Apakah diantara kalian pernah mendengar tas tali kur? Tas tali kur adalah tas yang terbuat dari tali yang disebut tali kur dan dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas yang unik. Cara membuat tas dari tali kur sebenarnya susah-susah gampang tetapi banyak keunggulan-keunggulan dari model tas yang satu ini.

Tas ini memang sangat cocok untuk dipakai di kalangan wanita karena tampilannya yang simple dan elegan. Keunggulan-keunggulan tas dari tali kur ini salah satunya adalah bahannya yang cukup kuat sehingga membuat tas ini bisa lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Tali kur sendiri adalah tali yang berbahan dasar wol yang biasa digunakan untuk merajut. Tas dari tali kur ini juga terlihat simple dan elegan, karena mempunyai model dan motif yang beraneka ragam dan tas ini adalah buatan anak bangsa kita sendiri.

Tas dari tali kur dirangkai dan disusun secara rapih dan ditambah daya tarik hiasan-hiasan rajutan seperti hiasan bunga yang dikombinasikan dengan tas tali kur sehingga membuat tas ini menjadi lebih indah jika dipakai oleh orang-orang yang menggunakannya.

Akan tetapi setiap produk pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kekurangan dari tas ini adalah pembuatannya yang cukup rumit. Selain rumit, tas ini juga butuh kesabaran serta ketelitian, sehingga bagi orang yang kurang sabar mungkin akan cepat jenuh membuat tas dari tali kur ini.

Tapi bagi orang yang punya kemauan dan punya minat untuk membuat tas dari tali kur ini, pasti bisa membuatnya walaupun secara perlahan. Tingkat kesulitan dari pembuatan tas ini juga yang akan menentukan harga jual dari produk ini. Jika tingkat kesulitannya tinggi, maka pada umumnya harga jualnya pun akan ikut tinggi.

Sekarang langsung saja kita masuk ke pembahasan cara membuat tas dari tali kur.

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur

Semakin tinggi kreativitas seni model tas yang dibuat juga bisa menentuka harga jual tas tali kur ini. Semakin cantik dan menarik modelnya maka akan semakin naik harganya.

Tali kur juga tidak hanya bisa dibuat menjadi tas, bisa juga dibuat banda, kalung, ikat pinggang, atau gelang. Seakarang langsung saja kita masuk ke pembahasan cara membuat tas dari tali kur.

1. Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Sederhana

Cara Membuat Tas Dari Tali Kur Sederhana

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat tas dari tali kur sederhana.

  • Tali kur, banyaknya sesuai yang dibutuhkan dan warna sesuai selera.
  • Bahan, untuk bagaian dalam tas.
  • Jarum dan benang gunanya untuk menggabungkan bagian-bagian tertentu.
  • Cutter dan gunting untuk memotong tali kur.
  • Manik-manik, serta kancing untuk hiasan.
  • Resleting, ukuran sesuaikan dengan tas.
  • Korek api untuk menggabungan dua tali atau menutup ujung tali.

Teknik Dasar untuk Cara Membuat Tas Dari Tali Kur sederhana:

Setelah selesai menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui teknik dasar dari cara membuat tas dari tali kur. Berikut ini teknik dasar cara membuat tas dari tali kur.

  1. tali kur 1Perthatikan gambar diatas, siapkan dua buah tali kur dengan panjang masing-masing 2 meter. Ambil bagian tengah tali sebagai patokannya kemudian lipat jadi dua. Sejajarkan masing-masing tali sehingga akan menjadi empat bagian. Disini kita anggap dari tali yang paling kiri sebagai nomor 1 hingga yang paling kanan sebagai nomor 4.
  2. Langkah berikutnya yaitu ambil tali nomor 4 lalu tarik kebelakang mengara ke paling kiri menuju ke nomor 1.
  3. Setelah itu ambil tali nomor 1 kemudian letakkan ke belakang tali nomor 4.
  4. tali kur 4Kemudian ambil tali nomor 1 lalu kunci dengan cara memasukkan tali nomor satu ke lubang yang dibentuk antara tali nomor 3 dan tali nomor 4.
  5. tali kur 5Selanjutnya adalah tali nomor 1 diarahkan menuju ke arah kiri, kemudian gunakan tali nomor 4 untuk mengunci dengan cara melipatnya menuju arah kanan lalu memasukkannya ke lubang belakang.
  6. Langkah berikutnya adalah tarik dengat kuat tali tersebut hingga menjadi satu kepala pada bagian dasar. Kemudian buatlah dasar kepala dengan jumlah yang genap supaya tas seimbang antara kiri dan kanan. Semakin besar ukuran tas yang akan dibuat maka semakin banyak pula dasar kepala yang harus dibuat.
  7. tali kur 8Selanjutnya untuk menyambung kepala menjadi satu rangkaian caranya sama persis, hanya saja dua kepala yang dirangkai harus dijadikan dua utas untuk bagian kiri dan dua utas untuk bagian kanan pada dasar kepala yang berbeda.
  8. Setelah itu buatlah model rangkaian bawah tas supaya hasilnya lebih bagus dan elegan, gunakan kreatifitas sebaik mungkin untuk membuat model yang lebih bagus dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Jika sudah mengetahui teknik-teknik dasarnya, sekarang kita masuk ke cara membuat tas dari tali kur.

Langkah Membuat Tas Dari Tali Kur Sederhana:

Setelah bisa Anda menguasai teknik dasar, Anda bisa mencoba langkah-langkah dibawah ini untuk melatih skill dan lebih menguasai dan terbiasa dalam membuat tas dari tali kur ini. Berikut ini langkah membuat tas dari tali kur.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah sama seperti teknik dasar yaut membuat dasar kepala. Ambil dua tali kur, kemudian dilipat menjadi dua sehingga akan terbentuk menjadi empat bagian.
  2. Setelah itu ambil tali pada bagian tengahnya untuk memulai dalam pembuatan motif miring.
  3. Selanjutnya bentuk tali menjadi bulatan.
  4. Lalau buatlah tali menjadi seperti pada gambar, yaitu dengan cara memutar satu tali sebanyak dua kali. Kemudian lakukan juga pada bagian bawahnya.
  5. Lakukan cara yang sama untuk membuat motif selanjutnya hingga menjadi seperti ukuran yang diinginkan.
  6. Setelah itu kalau sudah sampai dengan ukuran yang kamu inginkan, selanjutnya adalah tentukan batas bawahnya kemudian ratakan dengan menyisakan satu tali setelah pembatas atau palang.
  7. Kemudian untuk langkah terakhir adalah lanjutkan merangkai pada bagian bawah sampai tas tali kur selesai dan siap digunakan.

Itulah tadi langkah membuat tas dari tali kur sederhana. Membuat tas dari tali kur memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang lebih dan juga proses pembuatannya tidak bisa sebentar. Tentu jika ingin membuat tas dari tali kur, kita harus bisa kreatif untuk menentukan model pada tas tali kur yang akan dibuat.

 

Kelebihan dan Kekurangan Tas Tali Kur

Tiap-tiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan tas dari tali kur ini. Tas dari tali kur mempunyai kelebihan yaitu kuat dan awet. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa barang yang agak berat menggunakan tas dari tali kur ini.

Selain mempunyai kelebihan yang kuat dan awet, tas dari tali kur ini juga mempunyai banyak motif dan warna yang beraneka ragam yang tentu saja membuat enak dipandang mata. Maka tak heran jika banyak orang yang memburu tas ini untuk dikoleksi ataupun dipakai sehari-hari.

Untuk kekurangan dari tas tali kur ini sendiri adalah dalam pembuatan tas nya. Pembuatan tas dari tali kur sudah pasti membutuhkan waktu yang lama, sebab hampir semua dan kebanyakan tas dari tali kur masih dibuat secara manual atau menggunakan tangan.

Dalam membuat tas dari tali kur ini juga membutuhkan keahlian dan ketelitian yang lebih dalam proses pembuatannya. Karena membuat tas dari tali kur ini cukup rumit, maka untuk tas dari tali kur yang mempunyai model dan motif yang lebih bagus pasti tingkat kerumitannya lebih tinggi sehingga harga akan lebih mahal.

 

Mengenal  Jenis-jenis Tas yang Sering Digunakan

Mengenal  Jenis-jenis Tas yang Sering Digunakan

Jenis-jenis tas ditentukan secara tidak langsung berdasarkan dengan bentuk, ciri khas, dan juga fungsinya. Mengenal jenis-jenis tas dan ciri khasnya bisa membantu Anda yang kesulitan mencari model tas yang diinginkan entah itu di toko tas ataupun secara online, serta Anda juga bisa menjadi tahu fungsi dari tas-tas tersebut.

1. Backpack/Rucksack (Tas Ransel)

Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis tas yang satu ini. Tas ransel sering kita lihat digunakan pada kegiatan sehari-hari. Contohnya untuk pergi ke sekolah, kerja, jalan-jalan, liburan dan bepergian. Selain itu tas ini jug a mempunyai banyak variasi, mulai dari variasi model, ukuran, warna dan juga corak.

Tas ransel mempunyai setidaknya dua kompartmen, kompartmen yang utama adalah yang besar biasanya untuk barang-barang yang besar dan kompartmen yang kedua adalah yang kecil untuk barang-barang kecil. Tapi sekarang pada umumnya tas ransel memiliki lebih dari dua kompartmen dan ditambah dengan beberapa slot-slot khusus.

Tas ini juga cocok untuk dipakai oleh pria maupun wanita atau bahkan ada beberpa model yang cocok dipakai keduanya. Dan tentunya itu tergantung model, ukuran, dan juga warna ataupun corak dari tas tersebut. Tas ransel ini pula biasanya dibuat dari bahan polyster.

2. Duffel Bag

Duffel bag adalah tas yang biasanya digunakan saat bepergian, biasanya sering terlihat di bandara. Karena biasa digunakan untuk bepergian, duffel bag ini memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, tas ini juga mempunyai satu kompartmen utama dibagian tengah dan sangat besar, gunanya untuk memasukan barang yang diperlukan.

Tas ini juga mempunyai pegangan tangan dan strap bahu yang cukup panjang dan biasanya bisa dilepas. Duffel bag ini bisa jadi alternatif koper beroda ketikan Anda bepergian, apalagi jika bepergian dalam waktu singkat dan tidak perlu tas yang terlalu besar.

Selain itu duffel bag ini pula lebih efisen saat dibawa bepergian, karena ukurannya yg relatif lebih kecil dari koper beroda. Tas ini juga bisa dipakai untuk keperluan lain dan tidak harus untuk bepergian, misalnya untuk suatu peralatan. Duffel juga biasanya cocok untuk dipakai oleh pria maupun wanita.

3. Handbag (Tas Tangan)

Handbag atau tas tangan umumnya berukuran kecil. Kompartmen pada tas tangan juga bisa disegel atau ditutup, selain itu terkadang juga mempunyai kompartmen atau slot tambahan baik dibagian dalam tas ataupun dibagian luar kompartmen utamanya.

Karena berukuran kecil, tas tangan biasanya hanya dipakai untuk jalan-jalan atau di acara tertentu. Tas tangan juga biasanya dipakai oleh para kalangan wanita, walaupun ada tas tangan untuk pria tetapi  tidak banyak. Karena biasa digunakan di acara tertentu, biasnya tas tangan terlihat lebih elegan dengan bahan kulit atau kain yang serupa.

4. Sling Bag (Tas Selempang)

Jenis tas yang satu ini pasti sudah umum dipakai. Sling bag mempunyai strap bahu yang cukup panjang dan bisa dipendekkan, serta bisa dipakai menyilang. Sling bag banyak dipakai karena bisa dengan mudah mengambil barang di dalam tas.

Ukuran tas selempang lebih kecil dibandingkan tas ransel, karena memang difungsika untuk tidak membawa terlalu banyak bawaan karena hanya dipakai di satu bahu. Tas ini juga umumnya mempunyai dua kompartmen, yaitu kompartmen utama dan kompartmen kecil yang biasanya di bagian depan.

Tas selempang ini sangat cocok jika dipakai untuk jalan-jalan atau bertamasya karena lebih ringan. Akan tetapi ada juga tas selempang yang dibuat sedemikian rupa supaya cocok untuk dibawa bekerja, dengan menambah pegangan pada bagian atas dan tambahan slot yang dikhusukan untukk laptop.

5. Tote Bag

Tote bag masih termasuk tas tangan namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Namun selain ukuran yang sedikit lebih besar dari tas tangan biasa, tote bag juga hanya mempunyai satu kompartmen yang terbuka dan tidak bisa ditutup.

Selain itu karena cukup besar, bagian luar tote bag biasanya dijadikan untuk menggambar sesuatu oleh si pembuat, jadi kebanyakan tote bag mempunyai desain luar yang sangat menarik.

Tote bag digunakan untuk berbagai macam keperluan tergantung keinginan pemiliknya. Ada yang menggunakannya untuk belanja, kerja, sekolah, jalan-jalan, dll. Tetapi harus sangat hati-hati untuk menjaga barang yang didalam tas karena kompartmen yang tidak tertutup.

6. Clutch atau Tas Genggam

Clutch merupakan versi tas tangan yang lebih kecil lagi. Bahkan karena cukup kecil tas ini malah lebih cocok kalau disebut dompet panjang yang biasa dipakai wanita yang ukurannya sedikit lebih besar. Selain itu, tas ini hanya memiliki satu kompartmen yaitu hanya kompratmen utamanya, dan biasanya tidak memiliki pegangan sama sekali.

Oleh karena tidak memiliki pegangan, maka harus memegang badan tas ini jika ingin membawanya. Itulah kenapa diberi nama clutch karena dalam bahasa Inggris, clutch artinya genggam. Tapi terlepas dari ukurannya yang kecil, clutch fungsinya tidak berbeda dari tas tangan biasa, yaitu hanya dipakai di acara-acara tertentu.

Selain itu, clutch di desain khusus hanya untuk kalangan wanita dan biasanya terbuat dari bahan-bahan yang berkelas dan elegan seperti kulit.

7. Hobo Bag

Hobo bag merupakan jenis tas khusus wanita yang berukuran agak besar, oleh karena itu tas ini sangat cocok jika digunakan saat hendak membawa banyak barang. Bentuknya seperti setengah lingkaran dan menyerupai kantung atau bulan sabit. Para wanita biasanya menggunakan tas ini dengan menggantungnya di bahu atau lengan.

Tali yang terdapat pada tas ini pun lumayan kuat dan tebal untuk bisa menahan beban. Hobo bag sangat fleksibel digunakan, misalnya bisa untuk ke kantor, hangout, jalan-jalan, dan aktivitas lainnya.

8. Pouch

Pouch adalah jenis tas khusus wanita yang sederhana dan biasanya terbuat dari kain, nilon, atau kanvas. Tas ini bisa ditemukan dalam berbagai jenis ukuran. Pouch juga sering difungsikan sebagai tempat handphone, alat kosmetik, dll yang berukuran kecil. Ciri khas tas ini adalah bagian atasnya yang mengkerut.

 

Demikian untuk pembahasan cara membuat tas dari tali kur serta pembahasan lainnya yang berkaitan yang bisa penulis rumahmesin.com berikan. Semoga bermanfaat.