Assalamualaikum. Wr. Wb. Di sini saya akan memberikan cara ternak ayam bangkok yang baik dan benar. Bagi anda yang sedang menjalani ternak ayam bangkok pasti ingin tahu cara ternak ayam bangkok yang baik dan benar agar menghasilkan ayam berkualitas tinggi. Anda juga dapat mempelajari tentang cara membuat sate ayam.

Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam petarung. Jika dibandingkan dengan jenis ayam yang lain ayam bangkok ini mempunyai perbedaan yang mendasar serta beberapa keuntungan. Tidak heran lagi jika masyarakat lebih memilih memelihara ayam ini. Ayam ini juga memiliki harga jual yang tinggi.

Langsung saja mari simak penjelasan tentang cara ternak ayam bangkok di bawah ini :

Cara Ternak Ayam Bangkok

Beternak mungkin salah satu cara yang cukup mudah untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang cukup menjanjikan asalkan cara beternaknya benar. Kegiatan ini cukup menjanjikan dan juga dapat dijadikan sebagai sampingan.

Namun untuk ternak ayam bangkok ini kurang di minati juga oleh sebagian masyarakat karena dianggap hanya merugikan jika dibanding dengan ternaak ayam petelur atau pedaging. Karena permintaan dari kebutuhan daging dan juga telur ayam cukup banyak di pasaran.

Kebanyakan orang masih belum mengerti tentang cara ternak ayam bangkok dan juga keuntungan yang didapatnya. Sebenarnya jangan meremehkan ternak ayam bangkok ini, karena sebenarnya ternak ayam bangkok ini sangat banyak keuntungannya.

Ayam bangkok yang di rawat dengan cara ternak ayam bangkok yang baik dan benar maka akan menghasilkan kualitas tinggi dan nilai jualnya pun tinggi. Oleh karena itu anda harus benar – benar memperhatikan tentang perawatan dalam cara ternak ayam bangkok ini.

Mari langsung saja kita simak mengenai cara ternak ayam bangkok yang baik dan benar. Nah untuk emula juga jangan takut karena ini sangat mudah dilakukan oleh pemula juga. Berikut ini cara ternak ayam bangkok :

1 . Pemilihan Indukan

Dalam cara ternak ayam bangkok kita harus benar – benar mencari indukan yang kualitasnya tinggi. Biasanya beberapa penjual ayam bangkok yang laris juga menyediakan ayam bangkok yang berkualitas.

Usahakan pilih indukan ayam bangkok yang sehat, lincah dan juga tidak cacat ataupun sakit. Karena kualitas pada bibit akan dipengaruhi oleh indukan yang berkualitas tersebut. Pilihlah ayam bangkok yang memiliki kualitas tinggi dan juga sepasang ayam bangkok juara.

Cara Memilih Induk Ayam Bangkok Yang Bagus

Pilihlah induk ayamm bangkok yang berciri – ciri sebagi berikut :

  • Kepala ayam bentungknya seperti kepala ular jika dilihat dari bagian depn
  • Mata menjorok ke dalam dan juga bersih
  • Badan ketika dipegang rasanya seperti memegang botol
  • Memiliki kaki yang kering dengan ceker yang halus dan juga panjang
  • Mempunyai tulang sapit yang cukup lebar
  • Bulunya berwarna mengkilat

Ciri – ciri untuk induk ayam bangkok jantan yang bagus :

  • Kepala mirip seperti buah pinang
  • Tulang kepalanya tebal
  • Mempunyai tulang leher yang rapat
  • Kepak sayapnya menempel pada badan
  • Tulang ekornya rapat dan juga keras
  • Memiliki tulang yang tegak kokoh dan kuat seperti burung elang
  • Bulunya terlihat mengkilat

2 . Pemilihan Kandang

Kandang untuk ayam bangkok yang baik merupakan kandang yang layak untuk tempat hidup ayam bangkok. Dalam pembuatan kandang yang baik diperlukan juga lokasi yang yang strategis yang mempunyai kriteria sebagai berikut :

  • Lokasi kandang ayam umnya berjarak sekitar 5 meter dari jarak rumah ataupun dari jarak kandang jenis ayam yang lainnya.
  • Untuk kontur tanah pada kandang ayam bangkok sebaiknya dibangun di kontur tanah yang datar.
  • Terdapat saluran air yang lancar dengan begitu ketika hujan maka air tidak akan menggenangi area di lingkungan kandang.
  • Utamakan kandang di letakkan pada lokasi yang banyak rerumputannya. Hal ini dikarenaka ayam biasanya menyukai  rerumputan untuk dijadikan sebagai makanan pengganti serat.
  • Arah kandang ayam sebaiknya dihadapkan ke arah sinar matahari di pagi hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit yang menular dari luar.
  • Pada lokasi kandang sebaiknya diberi pagar memakai batu bata dan semen atau bisa juga dibuat dari kawat atau bambu

Tipe Kandang Ayam Bangkok

Setelah kita mempelajari tentang kriteria kandang ayam selanjutnya mari kita ulas tipe kandang ayam bangkok yang wajib peternak ayam ketahui:

1. Kandang Postal

Tipe kandang ayam yang ini dikhususkan untuk anak ayam yang baru menentas ukuran kandang relatif lebih kecil dengan panjang sekitar 1 meter, tingginya sekitar 1 meter, dan lebarnya sekitar 0,8 meter. Dari ukuran kandang ayam bangkok postal ini biasanya dapat ditempati anak ayam bangkok sebanyak 10 – 15 ekor .

2. Kandang Umbaran Satuan

Jenis kandang ayam ini termasuk kandang multi fungsi dimana kandang ayam bangkok ini dapat dipakai sebagai kandang umbaran, kandang kawin, sekaligus dapat dijadikan sebagai kandang anakan. Jenis kandang ayam ini dibuat dengan ukuran yang sangat ideal.

Panjangnya mencapai sekitar 1,5 meter, tinggi sekitar 2,5 meter, dan lebarnya mencapai 1 meter. Untuk alas kandangnya sebaiknya berbentuk tanah yang dicampuri oleh pasir hal ini bertujuan untuk membentuk bagian setrukturr cakar ayam.

3. Kandang Tidur

Tipe kandang ayam jenis ini adalah kandang tidur yang dibuat secara khusu untuk tempat tidur ayam. Untuk alas kandangnya bisa ditinggikan berbentuk layaknya panggung dengan ketinggian minimal sekitar 1,5 meter dari tanah. Hal ini bertujuan untuk menghindari termperatur tanah yang ukup dinggin pada saat malam hari.

3. Pemberian Pakan Dan perawatan Bibit

Biarkan para indukan ayam mengerami telurnya hingga menetas. Setelah telur menetas maka pisahkanlah bibit-bibit ayam bangkok dari induknya rawatlah bibit-bibit ayam bangkok tersebut dengan baik agar dapat menghasilkan ayam jago yang unggul.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dengan cara merawat ayam bangkok adalah masalah pada pakan. Beberapa peternak beranggapan pada usia anak ayam 1 hingga 2 hari sebaiknya hanya cukup air saja kebutuhan nutrisi anak ayam masih bisa terpenuhi dari nutrisi kuning telur yang masih menempel pada bulu-bulu mereka namun jika sudah lewat dari usia tersebut pemberian pakan berupa pur dapat diberikan dengan jumlah secukupnya.

4. Pemberian Sumplemen Tambahan

Anak ayam bangkok sudah bisa diberi pakan dengan komposisi pakan yang berbeda yaitu berupa campuran dari pakan berupa susu bubuk dan pur. Dengan perbandingan 1 : 5 untuk anak ayam bangkok yang berusia 1 hingga 4 bulan. Hall ini bertujuan untuk membentuk bulu, tulang, otot, dan bagian tubuh yang lainnya.

5. Pencabutan Bulu Bibit Ayam Bangkok

Bulu yang tumbuh terlalu lebat akan dapat menghabisakan porsi gizi dari asupan makanan ayam bangkok. Sebaiknya peternak mencabut sebagian dari bulu ayam bangkok. Yang dipotong yaitu bulu pada bagian sayap atau ekor saja.

6. Perawatan Intensif Untuk Anakan

Cara budidaya ayam bangkok pada saat perawatan anakan dari awal sampai usia 6 bulan sebaiknya harus dipelihara di kandang saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari hilangnya energi dari ayam karena mereka terlalu banyak bermain.

Energi yang seharusnya di pakai untuk perumbuhan tubuhnya akan segera hilang jika ia sering bermain.

Jenis-Jenis Ayam Bangkok

1. Ayam Bangkok Wiring

Ayam Bangkok Wiring

Jenis ini menepati posisi ke dua dari jenis ayam bangkok. Karena kegigihannya dalam bertarung dan juga memiliki warna dan bentuk tubuh ya menawan. Dalam sejarah di nyatakan bahwa ayam bangkok wiring kuning biasa dijadikan sebagai ayam persembahan para raja di negara thailand.

Ciri-ciri bangkokwiiring adalahmemiliki crak dasar berwarna hitam. Pada bulu rawis leher dan ekor biasanya berwarna kemerahan. Di indonesia terdapat dua jenis wiring yang banyak dikenal oleh masyarakat yaitu wiring kuning dan wiring galih.

Perbedaan kedua jenis ayam ini terdapat pada warna bulu rawisnya jika bulu rawis lebih dominan warna kecoklatan atau metah tua maka di sebut wiring galih namun jika rawisnya berdomiinan kuning maka dinamakan ayam bangkok wirig kuning.

Dari segi sifat ayam bangkok wiring memiliki keampuhan dalam menyerang lawannya disisi lain ayam ini mempunyai pukulan keras. Jika anda sedang memelihara ayam ini untuk hobi maka jauhkan kandangnya dari ayam kampung karena kalu tidak ayam kampung anda bisa di serang oleh ayam bangkok wiring ini.

2. Ayam Bangkok Pakhoy

Ayam Bangkok Pakhoy

Jenis ini cukup poopuler di kalangan masyarakat seperti gambar di atas ayam bangkok jenis ini berwarna dasar hitam dengan bulu rawis leher warnanya merah kecoklatan.

Jika dilihat dari sisi pertarungan ayam pakhoy dikenal dengan sebutan ayam aduan yang bisa mengimbangi kecepatan dari ayam burma . Sehingga jangan heran jika gaya bertarungnya banyak dicari oleh para penggemar ayam aduaan.

3. Ayam Bangkok Jali

Ayam Bangkok Jali

Meskipun ayam ini jarang diminati olleh penggemar ayam, tapi jenis ayam bangkok jali mempunyai warna yang sangat farian sehingga ia sering di sebut juga degan ayam blirik ciri-ciri dari warnanya yaitu bintik-bintik kuning merah putih dan hitam.

Jika dipelihara dirumah sangatlah bagus keunggulan ayam ini dari segi bertarung banyak dikatakan orang jika ayam ini memiliki kelincahan dan agresif dalam menyerang akan tetapi  dari kelincahan tersebut akan membuat ayam ini terlalu cepat dan kehabisan nafas. Inilah salah satu kelemahan ayam bangkok jali.

4. Ayam  Bangkok Blorok

 Ayam  Bangkok Blorok

Jika dilihat secara sekilas ayam ini agak mirip dengan ayam jali padahal keduanya sangat berbeda jauh. untuk membedakan antara jenis ayam ini dan ayam jali tidaklah sulit. Caranya lihat pada susunan corak warnanya. Susunan bitik-bintik ayam jali lebih rapi jika dibandikan dengan jenis ayam blorok.

Dominasai warnanya juga berbeda. Umumnya ayam blorok dominasi warnanya adalah putih, sedangkan jali warna dominanya adalah kuning. Yang paling sering dicari dari jenis blorok adalah blorok madu. jika blorok biasanya hanya berwarna dasar putih dengan kombinasi hitam dan merah.

Maka blorok madu ini cukup istimewa dibandikan dengan ayam blorok biasa. Itulah alasan banyak masyarakat yang memilih blorok madu. Selain warnanya, blorok madu masih memiliki banyak kelebihan dalam bertarung. Yaitu daya tahannya kuat dan juga mampu mengidentifikasikan kelemahan dari lawannya.

Kekurangan dari ayam blorok ini terdapatt dari pernafasan dan setamina. Mungkin karena terlalu agresifnya sehingga tenaganya cepat terkuras.

5. Ayam Bangkok Klawu

Ayam Bangkok Kelawu

Nama ayam bangkok kelawu diambil dari bahasa jawa yang artinya ayam bangkok berwarna abu-abu. Sesuai dengan namanya ayam ini berwarna abu-abu di tambah dengan beberapa kombinasi warna yaitu merah, hitam ,atau kuning gading.

Umumnya warna campuran terdapar pada bagian rawis atau bulu leher. Sebagian orang kurang tertarik dengan jenis ayam ini. sebabya karena warnanya kurang menarik, walaupun begitu akan tetapi ayam ini memiliki kelebihan dalam bertarung.

Kelebihannya yaitu dalam pukulannya lumayan keras, ideal dalam menyerang.

6. Ayam Bangkok Putih

ayam bangkok putih

Bagi para pencinta bangkok nampaknya cocok anda pelihara. Karena Warnanya sangat cantik dan memepesona. Jika biasanya pada ayam memiliki varian warna namun untuk jenis bangkok inni hanya memiliki satu warna yaitu putih.

Gaya bertarung jenis ayam ini tidak kalah dengan jenis-jeniss ayam bangkok lainnya ayam bangkok ini meempunyai pukulan yang keras dan gaya lompat yang cepat.

7. Ayam Bangkok Jragem

Ayam Bangkok Jragem

Ayam jeragem atau yang biasanya disebut bangkok kumbang ini mempunyai ciri-ciri berwarna hitam pekat diseluruh tumbuhnya. Namun sayangnya keberadaan jenis ayam ini sudah sulit ditemukan. Kalaupun ada itu hanya hasil persilangan antara ayam kampung cemani dengan ayam bangkok.

8. Ayam Bangkok Wido Atau Jalak

Ayam Bangkok Wido Atau Jalak

Ayam ini sama seperti ayam bangkok klawu. Warna utama yang dimiliki adalah hitam lalu pada bagian rawis berwarna putih agak kehijauan. Dibagian paruh, mata,dan kaki biasanya berwarna kuning.

9. Ayam Bangkok Mathai

Ayam Bangkok Mathai

Ayam jenis ini merupakan hasil persilangan  dari ayam yanmar dengan ayam bangkok ayam mathai mempunyai keunggulan dalam berarung yaitu memiliki gerakan yang cepat seperti burma namun memiliki teknik bertarung yang tangguh seperti barkok.

Alasan Usaha Ternak Ayam Bangkok Menggiurkan

Pasang surut pada usaha atau bisnis  yang bersampinngan dengan hopi banyak terjadi dan menjadi momok bagi orang yang ingin memulai usaha ternak ayam bangkok. Jika anda ingin memulai usaha ternak ayam bangkok jangan telalu khawatir akan gagal.

Regenerasi pecinta ayam bangkok semakin waktu semakin terjadi. Selain itu, usaha ternak ayam bangkok juga dapat dikatakan usaha yang menggiurkan dengan alasan :

1 . Modal Kecil

Hal pertama yang menjadi alasan usaha ternak ayam bangkok menggiurkan yaitu modalnya yang kecil. Sehingga setiap orang dimmanapun dapat melakukan usaha ternak ayam ini.Modal yang besar ketika melakukan usaha ternak ayam bangkok yaitu hanya terdapat pada awalan saja pada saat pemilihan induk.

Indukan yang pertama kali dianjurkan adalah jenis ayam bangkok asli yang harganya cukup tinggi. Terlepas dari itu modal dari sarana prasarana untuk merawatnya masih terjangkau.

2 . Perawatannya Yang Mudah

Selain hanya membutuhkan modal yang kecil alasan usaha ternak ayam bangkok menjadi menggiurkan yaitu cara perawatannya yang cukup mudah. Maka dari itu kita tidak direpotkan oleh berbagai kegiatan yang merepotkan. Perawatan ayam bangkok yang mudah ini dapat dijadikan pekerjaan sampingan disaat kita tidak sibuk.

Selain untuk menyalurkan hobi ternak ayam bangkok ini juga dapat menghasilkan pendapatan untuk kebutuhan ekonomi rumah tangga.

3 . Sarana Produksi Yang Mudah Ddapatkan

Berbeda dengan usaha pertanian yang biasanya sering kali mengalami kesulita dalam memenuhi sarana prasarana yang dibutuhkan. Dalam usaha ternak ayam bangkok ini kita akan dihindarkan dari permasalahan itu. Mulai dari pakan, obat – obatan dan kebutuhan ayam bangkok lainnya sangat mudah untuk didapatkan.

4 . Keuntungan Besar

Hal yang dilihat dari usaha ternak ayam bangkok yang menggiurkan yaitu keuntungan besar yang bisa didapatkan  dengan modal kecil Dengan modal kecil dan juga keuntungan yang besar menjadikan peluang keuntungan semakin lebar.

Apalagi jika ditunjang dengan lancarnya pemasaran ayam bangkok yang dihasilkan oleh usaha ternak ayam bangkok.

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang cara ternak aym bangkok dan berbagai macam jenis ayam bangkok. semoga bermanfaat. Wassalamualaikum .Wr. Wb