Alat Perebus Telur – Alat Perebus Telur Elektrik Terbaru 2022

Alat Perebus Telur

Alat perebus telur merupakan Mesin yang membantu Anda merebus telur dengan mudah dan praktis, mesin ini mampu menampung telur yang cukup besar. Bentuknya yang kompak cocok diletakkan di atas meja.

Mesin ini memiliki body stainless steel yang memiliki tombol soft-button dengan 2 fungsi tingkat kematangan yaitu telur setengah matang (half boiled egg) dan telur matang (hard boiled egg).

Alat perebus telur ini dilengkapi dengan thermostat agar telur matang merata. Mesin ini merupakan mesin yang awet dengan design yang elegan pastinya cocok untuk ditempatkan di meja dapur anda.

Spesifikasi Alat Perebus Telur

Alat Perebus Telur
Alat Perebus Telur
Voltase : 220 V
Daya :  800 Watt
Dimensi : 41 x 20 x 29 cm
Berat Mesin : 4 Kg

Keuntungan Merebus Telur Dengan Alat Perebus Telur

Dengan menggunkan alat perebus telur tingkat kematangan dapat disesuaikan dengan pengaturan dalam memasaknya. Alat ini mempunyai dimensi 41 X 20 X 29 cm sanggup memasak (12+4 Butir)x 3 tumpuk dalam satu kali proses memasak. Namun tergantung ukuran telur, semakin kecil telur maka akan semakin muat lebih banyak.

Perlu diperhatikan bahwa jika menghendaki telur setengah matang ada tombol pilihan soft-botton dengan simbol telur setengah yang  paling atas dengan durasi memasak cukup 20 menit saja. Begitu pula jika menghendaki memasak dengan matang sempurna maka tekan tombol soft-botton yang paling bawah dan indikator lampu keduanya nyala dengan durasi memasak 45 menit.

Tips: Agar telur tidak terlalu matang, setelah anda mengangkat telur dari alat perebus telur langsung rendam ke dalam air dingin. Karena telur rebus walau sudah diangkat dari alat perebus telur masih panas dan ada sisa proses pematangan oleh panas telur itu sendiri.

Alat ini dilengkapi dengan kran pembuangan air bekas memasak telur sehingga memudahkan anda untuk membersihkannya.

Informasi Pemesanan Alat Perebus Telur

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
Sales 1 : 0812 2222 9224
Sales 2 : 0812 2447 4411.
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV.RUMAH MESIN menyediakan yang dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin merebus telur dengan hasil cepat dan maksimal.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Telur Merupakan Bahan Makan yang Dapat Diandalkan dan Mudah Ditemukan

Telur merupakan salah satu bahan yang diandalkan banyak orang untuk konsumsi sehari-hari. Mudah ditemukan, sumber protein yang terjangkau, dan mudah dalam mengolahnya menjadi berbagai bentuk masakan, demikianlah beberapa alasan mengapa kita dapat mengandalkan telur.

Setiap orang pasti memiliki selara yang berbeda saat menikmati telur. Tidak hanya digoreng atau dibuat ora-arik, tetapi merebus adalah salah satu cara mengolah telur yang paling populer.

Namun tidak sedikit dari kita yang kurang paham, berapa lama waktu ideal yang dibutuhkan untuk merebus telur dengan sempurna? Untuk menghindari putih telur yang belum matang tetapi tekstur kuning telurnya terlalu keras.

Saat ingin merebus telur tentunya alat masak dan telur sebagai bahan utama harus disiapkan terlebih dahulu. Selain alat dan bahan, Anda juga harus menentukan rasa dan tujuan memasaknya. Kemudian Anda dapat menentukan berapa lama waktu didih yang ideal.

Misalnya, saat Anda ingin membuat telur balado atau dijadikan topping untuk salad, maka telur yang dimasak dengan sempurna adalah pilihan yang ideal. Beda jika ingin menikmatinya setengah matang, tentunya tidak asal merebusnya saat dimasak dengan sempurna.

Telur rebus juga banyak dikonsumsi oleh mereka yang menjalani diet nasi, karena makanan ini akan membuat kenyang lebih lama dan lebih sehat. Sayangnya, masih ada masyarakat yang enggan mengonsumsi telur rebus utuh karena rasanya yang hambar dan amis.

Padahal, dibalik semua itu, telur rebus utuh tidak banyak menyia-nyiakan kandungannya, dibandingkan telur goreng dan ditambah dengan berbagai bumbu lain seperti garam, micin, dan minyak.

Kandugan Gizi yang Terdapat Telur Rebus – Alat Perebus Telur

alat perebus telur

Telur dikenal sebagai sumber protein alami yang bisa didapatkan dengan mudah. Kandungan nutrisi telur cukup beragam dan mencakup banyak nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral. Oleh karena itu selain mudah diolah menjadi menu makanan yang enak, kandungan nutrisi pada telur juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja kandungan yang baik dalam telur? Berikut ulasannya:

1. Protein

Protein merupakan salah satu kandungan nutrisi telur yang berperan penting bagi kesehatan tubuh dan berperan besar dalam menjadikan makanan ini sebagai makanan super.

Telur rata-rata mengandung sekitar 6-7 gram protein. Namun kandungan proteinnya tergantung dari ukuran telur. Sedangkan kandungan protein pada putih dan kuning telur juga berbeda. Orang sering beranggapan bahwa protein hanya terdapat pada putih telur.

Padahal kuning telur juga mengandung setengah dari kandungan protein telur secara keseluruhan. Misalnya telur berukuran besar mengandung 7 gram protein, dimana 3 gram protein berasal dari kuning telur dan 4 gram protein berasal dari putih telur.

Protein dalam telur memiliki semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Protein sendiri merupakan nutrisi penting untuk menunjang kehidupan.Termasuk dalam hal menjaga kesehatan otot dan tulang hingga menghasilkan hormon dan enzim. Apalagi protein dalam telur tidak hanya ada di bagian putihnya saja. Dengan mengkonsumsi telur utuh Anda akan mendapatkan protein yang lengkap.

2. Kalori

Telur mengandung antara 54 dan 80 kalori, tergantung pada ukuran telur dan cara menyiapkannya. Telur sedang rata-rata akan mengandung sekitar 65 kalori, telur kecil sekitar 55 kalori, dan telur besar sekitar 80 kalori.

Berdasarkan perhitungan USDA, sebutir telur ayam jumbo memiliki berat sekitar 30 ons per lusin. Sedangkan telur berukuran besar memiliki berat 24-27 ons per lusin.

Jumlah kalori dalam telur sebenarnya tidak hanya dihitung berdasarkan berat telur mentah. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kandungan kalori pada telur adalah cara memasaknya.

Menurut USDA, telur rebus memiliki k72 kalori, tetapi telur rebus memiliki 78 kalori. Sedangkan telur goreng mengandung 90 kalori.

Sebagian besar kalori ini berasal dari kuning telur, yang merupakan bagian padat nutrisi dari telur dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Tak heran telur kerap menjadi salah satu menu makanan yang ideal untuk para pelaku diet. Kandungan protein di dalamnya juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Vitamin A

Mengkonsumsi satu telur rebus per hari akan membantu memenuhi asupan vitamin A harian yang direkomendasikan sebesar 6%. Vitamin A sendiri bermanfaat untuk kesehatan mata, dapat menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pertumbuhan sel dalam tubuh Anda.

Kekurangan vitamin A dilaporkan dapat menyebabkan rambut rontok, masalah kulit, mata kering dan peningkatan risiko infeksi. Makan dua butir telur sehari diketahui menyediakan 14 persen kebutuhan vitamin A harian.

4. Vitamin B2 (Riboflavin)

Satu butir telur mengandung sekitar 15% vitamin B2 atau riboflavin yang dapat memenuhi konsumsi vitamin B2 harian yang direkomendasikan. Vitamin ini berperan penting dalam pengolahan protein, lemak dan karbohidrat dalam tubuh.

Serta memiliki peran besar dalam menjaga suplai energi dalam tubuh, menunjang pertumbuhan, metabolisme energi, perkembangan sel darah merah, fungsi sistem saraf yang sehat, nutrisi antioksidan, dan lain sebagainya.

Tubuh manusia tidak dapat menyimpan riboflavin, oleh karena itu penting untuk selalu mengonsumsi makanan sumber vitamin B2. Konsumsi dua butir telur diketahui memenuhi 24 persen asupan vitamin B2 harian.

5. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Satu butir telur dapat memenuhi kebutuhan vitamin B5 harian yang dibutuhkan tubuh sekitar 7%. Di dalamnya vitamin ini sendiri akan membantu tubuh membuat sel darah merah, memproduksi hormon yang berhubungan dengan seks dan stres, menjaga kesehatan saluran pencernaan, serta mengubah makanan menjadi energi dan memecah lemak.

Meski jarang terjadi, kekurangan vitamin B5 bisa menyebabkan korban jiwa, lekas marah, mati rasa, dan kram otot. Satu porsi dua telur diketahui menyediakan 22 persen kebutuhan vitamin B5 harian Anda.

6. Vitamin B12 (Cobalamin)

Telur juga mengandung vitamin B12 atau cobalamin yang dibutuhkan agar kebutuhan cobalamin harian Anda terpenuhi kurang lebih 9%. Vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan sel darah, membantu dalam proses pemesanan DNA dan dapat mencegah terjadinya anemia.

Kekurangan vitamin B12 dilaporkan dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, pusing, sembelit, dan banyak lagi.
Tubuh manusia tidak dapat membuat vitamin B12 sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Satu porsi dua telur diketahui memenuhi 15 persen dari kebutuhan B12 harian Anda.

7. Lemak

Sekitar 9 persen kandungan telur adalah lemak. Faktanya, hampir semuanya terkandung dalam kuning telur dan kurang dari 0,5 persen terdapat dalam putih telur. Lemak dalam telur terdiri dari 38 persen lemak tak jenuh tunggal dan 16 persen lemak tak jenuh ganda.

Satu telur besar mengandung 5 gram lemak yang mencakup sekitar 1,6 gram lemak jenuh, sedangkan sisanya adalah lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal.

Itulah kandungan nutrisi telur untuk tubuh yang jarang diketahui. Setelah mengetahui kandungan gizi di atas, semakin jelas bukankah telur merupakan bahan pangan yang memiliki banyak manfaat? Jadi, mulai sekarang, jangan lupa untuk memasukkan telur ke dalam menu makanan sehat Anda!

Tips Menyimpan Telur Agar Tahan Lama dan Siap Sewaktu-waktu Dibutuhkan

alat perebus telur

Selain mengandung protein yang dibutuhkan tubuh, telur juga merupakan makanan praktis. Telur bisa dicampurkan menjadi berbagai macam olahan yang menarik. Tak heran jika banyak orang yang sering menggunakan telur sebagai bahan makanan yang selalu ada di rumah.

Meskipun memiliki tanggal kadaluwarsa, telur umumnya sangat tahan lama. Proses pembekuan merupakan salah satu cara agar telur lebih awet.

Berikut tips menyimpan telur yang bisa Anda coba.

1. Simpan dalam wadah bawaan yang terbuat dari karton

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membiarkan telur di dalam wadah aslinya. Wadah aslinya – yang umumnya terbuat dari karton – menjaga kesegaran telur. Selain itu, wadah tersebut juga mencegah telur menyerap rasa makanan lain di lemari es.

Anda juga tidak perlu menyimpan telur di kompartemen built-in, yang biasanya terletak di pintu lemari es. Sebagai gantinya, simpan telur bersama dengan wadahnya di kompartemen utama lemari es.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration) mengatakan telur yang disimpan dengan cara ini akan bertahan 3-5 minggu.

2. Tidak usah dicuci sebelum penyimpanan

Anda tidak perlu mencuci telur sebelum menyimpannya. Telur memiliki lapisan alami yang membuatnya kebal terhadap bakteri. Dengan begitu, telur akan segar lebih lama. Jika Anda ingin mencucinya, lakukan sebelum Anda mengolahnya.

Secara alami telur terlindungi dari kuman dengan adanya selaput tipis yang menutupi kulit terluar. Membran ini menutupi pori-pori agar tidak masuknya Salmonella atau kuman lain yang terdapat di lapisan luar telur.

Saat kita mencuci telur, selaput pelindung ini bisa rusak. Akibat dari selaput pelindung yang rusak adalah terbukanya pori-pori telur. Dengan membuka pori-pori pada telur, Salmonella yang berada pada kulit terluar telur akan terbawa masuk ke dalam telur. Kandungan yang terdapat pada telur sangat kaya akan nutrisi yang disukai oleh bakteri tersebut, alhasil bakteri tersebut akan berkembang biak.

3. Telur bisa juga dibekukan terlebih dahulu

Jangankan berminggu-minggu, Anda bahkan bisa menyimpan telur selama setahun dengan membekukannya. Umumnya, pembekuan dilakukan dengan memisahkan putih dan kuning telur. Perlu dicatat, Anda tidak bisa membekukan telur utuh dengan kulit atau cangkangnya.

Anda juga tidak bisa membekukan telur rebus yang masih tertutup cangkang. Membekukan telur rebus hanya akan menyebabkan putih telur menjadi keras dan berair.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembekuan telur.

Meski telur mentah tidak dibekukan, Anda tetap bisa membekukan putih dan kuning telur secara terpisah atau seluruhnya. Hidangan telur campuran seperti casserole dan quiches juga bisa dibekukan dengan aman. Telur mentah dapat dibekukan selama 12 bulan, sedangkan hidangan telur harus dicairkan dan dipanaskan kembali dalam 2-3 bulan.

Namun jangan sampai keliru, ternyata tidak semua bagian telur bisa leluasa dibekukan. Harus memperhatikan hal-hal ini sebelum membekukan telur. Simak ulasan berikut ini.

Telur Utuh

Untuk membekukan telur utuh, pertama-tama pecahkan telur seluruhnya. Lalu, kocok perlahan sampai benar-benar tercampur. Tuang telur ke dalam wadah yang aman dan masukkan ke dalam freezer. Lebih mudah membekukan telur satu per satu. Jangan lupa memberi label tanggal pembuatan dan jumlah telur yang dibekukan.

Putih Telur

Pecahkan telur dan pisahkan putih telur dari kuning telur. Letakkan putih telur di dalam nampan es batu atau brankas lainnya. Beri label tanggal dan jumlah putih telur.

Kuning Telur

Kuning telur yang telah dipisahkan dikocok perlahan hingga tercampur dan encer. Setiap 4 kuning telur ditambahkan ¼ sendok teh garam atau ½ sendok teh gula pasir, lalu aduk hingga rata. Masukkan ke dalam wadah, beri label tanggal dan apa yang ditambahkan.

Hidangan telur yang siap dimasak

alat perebus telur

Makanan seperti casserole atau quiches akan lebih mudah dibekukan jika dipotong kecil-kecil. Pertama, dinginkan piring ini hingga suhu kamar, lalu tutup dan beri nomor ke freezer.

Telur beku yang mentah atau matang harus dicairkan di lemari es, kemudian dimasak hingga 71 derajat Celcius untuk mengurangi risiko penyakit bawaan. Anda juga bisa mencairkan telur mentah dengan air dingin yang mengalir. Telur mentah, kuning telur, dan putih telur sebaiknya segera dimasak setelah dicairkan dengan berbagai resep gurih dan manis.

Membekukan Telur Rebus

Selain membekukan telur mentah, Anda juga bisa membekukan telur rebus.
Jangan membekukan telur rebus utuh. Jangan juga membekukan putih telur telur rebus. Ini karena telur akan menjadi keras dan berair saat dibekukan. Sebelum digunakan, cairkan dulu telur di bagian non-freezer lemari es selama sehari sebelum digunakan.