Makanan Khas Surabaya – Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia serta sentra industri, di Surabaya menjadi tempat tujuan para orang yang akan berbisnis maupun wisatawan.

Tentunya bukan hanya bisnis dan wisatawan local saja, tapi banyak juga yang berasal dari mancanegara.Karena factor tersebut bisnis didaerah Surabaya menjadi sangat berkembang, tidak ketinggalan di bidang kuliner.

Karena di Surabaya banyak pengunjung yang dari luar Surabaya membuat kuliner yang ada di Surabaya menjadi semakin banyak dan semakin beragam, dari yang kering sampai yang basah semuanya ada di Surabaya.

Makanan Khas Surabaya

1.Rujak Cingur Surabaya

Mendengar namanya tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan? Makanan ini cukup populer di beberapa program televisi di Indonesia. Seringkali makanan yang satu ini memiliki liputannya tersendiri karena memang memiliki rasa yang unik.

Untuk bisa menikmati makanan khas Surabaya yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir. Rasanya yang enak dan juga memiliki harga yang terjangkau.

Sehingga Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Makanan ini sama seperti rujak pada umumnya hanya saja di Surabaya menggunakan campuran lontong, tahu, tauge serta cingur itu sendiri.atau dalam bahasa Indonesia Cingur diartikan sebagai hidung sapi.

2.Tahu Tek Khas Surabaya

Ketika membahas makanan khas Surabaya, rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Surabaya selalu memiliki cita rasa yang baru yang istimewa dan luar biasa.

Sehingga mampu menghipnotis siapa saja untuk bisa mengunjungi dan mencobanya. Salah satunya adalah tahu tek khas Surabaya ini.

Tahu tek Khas Surabaya ini merupakan makanan yang cukup legendaris di Surabaya. Makanan yang terdiri atas campuran lontong, kecambah dan tahu yang disiram dengan bumbu petis ini menghadirkan cita rasa yang juara.

Apalagi ditambah dengan taburan bawang goreng dan juga kerupuk tentunya akan menambah kenikmatan tersendiri dalam menikmati makanan khas yang satu ini.

3.Sate Klopo

Klopo atau dalam bahasa Indonesia diartikan kelapa ini  merupakan salah satu tanaman yang cukup populer di Indonesia. Namun meskipun namanya sate klopo atau sate kelapa ini bukan berarti sate tersebut terbuat dari kelapa lho.

sate klopo sebenarnya hampir sama dengan sate pada umumnya. Sate ini biasanya terdiri dari daging sapi atau daging ayam.

Yang membedakan adalah sebelum sate tersebut dimasukkan pada proses pembakaran, maka sate dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu untuk memberikan cita rasa yang gurih dan sedap. Karena ada parutan kelapa inilah, sate ini diberi nama sate klopo.

4.Pecel Semanggi Surabaya

Akan sangat disayangkan jika Anda berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi kuliner yang satu ini. Ya apalagi jika bukan pecel semanggi Surabaya.

Pecel ini merupakan salah satu makanan yang sehat lho, karena terdiri dari berbagai macam campuran sayuran yang menyehatkan seperti daun pepaya, daun bayam, kangkung dan juga tentunya daun semanggi.

Dengan bumbu kacang yang khas akan melahirkan cita rasa pecel semanggi yang yang berbeda. Penasaran ingin mencoba? Anda bisa temukan makanan ini di berbagai sudut kota Surabaya. Harganya juga sangat ramah di kantong kok. Jadi tunggu apalagi? Let’s eat!

5.Sate Lisidu Surabaya

Sate memang menjadi makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan dimana-mana. Jenis sate juga sangat beragam. Salah satunya adalah makanan khas Surabaya ini, Sate Lisidu Surabaya.

Berbeda dengan bentuk sate pada umumnya. Sate lisidu dagingnya tidak berbentuk bulat-bulat atau potongan dadu, melainkan berbentuk pipih.

Selain bentuknya yang pipih, sate ini juga terlihat lebih bersih dibanding dengan sate yang lainnya. Jika biasanya pada sate terdapat sisa arang pembakaran, sate ini tidak.

Proses pengipasannya dilakukan dari atas tidak dari bawah. Sehingga tidak ada sisa arang yang menempel pada daging sate tersebut.

6.Sate Karak Surabaya

Sebenarnya keberadaan makanan khas Surabaya yang satu ini sudah cukup sulit ditemukan. Meskipun penjualnya semakin berkurang bukan berarti sudah tidak dijual.

Anda masih bisa menemukannya di kawasan Sunan Ampel Surabaya atau yang lebih populer disebut kampung Arab.

Sate karak ini merupakan sate yang terbuat dari usus, yang kemudian disajikan dengan karak atau nasi ketan hitam. Kemudian atasnya ditaburi dengan kelapa, sehingga menciptakan rasa yang luar biasa, gurih dan lezat.

7.Nasi Krawu Khas Surabaya

Siapa yang tidak mengenal nasi krawu khas Surabaya ini? Tentunya Anda tidak asing bukan dengan makanan khas yang satu ini? Makanan ini sering kali disajikan saat Anda berkunjung ke daerah Surabaya.

Dalam satu porsi Nasi Krawu, terdiri dari semur daging, jeroan sapi, sambal terasi, nasi pulen dan serondeng. Menarik bukan? Biasanya makanan ini disajikan pada pagi hari sebagai sarapan karena mengandung energi yang cukup tinggi sebagai bekal untuk melakukan aktivitas seharian.

8.Nasi Empal Pengampon

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya Surabaya sangat terkenal dengan keragaman kulinernya. Salah satunya adalah nasi empal pengampon.

Nasi empal pengampon ini merupakan nasi putih biasa kemudian diberikan lauk berupa  lalapan, kering tempe, tumis kacang, daun kemangi, sambal dan empal suwir.

Dengan menyantap satu porsi nasi empal pengampon ini sudah cukup membuat Anda kenyang. Anda bisa menemukannya di kawasan Jalan pengampon II nomor 3 Surabaya. 9.Nasi Campur

9.Tambak Brayan Surabaya

Makanan khas Surabaya yang juga dikenal memiliki cita rasa yang enak dan lezat adalah nasi campur tambak brayan Surabaya.

Nasi ini biasanya disajikan pada pagi hari sebagai sarapan. Harganya juga ramah di kantong. Yakni hanya dijual dengan harga dibawah 10 ribu rupiah.

Nasi campur tambak brayan Surabaya ini merupakan nasi yang terdiri dari berbagai campuran lauk pauk. Seperti mie putih, telur, daging empal dan juga bawang goreng. Menarik bukan?

10.Nasi Cumi Khas Surabaya

Selain dikenal sebagai kota industri, Surabaya juga terkenal akan hasil lautnya. Wilayah jawa timur yang cukup banyak dikelilingi oleh laut ini menghasilkan hasil laut yang luar biasa.

Sehingga tidak mengherankan jika ada pula salah satu olahan yang berbahan dasar hasil tangkapan laut. Apalagi jika bukan nasi cumi khas Surabaya.

Nasi Cumi ini merupakan nasi dengan campuran serundeng kelapa, mie kuning, sambal pecit dan pastinya laut cumi tinta.rasa gurih nan lezat dari cumi berpadu dengan gurihnya taburan serundeng kelapa menjadikan nasi cumi khas Surabaya ini menjadi salah satu sajian istimewa nusantara.

11.Sego Sambel Surabaya

Sego sambel dalam arti Bahasa Indonesia adalah nasi dengan sambal. Sego sambel ini biasanya bisa ditemukan pada malam hari.

Dan cocok bagi Anda yang suka begadang hingga tengah malam. Penasaran? Jika Anda ingin mencoba, salah satu kedai sego sambel terkenal di Surabaya bisa mencoba di sego sambel Mbak yeye.

12.Nasi Goreng Jancuk

Setiap daerah di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan dengan makanan khas Indonesia yang menjadi salah satu makanan paling disukai di Asian Games kemarin.

Apalagi jika bukan nasi goreng. Nah di Surabaya sendiri terdapat sebuah nasi goreng yang disebut dengan nasi goreng jancuk.

Jancuk merupakan salah satu kata umpatan yang biasa digunakan di daerah Surabaya. Dinamakan nasi goreng jancuk karena memiliki sensasi pedas yang luar biasa.

Bagi Anda pecinta kuliner dengan rasa pedas, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini. Dijamin anda pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

13.Lontong Kupang Surabaya

Lontong kupang atau yang juga disebut juga dengan lontong balap. Lontong kupang ini dimasak dengan cara direbus bersama perasan jeruk nipis dan petis.

Makanan ini memiliki cita rasa yang cukup unik. Pada umumnya, lontong kupang ini akan disajikan dengan ditemani es kelapa muda dan sate kerang.

Salah satu kedai lontong kupang yang cukup terkenal berada di Jalan Darmo Indah no 8 Surabaya milik Mbok Siti.

14.Lontong Balap Surabaya

Lontong balap ini sebenarnya hampir sama dengan lontong kupang. sehingga tidak mengherankan jika ada yang menyebut lontong kupang dengan nama lontong balap. Lontong balap sendiri merupakan makanan khas Surabaya yang cukup banyak diminati.

Pasalnya, lontong balap memiliki cita rasa khas Indonesia yang menggoda. Selain itu, harganya juga terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Baik orang biasa maupun bangsawan.

15.Mie Akhirat

Mendengar nama dari makanan khas Surabaya yang satu ini terlihat cukup seram dan cukup membuat penasaran. Bagaimana tidak?

Olahan berbahan dasar mie ini diberi nama dengan nama mie akhirat.Ternyata usut punya usut mie akhirat yang satu ini memiliki warna mie putih dan hitam. Kedua warna tersebut memiliki filosofi sebagai gambaran surga dan neraka, baik dan buruk.

Yang kemudian terbesit ide untuk memberikan nama mie ini dengan nama mie akhirat. Ide dalam pembuatan mie ini ternyata cukup sukses.

Terbukti banyak pelanggan yang merasa penasaran dan kemudian tertantang untuk bisa mencobanya. Bahkan ada pula diskon istimewa bagi Anda yang sudah jomblo lama. Serta banyak keunikan lainnya.

16.Mie Pecun

Mie memang merupakan salah satu makanan yang cukup digemari baik anak-anak maupun orang dewasa.

Rasa mie yang mengenyangkan dan juga ringan membuatnya menjadi makanan yang dicintai karena tidak menimbulkan rasa eneg.

Salah satu makanan khas Surabaya dengan berbahan dasar olahan mie adalah Mie Pecun. Mie Pecun ini merupakan jenis mie goreng dengan berbagai cita rasa istimewa.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, bisa ditemukan di Jalan Siwalankerto di kawasan Universitas kristen Petra.

17.Bebek Mercon Surabaya

Makanan kuliner dengan cita rasa pedas beberapa tahun terakhir ini memang cukup banyak digandrungi. Terlebih para anak muda yang gemar makanan pedas untuk membakar semangat dan kegalauan di hati.

Salah satu masakan khas Surabaya yang cukup menggoda dengan cita rasanya yang super pedas adalah bebek mercon. Dengan bumbu istimewa dan disajikan dengan nasi putih hangat akan memberikan sensasi kelezatan istimewa.

18.Bebek Palupi

Tidak hanya bebek mercon, makanan khas Surabaya lainnya yang menggunakan bahan unggas ini adalah bebek palupi. Bebek ini memiliki rasa yang nikmat dan tentunya akan membuat Anda ketagihan.

Bebek palupi ini bisa ditemukan di jalan Raya Rungkut asri tengah no 10, Surabaya. Tenang saja, harga yang ditawarkan tidak akan membuat kantong jebol. Jadi tunggu apalagi? Segera dapatkan dan nikmati kelezatan bebek palupi khas Surabaya

19.Bebek Goreng Sinjay

Mencicipi masakan bebek goreng Sinjay ini tentunya akan memberikan pengalaman yang istimewa bagi Anda. Bebek goreng Sinjay ini hadir dari bangkalan Madura.

Dan memiliki cita rasa yang khas dengan seperti pedas, gurih, asam, manis. Apalagi dengan ditambahkan lalap mangga muda maka akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Salah satu kedai bebek goreng Sinjay yang cukup terkenal bisa ditemukan di Jalan Kapas Krampung No 45 Surabaya. Untuk harga. Anda tidak perlu khawatir karena dijual dengan harga yang murah.

20.Bebek tugu Pahlawan

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan sebutan Surabaya sebagai kota Pahlawan. Sebutan ini diberikan kepada Surabaya untuk mengenang peristiwa bersejarah arek-arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang kala itu dipimpin oleh Bung Tomo.

Tidak hanya itu, di kawasan tersebut juga dibangun tugu pahlawan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan.

Menariknya, di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya terdapat sebuah tempat makan  yang enak bebek goreng, sehingga banyak yang menyebutnya bebek goreng tugu pahlawan..

21.Rawon Kalkulator  Taman Bungkul

Salah satu makanan khas Surabaya adalah nasi rawon. Dengan kemajuan zaman, ada berbagai pilihan rawon dengan ide-ide kreatif.

Salah satunya adalah rawon kalkulator yang berada di Taman Bungkul Surabaya. Tidak hanya memiliki nama yang unik, makanan khas yang satu ini juga memiliki rasa yang asik.

Nasi rawon kalkulator ini terdiri dari nasi putih hangat dengan irisan kecil dan besar daging sapi dengan taburan bumbu rawon yang istimewa.

Awalnya, kedai rawon kalkulator ini hanya buka pada sore hari hingga malam hari saja. Namun karena banyaknya permintaan akhirnya tempat makan ini dibuka sepanjang hari.

Jadi, Anda bisa menikmatinya kapan saja sesuai Anda inginkan. Menarik bukan? Soal harga, tentunya bukan sebuah masalah bagi Anda.

Nasi Rawon ini dijual di pedagang kaki lima dan tentunya memiliki harga yang bersahabat dengan kantong anda. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan sekarang juga sebelum kehabisan!

22.Rawon Setan Khas Surabaya

Selain rawon Kalkulator juga ada Rawon setan Khas Surabaya Lho. Olahan nasi rawon kali ini memiliki sensasi pedas yang lebih. Sehingga sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas.

Makanan dengan rasa pedas ternyata dapat membantu Anda menetralkan kegalauan lho. Tidak percaya? Silahkan Anda coba untuk mencicipi Rawon setan yang satu ini. Dijamin semua kegalauan Anda akan hilang.

Cita rasa dengan bumbu kluwek yang khas ditambah dengan sensasi pedas tentunya akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi Anda.

Sehingga masalah-masalah yang Anda hadapi pun akan segera  cair dan bisa diselesaikan dengan baik. Tekstur dagingnya yang empuk semakin menambah kelezatan dalam menikmati rawon setan ini.

23.Es Krim Zangrandi

Bagi anda pecinta makanan manis, ada pula makanan khas Surabaya yang sudah melegenda dan banyak dicari. Ya, es krim Zangrandi. Kedai es krim ini sudah dibuka sejak tahun 1933.

Sudah cukup legend bukan? Es krim dengan gaya khas Eropa ini menjadi salah satu primadona es krim yang paling dicari di Surabaya.

Rasnaya yang enak dan nikmat menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tampilannya juga sangat instagramable. sehingga cocok untuk konten Anda di Instagram.

Tidak hanya itu, es krim ini juga memiliki banyak varian rasa. Baik susu maupun buah. Soal harga Anda tidak usah khawatir, tentunya harganya sangat terjangkau.

Nikmati manisnya rasa es krim Zangrandi bersama seluruh anggota keluarga agar hidup lebih manis.anda,Kohu-kohu,Nasi Lapola,Sambal Colo-colo,Lapis Palaro,Woku Komo-komo

Itu dia daftar makanan Khas dari Surabaya yang bisa anda jadikan referensi pada saat anda berkunjung di kota Surabaya. Melihat daftar makanan yang ada tentu terdapat banyak perbedaan yang mencolok antara makanan khas Surabaya dengan makanan khas daerah lainnya.

Seperti contohnya makanan khas bali,makanan khas padang,makanan khas sunda,makanan khas maluku dan masih banyak lainnya. Demikian yang bisa saya sharing kepada anda semoga bisa bermanfaat dan anda bisa mencicipi dari semua daftar masakan yang saya sharing diatas.