alat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan kue, roti, ataupun jenis makanan lainnya supaya tetap segar dan lebih tahan lama. Lemari makanan ini juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu dan kelembapan makanan.

Ada banyak jenis Showcase pendingin dan pemanas makanan yang ada di pasaran. Anda harus berhati-hati dalam memilih showcase yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang Anda miliki ya. Sebagai informasi tambahan, sebaiknya Andu juga membeli showcase di toko dan distributor terpercaya.

FYI, untuk Anda yang memiliki hobi baking ataupun memiliki usaha pastry jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan alat-alat dan perlengkapan membuat kue ya. Mengingat kue yang Anda buat nantinya akan dikonsumsi oleh pribadi ataupun konsumen, maka menjaga semuanya tetap steril dan bersih merupakan kewajiban.

Kemudian khusus untuk Anda yang menjual kue, jangan menggunakan bahan-bahan yang tidak layak atau tidak sehat. Karena sedikit saja kesalahan di aspek bahan dan alat yang digunakan maka masa depan bisnis Anda akan dipertaruhkan.

Semoga ulasan mengenai cara membuat kue bolu di atas bermanfaat untuk Anda semua.

Selamat berkreasi ya…

By | 2017-11-15T11:21:17+00:00 Oktober 13th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada ANDA BERUNTUNG..! Inilah Rahasia Cara Membuat Kue Bolu Tanpa Bantat

About the Author: