Mesin Arum Manis

Mesin arum manis, mesin gulali, mesin gula kapas adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memasak atau memproses gula pasir menjadi arum manis atau gulali atau gula kapas. Bisa dikatakan bahwa mesin arum manis merupakan sebuah alat yang paling utama dalam pembuatan arum manis.

 

Model dan Spesifikasi Mesin Arum Manis

Mesin pembuat arum manis atau sering disebut mesin gulali atau mesin gula kapas adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuat arum manis atau gulali atau gula kapas. Mesin arum manis kami dapat membuat 2-6 biji gulali dalam waktu 1 menit tergantung model mesin gulali.

Dalam berbisnis arum manis, anda membutuhkan model dan spesifikasi mesin arum manis yang memadai. Berikut ini beberapa model dan spesifikasi mesin arum manis yang dapat anda jadikan referensi.

1. Mesin Arum Manis CCD – RMF01
Mesin Arum Manis CCD – RMF01

Mesin Arum Manis CCD – RMF01

Energi Yang Digunakan:Gas LPG.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Energi Yang Digunakan:Gas.
Daya:80 Watt.
Hasil Produksi:2 Biji / Menit.
Berat Mesin:13 Kg.
Ukuran Mesin:520 mm x 520 mm x 500 mm.

 

2. Mesin Arum Manis CCD – MF01
Mesin Arum Manis CCD – MF01

Mesin Arum Manis CCD – MF01

Energi Yang Digunakan:Listrik.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Daya:1030 Watt.
Hasil Produksi:2 Biji / Menit.
Berat Mesin:13 Kg.
Ukuran Mesin:520 mm x 520 mm x 500 mm.

 

3. Mesin Arum Manis CCD – MF05 (Dengan Gerobak)
Mesin Arum Manis CCD – MF05 (Dengan Gerobak)

Mesin Arum Manis CCD – MF05 (Dengan Gerobak)

Energi Yang Digunakan:Listrik.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Daya:1030 Watt.
Hasil Produksi:2 Biji / Menit.
Ukuran Mesin:930 mm x 520 mm x 860 mm.

 

4. Mesin Arum Manis CCD – EMJ500
Mesin Arum Manis CCD – EMJ500

Mesin Arum Manis CCD – EMJ500

Energi Yang Digunakan:Listrik.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Daya:1030 Watt.
Hasil Produksi:4 – 6 Biji / Menit.
Berat Mesin:14,5 Kg.
Ukuran Mesin:520 mm x 520 mm x 435 mm.

 

5. Mesin Arum Manis CCD – GMJ500
Mesin Arum Manis CCD – GMJ500

Mesin Arum Manis CCD – GMJ500

Energi Yang Digunakan:Gas LPG.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Daya:80 Watt.
Hasil Produksi:4-6 Biji / Menit.
Berat Mesin:15 Kg.
Ukuran Mesin:520 mm x 520 mm x 435 mm.

 

6. Mesin Arum Manis CCD – BMJ500
Mesin Arum Manis CCD – BMJ500

Mesin Arum Manis CCD – BMJ500

Energi Yang Digunakan:Gas LPG Dengan Baterai Listrik.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Daya:8 Watt.
Hasil Produksi:4-6 Biji / Menit.
Berat Mesin:18 Kg.
Ukuran Mesin:520 mm x 520 mm x 435 mm.

 

Harga Mesin Arum Manis

Informasi dan harga mesin pembuat arum manis bisa Anda dapatkan melalui kontak kami dibawah ini. Mesin Pembuat Arum manis dari kami berkualitas, telah melewati uji coba dan melalui Quality Control.

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pembuat Arum Manis untuk membantu anda dalam membuat arum manis untuk kebutuhan usaha anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan Mesin Pembuat Arum Manis yang dapat menunjang kegiatan usaha Anda.

Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya, seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain, dari mulai mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pembuat Arum Manis.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda, karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control, serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Video Mesin Arum Manis

 

Kegunaan Mesin Arum Manis

Mesin Arum Manis atau mesin gulali banyak digunakan oleh para pengusaha arum manis atau gulali. Mesin ini dapat menghasilkaan 1 biji gulali atau arum manis hanya dalam 30 detik.

Alat pemroses gula pasir menjadi arum manis ini juga dapat memnghasilkan gulali dengan ukuran yang besar hanya dengan bahan berupa 1 sendok makan gula pasir.

 

Keunggulan Mesin Arum Manis Rumah Mesin

RUMAH MESIN menyediakan mesin pembuat arum manis atau mesin gulali yang dapat anda andalkan dalam usaha gulali atau arum manis anda. Alat pembuat arum manis ini akan mempermudah pembuatan gulali anda dibandingkan dengan mesin gulali tradisional atau manual.

Dengan menggunakan mesin pembuat arum manis ini, maka proses pembuatan gulali anda akan semakin cepat. Karena mesin kami ada yang dapat memroses gula pasir menjadi gulali dalam waktu 10 detik saja. Artinya dalam 1 menit saja mesin gulali atau mesin pembuat arum manis ini dapat menghasilkan gulali sampai 6 biji.

Mesin gulali atau mesin pembuat arum manis kami dirancang dan dibuat khusus untuk para pembuat arum manis. Mesin dibuat dari bahan material stainless steel anti karat dengan kualitas terbaik. Dan telah melalui serangkaian uji coba sekaligus Quality Control.

Alat pembuat arum manis dari kami terjamin kualitasnya, keandalannya, kehigienisannya, serta keunggulannya. Tentunya kami menawarkan mesin pembuat arum manis ini dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

  • Mudah digunakan
  • Bahan sedikit (1 sendok makan gula pasir), dengan hasil banyak ( 1 biji gulali besar)
  • Proses produksi atau pembuatan gulali sangat cepat, dapat mencapai 6 biji per menit
  • Hemat
  • Aman
  • Andal
  • Higienis
  • Efektif
  • Efisien
  • Dapat berkreasi dengan bentuk-bentuk yang dapat menarik konsumen

 

Peluang Usaha Arum Manis

Arum Manis atau gulali atau gula kapas adalah sejenis makanan ringan yang dibuat dari gula pasir yang diproses menggunakan mesin pembuat arum manis. Arum Manis mempunyai bentuk dan rasa yang beraneka ragam. Namun rasa manis tetap menjadi rasa dominan dari arum manis.

Gulali dibuat dari gula pasir yang diberi pewarna makanan. Namun terkadang gulali juga dibuat dari beberapa campuran bahan masakan lainnya. Sebagian besar penyusun gulali terdiri dari air sehingga hasilnya sangatlah besar, jika mengingat bahannya yang hanya 1 sendok makan gula.

Sebuah arum manis biasanya dapat mencapai ukuran sebesar bola basket, bahkan lebih besar. Arum manis biasanya dijajakan di stand – stand pasar malam atau event – event rakyat lainnya.

Warna arum manis yang paling banyak dijajakan adalah arum manis warna merah jambu, kuning, hijau muda, oranye, dan biru muda. Akan tetapi banyak juga yang menerapkan warna – warna pelangi, bahkan menyatukannya menjadi satu buah arum manis pelangi.

Mesin pembuat arum manis dari kami menghasilkan arum manis yang mempunyai kualitas kapas dan rasa tinggi. Tentu disesuaikan dengan takaran sesuai dengan keinginan anda. Dengan mesin pembuat arum manis usaha anda lebih mudah memproduksi arum manis yang berkualitas.


 

Arum Manis

Arum manis adalah sejenis makanan yang terbuat dari gula pasir yang dibakar terlebih dahulu. Makanan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh William Morrison dan John C. Wharton, di St. Petersburg.

Louis World’s Fair dengan nama “Fairy Floss” (benang peri). Mereka berhasil menjual 68.655 boks dengan harga yang cukup tinggi saat itu, yaitu US $ 0,25, atau setengah dari harga tiket masuk pameran.

Arum Manis ya rasanya manis, arum manis juga punya varian warna yang menarik. Namun sayangnya di negara kita banyak terdapat orang jahat yang memanipulasi warna arum manis dengan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Sejarah Arum Manis

Sweet Arum atau Rambut Nenek adalah camilan populer di tahun 1990-an. Selain dikenal dengan nama rambut nenek, camilan ini juga dikenal dengan nama arum manis. Namun nama aslinya adalah arbanat karena aslinya berwarna putih seperti uban, maka dinamakan rambut nenek.

Seiring berjalannya waktu, rambut Nenek mulai dibuat dengan berbagai warna. Ada yang hijau, merah muda, dan kuning. Rambut nenek juga bervariasi rasanya. Misalnya rasa durian, melon, rasa pandan, dan masih banyak lagi.

Ternyata tidak hanya di Indonesia, rambut nenek juga ada di beberapa negara, salah satunya Perancis. Di Prancis, camilan ini dikenal dengan nama Barbe a Papa. Artinya, jenggot ayah. Namun, jika Anda melihat ke belakang, ini lebih mirip permen kapas.

Cara membuat arum atau kembang gula tradisional sangat mudah. Warnanya sangat menarik, dan rasanya manis serta enak dimakan.

Banyak anak-anak dan orang dewasa menyukainya. Tak heran jika saat ini bisnis arum manis tidak hanya dijalankan ketika ada pasar malam, namun telah berkembang menjadi peluang bisnis modern dengan menentukan berbagai penawaran bisnis arum manis.

Uniknya, saat menyantap arum manisnya akan meleleh dan terasa sensasi lengket di mulut karena bahannya berasal dari gula murni. Aroma manis higroskopis akan menjadi keras dan kasar saat terkena air secara langsung.

Berikut ini kami bahas cara membuat penganan arum manis tradisional karena arum manis sudah mulai punah dan jika ada tutorialnya akan lebih mudah melaporkan tanpa harus mencari penjual arum manis tradisional maupun modern.

 

Cara Membuat Arum Manis

Ada beberapa metode pembuatan arum manis/rambut nenek. Beriku ini beberap ametode membuat arum manis.

Metode # 1

Alat dan Bahan:

  • Mesin pembuat arum manis.
  • Tongkat dari bambu (untuk menggulung arum manis).
  • Gula putih sebagai bahan utama sekitar 1 kg.
  • Asam sitrum 1 sdm.
  • ¾ atau 100 ml air matang.
  • Pewarna makanan (sesuai selera).

Cara Membuat Arum Manis:

  1. Campur gula pasir dengan pewarna makanan yang sudah Anda sediakan sesuai dengan keinginan Anda, lalu aduk hingga rata.
  2. Panaskan pembuat arum manis.
  3. Jika gula dan pewarna tercampur rata, masukkan ke dalam mesin yang sudah dipanaskan sebelumnya dan tunggu beberapa menit hingga serat gula keluar dari mesin.
  4. Gulung serat gula dengan gerakan melingkar dengan tongkat bambu, sesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Jika sudah terbentuk, bungkus dengan plastik agar tidak langsung terkena air yang akan mengeras.

Metode # 2

Bahan:

  • 1kg gula putih.
  • Tepung terigu ¼ kg.
  • Minyak goreng ¼ liter

Cara Membuat Arum Manis:

  1. Masak gula pasir dengan air sesuai selera (bisa pakai 1 scoop) sampai berbusa dan mengental.
  2. Tepung terigu juga dimasak bersama minyak yang telah disediakan untuk meningkatkan kecoklatan. Jika sudah matang, dinginkan dulu.
  3. Kemudian, bolak-balik rebusan gula dengan spatula hingga membentuk adonan yang tidak mengeras.
  4. Siapkan meja dengan kayu di tengah meja dan tutup dengan seng, lalu taburkan tepung yang sudah matang di atas seng.
  5. Jika sudah diratakan, Anda bisa meletakkan adonan di atas meja yang sebelumnya sudah diolesi tepung terigu dan minyak. Buat lubang seperti donat dan taruh di kayu penyangga lalu tarik keluar (disarankan gula masih hangat).
  6. Tarik gula secara terus menerus dengan kekuatan yang cukup untuk mengubah gula menjadi lembaran seperti rambut.

Metode # 3

Bahan:

  • 500 gram gula pasir murni
  • air yang cukup sekitar 125ml.
  • Minyak goreng 1 sdm.
  • 200 gram tepung terigu
  • Pewarna makanan (sesuai selera).

Cara Membuat Arum Manis:

  1. Silakan tuangkan minyak goreng yang sudah disiapkan ke dalam wajan, panaskan.
  2. Diberikan informasi terkini tentang tepung terigu hingga berubah warna menjadi coklat.
  3. Letakkan tepung sangrai di atas loyang, lalu ratakan dan sisihkan.
  4. Gula, air, dan pewarna atau pewarna ke dalam wajan, lalu masak hingga mendidih hingga gula benar-benar larut.
  5. Jika sudah larut, angkat panci dan diamkan sebentar agar campuran gula mengental tapi tidak mengeras.
  6. Tuang gula di atas tepung, lalu tarik terus adonan hingga membentuk rambut.

Metode # 4

Bahan:

  • Gula jawa yang sudah dihaluskan 500 gram.
  • air yang cukup sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang telah dipotong atau ditumbuk kasar (sesuai selera).
  • Tusuk sate.

Cara Membuat Arum Manis:

  1. Pertama, hak cipta gula merah dan air ke dalam wajan yang kemudian diaduk hingga gula dan air tercampur rata.
  2. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu taruh wajan di atas api.
  3. Aduk adonan hingga mendidih, atau sisa kacang tanah yang sudah dipotong atau dihaluskan kasar kemudian diaduk hingga merata.
  4. Saat air pada adonan sudah sedikit berkurang, angkat wajan dan diamkan adonan hingga mulai mengental.
  5. Jika adonan sudah mengental, celupkan tusuk sate ke dalam adonan lalu ambil arum manis tersebut membentuk lingkaran sehingga berbentuk agak bulan seperti lollipop.
  6. Aroma manis siap dinikmati. Jika disimpan dalam waktu lama, Anda bisa membungkus arum manis tusuk dengan plastik lalu menyimpannya di toples.

 

Peluang Usaha Arum Manis

Dibandingkan dengan bisnis lain yang tidak jelas, bisnis arum manis cukup stabil. Maklum, bisnis ini tidak akan tergerus oleh waktu. Singkatnya, bisnis arum manis tidak ada habisnya.

Peluang bisnis ini juga sangat luas. Bahkan tidak sedikit pihak yang telah memulai bisnis arum manis rumahan atau bisnis cup sweet arum dan berkembang pesat hingga memiliki sejumlah cabang.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam satu waktu? Sangat banyak!

Agar lebih jelas, simak keunggulan bisnis arum manis di bawah ini.

  • Mudah dijalankan
  • Modal kecil
  • Ini tidak memakan tempat yang besar
  • Anda bisa berjualan dimana saja
  • Target pasar yang jelas
  • Disukai oleh segala usia
  • Resiko kerugian kecil
  • Omset selalu meningkat
  • Keuntungan besar
  • Pengembalian investasi cepat

Sebelum menjalankan bisnis arum manis, Anda membutuhkan beberapa alat, antara lain:

  • Mesin arum manis
  • 3kg gas
  • Gula
  • Perasa dan pewarna organik
  • Kemasan (plastik atau cangkir)
  • Biaya listrik dan lain-lain

 

Analisis Bisnis Usaha Arum Manis

Analisis bisnis arum manis adalah sebagai berikut.

  • Biaya Produksi per Pcs Rp 1.750,00
  • Harga jual per bungkusnya Rp 10.000

Jika dalam sehari hanya bisa menjual 40 bungkus arum manis secara konsisten, maka omzet yang bisa didapat adalah Rp 12.000.000,00, biaya produksi satu bulan, keuntungan bersih yang didapat adalah Rp9.900.000. Angka yang sangat menarik, bukan ??

Semakin banyak arum manis yang bisa Anda jual, semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan dari bisnis arum manis tersebut.

 

Keuntungan Berbisnis Arum Manis

Membuat arum manis ini sangatlah mudah, hanya membutuhkan sedikit keahlian dan kesabaran dalam menggunakan mesinnya. Selain itu bahan dasar atau bahan baku yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di sekitar kita. Bisnis arum manis juga tidak membutuhkan modal besar.

Modal relatif kecil. Untuk modal dibawah Rp. 5 juta masih tergolong modal kecil dan mudah ditemukan serta mudah didapat. Padahal, proses dalam produksi juga tidak membutuhkan biaya yang cukup.

Pemasaran mudah. Jika peluang bisnisnya bagus dengan makanan ringan atau makanan. Carilah konsumen dengan banyak anak di bawah usia 10 tahun yang pasti tertarik untuk membelinya. Bisa dijajakan di alun-alun, di pinggir jalan yang ramai, dll.

Kompetisi. Dalam bisnis arum manis yang satu ini memiliki persaingan yang tidak terlalu rumit, karena jarang sekali melakukan bisnis arum manis. Jadi, ini bisa digunakan untuk Anda.

Tidak memakan banyak tenaga. Karena bisnis ini adalah bisnis do-it-yourself, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memproses produksi. Sedangkan barang tambahan seperti plastik atau gelas yang bisa digunakan untuk membungkus arum manis juga sangat murah dan mudah ditemukan.

 

Kekurangan Berbisnis Arum Manis

Banyaknya pesaing, saat ini tidak hanya pedagang keliling yang berjualan arum manis, namun banyak pengusaha arum manis yang telah membuka kemitraan di berbagai daerah. Jadi Anda harus jeli dan telaten dalam memilih lokasi bisnis yang masih tenang.

Dalam bisnis arum manis ini, Anda harus rajin dan aktif. Pengelolaan usaha ini ditujukan untuk anak kecil dan tidak semua anak menyukai jajanan arum manis ini, jadi usahakan berbisnis dengan sabar.

Dibutuhkan keahlian yang cukup dalam menjalankan bisnis arum manis. Untuk pembuatan arum manis memang dibutuhkan keahlian yang cukup banyak dalam membuatnya. Buatlah sebaik mungkin agar pelanggan kembali lagi dan menjadi pelanggan tetap.

 

Tips Usaha Arum Manis

Agar bisnis arum manis Anda laris manis di pasaran, ada beberapa ide yang bisa Anda manfaatkan, antara lain:

  • Gunakan packaging yang menarik dan unik
  • Desain gambar yang lucu
  • Berbagai jenis rasa
  • Harganya bagus
WhatsApp chat