Rumah Mesin mengirimkan 8 teknisinya ke Halmahera Barat pada pertengahan sampai dengan akhir Maret 2019 lalu. Adapun tujuan pengiriman teknisi ke Halmahera tersebut adalah  untuk penataan alur dan uji coba mesin. Selain itu juga untuk memastikan mesin yang dikirimkan dapat dioperasikan dengan baik.

Mesin-mesin yang akan dicek antara lain 10 set mesin gula semut, 10 set mesin batok kelapa, 10 set mesin minyak kelapa, 10 set mesin sabut kelapa dan 10 set mesin cocopeat. Satu set mesin gula yang terdiri dari mesin kristalisator, oven, penepung, dan pengayak tersebut nantinya dapat digunakan untuk memproduksi gula semut dari nira atau air kelapa. Sementara mesin batok kelapa akan menghasilkan berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai.

Mesin Pengayak dan Pengurai Sabut Kelapa

Mesin yang akan ditata dan diuji coba adalah mesin-mesin pengolahan kelapa untuk berbagai macam komoditi.  Adapun mesin tersebut antara lain 10 set mesin gula semut, 10 set mesin batok kelapa, 10 set mesin minyak kelapa, 10 set mesin sabut kelapa dan 10 set mesin cocopeat.

Untuk alur kinerja yang pertama adalah proses penataan yang dimulai dari bongkar packing dilanjutkan dengan penempatan alur serta cek kondisi. Kemudian proses yang kedua yaitu pengisian bahan bakar yang dilanjutkan dengan uji coba fungsi semua mesin beserta penambahan lainnya.

Proses Bongkar Packing

Mesin minyak kelapa sendiri, yang terdiri dari mesin cungkil, mesin parut, mesin press santan, mesin pemasak santan akan menghasilkan komoditas minyak kelapa. Dua mesin lainnya yaitu mesin sabut kelapa dan mesin cocopeat akan menghasilkan barang yang berbeda pula. Satu set mesin sabut kelapa dapat menghasilkan berbagai macam barang seperti tali tambang, kasur berbahan sabut kelapa, jok mobil, sandal, keset, dan berbagai bahan kerajinan lainnya. Dan mesin cocopeat akan menghasilkan media tanam yang baik utnuk tanaman sebagai pengganti tanah.

Untuk alur kinerja yang pertama adalah proses penataan yang dimulai dari bongkar packing dilanjutkan dengan penempatan alur serta cek kondisi. Kemudian proses yang kedua yaitu pengisian bahan bakar yang dilanjutkan dengan uji coba fungsi semua mesin beserta penambahan lainnya.

Uji coba dan kunjungan pemerintah dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019. Bupati Halmahera Barat, Danny Missy dan beberapa pejabat setempat lainnya turut hadir dalam acara tersebut.

Peresmian dan Uji Coba Mesin dihadiri Bupati Halmahera Barat

“Alhamdulillah hari ini kedatangan Bupati dan beberapa dinas lainnya. Beliau tadi sudah mengecek gedung produksi minyak VCO, sabut kelapa, gula semut, dan sudah diujicobakan mesin pengayak sabut kelapa”, jelas Rasyid Buamona Kepala Bidang Perindustrian.

Selama 16 hari di Jailolo, Halmahera Barat acara penataan dan ujicoba mesin berjalan dengan baik.

“Dan alhamdulillah hari ini apa yang kita rencanakan berjalan dengan aman sesuai yang kita harapkan. Terima kasih untuk rumah mesin yang telah membantu berjalannya acara kita ini. Harapannya Rumah Mesin dapat memberikan pelatihan kepada UKM kami terkait pembuatan minyak VCO dan lainnya sesuai dengan  peralatan yang sudah tersedia”, tutur Rasyid Buamona Kepala Bidang Perindustrian.