Hand Stretch Wrapper – Mesin Packing Terbaru 2022

Hand Stretch Wrapper

Hand stretch wrapper merupakan salah satu alat atau mesin yang berfungsi sebagai mesin packing atau pengemasan produk menggunakan plastik wrapping.

Mesin ini biasanya digunakan untuk mengemas dan menutup bagian atas kemasan makanan pada wadah styrofoam atau wadah lainnya menggunakan plastik wrapping yang berjenis food grade.

Spesifikasi Hand Stretch Wrapper PP E610

Hand Stretch Wrapper
Hand Stretch Wrapper PP E610
Diameter : 38 mm / 76 mm
Lebar : 30-50 mm
Berat : 1,45 Kg
Dimensi : 49 cm x 26 cm x 90 cm

Kegunaan Mesin Hand Stretch Wrapper

Mesin wrapping yaitu suatu alat atau mesin yang digunakan untuk membantu mengaplikasikan plastik wrap dalam pengemasan barang atau produk makanan dengan lebih cepat, efisien, praktis dan konsisten. Jika dibandingkan dengan cara manual, produk yang dikemas menggunakan mesin wrapping tentu akan jauh lebih aman dan higienis, sehingga terjaga kualitasnya.

Cara kerja mesin wrapping yaitu dengan merekatkan plastik wrap agar lebih rapat dan kokoh tanpa membuat celah yang dapat menciptakan ruang yang meningkatkan kemungkinan terjadinya kerusakan.Selain dapat menghemat ruang, penggunaan mesin wrapping ini juga berfungsi untuk menjaga kualitas produk dalam plastik kemasan.

Penggunaan mesin wrapping seperti halnya pada mesin Hand Stretch wrapper ini tentunya bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, Anda juga dapat meminimalisir kesalahan pada dalam proses pengemasan yang bisa menambah biaya pengemasan karena perlu mengaplikasikan plastik wrap lagi.

Apa itu Plastik Wrap?

Plastik wrap merupakan salah satu jenis plastik film dengan ciri bahannya yang tipis, ringan dan elastis. Plastik wrap memiliki ketebalan yaitu sekitar 0.010 hingga 0.020 mikron.

Pada umumnya, plastik wrap digunakan untuk mengemas makanan dan minuman, karena termasuk dalam jenis plastik yang aman digunakan pada makanan maupun minuman atau biasa dikenal sebagai food grade plastic.

Berikut ini beberapa karakteristik atau ciri-ciri plastik wrap:

  • Transparan atau tembus pandang sehingga kita bisa melihat produk yang dikemas di dalam plastik wrap tersebut.
  • Tipis dengan ketebalan plastik yaitu 0.010 hingga 0.020 mikron.
  • Ringan
  • Elastis sehingga bisa mengikuti bentuk permukaan barang atau produk yang dikemas.
  • Kedap sehingga tahan terhadap air, udara, maupun minyak panas. Sehingga bisa melindungi produk makanan dari debu dan berbagai penyebab kerusakan.

Produk makanan dan minuman yang dikemas dengan menggunakan plastik wrap biasanya akan lebih tahan lebih lama jika dibandingkan produk yang dibiarkan terbuka atau tanpa penutup.

Penggunaan plastik wrap ini bisa menghindarkan makanan dan minuman dari debu dan kotoran yang bisa mempengaruhi kualitas dan rasa aslinya. Selain itu, plastik wrap juga bisa meminimalisir makanan dan minuman yang tumpah dari wadahnya.

Tips-Tips Pengemasan dengan Menggunakan Hand Stretch Wrapper PP-E610

Hand Stretch Wrapper

Dengan adanya mesin Hand Stretch Wrapping PP-E610 ini tentunya akan semakin membantu proses pengemasan manual Anda menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, akan didapatkan hasil pengemasan yang lebih rapat dan rapi.

Produk yang dikemas menggunakan mesin Hand Stretch Wrapping PP-E610 ini tentunya bisa lebih terjaga kualitas dan kehiginiesannya. Tak hanya digunakan di supermarket dan restaurant, mesin ini juga dapat Anda gunakan di rumah untuk megemas bahan-bahan makanan.

Mesin pengemasan Hand Stretch Wrapping PP-E610 ini memiliki kapasitas sedang dan cocok digunakan sebagai mesin wrapping untuk mengemas produk makanan segar seperti sayur buah, daging, bahkan bisa digunakan untuk mengemas produk makanan di rumah sakit.

Menariknya, mesin Hand Stretch Wrapping PP-E610 ini juga dilengkapi dengan pedal pada kedua sisinya. Pedal ini berfungsi sebagai tempat pegangan atau memposisikan tangan saat mesin digunakan.

Dengan hasil pengemasan produk yang lebih rapi, tentunya akan membuat produk Anda terlihat lebih menarik. Tentunya hal ini dapat dijadikan sebagai penunjang nilai jual produk agar lebih menarik minat para konsumen.

Mari kita simak bersama tips dan cara menggunakan Hand Stretch Wrapping yang baik dan benar agar pengemasan barang menjadi lebih efektif dan efisien seperti berikut ini:

1. Pilih Plastik Wrap yang Sesuai

Jenis plastik wrap yang digunakan ternyata tidak sama pada setiap barang atau produk yang dikemas. Ada berbagai macam plastik wrap dalam jenis yang berbeda dan dapat disesuaikan penggunaannya dengan kondisi barang atau kekuatan yang diinginkan. Agar proses pengemasan lebih efektif dan efisien, maka sebaiknya Anda memilih jenis plastik yang sesuai dengan barang yang akan dikemas.

Jenis-jenis plastik wrap yang dapat diaplikasikan menggunakan Hand Stretch Wrapping PP-E610 yaitu perforated stretch film, cast stretch film, hand stretch film, machine stretch film, dan blown stretch film. Masing-masing jenis plastik wrap tersebut memiliki karakteristik dan penggunaan yang beragam, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Ciri Plastik Wrap yang Berkualitas

Selain memilih jenis plastik wrap yang sesuai dengan kebutuhan pengemasan, Anda juga perlu memperhatikan kualitas plastik wrap yang digunakan. Pilih plastik wrap dengan kualitas yang baik. Tak jarang ditemui plastik wrap dengan tingkat elastisitas yang cukup tinggi dan kuat, namun mudah robek dan rusak saat diaplikasikan ke barang atau produk yang akan dikemas.

Selain agar lebih kuat, pemilihan plastik wrap yang berkualitas tentu bisa meminimalisir kesalahan dlaam pengemasan, sehingga bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk plastik wrap. Plastik wrap dengan kualitas rendah biasanya akan lebih mudah robek dan rusak saat diaplikasikan, serta tidak tahan terhadap tekanan dan meninggalkan residu pada mesin wrapping.

3. Tentukan Level Tegangan

Tips selanjutnya yaitu menentukan level tegangan mesin terlebih dahulu dengan cara dikalibrasi atau disesuaikan tegangannya. Hal ini bertujuan agar bisa memaksimalkan kualitas pengaplikasian plastik wrap pada produk yang dikemas. Selain itu, Anda juga dapat benar-benar memastikan plastik wrap terpasang dengan sempurna dan terhidar dari kerusakan saat pengiriman.

Level tegangan yang terlalu rendah pada mesin wrapping dapat mengakibatkan pengemasan menjadi tidak stabil dan plastik wrap menjadi terlalu longgar atau menimbulkan celah sehingga bisa memungkinkan air, debu, maupun kotoran masuk ke dalamnya.

Sementar itu, jika level tegangan mesin wrapping terlalu tinggi, hal tersebut dapat membuat plastik wrap menjadi terlalu kuat, ketat dan mudah pecah. Tentunya dengan kondisi plastik wrap yang mudah pecah ini dapat membahayaan dalam proses pengiriman. Selain itu juga bisa mempengaruhi produk yang dikemas di dalamnya sehingga mudah rusak.

4. Pastikan Plastik Wrap Terpasang dengan Benar

Hal lain yang perlu Anda perhatikan agar proses pengemasan menjadi lebih efektif dan efisien yaitu plastik wrap yang sudah terpasang dengan benar sebelum digunakan. Selain itu Anda juga perlu memastikan roller pada mesin wrapping dalam keadaan bersih dari debu maupun kotoran.

Hal ini bertujuan agar pengemasan produk bisa berjalan dengan baik dan mencegah masalah lainnya yang bisa timbul di saat atau sesudah pengemasan.

Roller yang kotor dan terdapat residu plastik wrapnya tentu dapat merusak dan mengganggu proses pengemasan selanjutnya.Jika hal ini terjadi, tentu Anda harus menambah biaya pengemasan untuk mengganti plastik wrap yang rusak.

Selain roller yang kotor, penempatan plastik wrap yang tidak sesuai juga dapat merusak proses pengemasan produk.

5. Menggunakan Plastik Wrap di Bagian Atas Produk yang Akan Dikemas

Sebelum memulai pengemasan, letakkan satu lembaran plastik wrap di atas barang atau produk yang hendak dikemas. Tujuannya agar produk terhindar dari air dan debu selama proses penyimpanan dan pengiriman nantinya.

Anda bisa menggunakan gulungan plastik wrap baik yang berwarna hitam maupun yang berwarna putih. Plastik ini sangat mudah diaplikasikan dan tidak memakan biaya yang terlalu banyak.

Selain agar terlihat lebih rapi, pengemasan produk dengan cara yang aman juga sangat penting. Terlebih lagi jika barang akan dikirimkan ke tempat yang jauh dan melalui medan yang berat. Terkadang proses pengiriman bisa mengakibatkan produk menjadi rusak dan berbeda dari aslinya baik itu bentuk, kualitas, maupun rasanya. Inilah pentingnya pengemasan produk yang baik dan aman.

Manfaat Penggunaan Mesin Hand Stretch Wrapper PP-E610

Pengemasan barang atau produk menggunakan plastik wrap ini tentu bisa memberikan manfaat-manfaat yang menguntungkan, diantaranya yaitu:

  1. Meningkatkan efisien waktu dan tenaga dalam proses pengemasan.
  2. Memudahkan proses kontrol persediaan.
  3. Memudahkan pemindaian kualitas produk secara manual.
  4. Mudah dan praktis diaplikasikan.
  5. Mempercepat proses penangananan, baik selama pegemasan, pemindahan, penyimpanan, maupun pengiriman.
  6. Meningkatkan produktivitas kerja.
  7. Meningkatkan keamanan produk yang dikemas.
  8. Bisa meminimalisir kerusakan produk, karena terlindungi dari air, debu, dan partikel-partikel lainnya.

Kegunaan Plastik Wrap

1. Menjaga Sayur dan Buah Agar Tetap Segar

Bila dibiarkan terlalu lama, sayur dan buah bisa mudah layu dan tidak segar. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan pengaplikasian plastik wrap pada sayur ataupun buah.

Setelah dipotong-potong atau dibelah dan dibersihkan, Anda bisa meletakkan sayur ataupun buah pada wadah styrofoam yang selanjutnya akan dikemas menggunakan plastik wrap. Dengan penggunaan plastik wrap ini, sayur dan buah Anda bisa terhambat proses oksidasinya sehingga tetap segar, tidak mudah layu ataupun rusak.

2. Pengaman Ganda Kemasan Botol

Plastik wrap juga berguna sebagai pengaman ganda pada kemasan botol terutama saat ditemui kemasan botol yang memiliki tutup yang longgar atau tidak rapat sehingga isinya tumpah kemana-mana.

Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menutup kemasan botol dengan plastik wrap terlebih dahulu, baru setelahnya ditutup kembali dengan tutup botol kemasannya. Cara ini terbukti cukup efektif untuk menjaga keutuhan minuman kemasan dalam botol.

3. Digunakan Sebagai Penutup Gelas

Kegunaan plastik wrap yang selanjutnya yaitu bisa Anda gunakan sebagai penutup minuman di dalam gelas agar isinya tidak terkontaminasi dengan udara luar dan kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Jika Anda sedang bepergian, atau dalam keadaan yang darura dan tidak memiliki penutup gelas, Anda bisa menggunakan plastip wrap sebagai gantinya. Beberapa restoran dan cafe saat ini tak jarang yang menggunakan plastik wrap sebagai penutup produk cairan atau minuman apapun.

4. Untuk Merebus Telur

Selain digunakan sebagai penutup makanan ataupun minuman, plastik wrap juga bisa digunakan saat merebus telur terutama jika Anda menginginkan telur rebus setengah matang agar lebih mudah mengeceknya.

Sebelum dimulai, pertama letakkan plastik wrap dalam cangkir, atur rapi dengan pinggiran plastik di pinggir cangkir, kemudian pecahkan dan masukkan telur ke dalamnya. Selanjutnya ikat plastik wrap dan masukkan ke dalam air mendidih. Rebus telur selama kurang lebih 5-8 menit. Telur rebus setengah matang pun siap dinikmati.

5. Menjaga Bunga Tetap Segar

Tak hanya digunakan untuk mengemas produk makanan ataupun minuman, ternyata plastik wrap juga bisa digunakan untuk menjaga bunga agar tetap segar.

Bunga yang sudah dipetik biasanya akan mudah layu, untuk itu Anda perlu melakukan perawatan khusus agar bunga tetap terjaga kesegarannya. Salah satunya yaitu dengan mengemasnya menggunaan plastik wrap.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membungkus pangkal batang bunga dengan menggunakan plastik wrap sebelum dikemas dengan cantik dengan beragam kertas yang menarik menjadi bucket.

Kelebihan Plastik Wrap dalam Pengemasan Produk Makanan | Hand Stretch Wrapper

Plastik wrap dalam produk makanan sendiri berguna untuk menjaga kualitasnya sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Plastik wrap juga mampu menjaga aliran udara dan mencegah kelembapan sayur dan buah, serta menghambat proses pematangan makanan.

Selain itu, plastik wrap juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan kondensasi. Penggunaan plastik wrap sangat penting, terutama untuk mengemas produk makanan.

Tak hanya sayur dan buah, banyak produk makanan lainnya yang dibungkus menggunakan plastik wrap, misalnya daging, ayam, ikan, seafood, dan lain sebagainya. Bahan makanan yang tidak dikemas dengan plastik wrap biasanya lebih mudah terkontaminasi bakteri sehingga mudah membusuk. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak kelebihan penggunaan plastik wrap dalam pengemasan produk makanan berikut:

1. Menjaga Kehigienisan Makanan

Dalam kondisi pandemi virus corona seperti saat ini, banyak masyarakat lebih selektif dalam memilih produk makanan. Tentu produk yang dikemas dengan plastik wrap akan lebih banyak dipilih karena lebih higienis dibandingkan dengan produk makanan yang dibiarkan terbuka.

Maka tak heran jika permintaan produk plastik wrap juga semakin meningkat, karena dengan penggunaan plastik wrap ini makanan tidak tersentuh tangan secara langsung sehingga tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri maupun virus.

2. Makanan Menjadi Lebih Tahan Lama

Kmasan plastik wrap memiliki sifat yang tertutup dan kedap terhadap kontaminasi udara luar. Selain lebih higienis, makanan yang dibungkus plastik wrap juga akan lebih tahan lama. Kualitas, gizi, rasa dan kesegaran bahan makanan pun dapat terjaga dengan baik.

Sayur ataupun buah yang dikemas mengunakan plastik wrap bahkan bisa bertahan hingga 10 hari. Dengan penggunaan plastik wrap tentunya Anda juga berkontribusi dalam mengurangi jumlah limbah makanan.

3. Lebih Efisien

Jika melihat dari sisi keefisienannya, penggunaan plastik wrap ini juga cukup efisien, terutama saat proses pengemasannya karena bisa menghemat waktu maupun tenaga.

Selain itu, proses pemindahan produk juga akan menjadi lebih mudah, karena produk makanan bisa dilihat karena plastik kemasan yang transparan. Tak hanya digunakan sebagai bungkus makanan, plastik wrap pun juga bisa digunakan untuk mengemas barang.

4. Menghemat Pengeluaran

Mengemas produk makanan menggunakan plastik wrap jauh lebih efektif dan hemat dari segi biaya jika dibandingkan dengan penggunaan strapping, heat shrink film maupun corrugated. Harga peralatan yang dibutuhkan pun jauh lebih murah dan terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa menekan biaya pengeluaran karena tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak, karena proses pengemasan menggunakan plastik wrap tergolong cukup mudah dan cepat.

5. Mudah Didaur Ulang

Keunggulan lainnya dari plastik wrap yaitu terbuat dari bahan plastik yang mudah untuk didaur ulang. Hal itu tentunya bisa lebih menghemat biaya pengeluaran dalam kebutuhan penggunaan plastik untuk usaha atau bisnis tertentu.

Informasi Pemesanan Hand Stretch Wrapper

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

CV. Rumah Mesin menyediakan mesin Hand Stretch Wrapper yang dapat membantu Anda dalam proses pengemasan produk menjadi lebih rapat dan rapi.

Kami siap membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Kenapa harus kami? Kami adalah perusahaan penyedia dan pembuat alat/mesin yang terpercaya dan sudang berpengalaman di bidangnya.

Produk alat/mesin yang kami tawarkan ada berbagai macam jenis dan bidang, baik mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin industri besar.

Kami juga memberikan layanan khusus bagi para pelanggan CV. Rumah Mesin diantaranya yaitu training cara mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsultasikan kepada kami jenis usaha apa yang cocok untuk dilakukan, disaat Anda memiliki modal, namun bingung akan menginvestasikannya dimana.

CV. Rumah Mesin hanya memberikan mesin-mesin yang berkualitas. Mesin-mesin kami dibuat oleh para tenaga ahli dan sudah melalui tahap quality control.

Sebelum membawa mesinnya pulang, Anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu. Hal ini kami lakukan karena kepuasan Anda adalah prioritas utama kami.