Home » Artikel » Artikel Proses » Mau Usaha Modal Kecil, Pilih 8 Peluang Usaha Makanan Ringan Ini!

Mau Usaha Modal Kecil, Pilih 8 Peluang Usaha Makanan Ringan Ini!

Peluang Usaha Makanan Ringan – Beraneka jenis makanan ringan, baik yang tradisional maupun modern banyak kita temukan setiap hari di pinggir jalan, taman, tempat rekreasi, pasar, restoran, maupun tempat lainnya.

Peluang usaha makanan ringan ini merupakan salah satu bisnis yang fleksibel secara modal, karena modal yang dibutuhkan sesuai dengan jenis produk yang dijual.

Jadi tak hanya mengandalkan kiriman orang tua atau gaji bulanan saja, Anda masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menjalankan bisnis atau berwirausaha melalui peluang usaha makanan ringan ini.

Peluang Usaha Makanan Ringan: 8 Macam Peluang Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Peluang usaha makanan ringan ini cukup menggiurkan dan menawarkan keuntungan yang besar, apalagi dengan modal kecil, Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Kalau Anda mau memulai usaha makanan ringan, tapi bingung mau menjalankan usaha makanan ringan apa. Berikut ini 8 Macam Peluang Usaha Makanan Ringan yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil dan memiliki prospek yang bagus.

Peluang Usaha Makanan Ringan

1.) Kedai Kopi

Tidak dipungkiri lagi, orang Indonesia sangat menyukai kopi, baik dari kalangan remaja hingga dewasa, karena kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesa.

Kopi sendiri perkembangannya sangat pesat, terbukti dari banyaknya jenis dan varian kopi yang bisa kita temukan saat ini, seperti Kopi Luwak yang terkenal enak dan memiliki cita rasa yang khas.

Baca Juga…! Anda Mau Menjalankan Bisnis Kopi? Berikut Ini 8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi dan Cara Membuat Kopi Sendiri Yang Bisa Anda Lakukan

Usaha kedai kopi ini menjadi salah satu bisnis dengan modal kecil, tergantung dari besar kecilnya kedai kopi yang ingin Anda buat, apakah modelnya seperti angkringan, warung kopi, atau kafe.

Contoh untuk usaha angkringan, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, tapi juga memiliki prospek yang cukup bagus.

Jadi tidak mengherankan kalau saat ini banyak kedai-kedai kopi bermunculan, baik dari skala kecil maupun besar.


2.) Roti Bakar

Saat ini sudah banyak orang yang menekuni usaha roti bakar ini. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil, karena memang bahan-bahan baku yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan dengan mudah dan tentunya dengan biaya yang murah.

Sedangkan lokasi untuk berjualan bisa dilakukan di pinggir jalan, kedai, taman, pasar, maupun tempat keramaian lainnya.

Baca Juga…! Cara Membuat Roti Bakar: 10 Kreasi Roti Bakar Lezat Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Selain murah, usaha roti bakar ini juga sangat mudah untuk dilakukan, karena proses pembuatan roti bakar cukup simpel.

Contohnya seperti roti tawar yang dibakar, kemudian diolesi dengan keju atau selai, lalu dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk sampai menjadi berlapis-lapis.

Selanjutnya diberi coklat di bagian tengah atau susu, serta selai dengan berbagai macam rasa sesuai dengan selera konsumen.


3.) Aneka Kerupuk

Jenis bisnis ini sangat menjanjikan, karena orang Indonesia sangat menyukai makanan ringan yang satu ini.

Selain rasanya yang gurih dan nikmat, keripik mempunyai cita rasanya sendiri yang khas, bahkan sebagian orang menganggap ketika makan tidak akan terasa lengkap tanpa kerupuk.

Baca Juga…! 40 Aneka Bisnis Kerupuk Khas Indonesia Yang Menguntungkan Bagi Usaha Anda

Ada berbagai olahan kerupuk yang bisa Anda buat, tentunya dari berbagai macam bahan dan cara pengolahan, tergantung dari kreasi dan inovasi Anda. Contohnya seperti kerupuk bawang, kerupuk ikan, dan lain sebagainya.


4.) Tahu Kremes

Tahu merupakan salah satu makanan yang selain harganya murah, tentunya menyehatkan, karena tahu mengandung kadar protein yang cukup tinggi.

Tahu ini banyak disukai di berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, sehingga tahu menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek usaha yang sangat bagus.

Salah satu usaha tahu yang bisa Anda jalankan adalah Tahu Kremes. Peluang usaha makanan ringan ini merupakan tahu yang diluarnya dilapisi tepung garing.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat makanan ringan ringan yang satu ini memiliki peluang usaha makanan ringan yang berprospek cerah.


5.) Singkong Keju

Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya namun bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang simpel dan proses pembuatannya cukup sederhana.

Salah satu keunggulan dari peluang usaha makanan ringan yang satu ini adalah Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi Anda sendiri.


6.) Popcorn

Peluang usaha makanan ringan ini bisa dibilang sangat bagus. Karena popcorn ini sering kita jumpai di bioskop untuk menemani keseruan nonton film. Seringnya popcorn memang dijual di bioskop, dan jarang ditemui dijual dipinggiran jalan.

Cemilan enak dan gurih yang berbahan dasar jagung ini memang sangat pas untuk dimakan disaat bersantai atau dibawa bepergian. Selain itu juga cocok untuk menemani kita berkumpul bersama keluarga di rumah.

Baca Juga…! Cara Membuat Popcorn Manis: 4 Resep Membuat Popcorn Manis dan Analisa Usahanya

Peluang usaha makanan ringan ini memiliki prospek yang bagus dan tentunya menguntungkan. Karena ada banyak sekali peminat popcorn yang ingin membeli cemilan ini untuk dibawa pulang ke rumah atau dimakan saat perjalanan.

Selain itu, Anda bisa berkreasi dalam membuat popcorn ini dengan berbagai macam rasa, mulai dari rasa asin gurih, rasa manis caramel, rasa buah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa bereksperimen untuk bisa mendapatkan rasa atau variasi baru.


7.) Keripik Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Sama dengan Tahu, Tempe ini memiliki harga yang murah meriah, tapi kandungan gizinya berlimpah. Apalagi makanan khas Indonesia ini sudah terkenal di dunia.

Cara membuat keripik tempe ini sangatlah mudah, cukup dengan menggunakan bahan baku tempe yang diiris tipis-tipis dan dibalut dengan tepung serta dicampur bumbu rempah-rempah untuk menambah kenikmatan rasa makanan ringan yang satu ini.

Baca Juga…! Usaha Keripik Tempe: Yuk Simak Cara Membuat Keripik Tempe Renyah dan Peluang Usahanya


8.) Jamur Crispy

Kenapa Jamur Crispy menjadi salah satu peluang usaha makanan ringan yang berprospek bagus? Karena makanan ringan ini cukup populer di kalangan masyarakat.

Selain itu, cara pembuatannya yang praktis dan mudah, serta rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang menekuni usaha makanan ringan yang satu ini.

Kita bisa menemukan ada banyak penjual dan pengusaha jamur crispy di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari skala kecil sampai besar.

Menjadikan peluang usaha makanan ringan ini memiliki potensi yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai lahan bisnis.


Kunci Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

Usaha makanan ringan apapun pastinya memerlukan ketekunan dan manajemen atau pengelolaan yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan yang sukses merupakan pengusaha yang memang sudah lama berjualan dan sudah memiliki pelanggan tetap.

Selain itu, makanan ringan yang mereka tawarkan sangat inovatif serta rasanya juga enak dan unik, karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis dan usaha makanan ringan ini adalah kreatif dan inovatif.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kesuksesan bagi seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya adalah:

1.) Kualitas Yang Bagus

Agar usaha makanan ringan yang Anda rintis bisa berjalan dengan lancar dan semakin berkembang, perlu diperhatikan dari segi kualitasnya.

Produk makanan ringan yang Anda jual harus memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan, maupun dari segi pengemasannya.

Bahan yang digunakan haruslah bahan yang masih segar, higienis, dan tentunya tidak mengandung zat berbahaya, jadi aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, cara pengolahannya pun harus sesuai dengan aturan, misalnya gorenglah cemilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala.

Kemudian kemaslah makanan ringan yang Anda produksi dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

Agar mutu produk terjamin, sebaiknya menggunakan kemasan yang kedap udara agar olahan makanan ringan buatan Anda bisa tahan lama. Anda bisa menggunakan alat pres plastik untuk mengemasnya.

2.) Terus Berinovasi

Kesuksesan para pengusaha makanan ringan mayoritas didapatkan dari berbagai inovasi yang mereka lakukan. Sehingga produk mereka lebih mudah dicari dan dibedakan oleh para konsumen.

Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah tersedia di pasaran, selama produk yang dijual itu berbeda secara inovasi dengan produk-produk yang sudah beredar.

3.) Ciptakan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Salah satu aspek yang bisa membantu kesuksesan usaha makanan ringan Anda adalah hubungan yang baik dengan konsumen, agar mereka loyal kepada Anda.

Layani konsumen dengan sangat baik dan bijaksana, meskipun Anda belum mengenal mereka secara personal.

Ciptakan kesan yang mendalam kepada konsumen, tentunya dengan senyum dan kata, bukan hanya sekedar kata-kata. Jadi mereka akan dengan senang hati berkunjung kembali dan membeli produk makanan ringan buatan Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan konsumen. Karena ini bisa memberikan dampak yang positif bagi usaha makanan ringan Anda.

Selain promosi dari media sosial, iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain serta bisa meningkatkan penjualan.

4.) Strategi Penjualan

Dalam menjalankan sebuah usaha, strategi penjualan yang baik itu sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan keuntungan.

Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, karena itu sebagai pemula bisnis makanan ringan.

Anda setidaknya harus bisa membuat dan membangun sebuah strategi bisnis yang tepat, serta bisa membaca pasar untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, pada saat awal berjualan, Anda bisa memberikan diskon, menambah bobot makanan, atau bisa juga dengan memberikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar Anda.

5.) Visioner, Think Big, Think Positive

Selalu berpikir ke depan dan menyeluruh, serta berpikir positif harus selalu ditanamkan dalam jiwa dan pikiran seorang pengusaha. Dalam menjalankan bisnis, kita dituntut untuk selalu melayani konsumen dengan sangat baik.

Karena pikiran yang jernih akan bisa membantu berpikir ke depan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.

By | 2017-11-15T19:41:25+00:00 April 13th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Mau Usaha Modal Kecil, Pilih 8 Peluang Usaha Makanan Ringan Ini!

About the Author: