Membuat Keripik buah Salak

Mengenal Salak Pondoh Jogja

Anda tahu ya Yogyakarta? Pasti lah.. kota dengan seribu julukan. Kota Pelajar, kota budaya, kota wisata, kota kreatif dan lain sebagainya. Kota ini menghadirkan sejuta romantismenya, dengan keunikan alam, budaya dan tentu kulinernya.

Dan jika anda wisata ke Yogyakara, makanan khas Jogja “Gudeg” tentu jarang terlewatkan, baik disantap sambil istirahat, atau juga bisa untuk oleh-oleh.

Ada satu lagi kekhasan dari Yogya adalah buah salak pondoh. Yap.. salak pondoh ini sudah jadi trademark Yogyakarta yang sangat melekat. Rasanya yang enak dan manis, membuat salak pondoh ini menjadi oleh-oleh utama selain gudeg.

Tetapi karena kekreatifan petani dan penduduk lokal, saat ini salak pondoh mampu dirubah menjadi sebuah keripik salak yang gurih, enak dan rasanya hampir mirip aslinya, dan hebatnya sekarang menjadi oleh-oleh yang utama di toko oleh-oleh.

Keripik Buah Salak

Kita kembali ke keripik salak.

Betul bahwa keripik buah salak ini mungkin bagi anda makanan itu jarang terdengar, dan tahukah anda jika sekarang faktanya keripik buah salak sangat populer di masyarakat sekarang ini, khususnya keripik buah salak pondoh Jogja.

Kelebihan dari keripik buah salak ini sangat enak, manis, gurih dan yang penting rasanya hampir mirip dengan salak saat segarnya.

Pohon buah salak hampir merata bisa tumbuh di wilayah Indonesia. Khususnya di daerah lereng-lereng pegunungan. Tanaman ini tumbuh subur dan sangat baik. Buah salak ini memiliki ciri khas warna kulit yang coklat dan hampir menyerupai sisik ular. Namun demikian, buah salak ini sangat banyak digemari oleh semua orang.

Populernya buah salak, sekarang diimbangi juga dengan keripik buah  salak. Dan tentunya sangat menarik, jika dilihat dari segi bisnis. Mau tahu Soal Bisnis Keripik buah, Silahkan bisa baca beberapa Alasan kenapa harus Bisnis Keripik Buah.

Cara Membuat Keripik Buah Salak

Ketika anda bisa membuat keripik buah dan berhasil. Baik dari segi rasa, kemasan atau bahkan dari analisa ekonominya, tentu akan berpikir untuk melanjutkan usaha keripik buah ini bukan?

Nah Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak, bagaimana memulai keripik buah, ada Panduan bagus, bagaimana memulai bisnis keripik buah. Silahkan bisa dibaca sebagai referensi positif anda.

Kemudian bagi anda yang tertarik untuk mulai mencoba membuat keripik buah salak, ada baiknya tahu secara matang, bagaimana membuat keripik buah salaknya.

Dan berikut kami sampaikan beberapa cara dan resepnya.

 

Langkah Pendahuluan

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai membuat keripik buah. Antara lain persiapan bahan-bahannya.

Bahan :

  • 10 kg buah salak yang sudah matang
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • 2 liter air bersih
  • 2 sendok makan garam halus
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

 

Langkah selanjutnya adalah cara pembuatan keripik buah salak.

Cara Proses Membuat Keripik buah Salak :

  1. Kupas kulit salak kemudian salak dipisahkan daging dan bijinya
  2. Setelah itu salak dibelah menjadi dua bagian
  3. Rendam buah salak yang sudah dibelah dua kedalam air yang sudah dicampur dengan air kapur sirih
  4. Biarkan salak direndam kira-kira selama 5-6 jam
  5. Kemudian salak dicuci dengan air sampai benar-benar bersih, keringkan
  6. Goreng salak dalam mesin penggoreng hampa udara atau yang lebih dikenal dengan nama Mesin Vacuum Frying yang sudah diisi minyak
  7. Tunggu sampai keripik salak matang dan kadar airnya sudah dihisap semua oleh mesin vacum fryer, angkat tiriskan
  8. Keripik salak siap untuk dinikmati.

 

Bagaimana mudah kan cara membuat keripik salak? Catatan bahwa cara tadi adalah salah satu proses yang bisa jadi berlainan dengan resep lainnya. Dan itu wajar dan menarik.

Berikut kami tampilkan video testimoni dari pemakaian mesin vacuum frying. Mesin yang sangat efektif untuk memasak keripik buah.

 

Selain salak pondoh jogja yang sudah populer manis dan gurihnya, ternyata nyaris seluruhnya tipe salak yang ada di Indonesia bisa di proses jadi kripik buah.

Menariknya, dengan membuatnya menjadi keripik buah salak, ternyata menaikkan grade salak, seperti salak bali yang kecut, dengan dibuat keripik buah salak, pastinya kecut hilang, bahkan jadi tambah kriuk-kriuk enak.

Keutamaan buah salak akan meningkat, jika salak yang dihasilkan dari kebun salak yang dikemas dalam konsep organik.

Banyak keunggulan dari salak yang organik, antara lain aman dikonsumsi tanpa ada residu pestisida serta pupuk kimia sintetik, higienis, lebih manis, serta memiliki rasa alami.

Selain itu salak tipe ini dapat lebih tahan lama, tak gampang busuk, kulit lebih gampang dikupas, serta memiliki ukuran buah yang relatif semakin besar. Dan jika dikembangkan menjadi keripik buah, yakin akan menambah nilai jual keripik buah salak yang sehat dan mengenakkan, bukan?

 

Peluang Usaha Keripik Buah Lainnya.

Selain keripik buah salak, ada jenis keripik buah yang sudah lama populer, yaitu keripik buah apel, atau keripik buah nangka.

Dan anda tidak perlu khawatir, jika tertarik dengan keripik buah apel atau nangka bisa baca juga Teknik dan Cara Membuat Keripik buah Apel, dan Resep Istimewa cara membuat Keripik Buah Nangka.

Atau mau tahu aneka macam keripik buah, Silahkan bisa 14 Macam Aneka Keripik Buah Populer di Indonesia

Sekian cara membuat keripik buah salak sendiri. selamat mencoba