Home » Artikel » Artikel Proses » Kerajinan Dari Bambu Bernilai Jual Tinggi, Cocok Sebagai Ladang Bisnis

Kerajinan Dari Bambu Bernilai Jual Tinggi, Cocok Sebagai Ladang Bisnis

Tanaman bambu memang sangat mudah sekali ditemukan di Indonesia, terutama didaerah desa ataupun perkampungan yang masih asri. Sedangkan untuk daerah perkotaan bambu ini mungkin sudah jarang sekali dijumpai, banyak sekali manfaat bambu salah satunya adalah pemanfaatan kerajinan dari bambu. Banyak kreatifitas kerajinan dari bambu yang sangat bermanfaat, apalagi pemanfaatan kerajinan dari bambu ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Banyak bisnis kerajinan bambu yang berhasil mengekspor produk kerajinan bambu mereka ke luar negeri maupun daerah.

1. Rumah Bambu

Kerajinan Dari Bambu Bernilai Jual Tinggi, Cocok Sebagai Ladang Bisnis

Rumah Bambu

Banyak sekali kerajinan dari bambu yang bisa dihasilkan, contohnya : perabot rumah tangga, hiasan rumah, dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda bambu bisa dibuat rumah permanen ? Kerajinan bambu sekarang bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah bambu, kelebihan rumah bambu dibanding dengan rumah biasa adalah

  • Pembangunan rumah bambu tidak memerlukan biaya yang banyak.
  • Rumah bambu cenderung tahan akan bencana gempa.
  • Rumah bambu akan terasa sejuk dan nyaman tanpa menggunakan AC.

Tips Membangun Rumah Bambu

Untuk membangun rumah bambu, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui supaya pada proses pembangunan rumah bambu dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

  • Menentukan lokasi Rumah Bambu

Seperti membangun rumah pada umumnya maka Anda memerlukan lokasi yang strategis dalam mendirikan sebuah rumah bambu. Anda bisa memilih didekat jalan raya ataupun masuk dari jalan raya supaya akses yang cukup baik dimasa depan.

  • Menentukan desain Rumah Bambu

Tentukan desain seindah mungkin, senyaman mungkin dan seaman mungkin dari hal yang tidak diinginkan, Anda bisa berkonsultasi dengan pakar arsitektur yang handal dalam pembangunan rumah bambu.

  • Menentukan Bahan

Untuk menentukan bahan ini Anda bisa mencari bahan kepemasok bambu yang murah dan berkualitas, biasanya pemasok bambu dengan harga murah sangat banyak kita jumpai didaerah pedesaan atupun perkampungan, karena memang bambu sangat tumbuh subur dipekarangan mereka.

  • Proses pembangunan Rumah Bambu

Pada proses pembangunan rumah bambu ini diperlukan ketelitian dalam pembangunannya. Pada proses pemotongan bambu Anda bisa menggunakan mesin pemotong bambu, agar proses pemotongan bambu lebih sempurna dan bambu tidak akan pecah saat dipotong. Irat bambu dengan menggunakan mesin irat bambu untuk membuat tali bambu, tali bambu ini yang nantinya berfungsi untuk menyambungkan bagian bambu.

2. Mini Bar Bambu

5 Kerajinan Dari Bambu Bernilai Jual Tinggi, Cocok Sebagai Ladang Bisnis

Tiki hut bar

Kerajinan dari bambu yang satu ini paling populer, bar adalah tempat menyajikan berbagai jenis minuman unik. Suasana unik juga akan terlihat jika kreasi dalam penyajian tempat juga unik, ini yang membuat sebagian orang lebih suka dengan tempat makan dengan nuansa tradisional. Mini bar dari bambu ini sangat mengundang ketertarikan para konsumen akan keunikan tempat tersebut, kelebihan kursi mini bar dari bambu ini, yaitu :

  • Kursi lebih kuat dan tahan lama.
  • Kualitas lebih unggung dibanding dengan kursi kayu biasa.
  • Harga jauh lebih murah.

Tips Membuat Kursi Bambu

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat kursi dari bambu, ada beberapa tips untuk Anda yang ingin membuat sebuah kursi kerajinan dari bambu.

  • Pilihlah Bambu Yang Berkualitas

Untuk memiliki kursi bambu yang berkualitas dan tahan lama, pilihlah bambu dengan kualitas yang bagus, Anda bisa mencari bambu disekitar rumah Anda atau bisa juga mencari ke pengepul bambu. Setelah mendapatkan bambu yang diinginkan rendam bambu 1 hari di sungai agar bambu menjadi bersih dari uget – uget bambu.

  • Proses pembuatan

Pada tahap proses pembuatan ini diperlukan ketelitian dalam membuat kursi bambu, agar mendapatkan hasil yang memuaskan nantinya. Potonglah bambu dengan menggunakan mesin pemotong bambu, agar potongan bambu sesuai dan bambu tidak mudah pecah saat dipotong. Irat bambu dengan menggunakan mesin irat bambu.

3. Hiasan Dinding Dan Lantai Rumah Mewah

Kerajinan dari bambu memang sangat banyak, berbagai macam olahan kerajinan dari bambu memang cukup unik. Apalagi jika bambu dijadikan sebagai hiasan dinding dan lantai rumah Anda, maka rumah Anda akan terlihat mewah, dan Anda akan tidak bosan tinggal dirumah surga Anda sendiri. Kelebihan dari hiasan dinding dan lantai rumah, yaitu :

  • Alternatif pengganti dinding batako maupun batu bata.
  • Alternatif pengganti keramik untuk lantai rumah.
  • Terlihat elegan, asri dan mewah.

Tips Membuat Hiasan Dinding dan Lantai Rumah.

Agar hiasan dinding dan lantai rumah Anda tampak elegan ada beberapa tips membuat hiasan rumah Anda, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Berikut ulasannya.

  • Pilihlah bambu yang lurus

Pada proses pemilihan bambu ini, kenapa harus yang lurus ? Pada proses pemilihan bambu yang lurus ini diharapkan bambu tersebut akan tampak lebih elegan jika bambu yang digunakan memiliki ukuran yang sedang dan lurus. karena untuk membuat dinding rumah diperlukan bambu yang bisa menutupi permukaan rumah dengan sempurna.

  • Desain bentuk hiasan sesuai keinginan

Sebelum memasang hiasan dari bambu, pastikan Anda sudah mempehitungkan desain dinding ataupun lantai yang ingin dibuat, karena untuk membuat hiasan dinding dan lantai agar tampak mewah diperlukan desain khusus yang bisa memperhitungkan desain seperti apa yang cocok untuk rumah Anda.

  • Warnai kembali hiasan dinding dan lantai rumah agar tampak mewah

Terakhir pastikan Anda mengecat dinding bambu dan lantai bambu Anda, supaya tampak lebih sempurna dan mewah. Tips mengecat dinding pastikan warna yang Anda pilih cocok dengan dinding rumah Anda. Untuk lantai pastikan Anda telah mempersiapkan warna yang sekiranya nyaman untuk Anda bersantai.

4. Pagar Kolam Renang Dari Bambu Minimalis

 

pagar bambu

Cuaca panas seperti ini kegiatan yang paling enak adalah berenang, tapi apakah kolam renang Anda membuat suasana berenang Anda jadi tidak nyaman ? Solusinya adalah coba buat pagar kolam renang dari bambu minimalis, dijamin Anda gak bakalan bosen untuk berenang, dan suasana berenang jadi tambah nyaman. Kelebihan pagar kolam renang dari bambu ini, yaitu :

  • Kolam renang akan tampak lebih mewah, asri, dan nyaman.
  • Membuat suasana menjadi sejuk dengan adanya pagar bambu ini.
  • Menambah keunikan kolam renang Anda.

Tips Membuat Pagar Kolam Renang Dari Bambu

Agar pagar bambu Anda terlihat rapi dan mewah, ada beberapa tips untuk Anda yang ingin membuat pagar dari bambu ini.

  • Pilihlah bambu dengan bentuk yang lurus

Pada tahap pemilihan bahan baku bambu, pillihlah bambu dengan bentuk yang lurus, karena untuk membuat pagar kolam renang ini dibutuh bambu yang lurus agar pada saat perakitan bambu pagar tertutup sempurna dan tidak ada celah lubang dipagar.

  • Pembuatan pagar bambu

Pada tahap pembuatan agar bambu yang ingin dibuat pagar haruslah teliti dan berhati – hati saat membuat pagar bambu, potonglah bambu dengan menggunakan mesin pemotong bambu, agar potongan bambu terlihat sempurna dan bambu saat dipotong tidak pecah.

  • Desain pagar sesuai keinginan

Untuk desain pagar bambu Anda bisa mengkombinasikannya dengan pagar dinding batako atau Anda juga bisa tanpa mengkombinasikannya, jadi pagar terlihat penuh dengan gaya asri dan mewahnya.

Nha itu tadi adalah beberapa macam olahan kerajinan bambu yang sangat mempunyai nilai jual yang tinggi, seperti rumah bambu, mini bar bambu, hiasan dinding dan lantai rumah mewah, dan pagar kolam renang dari bambu. Semua hasil kerajinan dari bambu ini memang betul sangat elegan. Ini yang membuat banyak orang lebih tertarik pada kerajinan dari bambu.

Untuk Anda pengusaha kerajinan bambu berbahagialah karena banyak orang semakin tertarik pada kerajinan bambu, Peluang Anda untuk meningkatkan bisnis bambu Anda semakin terbuka lebar.

By | 2017-10-17T14:03:07+00:00 Agustus 10th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Kerajinan Dari Bambu Bernilai Jual Tinggi, Cocok Sebagai Ladang Bisnis

About the Author: