Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang makanan khas betawi. Tapi taukah anda apa saja makanan khas  betawi? simak daftar makanan berikut ini

 

Makanan Khas Betawi

 

makanan khas betawi

 

 

Indonesia memiliki banyak suku dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya adalah suku Betawi. Betawi merupakan umumnya tinggal di Jakarta. Betawi memiliki beragam adat dan budaya. Selain itu Betawi punya beragam makanan khas yang terkenal dan lezat. Mungkin Anda juga perlu mencoba makanan khas surabaya yang enak ini.

Mulai dari makanan yang berbentuk kue ringan hingga makanan berat yang bisa kamu santap dengan nasi. Makanan yang beragam itu digemari baik turis lokal maupun mancanegara. Kamu yang suka berkuliner jangan ketinggalan untuk mencicipi berbagai makanan lezat ini.

1. Rumah Adat

Rumah adat Suku Betawi dinamakan Rumah Kebaya. Disebut Rumah Kebaya, karena memiliki bentuk atap yang mirip pelana yang dilipat. Dan bila diperhatikan dari samping, maka lipatan-lipatan tersebut berbentuk seperti lipatan baju kebaya. Maka tidak heran bila rumah adat tersebut bernama mirip dengan baju khas Jawa.

Salah satu kekhasan yang dimiliki rumah adat Betawi ini adalah teras yang luas. Fungsi teras tersebut adalah sebagai tempat menjamu tamu dan bahkan menjadi tempat khusus keluarga untuk bersantai. Selain itu, ciri khas lainnya adalah pada dinding rumah, dimana dinding-dinding rumah tersebut dapat dibuka dan digeser-geser ke tepi dengan bebas.

2. Pakaian Adat

Pakaian adat masyarakat Betawi terdiri menjadi beberapa bagian, yakni :

a. Pakaian Adat Keseharian Pria

Pakaian adat sehari-hari pria terdiri dari sadariah, celana kain, dan selendang/sorban. Sadariah atau baju koko betawi merupakan baju yang sering digunakan oleh pria Betawi berupa polos, tanpa motif, dan hanya memiliki satu warna saja, yakni putih.

Celana kain batik ini berbentuk seperti celana kolor dengan aksesoris karet pada bagian pinggangnya. Dan selendang/sorban merupakan sejenis sarung yang dilipat dan dikenakan pada leher atau disangkulkan di pundak.

b. Pakaian Adat Keseharian Wanita

Pakaian adat sehari-hari wanita terdiri dari baju kurung, kain sarung bermotif, dan kerudung. Baju kurung merupakan sebuah pakaian berdesain khusus dengan lengan pendek dan warna yang mencolok. Kain sarung bermotif memiliki motif batik yang indah dengan warna yang disesuaikan dengan baju kurung atau kerudung yang dipakai.

c. Pakaian Adat Resmi

Pakaian adat resmi orang-orang Betawi dinamakan Baju Serong. Baju resmi ini tidak hanya dipakai oleh kalangan Bangsawan, tetapi oleh orang-orang biasa juga. Ciri khas Baju Serong adalah terdiri dari kemeja putih yang merupakan dalaman.

Kain batik dengan panjang selutut yang dikenakan di pinggang, serta jas berwarna hitam dan celana yang berwarna hitam juga. Pakaian ini sering digunakan dalam acara pernikahan atau menghadiri upacara adat tertentu. Suku Tengger

3. Bahasa Khas Betawi

Bahasa Suku Betawi memiliki dialek yang campur-aduk, dimana bahasa tersebut merupakan cerminan kebudayaan umumnya masyarakat Betawi, yakni merupakan hasil dari perkawinan silang beberapa kebudayaan nusantara maupun asing.

Sehingga dari perkembangan bahasa yang ada, maka diresmikan bahasa khas Suku Betawi adalah Bahasa Indonesia dengan dialek Betawi.

 

4. Musik Khas Betawi

Betawi juga memiliki musik khas tradisional. Beberapa musik khas yang dimiliki oleh orang-orang Betawi adalah gambang kromong, yang merupakan salah satu ciri khas musik orang-orang Tionghoa.

Selain alat musik tersebut, juga terdapat alat musik rebana yang merupakan alat musik yang berakar pada Budaya Arab, keroncong tugu, dan tanjidor. Alat-alat musik tersebut menambah nuansa keindahan seni bagi masyarakat Betawi.

 

5. Tarian Adat Suku Betawi

Tarian adat suku Betawi memiliki ciri khas perpaduan antara beberapa unsur budaya masyarakat yanng terkandung di dalamnya, yakni Tari Jaipong, Tari Cokek, dan lain-lain. Seni Tari di daerah Jakarta pada awalnya bercorak Sunda dan Tiongkok, salah satunya adalah Tari Jaipong dengan pakaian khas penari yakni pemain Opera Beijing.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian adat Betawi lebih dinamis dan memunculkan tarian baru yang dapat terlepas dari unsur budaya tarian lama.

 

6. Kuliner Khas Betawi

Orang Betawi sendiri memiliki berbagai macam makanan khas yang lezat, namun akhir-akhir kini semakin meredup. Salah satu makanan yang masih sangat populer di masyarakat saat ini adalah nasi uduk.

Nasi ini masih mudah anda ditemui di sebagian besar pelosok Jakarta, yang mana terbuat dari nasi yang dimasak dengan berbagai bahan khas agar dapat memunculkan cita rasa yang lezat.

Selain nasi uduk, makanan yang terdengar populer lagi di masyarakat adalah soto Betawi dan kerak telor. Makanan ini menjadi favorit besar di beberapa tahun yang lalu.

 

Suku Mante

Bila anda ingin mencari makanan ini dengan mudah, anda bisa mengunjunginya di kampung Suku Betawi, yakni di daerah-daerah cagar budaya Betawi.

Itulah berbagai macam kebudayaan Suku Betawi yang menarik untuk dipelajari. Kebudayaan Suku Betawi di Jakarta terinspirasi dari sejarah yang berkembang di masa lalu. Banyaknya orang-orang asing dan suku-suku yang menempati wilayah Betawi membuat akulturasi antara budaya asli Betawi dengan budaya yang lain.

Ciri khas kebudayaan Betawi dengan corak yang beragam tersebut menjadikan kebudayaan Betawi mudah diingat oleh berbagai kalangan. Bahkan sampai saat ini dari anak kecil sampai orang dewasa sudah tidak asing mendengar suku Betawi ini.

featured image makanan khas betawi

1. Kerak Telor

Kerak telor memiliki rasa gurih dan legit ini memang favorit warga Jakarta. Hidangan khas Betawi ini dibuat dari bahan-bahan makanan seperti, beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.

Hal unik dari kuliner khas betawi ini adalah cara memasaknya. Telur dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan seperti itu sampai matang sehingga menjadi kerak.

2. Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk adalah kuliner khas Betawi lainnya. Proses memasak beras untuk nasi uduk adalah dengandiaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu dikukus sampai matang. Rasanya gurih dan memiliki aromanya tersendiri.

Nasi uduk Betawi biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng, dengan lauk seperti ayam goreng, sambal dan pelengkap lainnya beserta daun kemangi.

3. Gado Gado Betawi

Makanan tradisional betawi selanjutnya adalah gado-gado betawi. Gado-gado sendiri berarti campur aduk dalam bahasa Betawi adalah favorit masyarakat Betawi. Berbagai jenis sayur yang di rebus bersama kentang, tahu, tempe dan telur yang disiram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk menjadikan hidangan ini digemari banyak orang. Kuliner khas betawi ini sangat nikmat disantap dengan nasi atau disajikan bersama lontong.

4. Semur Jengkol

Semur jengkol hidangan khas Betawi ini terkenal dengan bau nya. Untuk beberapa orang, bau jengkol dapat membuatnya tidak suka, tetapi untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangatlah digemari. Masakan ini dimasak dengan jengkol yang memiliki rasa pahit, namun setelah dimasak menggunakan berbagai bumbu dan rempah, jengkol menjadi lezat untuk disantap.

Semur jengkol biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Jangan lupa mencoba hidangan khas Betawi satu ini ya, kalau berkunjug ke Jakarta!

5. Soto Betawi

Soto betawi merupakan kuliner khas Betawi dari soto santan dengan isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi dan hewan lainnya seperti ayam. Banyak orang menggemari jenis soto khas Betawi ini. Penggemarnya tidak hanya orang di Jakarta, masyarakat lain di berbagai daerah di Indonesia juga gemar menyantap masakan khas Betawi ini. Soto Betawi memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.

6. Roti Buaya

Roti buaya memiliki peran penting dalam pernikahan adat Betawi. Kuliner khas betawi satu ini memiliki panjang sekitar 50 cm ini dibawa oleh mempelai laki-laki untuk diberikan kepada pengantin wanita di dalam pernikahan atau lamaran di pernikahan adat Betawi. Roti buaya ini memiliki makna tersendiri bagi warga Betawi, yaitu sebagai ungkapan kesetiaan pasangan menikah yang dipercaya masyarakat Betawi secara turun-temurun.

7. Asinan Betawi

Asinan Betawi umumnya merupakan campuran dari sawi, kol, tauge, tahu putih dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng. Semua itu lalu disiram dengan kuah bumbu kacang serta dicampur cuka dan cabai dengan kerupuk mie besar berwarna kuning.

Selain enak dan segar, makanan khas betawi ini juga tergolong sehat karena menggunakan banyak sayur-sayuran.

8. Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu kue tradisional khas Betawi yang sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun di toko kue. Kue ini juga dapat ditemui di tempat-tempat seperti di upacara pernikahan, potong rambut bayi dan lainnya. Kue cucur ini rasanya manis dengan tekstur lembut di bagian tengahnya, serta renyah di bagian pinggirnya. Kue berbahan dasar beras dan gula merah ini dimasak dengan cara digoreng. Termasuk salah satu makanan khas betawi wajib coba

9. Dodol Betawi

Betawi terkenal dodol dengan cita raalezat. Cara membuat camilan khas betawi dengan cara tradisional menggunakan kuali besar sangatlah unik dan menarik. Kuali yang bernama Kenceng ini berukuran diameter 50 cm sampai 1 meter. Dodol ini dibuat dari kelapa dan ketan menjadikanya lengket dan kenyal.

10. Putu Mayan

Putu mayang adalah kue tradisional khas Betawi yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras berbentuk seperti mie, dengan campuran santan kelapa, lalu disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Biasanya tepung beras diberi warna-warni agar menarik pembeli.

11. Kue Rangi

Kue rangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih sering kita jumpai di berbagai tempat di Jakarta. Kue khas betawi dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang menjadi kental dengan campuran sagu.

12. Kue Talam

Kue talam adalah salah satu jenis camilan tradisional Betawi yang mudah ditemukan di mana saja di Indonesia. Kue ini dibuat dengan bahan baku tepung seperti tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu atau tepung sagu.

13. Kue Cente Manis

Kue cente adalah kue khas Betawi yang dibuat dengan bahan seperti tepung hunkwe, santan, gula, dan bulir cente manis atau sagu mutiara yang sudah matang. Kemudian bahan-bahan ini dibungkus dalam bungkus plastik lalu dikukus dan jadilah makanan khas betawi manis ini.

14. Getuk Lindri

Getuk merupakan jenis makanan dengan bahan utama dari singkong. Getuk adalah makanan khas betawi yang sering dijumpai di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur selain di Jakarta. Pengolahan getuk berawal dari singkong yang sudah dikupas, selanjutnya dikukus atau direbus. Lalu sesudah matang ditumbuk atau digiling, kemudian ditambahkan gula dan pewarna makanan. Untuk penyajian, getuk lindri biasanya diberikan taburan parutan kelapa.

15. Roti Gambang

Roti gambang adalah roti tradisional khas Betawi berbahan dasar tepung terigu dan gula merah. Gula merah inilah yang menyebabkan roti ini memiliki warna coklat tanpa membutuhkan pewarna sintetis tambahan.Kuliner ini sangat cocok disajikan sebagai cemilan untuk keluarga karena rasanya manis dan lezat .

16. Bir Pletok

Kuliner Betawi satu ini adalah minuman khas Betawi. Bir pletok bukanlah bir biasa. Bir ini memiliki manfaat kesehatan dan tidak membuat mabuk karena tidak mengandung alkohol. Bir ini dibuat dengan bahan dasar rempah-rempah khas Indonesia dengan campuran jahe, daun pandan wangi serta serai. Untuk menarik pembeli, bir ini biasanya dicampur dengan tambahan kayu secang, yang akan membuat warna bir menjadi merah ketika ditambahkan dengan air panas.

17. Es Doger

Es doger adalah minuman khas betawi lainnya yang merupakan campuran es dengan susu kelapa. Es ini dijual dengan cara gerobak dorong keliling di Jakarta, Bandung Malang, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Es doger biasanya disajikan dengan parutan kelapa, tape, ketan hitam, alpukat dan lain-lain.

18. Kue Pancong

Kue pancong adalah camilan tradisional Betawi. Umumnya camilan khas Betawi ini bentuknya setengah lingkaran, dibuat dari santan, tepung besar, kelapa, dan garam. Kue ini biasanya dimakan di sore hari di samping teh hangat. Kue ini ditambah dengan potongan kelapa dan taburan gula pasir diatasnya.

19. Nasi Ulam

Salah satu nasi khas Betawi yang semakin sulit ditemukan adalah nasi ulam. Nasi dengan beragam lauk sebagai pelengkap hidangan ini telah lama menjadi favorit masyarakat Betawi. Nasi ulam di sini disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur dadar, cumi, semur tempe, semur tahu, tempe goreng, perkedel dan dendeng.

20. Kue Ape

Kue tradisional Betawi ini mirip dengan kue cucur pandan ini bernama kue ape. Kue ini memiliki tekstur garing dan renyah di bagian pinggirnya yang terbuat dari pandan sehingga berwarna hijau. Kue ape biasanya dijual dengan gerobak yang sering kita jumpai di pinggir jalan.

21. Soto Tangkar

Soto tangkar adalah hidangan khas Betawi dan sekilas mirip dengan soto betawi. Kata “tangkar” berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga. Soto khas betawi satu ini biasanya dinikmati saat cuaca dingin atau saat hujan dengan tambahan nasi dan sambal merah pedas.

22. Kembang Goyang

Kue kembang goyang adalah jajanan tradisional Betawi yang sampai sekarang masih digemari masyarakat. Nama ‘kembang goyang’ berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses pembuatannya dengan cara digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kembang goyang dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang sekarang sudah banyak varian rasa lainnya.

23. Selendang Mayang

Adonan kue di dalam selendang mayang dibuat seprti agar-agar dengan warna-warni menarik. Warna-warna cantik ini seperti warnaselendang. Karenanya disebut ‘selendang mayang’. Adonan kue yang sudah dipotong-potong disajikan bersama dengan siraman sirup gula Jawa, kuah santan, dan potongan es batu.

24. Kue Lupis

Kue lupis terbuat dari beras ketan yang dibuat dengan daun pisang dibalut seperti lemper atau lontong, lalu diiris tipis-tipis dan dicampur dengan parutan kelapa. Ditambah dengan gula aren kental yang dicairkan menjadi pelengkap kue lupis.

25. Ketupat

Lontong atau ketupat sayur adalah menu wajib di saat Idul Fitri. Ketupat sayur adalah ketupat yang disiram dengan kuah santan. Biasanya hidangan ini dimakan bersama dengan opor ayam, semur daging, dan makanan lainnya. Tidak lupa dengan taburan kerupuk bertekstur renyah.

 

Mungkin cukup sekian penjelasan tentang makanan khas betawi kali ini. Enak kan? jelas