Tentang Manfaat Minyak Kelapa

Salah satu produk pangan yang banyak dihasilkan oleh kelapa adalah minyak kelapa. Dan minyak kelapa yang dihasilkan secara tradisional ini juga dikenal sebagai minyak kelentik.

Banyak mutu dari minyak kelentik ini yang dinilai terhadap cita rasa yang unik yang dihasilkan oleh daerah penghasil.

Minyak kelapa ini termasuk minyak nabati yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia. Minyak kelapa adalah minyak masak yang sehat, minyak kelapa juga digunakan sebagai bahan baku untuk membuat sabun, kosmetik, minyak rambut, dan obat-obatan.

Kandungan Minyak Kelapa

Nah, perlu kita ketahui, beberapa tahun silam, santan dan minyak kelapa telah mendapat penilaian negatif dari konsumen dan para ahli penyakit jantung, karena tingginya kandungan asam lemak jenuh.

Asam lemak jenuh sudah lama dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya atherosklerosis (penebalan dan penyempitan pembuluh darah arteri). Di samping itu, lemak jenuh dapat menyebabkan darah lengket pada dinding saluran darah dan mudah menggumpal.

Minyak kelapa juga dianggap dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Minyak Kelapa adalah Minyak Sehat

Dari hasil beberapa penelitian mutakhir. Justru sebaliknya, ada banyak kelompok masyarakat yang tingkat konsumsi santan atau kelapanya tinggi malahan yang memiliki kadar kolesterol dalam serum darah yang rendah dan rendah pula terhadap penyakit atherosklerosis.

Meskipun demikian, dari masyarakat sendiri masih terjadi kontroversi yang kuat terhadap konsumsi santan kelapa. Nah, ini nih yang perlu kita ketahui, meskipun minyak kelapa kaya akan lemak jenuh, tetapi ternyata sebagian besar terdiri atas gliserida dengan rantai medium atau disebut dengan MCT (Medium Chain Triglycerides) yang memiliki sifat metabloisme sangat berbeda dari yang berantai panjang.

MCT sangat mudah dicerna, diserap, dan ditransportasi. Dengan demikian, MCT mampu bertindak sebagai cadangan eneri yang cepat yang dapat digunakan bila diperlukan tubuh.

Beberapa pakar juga berpendapat bahwa tingkat konsumsi santan dan minyak kelapa secara tradisional kini dilakukan oleh masyarakat Indonesia masih dianggap aman, asalkan tetap berhati-hati dalam pemilihan makanan yang tinggi kolesterol dan lemaknya.

Nggak cuma itu aja, minyak kelapa juga merupakan salah satu dari beberapa jenis pangan yang dapat digolongkan sebagai super foods. Minyak kelapa memiliki komposisi kimia dengan kombinasi yang unik loh, khususnya dalam kandungan asam-asam lemaknya.

Ternyata komposisi seperti itu dapat merupakan pengaruh positif terhadap kesehatan manusia, terutama karena tubuh dapat mengalami kehilangan lemak. Di samping itu, minyak kelapa terbukti mampu memperbaiki fungsi otak dengan lebih baik. Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya Ini Dia Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan.

Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Jika Anda ingin membuat minyak kelapa sendiri dengan mudah, terdapat macam-macam cara membuat minyak kelapa secara tradisional yang bisa Anda lakukan di rumah.

Ini bisa dilakukan jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang tinggi, dan juga bisa sebagai percobaan.

Namun, jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan mesin-mesin seperti Mesin Pengupas Sabut Kelapa, Mesin Parut Press Santan Kelapa, Mesin Pemeras Santan Kelapa Model Ulir, Mesin Minyak Kelapa Suplai Pabrik, dan lain sebagainya.

 

Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa yang Alami dan Sehat

Untuk lebih menguatkan peran penting minyak kelapa, perlu kami sampaikan keuntungan yang menakjubkan dari minyak kelapa tersebut, dan akan kita bahas berikut ini.

5 Peran Positif Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Manusia

1. Memiliki Daya Pengobatan yang Menakjubkan

Minyak kelapa mengandung kombinasi susunan asam lemak dengan daya mengobati yang menakjubkan. Tapi sayangnya, di masa lalu minyak kelapa ditolak, direndahkan, dan bahkan diacuhkan karena kandungan asam lemak jenuhnya yang tinggi.

Kenyataannya, minyak kelapa ternyata merupakan sumber lemak jenuh terkaya yang diketahui manusia pada saat ini, yang hampir 90%-nya berupa asam lemak yang jenuh. Namun demikian, data-data mutakhir dari para peneliti menunjukkan bahwa asam lemak jenuh tidak akan mengganggu kesehatan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan secara masif, telah berhasil membuktikan bahwa mitos lama bahwa minyak kelapa sebagai penyebab keseluruhan penyumbatan arteri hanyalah sekedar ilusi, suatu mitos belaka.

Di samping itu, asam lemak yang menyusun minyak kelapa merupakan MCT, seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu jenis asam lemak dengan panjang rantai medium. Sebagian besar dari asam lemak yang dikonsumsi dalam menu makanan sehari-hari merupakan asam lemak berantai panjang.

Perlu kita ketahui, bedanya bahwa asam lemak berantai medium ternyata MUDAH dimetabolisir secara berbeda di dalam tubuh manusia.

Asam-asam lemak MCT diproses dari usus saluran pencernaan langsung menuju ke hati, sehingga dengan cepat dapat digunakan sebagai sumber energi yang memiliki efek terapeutik terhadap otak, khususnya otak yang sedang bermasalah seperti pada penderita epilepsi dan alzheimer.

2. Pengkonsumsi Minyak Kelapa Paling Sehat di Dunia

Faktanya, populasi masyarakat yang banyak mengonsumsi minyak kelapa tergolong masyarakat yang paling sehat di dunia. Khususnya bagi masyarakat Barat, kelapa dianggap sebagai jenis pangan eksotik loh, sebagian besar dikonsumsi oleh masyarakat yang telah sangat sadar terhadap kesehatannya.

Namun demikian, di negara berkembang yang berada di kawasan tropis, contohnya di negara kita, Indonesia. Kelapa adalah bahan pokok yang diidamkan oleh banyak generasi. Praktis tidak ada hari tanpa kelapa dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Salah satu contohnya adalah masyarakat yang hidup di kawasan Pasifik Selatan. Mereka mengonsumsi 60% dari seluruh kalorinya berasa dari kelapa dan merupakan konsumen lemak jenuh terbesar di dunia. Tapi, justru sebagian besar masyarakat di sana memiliki kesehatan yang prima, praktis jarang sekali atau tanpa ada tanda-tanda munculnya penyakit jantung.

 

Manfaat minyak kelapa

3. Minyak Kelapa Mampu Meningkatkan Expenditure Energy, yang Berarti Membantu Membakar Lebih Banyak Lemak.

Saat ini, obesitas merupakan salah satu masalah terbesar di dunia. Bahkan Asosiasi Kedokteran Amerika mengelompokkan overweight dan obesitas sebagai jenis penyakit. Di saat masyarakat mengira bahwa obesitas hanya sekedar masalah terlalu banyak asupan kalori saja, justru para pakar gizi dan pangan percaya bahwa sumber dari kalori yang dikonsumsi sangat signifikan pengaruhnya terhadap metabolisme lemak. Karena pada dasarnya, setiap pangan yang berbeda memiliki pengaruh yang berbeda pula terhadap tubuh kita, baik terhadap hormon maupun metabolismenya.

MCT dalam minyak kelapa mampu meningkatkan energy expenditure dibanding dengan jumlah kalori yang sama dari lemak rantai panjang. Salah satu hasil penelitian mengenai hal itu telah berhasil menyimpulkan bahwa bila kita mengonsumsi 15-30 gram MCT per hari, maka akan meningkatkan energy expenditure selama 24 jam sebanyak 5% atau sama dengan 120 kalori per hari.

4. Asam Lemak Laurat yang Terdapat dalam Minyak Kelapa dapat Membunuh Bakteri, Virus, dan Kapang

Hampir 50% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak laurat. Bila minyak kelapa dicerna secara enzimatis, akan menghasilkan monoglycerida yang disebut monolaurin. Peningkatan asam lemak laurat maupun monolaurin dapat membantu membunuh bakteri patogen, virus, maupun kapang patogen.

Minyak kelapa merupakan salah satu dari 5 sayur yang meningkatkan metabolisme dan menghancurkan lemak yang berada di bagian dalam atau bawah perut. Karena kelapa merupakan sayuran/bahan nabati yang dapat mengusir lemak di perut.

5. Dapat Mengurangi Timbulnya Rasa Lapar.

Minyak kelapa dapat membunuh rasa lapar sehingga kita akan makan lebih sedikit tanpa kita menyadarinya. Nah, ini berguna sekali bagi kita yang hobinya makan sampai tidak terkontrol.

Hal itu kemungkinan besar erat hubungannya dengan cara bagaimana asam lemak di dalam tubuh dimetabolisir, karena itu dapat berpengaruh dalam mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi banyak MCT memakan 256 kalori lebih sedikit per hari secara rata-rata. Penelitian lain menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi MCT terbanyak pada saat sarapan akan makan kalori lebih sedikit pada saat makan siang.

Pada kesimpulannya, minyak kelapa merupakan minyak nabati yang memiliki sifat yang sangat unik, baik dipandang dari segi teknologi pangan maupun pengembangan formula gizi. Hal itu merupakan peluang baru yang sangat potensial untuk dimanfaatkan aplikasinya dalam industri pangan secara luas.

Demikian sekilas informasi mengenai 5 Peran Positif Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Manusia. Semoga ini bisa menjadi referensi dan tambahan pengetahuan bagi Anda yang ingin mengonsumsi minyak kelapa. Selain itu, Anda juga bisa membuat minyak kelapa sendiri dengan mudah, karena pada dasarnya, hampir semua yang berasal dari alam memiliki segudang manfaat yang perlu kita ketahui. Terima kasih

WhatsApp chat