Cara membuat layang-layang – Halo para penghobi layang-layang, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat layang-layang.

Layang-layang atau WAU merupakan lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubung dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai alat pengangkatnya. Dikenal luas diseluruh dunia sebagai alat permainan.

Diketahui juga bahwa layang-layang memiliki fungsi ritual, alat bantu memancing, atau menjerat, menjadi alat bantu penelitian ilmiah, serta media energi alternatif. Namun di beberapa daerah layang-layang biasanya digunakan untuk media rekreasi.

Sungguh senang dan indah melihat layang layang berterbangan diantara awan yang menghiasi langit biru yang cantik. Terdapat kebanggaan tersendiri disaat layang-layang yang kita buat sendiri mengudara dengan anggun di langit biru.

Di tahun 2019 ini, mungkin layang-layang kurang seramai tahun sebelumnya. Namun, hobi dan kesenangan membuat atau pun bermain layang layang tidak akan pernah hilang. Masyarakat pedesaan biasanya masih sering memainkan permainan ini terutama anak-anak maupun dewasa untuk mengisi waktu luang.

Perkenalkan, Punca Media

Sebelum kita ke Jenis Kemasan Produk, kami kenalkan dulu chanel youtube PUNCA MEDIA. Disini Anda dapat melihat inspirasi dari para pengusaha dari mulai merintis usaha, mencari modal, melewati masa sulit hingga sukses seperti saat ini. Terima kasih.

Cara Membuat Layang-Layang

Berikut ini saya sajikan cara membuat layang-layang berbagai jenis layang-layang yang patut anda coba

Sederhana

cara membuat layang-layang

Layang-layang ini seringkali terlihat di berbagai daerah di Indonesia. Cukup mudah untuk membuat dan menerbangkan layangan satu ini, karena bahan yang mudah ditemukan dan ringannya berat dari layangan ini sendiri. Berikut adalah cara membuat layang-layang tradisional.

Siapkan Bahan:

  1. 2 Bambu tipis (Ukuran 60-80cm & 40-50cm)
  2. Kertas Minyak (Ukuran sesuai bambu, lebihkan sekitar 1-2 cm)
  3. Benang halus/Jahit/Kenur/Gelasan
  4. Spidol
  5. Gunting
  6. Pisau/Gergaji/Golok

Langkah-langkah Membuat Layang-layang Sederhana:

1. Membuat Kerangka LayangLayang dengan 2 Bambu Tipis

Satukan kedua bambu yang telah kamu siapkan secara menyilang. Bambu yang lebih pendek tempatkan di 1/3 panjang dari bambu yang panjang tadi. Kemudia kuatkan rangka tersebut menggunakan benang jahit pada bagian bertemunya 2 bambu tersebut.

2. Hubungkan Tiap Ujung Kerangka dengan Benang

Hubungkan setiap ujung bambu dengan benang yang kemudian akan terlihat seperti bangun datar layang-layang.

3. Pasangkan Kertas Minyak pada Kerangka Layangan

Setelah membuat kerangka dengan menghubungkan benang tadi, kamu sudah punya pola layangan yang bisa kamu jiplak ke kertas minyak yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Setelah menjiplak pola layangan, potong pola kertas minyak tersebut yang kemudian bisa kamu pasang dan tempelkan menggunakan lem/isolasi pada kerangka layangan.

4. Selamat Layangan Buatanmu Telah Terbuat

Sebelum siap mengudara kamu kamu harus memasang simpul penghubung pada layangan dengan benang, setelah itu baru layanganmu siap mengangkasa.

5. Tambahkan Ekor

Sisa kertas minyak yang sebelumnya dipakai jangan terburu buru dibuang, potong kertas minyak secara memanjang dan tempelkan pada sudut bawah,kanan, atau kiri layangan.

Delta

cara membuat layang-layang

Layang-layang satu ini bentuknya adalah segitiga atau seperti pesawat tempur siluman. Saat kamu terbangkan layang-layang delta dan diberi dekorasi ekor akan terlihat bagai ikan pari yang berenang di luasnya lautan samudra.

Ingin tahu cara membuat layang-layang delta? Ikuti langkah berikut ini!

Bahan :

  1. Kantong plastik besar
  2. Tusuk Sate atau kayu kecil
  3. Benang
  4. Spidol
  5. Gunting

Langkah – Langkah Membuat Layang – Layang Delta

1. Buat Sketsa Layangan Delta dari Kantung Plastik

Sebelumnya, cari terlebih dahulu permukaan datar dan bersih supaya layang-layang delta yang anda buat benar-benar lurus.

Gunting bagian lipatan bawah kantung plastik tadi menjadi bentuk dari separuh bagian layang layang yang dibuat nantinya. Potongan ini akan terbagi dua dan menjadi bentuk layangan delta yang utuh.

Perhatikan poin berikut ini :

  • Lipatan sebaiknya sepanjang 29cm
  • Garis bawah sebaiknya sepanjang 27 cm dan berakhir 3,75cm lebih tinggi dari titik awalnya.
  • garis bagian atas lipatan harus terhubung dengan ujung garis bawah.
2. Buat Lunas pada Layang Layang

Lunas adalah segitiga kecil pada layangan yang mengontrol terbangnya layangan kamu. Ukuran lunas seharusnya setinggi 14,5 cm dan selebar 11,6.

Gambar kedua garis yang telah disebutkan tadi dengan dimuli dari satu titik dan hubungkan keduanya dengan garis ketiga, kemudia potong dengan gunting.

3. Membuat Kerangka Layang Layang Delta

Pertama-tama tempelkan selotip pada garis tepi layang-layang, kecuali pada bagian sayapnya sekitar 5 cm. Menempelkan selotip ini berfungsi sebagai pengakslerasi bagian yang menghambat lajur udara.

Setelah itu, kamu pasangkan kayu kecil atau tusuk sate pada tepi-tepi dari layangan tersebut. Perhatikan hal berikut  untuk pembuatan kerangkanya dengan kayu berikut ini :

  • Pasangkan kayu atau tusuk sate paling lurus pada bagian tengah
  • Tempatkan 1 kayu atau tusuk sate pada tiap sisi garis lipat yang berakhir pada tepi sayap (6,35cm dari atas).
  • Kerangka bagian tengah sepanjang 12,2 cm, tempatkan 1 kayu atau tusuk sate dengan posisi tegak lurus, sehingga berbentuk seperti salib.
  • Rapihkan ujung ujung kayu atau tusuk sate tersebut sehingga panjangnya dapat bersandar pada bagian kanan dan kiri dengan kerangka yang dibuat sebelumnya, yang kemudian harus kamu rekatkan dengan lem, tunggu sampai kering.
4. Tuntaskan Lunas

Ambil benang layang-layang dan buat dan tempelkan dua utas benang pada kedua sisi lunas ( sisi-sisi yang saling bersebrangan). Pada tiap keempat benang bertemu, ikat dengan benang. Kemudian, buatlah simpul di dekat ujung benang. Ikat tiap ujung benang pada sudutnya masing-masing menjadi simpul juga, harus rapat dengan plastiknya.

5. Pasangkan Lunas

Buatlah lubang pada layang-layang tepat di persilangan dua tusuk sate tengah. Lunar seharusnya sesuai dengan sudut yang dibentuk oleh dua tusuk sate tengah tadi, karena sudah kita ukur sebelumnya. Masukkan benang-benang lunas atas melalui lubang, kemudian ikat benang tersebut.

  • Lakukan hal yang sama pada tepi lunas. Buatlah lubang dimana lunas berakhir dan masukkan benang melaluinya dan ikatlah. Saat lunas telah sejajar dengan benar, rekatkan selotip unuk merekatkannya pada plastik.
6. Pasang Benang & Ekor

Coba kamu perhatikan pada lunas yang telah dipasangkan tadi. Pada lunas terdapat benang tambahan dengan 2 sumpul yang menggantung pada lunas anda. Disitulah tempat kamu dapat menempelkan benang kamu nantinya.

Ingat! Lunas adalah bagian paling penting pada layang layang delta. Karenanya, cek lagi lunas yang terpasang dan betulkan jika terasa kurang kuat, jangan sampai lunas kamu lepas saat bermain layang-layangnya nanti ya.

LayangLayang Lebah (Schaefer)

cara membuat layang-layang

Jenis layang-layang selanjutnya yang bisa kamu cari tahu cara pembuatannya adalah layang-layang lebah atau schaefer. Terlihat dari bentuknya yang tidak biasa, layang layang lebah menjadi yang paling unik dari jenis layang layang lain.

Cari tahu yuk bagaimana cara membuat layang layang lebah atau schaefer ini.

Bahan :

  1. Selembar kertas A4
  2. Pensil/spidol warna
  3. Staples
  4. Pelubang kertas
  5. Penggaris
  6. Benang

Langkah-langkah Membuat Layang-layang Lebah:

1. Gambarkan Kreasimu Di Kertas.

Hias kertas A4 dengan gambar kreasimu menggunakan spidol warna yang telah kamu siapkan sebelumnya.

2. Lipatlah Menjadi Dua Kemudian Tandai.

Lipat bagian kertas A4 Menjadi dua, saling pertemukan tepi yang pendek dari kertas A4.

Setelah itu, beri tanda sejumlah 2 buah pada sisi lipatannya :

  • Pada jarak 6,25 cm.
  • Pada jarak 12,5 cm.

Jarak dihitung mulai dari awal sisi.

3. Pertemukan Sudut pada TItik Pertama Tadi.

Petemukan kedua sudut yang terdekat pada titik pertama dengan cara dilipat tapi tidak ditekan. Biarkan lipatan terlihat “mengambang”. Kamu bisa gunakan staples atau selotip untuk menempelkan pada bagian tengah kertas.

4. Buat Lubang untuk Diikatkan dengan Benang.

Buat lubang pada tanda kedua tadi. Kemudian, Ikatlah layang-layang tersebut dengan benang di lubang tadi.

Layang-Layang Eddy

Cara membuat layang layang eddy hampir sama dengan cara membuat layang-layang sederhana yang sudah kita bahas sebelumnya. Tapi layang-layang eddy adalah kamu dapat menerbangkan layang-layang ini sampai 10 lebih sekaligus.

Siapkan terlebih dahulu bahan & Peralatan berikut :

  1. Kantong plastik
  2. Selotip
  3. Kayu (0,3cm)
  4. Gunting
  5. Benang

Langkah-langkah Membuat Layang-Layang Eddy

1. Potong Kantong Plastik untuk Membuat Layar Layang-Layang.

Lipat terlebih dahulu kantung plastik agar potongannya simetris/sama besar. Kemudian potonglah kantung plastik tersebut menjadi bentuk layang-layang menggunakan gunting.

2. Buat Lubang Berbentuk Lingkaran di Tengah Layang-Layang

Buatlah lubang tepat pada pertemuan garis dari sudut atas-bawah dan sudut kanan-kiri.

3. Tempelkan Kerangka pada Layar Layang-Layang.
  • Tempelkan kayu (0,3cm) untuk pasaknya ( vertikal ) dari sudut atas-bawah. Rekatkan dengan selotip.
  • Tempelkan kayu (0,3cm) untuk perentangnya ( horizontal ) dari sudut kanan-kiri. Rekatkan dengan selotip.

Agar lebih rekat dan kuat, selotip bagian kerangka yang garisnya saling bertemu menggunakan selotip secukupnya.

4. Lengkungkan Kerangka Perentang dengan Garis Tekanan pada Bagian Belakang dengan Benang.

Lengkungkan garis perentang dengan memberi garis tekanan pada bagian belangkang layang-layang, kemudian ikatlah disalah satu segi perentang, ditambah rekatkan dengan plester akan lebih baik. Kemudian, tarik menjadi lengkung sekitar 5 cm, lalu ikatlah ke segi perentang yang satunya, ditambah rekatkan plester akan lebih baik.

5. Tambahkan Hiasan Ekor Khas Layang-Layang Eddy

Cari sekiranya benda ringan seperti plastik, kertas, atau kain yang memiliki panjang 183cm serta lebar 2.54 cm untuk membuat ekornya. Ekor ini bisa kamu tempelkan di segi bagian bawah layang layang menggunakan plester.

6. Ikatlah Bagian Tengah Layang-Layang dengan Benang.

Hubungkan benang dengan layang-layang dengan memasangkan benang melewati lubang bagian depan layar, tepatnya dimana kedua garis (perentang dan pasak) saling menyilang, kemudian ikat dengan kuat.

Tips Bermain Layang-Layang

Nah, setelah selesai membuat layangan. Ada tips nih buat kamu bermain layang layang agar lebih mengasyikkan dan menyenangkan. Simak yuk apa saja sih tipsnya

  1. Cari lapang yang luas yang dan tidak banyak objek tinggi seperti tiang, pohon, dsb.
  2. Mainkan saat terasa ada angin, paling menyenangkan bila angin sepoi-sepoi sedang menerpa.
  3. Main ditempat yang tinggi, karena angin mudah ditemukan disana.
  4. Bermain bersama temanmu akan menambah keseruan bermain layang layang.

Pojok Tambahan

Dari waktu ke waktu, aneka bentuk layang layang kini sudah banyak modifikasi. Mari kita telusuri festival layangan yang ada di Bali.

Bentuk dari layang-layang yang dibuat seniman yang ikut serta disana banyak ragamnya, mulai dari layangan kelelawar, lebah, burung, ikan, bahkan naga menjadi jagoan seniman untuk melombakan karya seni layang layangnya.

Cara Membuat Tali Goci pada Layang-Layang

Tali goci adalah tali yang dibuat untuk mengikat layangan. Bagaimana layangan terbang dan kemudahan pengendaliannya ditentukan dari tali goci ini di mana ada trik khusus untuk menyetingnya.

Yang pertama ada yang namanya ‘tali anteng’, di mana layangan cenderung kalem, mudah dinaikkan dan diam di angkasa. Ada pula ‘tali edhek’, mode agresif ini membuat layangan bergerak ke kanan dan kiri terus-menerus sewaktu di angkasa dan dipakai oleh pemain layangan yang sudah mahir.

Selain itu, ada juga ‘tali pokit’ (berputar), di mana layangan akan mudah untuk diputar pada satu poros sewaktu di angkasa.

Cara Membuat Tali Goci:

  1. Siapkan benang yang ulet sesuai dengan ukuran layangan
  2. Tali dibagian atas dan bawah
  3. Timbang layangan sampai beratny hampir sama
  4. Pastikan posisi atas dan bawah sama supaya dapat terbang lebih maksimal

 

Macam-Macam Kertas untuk Membuat Layangan

Cara membuat layang-layang diatas membutuhkan kertas yang mumpuni, tidak sembarangan kertas dapat kita gunakan untuk membuat layang-layang. Jenis kertas tersebut antara lain:

1. Kertas Minyak

Jenis ini banyak digunakan dalam proses pembuatan layang-layang tradisional. Selain mudah didapat, kertas ini juga ringan.

2. Jenis Kertas Wajik

Nama kertas ini memang unik karena memang ditujukan untuk pembuatan wajik. Kertas ini mempunyai sifat yang sama dengan kertas minyak namun memiliki warna yang lebih variatif.

3. Koran

Merupakan opsi yang bijak jika anda menggunakan kertas ini saat produksi massal, selain murah dan mudah didapat, kertas ini akan membuat layangan anda lebih berbeda dari layangan lainnya. Kertas ini sangat rentan terhadap air jadi tidak mungkin digunakan dalam jangka panjang.

4. Buram

Untuk mendapatkan kertas ini anda bisa membelinya di toko kertas, dan biasanya dijual dalam ukuran plano. Anda bisa membentuknya sesuai kemauan anda karena ukurannya yang besar.

5. Tissu Kraft

Kertas ini merupakan salah satu nama kertas untuk layangan yang dijual secara online. Untuk menggunakan kertas ini sebagai bahan baku membuat layangan, anda harus melakukan pemotongan dan pembentukan secara hati-hati karena sangat rentan robek. Kertas ini juga menyerap air.

6. Kertas Jilid

Jenis kertas ini mempunyai bobot yang ringan dan memiliki serat yang kuat sehingga cocok untuk digunakan di daerah-daerah bertekanan angin besar. Namun harus hati-hati karena kertas ini rentan air.

7. HVS

Kertas ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Kertas ini memiliki tekstur yang mirip seperti koran hanya saja bobotnya lebih berat. Untuk mempercantiknya, bisa kita tambahkan warna atau corak menggunakan spidol maupun cat warna.

8. Bekas Kalender

Bekas kalender juga bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan layangan yang mudah untuk didapatkan di rumah anda. Usahakan kertas yang anda siapkan masih dalam keadaan bagus.

Seperti anda tahu, kertas kalender didesain dengan tekstur yang elastis sehingga sangat mudah untuk dibentuk di kerangka layangan anda dan juga tebal jadi tidak mudah.

9. Origami

Salah satu jenis kertas yang banyak tersedia di toko-toko alat tulis. Fungsi kertas ini biasanya digunakan untuk membuat kerajinan lipatan. Namun kertas ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku layangan.

Terlebih jika anda menggunakan beberapa warna, maka akan membuat layang-layang anda nampak beda dari yang lain


Jika anda membuat layangan dalam jumlah banyak, pasti anda membutuhkan belahan bambu yang banyak. Untuk itu, gunakanlah mesin pembelah bambu.

Demikian pembahasan tentang cara membuat layang-layang. Semoga dengan pembahasan diatas, anda terinspirasi untuk membuat sendiri layang-layang anda dan tidak perlu membeli. Anda juga dapat berkreasi tentang bentuk dan warna layang-layang anda.

Pembuatan layang-layang diatas sebenarnya mudah, namun memerlukan kehati-hatian dan ketelitian agar menghasilkan layang-layang yang bagus dan bisa terbang dengan baik di angkasa.