Alat Peroboh Sapi Terbaru 2022

Alat Peroboh Sapi atau sering disebut dengan Jegal Sapi merupakan alat yag akan memudahkan anda dalam merobohkan sapi yang akan disembelih. Biasanya alat ini akan sangat berguna bagi anda yang mempunyai bisnis dibidang jagal sapi atau penggunaan di hari raya qurban.

Alat peroboh sapi ini terbuat dari besi yang dibentuk seperti kerangkeng. Sapi yang akan disembelih diarahkan masuk ke kotak besi tersebut. Kemudian tubuhnya ditempelkan ke sisi samping alat, selanjutnya papan besi tersebut direbahkan ke tanah. Dengan demikian, proses penyembelihan akan lebih mudah dan efektif.

 

Alat Peroboh Sapi

 

Spesifikasi Alat Peroboh Sapi :

Kapasitas Proses :  1 – 1,5 ton
Dimensi Mesin :  3150 mm X 1300 mm X 2250 mm.
Penggerak :  Elektromotor atau Motor Bensin .

Penawaran Dari RUMAH MESIN | Alat Peroboh Sapi

Kami CV. RUMAH MESIN menjual alat peroboh sapi yang dapat membantu secara efektif untuk merobohkan sapi yang akan disembelih.

Alat peroboh sapi RUMAH MESIN juga telah melalui serangkaian uji coba dan lolos Quality Control.

Alat peroboh sapi kami terjamin Kualitasnya, Keandalannya, Kehigienisannya, Keamanannya, serta Keunggulannya.

Tentunya kami menawarkan Mesin Peroboh sapi kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.


Info Pemesanan & Info Harga Alat Peroboh Sapi

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop     :Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Call Center                  :0274 287 1809.

SIMPATI                      :0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.

XL                                :0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.

MENTARI                    :081 666 9383.


CV. RUMAH MESIN menyediakan Alat Proboh sapi yang dapat membantu mempermudah serta mempercepat proses pemotongan sapi.

Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari yang sederhana hingga industri besar, seperti Alat Peroboh sapi.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Kelebihan Alat peroboh sapi RUMAH MESIN

  1. Proses merobohkan sapi Lebih Cepat Dan Tepat.
  2. Dibuat Dari Bahan Material Yang Awet Dan Berkualitas.
  3. Hemat Energi, Tenaga, Waktu, Pikiran, Dan biaya.
  4. Dukungan Dari Teknisi Handal Dan Professional.
  5. Mesin Mudah Digunakan Dan Mudah Dirawat.
  6. Pekerjaan Menjadi Lebih Efektif Dan Efisien.
  7. Konsultasi Harga Dan Kebutuhan ( Budget ).
  8. Mesin Sangat Andal Dan Tahan Lama.
  9. Perlengkapan Suku Cadang Terbaik.
  10. Mesin Bergaransi.
  11. Training Gratis.

Cara kerja alat peroboh sapi

Cara kerja dari alat ini cukup sederhana dan mudah. Sapi yang akan disembelih dimasukkan ke dalam rangka besi pada alat tersebut. Selanjutnya tali bagian kepala sapi dan ditempelkan pada besi yang ada di bagian samping. Begitu pula dengan tubuh dan kedua kaki sapi. Diikat pada rangka besi alat tersebut yang ada di sebelah kiri sapi

Setelah seluruh anggota tubuh sapi diikat, selanjutnya rangka besi tersebut direbahkan bersama dengan tubuh sapi yang sudah terikat.  Alat ini juga sudah terbukti aman bagi petugas penyembelihan hewan kurban. Saat direbahkan, sapinya tidak akan memberontak karena kedua kakinya sudah tidak bisa bergerak,

Dengan menggunakan alat tersebut,proses penyembelihan dapat lebih efisien serta menghemat waktu. Untuk satu ekor sapi tukang  jagal hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. ”Dengan memakai alat perebah ini, proses penyembelihan sapi lebih efisien,

Tips mengolah daging sapi agar empuk

Saat hari Lebaran,terutama ketika hari raya idul adha, hidangan daging sapi pastinya tidak akan lepas dari meja makan. Pastinya anda ingin menikmati makanan yang enak tersebut dengan tekstur yang empuk dan aroma yang sedap. Maka dari itu, anda tidak boleh sembarangan saat mengolahnya.Berikut tips mengolah daging sapi agar empuk dan

– Bersihkan Daging dengan Benar

Cara mengolah daging sapi agar empuk dan juga tidak bau yang pertama adalah dengan cara membersihkannya dengan benar. Salah satu hal yang paling penting dan juga perlu diperhatikan dalam membersihkan daging merah seperti sapi dan kambing adalah tidak mencucinya dengan air

Apabila daging merah seperti daging sapi misalnya,terlalu banyak terkena air malah akan mengakibatkan kemunculan aroma amis yang semakin kuat. Oleh karena itu, anda disarankan membersihkan daging sapi dengan mengelapnya menggunakan tisu atau lap yang masih bersih.

Setelah anda mengelap daging, lumurkan daging dengan perasan air jeruk nipis pada daging lalu rebus dengan air yang mendidih sebentar. Merebus dengan air mendidih dapat berfungsi untuk membersihkan kotoran, bakteri, dan sisa darah yang masih tersisa pada daging. Disarankan untuk merebus daging sebanyak dua bahkan hingga tiga kali untuk menghasilkan daging yang lebih empuk dan juga bersih.

 -Potong Daging Melintang Seratnya

Memotong daging secara melintang seratnya merupakan salah satu tips mengolah daging sapi agar empuk yang perlu diperhatikan. Cara memotong daging seperti ini ternyata dapat memengaruhi daging menjadi empuk atau tidak.

Cara memotong daging sapi yang tepat dan benar yaitu dengan melawan alur urat dan seratnya. Memotong dengan cara ini dapat membantu supaya daging menjadi empuk saat setelah selesai dimasak dan disantap nanti.

-Pukul-Pukul Daging Sapi

Cara mengolah daging sapi agar empuk yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan pemukul daging. anda tinggal pukul-pukul kedua sisi daging hingga teksturnya berubah menjadi lebih lunak atau empuk. Tapi jangan lupa, pastikan juga alas yang anda gunakan saat memukul daging cukup kuat.

Menggunakan metode memukul daging ini terbukti sangat ampuh dalam meregangkan serat-serat pada daging yang memang merupakan penyebab daging sapi menjadi keras atau alot ketika diolah.

-Gunakan Baking Soda

Tips mengolah daging sapi agar menjadi empuk yaitu dengan menggunakan baking soda. Caranya cukup dengan menaburkan baking soda ke seluruh bagian daging sapi yang akan diolah. Lalu, biarkan daging selama sekitar 40-60 menit.

Setelah itu, jangan lupa juga untuk mencucinya dengan air yang bersih sebelum mulai diolah menjadi berneka ragam masakan yang anda inginkan. Baking soda akan bekerja dengan cara memecah kolagen yang terdapat pada daging sapi. Hal tersebut yang akan membuat tekstur daging menjadi lebih lunak.

-Gunakan Nanas atau Daun Pepaya

Penggunaan buah nanas atau daun pepaya sebagai cara mengolah daging sapi agar empuk dan tidak bau amis juga dapat diterapkan. Kedua bahan sudah terbukti lama sangat efektif untuk melunakkan daging yang alot.

Jika anda menggunakan daun pepaya, anda cukup dengan mencincang halus daun pepaya tersebut, lalu remas dan balurkan ke seluruh bagian daging sapi akan anda olah tersebut. Diamkan selama sekitar 15-20 menit agar daging benar-benar empuk.

Sementara itu, jika anda menggunakan buah nanas, maka anda cukup dengan memarut buah nanas tersebut hingga halus. Selanjutnya anda remas-remas nanas dan balurkan ke daging tersebut. Tunggu hingga 10-15 menit, lalu daging sudah siap untuk anda masak.

Perhatikan juga supaya jangan terlalu lama dalam menggunakan kedua bahan tersebut, sebab dikhawatirkan malah akan membuat daging justru menjadi hancur.

-Taburi Garam Laut

Garam laut sangat bermanfaat untuk menghancurkan ikatan protein dan serat yang terdapat pada daging sapi. Hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa garam akan sangat baik dan sangat efektif untuk membuat daging menjadi empuk. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan cara menaburkan garam laut ke seluruh daging dan biarkan selama 30 menit sampai 1 jam. Lalu bilas sampai bersih, dan daging sapi pun siap diolah

-Masak Secara Perlahan

Cara mengolah daging sapi agar empuk dan tidak bau amis yang selanjutnya adalah memasaknya secara perlahan. Daging sapi yang memilki tekstur tebal ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimasak, begitu pula sebaliknya.

Memasak secara perlahan cukup efektif untuk menghancurkan jaringan-jaringan yang terdapat di dalam daging sapi, sehingga akan lebih empuk dan sedap saat disantap. Namun, anda juga tetap harus memperhatikannya, karena jika memasak daging sapi terlalu matang, malah akan membuat teksturnya menjadi keras dan kurang enak untuk dinikmati.

Macam-Macam Olahan Dari Daging Sapi

1.Daging sapi lada hitam

Bahan:

  • 400 gr daging sapi bagian has dalam
  • 1/2 buah paprika merah dan hijau, potong kotak-kotak atau sesuai selera
  • 1 buah bawang bombay, kupas,cuci,dan potong memanjang
  • 4 siung bawang putih, geprek, cincang
  • Saus tiram
  • Kecap manis
  • Kecap asin
  • Saus tomat
  • Minyak wijen
  • Garam dan gula secukupnya
  • 1 sdt tepung maizena, campurkan dengan air secukupnya
  • Saus tiram
  • 1 sdt lada putih bubuk
  • 1 1/2 sdt lada hitam kasar
  • Kecap manis
  • 1 sdt sagu
  • sedikit minyak
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt lada hitam bubu
  • Sedikit kecap asin

Cara memasak:

  1. Daging sapi yang sudah diiris tipis-tipis dimarinasi dengan bumbu marinasi yang sudah disiapkan, kemudian aduk semua bahan ke daging sapi hingga rata, dan diamkan.
  2. Tumis bawang putih hingga aromanya harum, lalu masukkan daging sapi yang sudah dimarinasi, lalu tumis hingga berubah warnanya dan matang.
  3. Selanjutnya masukkan bawang bombay dan paprika, aduk sampai rata, tambahkan sedikit air, lalu tambahkan kecap manis, saus tomat, minyak wijen, garam, gula serta tambahkan juga lada hitam kasar. Masak hingga bumbu meresap dan daging sapi sudah empuk.
  4. Terakhir kentalkan dengan larutan dari maizena, tes rasa, angkat dan sajikan dan siap dinikmati

2.Empal Kuah Pedas

Bahan:

  • 1/2 kg daging bagian paha, potong tipis
  • Kecap manis
  • Kecap asin
  • Kaldu jamur atau garam
  • Air secukupnya
  • Daun salam
  • Sereh
  • Lengkuas, geprek
  • Jahe, geprek

Bumbu halus :

  • 6 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 10 cabai merah
  • 1 Tomat merah kecil
  • Sedikit merica halus

Cara memasak:

  1. Rebus daging dengan tambahan geprekan jahe sebentar lalu buang air rebusan yang pertama.
  2. Rebus kembali daging, jika masih terlihat ada busa di air rebusan bisa dibuang dengan sendok karena itu yang sering menimbulkan bau. Jika sudah empuk, sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, sereh, dan lengkuas, lalu masukkan air kaldu daging tadi disusul dengan potongan daging yang sudah sedikit dipukul-pukul dengan palu, agar daging lebih lembut lagi.
  4. Selanjutnya tambahkan kecap manis sesuai selera anda, kecap asin, dan kaldu jamur atau garam.
  5. Masak sampai air sampai meresap dan daging semakin empuk.

3.Daging sapi asam pedas

Bahan:

  • 500 gr daging sapi (has dalam)
  • 5 batang kacang panjang
  • 1 batang sereh, memarkan
  • Cabai rawit merah untuk banyaknya sesuaikan dengan selera anda
  • Gula, garam, dan kaldu
  •  Air secukupnya
  •  Minyak secukupnya

Bumbu halus:

  • 10 butir bawang merah
  •  5 buah cabai merah keriting
  •  Sejempol kunyit
  •  20 buah cabai rawit merah
  •  3 butir tomat
  •  1 sachet kecil terasi

Cara memasak:

  1. Rebus daging yang sudah diiris, rebus sebentar lalu buang air rebusan nya dan tiriskan dagingnya.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, tambahkan sereh dan cabai rawit merah utuh. Tumis sampai aromanya keluar.
  3. Masukkan daging, aduk hingga rata. Koreksi rasa dengan garam, gula, dan juga kaldu.
  4. Tambahkan air secukupnya, masak daging hingga empuk.
  5. Setelah daging agak empuk, masukkan kacang panjang. Lalu aduk sampai rata.
  6. Koreksi rasa lagi, bila dirasa kurang asam bisa tambah dengan air asam Jawa.
  7. Masak daging lagi sampai empuk, lalu angkat dan sajikan.

4.Rendang Padang

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • Santan kental
  • 1 lembar daun kunyit
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 3 batang serai, geprek
  • 3/4 sdt ketumbar bubuk
  • 3 sdm kaldu bubuk sapi
  • 1 buah kembang lawang
  • 1 buah kapulaga
  • 3 batang cengkeh
  • jejumput jinten
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu halus:

  • 10 buah cabai merah besar
  • 10 buah rawit merah atau sesuai selera anda
  • 15 buah bawang merah
  • 10 buah bawang putih
  • 1 lengkuas besar
  • 1 jahe besar
  • 1/4 biji pala
  • 2 cm kunyit sesuaikan agar warnanya bagus
  • kelapa parut secukupnya, sangrai lalu tumbuk sampai halus.

Cara memasak:

  1.  Masukkan bumbu halus dan semua bumbu yang tidak dihaluskan, tumis sampai aromanya harum.
  2.  Kemudian masukkan daging, kelapa sangrai, tambahkan sedikit air, lalu tumis sebentar.
  3.  Setelah itu masukkan santan kental, masak di atas api kecil sambil diaduk pelan-pelan sekitar 3-4 jam.
  4.  Jangan terlalu banyak garam karena semakin lama dimasak rasanya semakin asin.

5.Dendeng balado

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 3 kentang, goreng
  • garam, gula pasir secukupnya
  • minyak secukupnya

Bumbu ungkep:

  • 6 siung bawang putih
  • 2 kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 btg sera ,
  • 1 ruas jahe
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • 2 sdm air asam jawa
  • 2 sdm gula pasir
  • 500 ml air kelapa
  • bubuk kaldu sapi secukupnya

 

Bumbu balado:

  • 200 gram cabai merah
  • 4 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt air jeruk nipis

Cara memasak:

  1. Rebus daging sapi dan bumbu ungkep dengan presto sampai empuk dan bumbunya meresap.
  2. Setelah dingin, iris daging sesuai selera, pukul-pukul, lalu goreng sebentar saja.
  3. Tumis bumbu balado yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang, masukkan garam, gula pasir dan air jeruk nipis.
  4. Terakhir masukkan kentang dan daging. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
  5. Angkat dan sajikan.

6.Rica-rica daging sapi

Bahan:

  • 800 gr daging sapi potong dadu
  • 2-3 sdm kecap manis
  • garam, gula merah secukupnya
  • kaldu jamur dan merica bubuk secukupnya
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang sereh memarkan
  • 2 lembar daun jeruk sobek-sobek agar keluar aromanya
  • seruas lengkuas memarkan

Bumbu halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • cabai merah besar atau rawit sesuai selera anda
  • sedikit jahe

Cara memasak:

  1. Tumis bumbu halus dan bumbu tambahan sampai aromanya harum dan benar-benar matang hingga mengeluarkan minyak.
  2. Masukkan dan daging aduk sampai warnanya berubah.
  3. Tambahkan kecap, garam, gula merah, kaldu dan merica secukupnya sambil diaduk hingga rata.
  4. Beri air sampai daging agak terendam, didihkan air tersebut dan masak sampai daging empuk dan kadar airnya menyusut.
  5. Siap disajikan dan dinikmati

7.Sup sengkel bening

Bahan:

  • 500 gram daging bagian sengkel
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 butir bawang merah, haluskan
  • air secukupnya
  • garam dan penyedap rasa
  • lada bubuk
  • 2 sdt bawang merah goreng
  • 3 daun bawang potong kecil-kecil

Cara memasak:

  1. Tumis bawang merah dan putih sampai warnanya kuning dan aromanya wangi.
  2. Masukkan air secukupnya, tunggu hingga mendidih, masukkan daging sengkel tadi.
  3. Tambahkan garam, penyedap dan lada bubuk,masak hingga daging sengkel empuk.
  4. Sajikan dan tambahkan taburan bawang goreng dan daun bawang di atasnya.

.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.