Rumah Mesin mengirimkan puluhan mesin pertanian pada Jum’at (16/02/2019) ke Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara dengan menggunakan 5 buah container untuk menjaga kualitas barang tetap terjaga saat sampai di tangan konsumen. Mesin-mesin tersebut merupakan pesanan salah satu dinas di Kabupaten Halmahera Barat. Pemesanan mesin-mesin pertanian tersebut nantinya akan dipergunakan untuk bantuan untuk kegiatan UKM masyarakat.

Adapun mesin-mesin yang dipesan antara lain Mesin Pengurai Sabut Kelapa sejumlah 6 unit, Mesin Fuso Penggerak Mesin Pengurai Sabut Kelapa sejumlah 10 unit, dan sebuah Mesin Pengayak Sabut Kelapa. Selain itu beberapa mesin yang juga dikirimkan ke Kabupaten Halmahera Barat antara lain Mesin Press Cocopeat sejumlah 4 unit, Mesin Press Sabut sejumlah 4 unit, Mesin Pengayak Cocopeat sejumlah 4 unit, dan Diesel Pompa Oli sejumlah 8 unit.

Memasukkan Mesin ke dalam Container

Setiap mesin tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Pertama, mesin Pengurai Sabut kelapa merupakan mesin yang digunakan untuk menguraikan sabut kelapa yang telah dikupas dengan menggunakan mesin pengupas sabut kelapa menjadi serat sabut kelapa atau cocofiber. Kedua, mesin Pengayak Sabut kelapa menyaring serat sabut atau cocofiber yang telah diuraikan sebelumnya agar terpisah sempurna antara butiran kasar dengan butiran yang halus sehingga dapat diolah sesuai dengan yang diinginkan. Penggunaan mesin pengayak sabut kelapa ini tentunya dapat menghemat waktu sehingga kegiatan produksi dapat berjalan dengan optimal.

Pemindahan Mesin Menuju Container

Selanjutnya mesin Press Sabut kelapa merupakan mesin yang digunakan untuk menyederhanakan atau meminimalkan tumpukan sabut menjadi lebih ringkas. Satu set mesin sabut kelapa nantinya bisa menghasilkan berbagai macam barang seperti tali tambang, kasur dari sabut kelapa, sepatu, keset, jok mobil, dan kerjainan lainnya yang berbahan sabut kelapa.

Mesin yang terakhir adalah mesin Pengayak cocopeat. Fungsi mesin ini tidak berbeda jauh dengan mesin pengayak sabut kelapa yaitu untuk menyaring. Akan tetapi hasil produksi mesin ini berbeda. Satu set mesin cocopeat akan menghasilkan media tanam yang dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Setelah pengiriman mesin, akan dilakukan pengecekan dan penataan mesin dengan mengirimkan beberapa teknisi dari Rumah Mesin.