Cara Memulai dan Peluang Usaha Keripik Singkong Enak dan Renyah

Peluang Usaha Keripik Singkong

Zaman sekarang ini banyak orang harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan demi bertahan hidup di tengah pandemi. Namun kebanyakan memilih untuk membuka usaha sendiri dari pada mencari pekerjaan di perusahaan lain. Salah satu usaha yang layak kamu coba dan jalankan saat ini adalah usaha keripik singkong.  Kok usaha keripik singkong, sih? Mari, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Peluang Usaha Keripik Singkong Yang Menjanjikan

Keripik singkong merupakan makanan ringan yang familiar di masyarakat sekitar. Dari mulai kalangan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai jajanan keripik singkong. Dengan banyak pilihan, rasa gurih, manis atau bahkan pedas memang cocok untuk menemani waktu luang kamu dengan keluarga saat bersantai di rumah.

Terlebih saat pandemi dan banyak melakukan aktivitas di rumah saja, pasti keinginan ngemil pun meningkat. Momen inilah yang bisa menjadi alasan mengapa anda harus membuka usaha makanan ringan, yaitu cemilan keripik singkong.

1. Tentukan Konsep Bisnis 

Tentukan Konsep Bisnis 

Tips pertama adalah menentukan tujuan dalam mengawali usaha keripik singkong anda. Keripik singkong yang kamu buat harus beraneka. Sebelumnya, anda juga harus melakukan tes ke pasar untuk menyurvei/mengetahui selera masyarakat sekitar.

Usaha keripik singkong termasuk usaha yang penuh kompetitor/saingan. Oleh karena itu, amda harus mempersiapkan usaha dengan matang, termasuk rasa yang berbeda dari lainnya.

2. Memperkaya Info Tentang Jenis Singkong

Memperkaya Info Tentang Jenis Singkong

Tips kedua adalah memperbanyak informasi tentang singkong. Karena singkong memiliki jenis yang beragam, maka kamu perlu melakukan observasi manakah jenis yang pas untuk olahan keripik.

Ada beberapa singkong memiliki tekstur yang kurang cocok dan yang cocok untuk olahan keripik. Di samping itu, anda juga harus mengetahui supplier yang dapat memberikan singkong dengan kualitas baik.

3. Menyiapkan Kemasan Produk

Menyiapkan Kemasan Produk

Tips ketiga adalah mempersiapkan kemasan. Tidak hanya pada manusia, makanan pun akan mendapat nilai plus jika kemasannya bagus dan menarik. Sebelum membeli biasanya konsumen akan melihat kemasannya sebelum menyicipi makanan tersebut.

Apabila kamu mengemas keripik singkong sekadarnya, maka kemungkinan besar konsumen pun tidak melirik/tertarik. Apalagi kamu mengabaikan ketahanan isi keripik di dalam kemasan. Sudah pasti orang tidak akan membeli untuk kali kedua.

Jadi kemasan tidak hanya menarik konsumen, namun juga harus mampu membuat keripik tetap renyah dan tahan lama.

4. Menyiapkan Modal

Menyiapkan Modal

Tips keempat yakni menyiapkan modal usaha. Meskipun harga bahan baku singkong rata rata murah, namun anda tetap harus memperhitungkan biaya operasional dll.

Siapkan modal usaha sesuai dengan konsep yang anda inginkan. Lalu bagi modal tersebut menjadi 2, sebagai investasi dan produksi.

Gunakan modal investasi untuk membeli alat masak, mesin pengemasan dan perlengkapan lainnya. Sedangkan modal produksi  untuk membeli bahan baku habis pakai, seperti singkong, gas elpiji dan lain sebagainya.

5. Mengutamakan Rasa

Tips kelima adalah mengutamakan rasa. Berbisnis di bidang kuliner memang harus mengutamakan rasa agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat. Begitu juga dengan usaha keripik singkong, di mana rasa menjadi syarat utama untuk memulai persaingan yag ketat.

Kemasan yang menarik, harga murah tapi rasa tidak enak juga akan mengecewakan para konsumen. Maka dari itu, anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memasarkan produk.

6. Membuat Marketing Plan

Tips keenam yakni membuat marketing plan sebelum mulai memasarkannya. Berikut ini contoh pemasaran yang bisa kamu coba, antara lain:

  • Dengan Metode konsinyasi

Metode ini merupakan salah satu cara memasarkan produk jajanan ringa yang cukup familiar. Kamu hanya perlu menitipkan produk olahan anda di toko-toko atau warung-warung terdekat.

Beri toko/warung tersebut dengan komisi atau uang tip yang besar, agar mereka semangat dan mau untuk memasarkan produk anda.

  • Memasarkan Melalui Sosial Media

Memasarkan produk melalui sosial media merupakan cara pemasaran yang mudah dan efisien. Anda hanya perlu memamerkan  foto produk dan membaginya di status WA, story IG dan Olshop yang yanda buat.

Dan jangan lupa untuk memberi deskripsikan produk, termasuk cara pemesanan. Sehingga konsumen dapat menghubungi anda dengan mudah.

  • Menggunakan Endorsement

Memanfaatkan ketenaran seseorang untuk memasarkan suatu produk sudah tidak asing lagi belakangan ini. Anda bisa mengiklankan produk dengan batuan public figure atau selebgram dengan jumlah follower yang banyak.

Pertimbangannya tentu saja agar produk keripik singkong lebih mudah dikenal dan lebih menarik minat konsumen untuk membelinya.

7. Gigih Melakukan Promo

Setelah membuat marketing plan, anda juga harus mulai menjual keripik secara langsung ke masyarakat. Termasuk menggunakan reseller atau agen.

Pastikan kamu melakukan pemasaran secara masif dan proaktif.

8. Mencari Partner Usaha

Tips selanjutnya yakni mencari partner/teman kerja usaha yang tepat. Anda bisa mengajak teman atau pasangan untuk memulai usaha keripik singkong.

Dengan memiliki partner usaha, pembagian peran dan tugas menjadi lebih mudah dan tidak menyita banyak waktu. Meskipun mempunyai partner usaha rawan terjadi gesekan antara satu sama lain. Akan tetapi kehadiran seorang partner cukup mempermudah pekerjaan, terutama jika terjadi hambatan di tengah jalan.

9. Membuat Varian-

Tips kesembilan adalah membuat keripik singkong aneka rasa. anda juga bisa menambahkan varian rasa yang beda dari lainnya.

Jika umumnya, keripik singkong mempunyai varian rasa original, manis dan balado saja, maka anda bisa menambah varian rasa keju, BBQ atau lainnya. Seperti berikut:

Keripik Singkong Original, Keripik Singkong Pedas, Keripik Singkong Manis

10. Cari teman Usaha

Mencari teman bisnis adalah hal yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha, seorang teman atau saudara bisa menjadi orang yang paling cocok untuk Anda pilih. Teman biasanya memiliki peran yang sangat penting, mulai dari mempermudah pekerjaan, memberi solusi, tambahan modal, dan lain-lain.

Usahakan pilihlah Teman yang memang sudah Anda percayai sejak dahulu, sehingga usaha keripik singkong yang dimulai bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada yang namanya konflik ataupun kegagalan usaha yang bisa saja terjadi.

11. Cari Distributor Singkong Paling Bagus

Bahan dasar keripik singkong pastinya harus terbuat dari singkong berkualitas yang terbaik, disini Anda bisa mulai mencari pasar atau distributor singkong yang kualitasnya baik. Selain berpengaruh dari cita rasa, distributor juga sangat penting untuk keberlangsungan produksi yang anda lakukan.

Jangan sampai Anda memilih distributor yang salah/tidak berkualitas, dimana selain singkong yang jelek bisa juga ditributor tidak mempunyai stok ketika Anda membutuhkan. Anda harus sebisa mungkin mencari distributor yang siap mengirim singkong kapanpun Anda membutuhkannya.

Sejak zaman dulu, singkong menjadi pilihan masyrakat indonesia sebagai makanan sampingan pengganti nasi. Singkong dapat hidup dengan mudah dan juga mudah berbuah menjadi andalan masyarakat indonesia. Sekarang singkong dapat di olah menjadi jajanan ringan unik dengan berbagai macam bentuk dan rasa yang unik.

Singkong menjadi bahan baku makanan yang dapat diolah menjadi aneka jenis olahan masakan. Yakni olahan dari bahan singkong menjadi keripik, olahan dari singkong ini sangat banyak sekali mulai dari getuk singkong, cenil, singkong keju, keripik singkong dan banyak lainya. Rasa olahan dari bahan singkong memiliki rasa yang beragam dan bermacam macam. Salah satu olahan singkong yang paling diminati yakni keripik singkong. Ya, menu camilan keripik dari bahan singkong menjadi favorit banyak masyarakat indonesia. Apalagi jika keripik singkong diberi macam rasa seperti asin, manis, pedas dan keju.

Semakin banyak saja yang meminati keripik singkong ini. Rasa keripik singkong yang gurih akan semakin lezat dengan tambahan bumbu pedas, manis dan asin dari bumbu. Saat ini keripik singkong ini sudah sangat popuper di banyak kalangan, dengan kepopulerannya ini membuat peluang usaha keripik singkong patut dicoba. Usaha keripik singkong pedas sangat mudah dan sederhana.

Info Usaha Keripik Singkong

Camilan dengan rasa gurih dan pedas paling banyak diminati, terutama keripik singkong. Hal ini membuat kesempatan bagi para calon pelaku usaha untuk mencoba memenuhi permintaan konsumen akan keripik singkong. Pembuatan atau cara memulai usaha keripik singkong sama halnya dengan menjalankan usaha keripik pada umumnya. Bahan dan cara pembuatan keripik singkong mudah dan siapa pun bisa belajar mengolah singkong menjadi produk keripik berkualitas. Memulai usaha keripik singkong  tidak memerlukan biaya besar, dengan modal dan tekat yang kuat pasti usaha keripik singkong pedas bisa dijalankan.

Target Pasar

Usaha keripik singkong pedas ini mudah dijalankan karena target pasar yang meluas dengan banyaknya orang yang mencoba busaha ini. Dengan banyaknya target pasar pada usaha keripik singkong ini maka bisa menjadi salah satu cara untuk bisa memulai usaha tanpa kendala. Dari remaja sampai orang tua bisa dijadikan target pasar usaha ini. Apalagi bagi para konsumen yang doyan makan pedas pasti tidak akan mau ketinggalan mencoba keripik singkong.

Bahan Baku Usaha Keripik Singkong

Ketika anda membuka usaha keripik singkong bahan yang dibutuhkan ini misalnya singkong, minyak goreng, bumbu rasa dan bumbu tambahan lainnya. Supaya produk diminati maka sebaiknya maka sediakan bahan yang fresh dan layak dikonsumsi. Buatlah resep untuk balutan keripik singkong sesuaikan takarannya dengan resep yang telah dibuat tersebut.

Peralatan Usaha Keripik-

Alat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha keripik singkong ialah wajan, mesin perajang singkong, kompor dan gas, mesin penghalus bumbu, mesin pengemas, spatula, dan peralatan pendukung lainnya. Siapkan peralatan ini secara lengkap untuk memudahkan produksi pembuatan keripik.

Pengemasan Produk

Pengemasan produk bisa dilakukan dengan membuat label pada plastik kemasan yang menarik, pastikan untuk menggunakan plastik yang tebal. Buat label menarik dan unik, supaya mudah diingat dan menarik perhatian konsumen. Cantumkan nomor bpom dalam kemasan supaya produk lebih terpercaya, tambahi dengan kode tanggal kadaluarsa hingga para konsumen tahu kapan masa kadaluarsa dari produk yang dijual.

Promosi Produk

Proses promosi dapat dilakukan dengan cara menawarkan produk kepada tetangga, sanak saudara, teman atau melalui online menggunakan Story WA maupun Story IG dan sebagainya. Untuk meluaskan jaringan konsumen maka promosikan lewat media social. Hal ini supaya produk bisa dikenal cepat banyak orang dari berbagai daerah, golongan dan kalangan .

Strategi Usaha Keripik

Supaya keripik singkong anda menarik konsumen maka buatlah keripik singkong rasa pedas dengan membuat beberapa level yang disesuaikan dengan tingkat kepedasan misalnya level 1-10. Jadi para pelanggan anda bisa memilih dengan mudah keripik singkong pedas dengan level yang mereka inginkan. Buat produk secara menarik dan unik. Berikan kelebihan kualitas rasa dan kemasan produk, jadi para konsumen pun akan mengetahui jenis keripik singkong pedas yang berkualitas dipasaran.

Analisa Perhitungan Omset Usaha Keripik

Menghitung omset atau keuntungan dari penjualan keripik singkong cukup mudah. Pertama-tama hitung perkiraan modal yang akan anda gunakan.

Semisalnya untuk modal membeli peralatan dan perlengkapan Rp3.000.000, sedang modal untuk produksi sebesar Rp2.500.000.

Saat menjalankan usaha keripik singkong tentu akan membutuhkan peralatan usaha. Salah satu peralatan usaha yang akan sangat membantu kegiatan produksi anda untuk membuat keripik singkong pedas ialah mesin perajang singkong. Mesin usaha ini akan membantu mempercepat proses perajangan keripik dengan tingkat ketipisan yang anda inginkan. Dan hasinya pun berkualitas dan akan meningkatkan penjualan. Untuk bisa mendapatkan mesin perajang singkong begini caranya sangat mudah. Dapatkan mesin perajang singkong di Toko Mesin. Mesin tersedia dengan kualitas dan cara kerja mesin bagus. Handal untuk mendukung proses produksi usaha.

1. Kelebihan Usaha Keripik Singkong

Usaha keripik singkong umumnya sangat mudah dilakukan, dimana usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja kantoran, dan masih banyak lainnya. Proses pembuatan serta pengemasan yang menarik untuk menjadi poin penting dalam usaha yang satu ini.

Keripik singkong juga bisa bertahan beberapa hari, bahkan bila dikemas secara rapat maka makanan ini bisa tahan selama berbulan-bulan. Tak heran keripik singkong sangat cocok untuk Anda jual dengan menggunakan kemasan yang rapat.

Tidak seperti usaha lainnya seperti usaha mie ayam, kue, ataupun usaha makanan lainnya. Keripik singkong cenderung bisa dilakukan dengan modal yang tak terlalu mahal, dimana anda bisa menjualnya tanpa membuat stand atau toko terlebih dahulu. Dengan kata lain anda bisa menitip kan diwarung maupun berjualan di rumah.

2. Kekurangan Usaha Keripik Singkong

Selain mempunyai kelebihan yang cukup menguntungkan, usaha keripik singkong ini pastinya memiliki kelemahan. Salah satunya kelemahannya ialah risiko apabila keripik tidak terjual, disini pastinya kerugian dan akan menjadi rintangan paling berat dalam memulai usaha ini.

Apalagi usaha keripik singkong baru saja Anda jalankan dan belum lama, belum banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda buat tersebut. Usahakan saat membuat keripik ini buatlah sesuai dengan kapasitas atau secukupnya untuk mencari pelanggan terlebih dahulu, jangan membuat terlalu banyak sebelum pemasaran Anda sangat luas.

Hal in berguna untuk meminimalisir kerugian yang bisa saja Anda alami karena usaha yang baru anda dirikan, apabila Anda menerima pesanan barulah produksi banyak bisa dilakukan. Jangan sampai keripik yang dibuat banyak yang tidak laku, hal ini membuat Anda mengalami kerugian yang cukup besar.

Usaha di bidang keripik singkong memang sangat menjanjikan, namun Anda harus tetap cermat dalam melihat kondisi pasar di sekitar anda. Dengan begitu nantinya usaha yang anda tekuni ini, suatu saat usaha yang anda jalani bisa berkembang ke arah yang lebih baik lagi dan mendapatkan banyak pelanggan.

Dalam memulai usaha keripik singkong janganlah terlalu tergesa-gesa, sebisa mungkin tetap tenang dan jalani bisnis dengan teratur. Sehingga dengan sendirinya usaha tersebut akan berkembang, dimana Anda tidak perlu lagi memikirkan yang namanya keuntungan atau risiko yang akan dialami. Yang paling terpenting anda harus mendapatkan banyak pelanggan untuk membeli produk usaha anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •