Pandemi covid-19 semakin meluas dari hari ke hari. Jumlah penambahan pasien postif covid-19 juga tak kunjung turun. Meskipun demikian, untuk memastikan operasional perusahaan berjalan dengan baik, Rumah Mesin berusaha semaksimal mungkin tetap memberikan pelayanan secara normal. Baik dalam hal layanan pesan customer, produksi, maupun pengiriman barang.

Ketiga kegiatan tersebut masih berjalan dengan normal dengan beberapa catatan.  Pertama, di bagian pelayanan atau customer service diberlakukan sistem work from home (WFH). Jadi beberapa staff customer service ada yang bekerja dari rumah dan sebagian piket di perusahaan. Untuk yang bekerja dari rumah berfokus pada optimalisasi pelayanan chat WhatsApp dan email yang masuk. Sementara untuk yang piket bertugas melayani tamu yang datang atau terkait pengiriman mesin.

Customer Service Rumah Mesin

Kedua, untuk bagian produksi juga masih aktif dari hari Senin hingga Jum’at. Untuk meminimalisir penyebaran covid-19 di bagian produksi, perusahaan memberlakukan pembagian jadwal masuk kerja menjadi 2 bagian agar ada jarak aman antar karyawan di ruang produksi. Setengah dari staff produksi masuk menjadi 2 jadwal yakni hari Senin sampai Rabu dan hari Rabu sampai Jum’at.

Aktivitas Produksi

Terakhir, untuk pengiriman mesin juga tetap dilakukan secara normal. Pengiriman mesin dilakukan dengan menggunakan beberapa jasa ekspedisi untuk area luar DIY. Sementara untuk pengiriman mesin di area Yogyakarta diantar langsung atau bagi customer yang ingin mengambil mesinnya langsung di workshop juga diperkenankan dengan syarat waktu pengambilan disesuaikan dengan waktu yang telah disepakati dalam surat penawaran.

Pengiriman Mesin

Karena ketiga aktivitas perusahaan masih berjalan dengan normal, semaksimal mungkin Rumah Mesin ikut berpartisipasi dalam pencegahan penularan covid -19 ini dengan berbagai cara. Beberapa cara diantaranya yaitu dengan menambah fasilitas-fasilitas penunjang seperti sabun cuci tangan, multivitamin, dan hand sanitize.

Sabun cuci tangan tersebut diletakkan di tempat-tempat yang ada aliran air di masing-masing bagian. Begitu juga dengan hand sanitizier. Hand sanitizer ini juga diberikan di semua bagian terutama untuk bagian customer service yang sering kedatangan tamu dari luar. Sementara untuk multivitamin diberikan kepada masing-masing staff setiap 3 hari sekali.