Ditengah wabah covid-19 yang semakin meluas, pengiriman mesin di pekan ketiga Maret 2020 masih berjalan lancar. Mesin dikirimkan ke beberapa daerah. Untuk area wilayah Yogyakarta, mesin dikirimkan ke Gunungkidul. Sementara mesin lainnya dikirimkan ke luar daerah seperti ke Semarang, Rembang, Kupang, Banten, Bangka Belitung, Kalimantan, Balikpapan, Kebumen, dan Rusia.

Adapun mesin yang dikirimkan ke Gunungkidul yakni mesin penepung dan juga mesin pencetak mie. Mesin penepung merupakan mesin yang digunakan untuk menepungkan atau menghasluskan beberapa jenis bahan makanan. Terbuat dari bahan stainless steel dan juga besi platezer, sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, mesin pencetak mie berfungsi untuk mecetak adonan menjadi sebuah mie yang berbentuk panjang dan tipis.

Mesin Pemarut Kelapa

Kemudian, mesin yang paling banyak dikirimkan pekan ketiga Maret adalah mesin-mesin pengolah kelapa seperti mesin sortasi gula semut, penepung gula semut, parut kelapa, pencetak briket dan pemotong briket. Selain mesin pengolah sampah juga ada mesin pencacah organik dan pencacah plastik.

Mesin gula semut secara lengkap terdiri dari satu rangkaian. Namun pada pengiriman kali ini hanya ada mesin penepung gula semut yang berfungsi untuk menggiling atau menepungkan gula semut yang sudah dikeringkan dengan mesin oven gula semut.  Setelah ditepungkan, gula semut diolah ke dalam mesin sortasi gula semut yang berfungsi untuk memisahkan gula semut yang halus dengan yang kasar.

Mesin Pencacah Plastik

Bagian kelapa yang dapat diolah lagi yakni daging dan juga batok kelapanya. Daging kelapa dapat diolah dengan cara diparut. Selain untuk memarut kelapa, mesin pemarut ini juga bisa digunakan untuk memarut jahe. Untuk batok kelapanya, bisa diolah menjadi briket yang mana salah satu mesinnya terdiri dari mesin pemotong briket dan juga mesin pencetak briket.

Briket yang Sudah Dipotong

Mesin pencetak briket berfungsi mencetak briket yang telah diolah sebelumnya menjadi bentuk yang lebih beraturan. Ketika briket sudah dicetak menjadi sebuah bentuk, selanjutnya bisa dipotong menggunakan mesin pemotong briket. Mesin briket pada pekan ketida Maret ini merupakan pesanan konsumen asal Rusia yang nantinya akan dikirimkan oleh konsumen langsung ke Rusia menggunakan pesawat.