Home » Artikel » Artikel Proses » Ingin Telur Anda Berkualitas? Kenali 5 Faktor Mempengaruhi Kualitas Telur

Ingin Telur Anda Berkualitas? Kenali 5 Faktor Mempengaruhi Kualitas Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang terbilang murah namun bisa memberikan banyak sumber protein yang bermanfaat. Telur yang berkualitas mempunyai nilai gizi yang tinggi dan mengandung banyak protein, asam amino, lemak, mineral, vitamin dan memiliki daya cerna yang cukup tinggi.

Tapi perlu anda ketahui sekarang banyak dipasarkan kualitas telur yang buruk, ini yang menyebabkan nilai gizi yang tekandung pada telur juga mempengaruhi kesehatan kita. Banyaknya manfaat telur yang berkualitas memang membuat masyarakat lebih suka mengkonsumsinya.

Bahkan karena harga telur yang jauh lebih murah di bandingkan dengan daging ayam atau induknya, telur menjadi salah satu bahan pangan yang harus tercukupi kebutuhan nya bagi suatu bangsa.

Oleh karena itulah banyak peternak telur yang mulai bermunculan dan harus banyak belajar tentang cara membuat telur ternak menjadi berkualitas.

Untuk mendapatkan telur yang berkualitas memang tidak sembarangan induk yang bisa menghasilkan nya, tentu peternak membutuhkan beberapa upaya untuk bisa menghasilkan ternak yang bisa menghasilkan telur yang berkualitas.

Ada kalanya telur yang keluar adalah telur yang tidak sempurna atau tidak bisa menjadi indukan. Tentu jika semua telur rusak dan tidak bisa dijadikan indukan, maka semua akan musnah tentunya.

Ingin Telur Anda Berkualitas? Kenali 5 Faktor Mempengaruhi Kualitas Telur

Oleh karena itulah peternak ayam petelur atau lain nya bisa menjaga ternaknya agar tetap menghasilkan telur yang bagus dan berkualitas. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas telur, dan berikut kami ulaskan untuk anda 5 Faktor yang mempengaruhi kualitas telur:

5 Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Telur

  1. Penyakit

Beberapa penyakit yang memang sering menimbulkan masalah pada telur adalah penyakit ND atau Newcastle disease yang memang biasa terjadi pada ayam. Ada juga infeksi bronchitis yang bisa membuat abnormalitas pada kulit telur tersebut, bahkan penyakit tersebut bisa menyebabkan penurunan kualitas pada putih telur atau kuning telur sehingga telur menjadi mudah rusak. Oleh karena itulah ayam atau induk telur perlu di jaga kesehatan nya jika memang menginginkan telur yang bagus dan berkualitas.

  1. Suhu Lingkungan Induk

Suhu yang terlalu panas juga akan membuat telur ayam menjadi kurang berkualitas atau bahkan bisa rusak. Hal ini dikarenakan ayam yang mengalami penurunan nafsu makan akibat suhu yang panas, sehingga telur yang dihasilkan juga mengurangi kualitas dari putih telur tersebut serta kekuatan ketebalan kulit telur juga ikut berkurang, dan akhirnya mengakibatkan telur tidak berkualitas.

  1. Pakan

Hal yang paling banyak sering di alami oleh ayam adalah pakan ayam yang tidak berkualitas, tentu pakan memang selalu menjadi kunci kesuksesan dalam beternak, entah itu ayam ataupun beternak sapi dan kambing. Hal ini memang menjadi pemicu utama, dimana ketika anda tidak memberikan pakan yang berkualitas, pakan yang memiliki sumber nutrisi serta sumber energy, maka ayam juga tidak bisa memproduksi telur yang bagus. Pakan yang berkualitas dan bernutrisi bisa anda dapatkan pada jagung kuning atau putih, dedak, ubi kayu, bekatul atau anda bisa membuat pakan ayam sendiri dengan menggunakan mesin pembuat pakan ayam, karena dengan membuatnya sendiri anda bisa memilih bahan yang berkualitas sesuai pilihan anda. Sumber protein seperti bungkil kacang kedelai, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah dan lain nya. Dan untuk sumber mineral bisa anda dapatkan dari tepung tulang, tepung ikan, dan tepung kerang.

  1. Suhu Penyimpanan Telur

Suhu optimum dari penyimpanan telur adalah antara 12 hingga 16 C dan kelembapan 70-80%. Jika anda menggunakan suhu atau kelembapan kurang atau lebih dari itu, maka telur akan menjadi kurang berkualitas. Untuk penyimpanan telur dalam skala besar, sebaiknya anda menggunakan ruangan ber AC atau berpendingin agar kelembapan udaranya selalu terjaga, namun jika memang tidak bisa, anda bisa menggunakan ember yang berisi air di dalam ruang penyimpanan. Hal ini di maksudkan agar penguapan cairan dalam telur dapat dikurangi.

  1. Lama Penyimpanan

Semakin lama telur disimpan, maka kemungkinan telur untuk rusak akan semakin banyak. Hal ini disebabkan karena telur memang memiliki kelemahan, yaitu mudah rusak dalam penyimpanan yang di sebabkan oleh adanya mikroba. Hal ini juga akan mempengaruhi kualitas telur karena adanya gas karbondioksida pada telur.

Setelah diteliti lebih lanjut faktor utama yang sangat mempengaruhi kualitas telur adalah pada pakan ayam, karena induk yang memakan pakan ayam sangat berpengaruh besar terhadap telur – telur yang dihasilkan. Alangkah lebih baik jika pakan yang diberikan adalah buatan sendiri karena pakan ayam yang dibuat sendiri, bahan yang digunakan untuk membuat pakan ayam kita bisa memilih dengan kualitas yang bagus.

Demikian informasi tentang 5 faktor yang mempengaruhi kualitas telur yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda dalam meningkatkan dan menjaga kualitas telur ternak anda agar bisa maksimal. Terima kasih.

By | 2017-10-27T11:29:01+00:00 April 1st, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Ingin Telur Anda Berkualitas? Kenali 5 Faktor Mempengaruhi Kualitas Telur

About the Author: