Kompor Listrik – Kompor Listrik Terbaru 2019

Kompor listrik adalah kompor yang bekerja dengan prinsip induksi sehingga kompor tidak akan mengeluarkan panas tetapi masakan bisa cepat matang. Karena dalam tekhnologinya ini diatur oleh sebuah chip mikro kontroler yang menggunakan energi listrik.

Cara Pengoperasian Kompor Listrik

Untuk cara pengoperasiannya juga terbilang mudah, karena semua proses pembuatannya otomatis

1. Siapkan Peralatan Masak yang Tepat

Kompor listrik membutuhkan peralatan masak yang khusus agar dapat bereaksi dengan lempeng medan magnet yang ada di atas kompor ini. Karena permukaannya hanya bereaksi dengan bahan logam seperti besi atau stainless steel, otomatis Anda harus mengupgrade peralatan masak dengan material dari bahan tersebut. Jika sulit untuk menemukannya, Anda dapat menggantinya dengan peralatan masak yang hanya bagian bawahnya saja yang terbuat dari besi atau stainless steel, sementara bagian lainnya terbuat dari material biasa. Sehingga ketika bagian bawah peralatan masak tersebut mengenai medan magnet, maka energi panas akan segera tertransfer ke peralatan masak tersebut.

2. Tes Peralatan Masak Anda yang Lama

Beberapa jenis peralatan masak bisa bereaksi dengan kompor listrik, namun beberapa di antaranya tidak bisa. Maka, sangat perlu dilakukan uji apakah alat masak Anda cocok dipakai atau tidak. Caranya dengan tempelkan magnet pada bagian bawah peralatan masak anda. Jika magnet tersebut menempel dengan baik, maka peralatan masak tersebut dapat digunakan pada kompor listrik.

3. Nyalakan Sesuai Petunjuk Penggunaan

Kompor listrik memiliki berbagai jenis dan desain, termasuk cara menyalakannya pun terkadang mempunyai sistem yang berbeda. Ada yang cara menyalakannya hanya dengan menekan tombol, tapi ada juga yang cara menyalakannya hanya dengan cara memutar tombol. Maka, Anda perlu memperhatikan dengan benar jenis kompor listrik Anda.

4. Letakkan Peralatan Masak Pada Cooktop

Letakkan peralatan masak pada cooktop (lempeng yang ada pada kompor listrik) segera setelah dinyalakan. Sebagai langkah pengujian awal, sebaiknya Anda mencoba memasak dengan berbagai macam cara, mulai dari menumis, menggoreng, dan merebus. Hal ini berguna untuk menentukan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses memasak.

5. Ukur Waktu Memasak Dengan Benar

Untuk penggunaannya lebih efisien dan optimal dalam menggunakan energi dibandingkan dengan kompor gas. Sehingga, proses memasak bisa berlangsung lebih cepat. Jika pada kompor biasa Anda memerlukan waktu sekitar kurang lebih 15 menit untuk memasak, maka dengan kompor listrik ini, makanan bisa matang hanya dalam waktu 10 – 12 menit. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa lebih bersiap mengangkat makanan dari tempatnya sebelum menjadi gosong.

Tips Menggunakan Kompor Listrik Bagi Pemula

1. Sebelumnya Matikan Perangkat Elektronik Anda

Umumya kompor listrik membutuhkan energi listrik yang cukup besar ketika digunakan. Karena itulah, untuk menghindari permasalahan listrik seperti listrik jeglek (listrik mati karena tidak kuat menahan beban), sebelum memasak anda perlu mematikan perangkat atau barang elektronik lain yang terdapat di dalam rumah anda. Misalnya mesin cuci, setrika, magic com, atau barang elektronik lainnya yang memakan daya tinggi.

2. Selalu Menggunakan Panci dan Wajan khusus

Tidak perlu bingung menafsirkan mengenai panci dan wajan khusus ini. Karena yang dimaksud dengan panci dan wajan khusus di sini yaitu panci dan juga wajan yang telah tersedia saat anda membelinya pertama kali.

Bisanya panci dan wajan akan selalu tersedia dan telah didesain pabrik memiliki kecocokan dengan jenis kompor  yang anda beli.

3. Aturlah Daya Listrik Terendah

Hal penting lain yang perlu anda perhatikan sebelum mulai memasak yaitu, atur daya listrik kompor pada daya paling rendah. Hal ini sangat penting khususnya bagi anda yang memang memiliki daya listrik rendah dan khawatir akan terjadinya listrik tidak mampu mengangkat beban.

4. Letakkan Panci atau Wajan di Atas Bagian Permukaan atau Cooktop

Setelah memastikan kompor siap. Anda dapat langsung meletakkan panci atau wajan pada bagian atas permukaan kompor. Masukkan setelah wajan atau panci siap digunakan untuk memasak, dan tunggu sampai bekerja memanaskan masakan anda.

Perhatikan cipratan minyak atau air yang jatuh pada atas kompor yang mungkin terjadi saat proses memasak. Jika memang terjadi, segera bersihkan agar tidak berbahaya.

5. Segera Matikan Jika Telah Selesai Menggunakannya

Setelah selesai memasak, jangan lupa untuk segera mematikan atau nonaktifkan kompor tersebut. Matikanlah dengan cara memutar tombol power ke posisi yang menunjuk ke tulisan OFF atau mati.

Selanjutnya, segera lepas kabel yang tadi telah terhubung pada stop kontak listrik. Hal tersebut dilakukan agar tidak memboroskan penggunaan listrik di rumah anda.

Step yang terakhir, anda bisa langsung membersihkan bagian permukaan atau pada bagian cooktop. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan kain microfiber yang basah. Usap seluruh permukaan secara perlahan. Lakukan usapan berulang-ulang sampai kompor anda kembali bersih.

Cara Membersihkan Kompor Listrik

Permukaan kompor listrik yang menjadi tempat memasak atau yang sering disebut dengan cooktop biasanya terbuat dari kaca atau keramik. Untuk itu, permukaan ini perlu dibersihkan secara rutin agar tetap awet dan mengkilap. Namun, cara membersihkannya pun harus berhati – hati, yakni dengan menggunakan pembersih khusus cooktop. Langkah – langkah membersihkannya antara lain:

  1. Bersihkan permukaan cooktop cukup hanya dengan mengoleskan beberapa tetes cleaner khusus keramik. Gunakanlah kain untuk mengoleskan dan usapkan berkali – kali hingga benar – benar bersih.
  2. Untuk cooktop berbahan kaca, gunakan cleaning pad khusus, kemudian semprotkan glass cleaner ke seluruh permukaan cooktop. Gunakan tisue atau kain kering untuk mengusap atau menghilangkan cleaner tersebut dari permukaan cooktop.
  3. Untuk membersihkan suatu noda atau kerak yang menempel pada permukaan kompor listrik, Anda dapt menggunakan ceramic cleaner dan teteskan langsung pada nota. Gunakanlah lap khusus ceramic cooktop cleaning pad untuk menghapus dan membersihkan noda tersebut dan ulangi beberapa kali sampai nodanya benar – benar menghilang.
  4. Khusus untuk noda yang menumpuk cukup tebal dan cukup keras, gunakan scraper atau alat pengikis noda. Pastikan Anda menggunakannya dengan berhati – hati agar tidak meninggalkan goresan pada permukaan cooktop. Selain itu, usahakan kompor berada dalam keadaan benar – benar dingin sebelum membersihkan noda, kerak, atau sisa residu bahan masak.

Keuntungan dari Kompor Listrik

1.   Kebersihan Kompor Listrik

Membersihkan kompor selalu saja menjadi tugas tersendiri yang sebenarnya cukup memakan waktu yang lumayan untuk dikerjakan. Harus mencopot bagian-bagian dari kompor, dan membersihkan tiap bagiannya dengan telaten. Apalagi ketika ada kerak tertinggal yang sulit untuk dibersihkan. Membersihkan kompor menjadi semakin mudah pada kompor listrik.

Permukaannya yang rata dan licin membuat Anda dapat membersihkannya dengan lebih cepat. Cukup dengan mengelap permukaannya dengan menggunakan kain bersih saja. Tidak sampai semenit dan kompor listrik Anda sudah mengkilat.

2.   Panas Lebih Merata

Panas yang dihasilkan dari kompor listrik merupakan hasil dari energi elektromagnetik. Dibandingan dengan kompor pada umumnya, kompor listrik ini menjamin panas yang merata pada seluruh bagian masakanmu. Menghasilkan masakan yang lezat dan nikmat dan hangat sampai ke dalam.

3.   Lebih Hemat Energi

Hanya dengan mendengar namanya saja, kita tahu bahwa kompor itu menggunakan energi listrik untuk memasak. Sekilas energi yang digunakan terasa begitu besar dan pasti akan membuat biaya listrik membengkak. Sebenarnya pada kenyataanya, panas dari energi listrik ini sangat memungkinkan masakan Anda untuk matang lebih cepat. Sehingga, memungkinkan Anda untuk mengurangi jumlah pemakaian energi. Kalau Anda memikirkan baik-baik, Anda akan tahu bahwa kompor listrik lebih banyak menghemat energi dan biaya untuk membayar listrik.

4.   Memasak Aman Tanpa Takut Terbakar Api

Teknologi canggih yang ditawarkan pada kompor listrik memungkinkan bahwa untuk memasak tanpa menggunakan api. Pada tekhnologi ini hanya memanaskan pada bagian permukaan yang bersentuhan dengan peralatan masak Anda.

Hal ini sangat membantu sekali bagi para ibu di dapur. Memasak semakin nyaman dan aman tanpa harus takut dengan api yang mungkin menyambar dan membakar tangan atau anggota tubuh lainnya. Apalagi untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Kompor listrik menawarkan rasa aman yang lebih.

5.   Intensitas Panasnya Lebih Mudah Untuk Diatur

Kemajuan teknologi benar-benar membuat hidup menjadi lebih mudah. Dengan adanya kompor listrik, Anda memiliki kemungkinan tidak terbatas untuk memasak berbagai hal, bahkan dengan panas yang bisa Anda atur sendiri. Hanya dengan satu kompor listrik, Anda dapat memasak air panas untuk menyeduh teh dan kopi, untuk menggoreng, bahkan hingga untuk membuat hotpot sendiri di rumah.

6.   Lebih Efisien dan Mudah Untuk Dibawa

Ada beberapa model yang didesain sudah menyatu langsung dengan meja dapur. Tapi tentunya, juga memiliki desain minimalis yang simpel, efisien dan bahkan berukuran mini. Ukuran dan bentuknya, membuat Anda dapat membawanya untuk berpergian menjadi sangat lebih mudah. Yang penting di tempat tujuan Anda terdapat listrik yang mengalir untuk menghidupkannya. Tidak perlu lagi membawa kompor gas portable, dan tabung gas mininya saat berpergian.

7.   Tidak Takut Lagi Dengan Kebocoran Gas

Kita banyak mendengar kasus di mana banyaknya tabung gas yang meledak pada kompor gas. Hal ini lebih banyak disebabkan oleh kelalaian, tapi nyatanya sanggup membuat banyak masyarakat mulai takut untuk memiliki kompor gas.

Tidak memiliki kompor gas bukan berarti Anda tidak bisa memasak. Salah satu yang merupakan pilihan terbaik yang aman dari kompor gas yang dapat menyebabkan ledakan gas. Pada tekhnologi ini menggunakan energi elektromagnetik untuk menghasilkan panas yang dapat digunakan untuk memasak. Tanpa menggunakan tabung gas, dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya ledakan oleh gas di rumah Anda.

Macam-Macam Kompor Listrik

1.   Spesifikasi Kompor Listrik Type: IC-1100

kompor listrik type IC-1100

Kompor Listrik Type: IC-1100

Tegangan : 220V / 1-Phase
Daya(W) : 500, 600,700,900,1100
Berat(Kg) : 1,8

Fitur Produk

Panjang(mm) : 210
Lebar(mm) : 250
Tinggi(mm) : 58

2.   Spesifikasi Kompor Listrik Type: IC-2000

 

kompor listrik type IC-2000

Kompor Listrik Type: IC-2000

Tegangan : 220V / 1-Phase
Daya(W) : 200, 300, 600, 800, 1000, 1200, 1400, 1600, 1800, 2000
Berat(Kg) : 4,5

Fitur Produk

Panjang(mm) : 310
Lebar(mm) : 390
Tinggi(mm) : 58

Harga Kompor Listrik

Informasi dan harga Kompor Listrik bisa Anda dapatkan melalui kontak kami dibawah ini. Kompor Listrik kami berkualitas dan telah melewati uji coba.

Tips Memasak Nasi Menggunakan Kompor Listrik

Ada beberapa resep masakan yang dapat dibuat dengan menggunakan kompor listrik. Berikut 3 Tips Cara Memasak Menggunakan kompor listrik:

  1. Jika ingin memasak dengan kompor listrik  sekiranya yang biasa atau sederhana saja seperti, membuat nasi goreng, dan menumis.
  2. Untuk membuat nasi goreng dengan kompor listrik, sebelum permukaan panas merata, sebaiknya wajan ditaruh dahulu saja diatas permukaan atau cooktop yang sedang dipanaskan, sehingga ketika nasi yang sudah siap untuk dimasak tidak terlalu lama untuk harus menunggu nasi itu untuk dimasak, dan sebaiknya juga ketika wajan belum panas jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker atau dari panci tempat memasak nasi tersebut, sebaiknya ambilah nasi ketika wajan sudah panas sempurna, barulah Anda memasukan bumbu – bumbu dan barulah Anda mengambil nasi secukupnya yang akan dimasak.
  3. Apabila Anda ingin membuat cake atau kue, sebaiknya jangan menggunakan kompor listrik, lebih baiknya Anda gunakan kompor gas atau minyak, jika menggunakan kompor listrik tidak akan berubah rasa atau hambar pada masakan itu, melainkan lamanya memasak dengan menggunakan kompor listrik berbeda dengan kompor  biasanya, yang cepat sekali panas, kompor listrik ini harus meunggu dahulu panasnya merata pada besi bulat yang berbentuk seperti obat nyamuk.

Informasi dan Pemesanan Produk

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta
Call Center : 0274 287 1809
SIMPATI : +62 812 2222 9224 / +62 812 2447 4411
XL : +62 878 3336 8884 / +62 877 3424 1313
MENTARI : 081 666 9383

RUMAH MESIN menyediakan Kompor Listrik untuk membantu anda dalam menghancurkan es balok untuk kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan usaha anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan kompor listrik yang dapat menunjang kegiatan usaha Anda.

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya. Seperti mesin-mesin perikanan, industri, pertanian, perkebunan, peternakan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam pengoperasian mesin-mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Rumah Mesin pasti memberikan mesin-mesin yang sangat berkualitas bagi kebutuhan anda, karena mesin-mesin kami selalu dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan telah melewati berbagai tahapan Quality Control, serta dapat anda coba sebelum anda membawanya pulang. Sehingga anda dapat merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.