Kepala BSN, Prof. Dr. Bambang Prasetya beserta tim mengunjungi Rumah Mesin pada hari Jum’at (27/09/2019). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau kesiapan Rumah Mesin dalam menerapkan SNI pada salah satu produknya.

Tepat pukul 13.00 WIB Kepala BSN dan tim tiba di Rumah Mesin. Kedatangan Kepala BSN beserta tim disambut langsung oleh Mansur Mashuri, Direktur Rumah Mesin maupun pihak Manajemen, Nugraha Jaka Susanta. Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal terkait kesiapan Rumah Mesin dalam menerapkan salah satu produknya menuju SNI baik secara dokumen ataupun teknis.

Rasa kagum diungkapkan oleh Kepala BSN, Prof. Dr. Bambang Prasetya. “ Saya masuk Rumah Mesin ini rada kagum juga. Begitu melihat mesin yang sudah di packing dan siap dikirim. Dan saya lihat jenisnya juga lumayan banyak. Saya pikir ini yang dibutuhkan masyarakat Pak. Kenapa dibutuhkan masyarakat? Karena ini adalah Rumah Mesin yang memproduksi mesin-mesin untuk industri atau usaha kecil yang memproduksi atau mengolah bahan-bahan di sekitar kita”, jelas Kepala BSN.

Kepala BSN, Prof. Dr. Bambang Prasetya

Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa hal ini sangat penting. Dengan adanya Rumah Mesin ini diharapkan masyarakat, khususnya industri kecil dapat terbantu. Di beberapa tempat, yang penting adalah mesinnya. Saat ini beberapa industri masih membeli mesin dari negara lain yang terkadang mengecewakan dikarenakan untuk menyervisnya susah. Sehingga kalau mesin ada di dalam negeri rasanya ini akan lebih cepat.

Harapannya, dengan adanya pendampingan dari BSN menuju produk SNI, mesin-mesin maupun sistem Manajemen (ISO 9001) di Rumah Mesin ini kompetitif bisa Nasional atau SNI ke depannya bisa melayani ke seluruh wilayah Indonesia dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Hal tersebut akan menjadi platform seperti apakah Rumah Mesin akan berkiprah ke depannya.

Selaku Direktur Rumah Mesin, Mansur Mashuri mengucapkan terima kasih kepada BSN yang telah memfasilitasi Rumah Mesin dalam menerapkan SNI.

Kepala BSN, Prof. Dr. Bambang Prasetya bersama Direktur CV Rumah Mesin

“Kami sungguh merasakan sesuatu yang sangat besar, program pendampingan BSN. Kami yang dari awal membuat produksi mesin yang tidak memiliki manajemen yang bagus, pelan-pelan kami di dampingi kemudian dihadapkan dengan beberapa pengusaha atau pabrik yang sudah mendapatkan SNI, kami terpacu dan Alhamdulillah sampai sejauh ini kita sudah hampir bisa mengikuti standar SNI. Mudah-mudahan menjadi bekal kami menjadi lebih baik dan bisa bersaing di skala nasional maupun internasional”, tutur Direktur Rumah Mesin.