Alat Pemotong Roti Tawar – Mesin Pemotong Roti Tawar, Bread Slicer Terbaru 2022

Mesin Pemotong Roti Tawar

Alat Pemotong Roti Tawar adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memotong roti tawar dan bolu gulung menjadi beberapa potongan.

Pemotongan Roti Tawar menggunakan Alat Pemotong Roti Tawar akan lebih cepat dan mudah. Hasilnya pun akan lebih rata alias sama ukurannya, dan lebih halus pemotongannya.

Mesin pemotong roti atau yang biasa juga disebut dengan bread slicer, adalah salah satu alat atau equipment yang wajib dimiliki oleh para pengusaha bakery dan para pengusaha pemilik pabrik bakery. Mesin ini sangat diandalakan untuk pemotongan helaian pada roti tawar, dengan ketepatan pemotongan dan juga efisiensi waktu pengerjaan.

Mesin ini menjadi primadona tersendiri dalam perkembangan bisnis bakery di Indonesia. Selain itu yang perlu dipahami adalah bahwasanya roti tawar menjadi salah satu produk wajib yang dijual di toko-toko bakery sehingga bread slicer atau mesin pemotong roti bukan alat pelengkap dalam industri roti.

Mesin pemotong roti dari Rumah Mesin berfungsi untuk memotong dan menghasilkan helai roti dengan ketebalan yang seragam. Alat ini dilengkapi dengan puluhan pisau pemotong yang sangat tajam, sehingga potongan yang dihasilkan tidak hancur dan memiliki bentuk yang rapi.

Dengan menggunakan alat ini, kita bisa menghasilkan produk berkualitas yang tidak akan bisa didapatkan apabila kita melakukan pemotongan dengan cara manual. Lalu, mengapa alat seperti ini wajib dimiliki oleh para pengusaha bakery?

Selain mampu memotong dengan ukuran yang sama, alat pemotong ini juga punya beberapa kelebihan lain. Beberapa keuntungan dari mesin ini mulai dari cara penggunaannya yang relatif mudah, menghemat waktu produksi, hingga cara perawatan yang tidak terlalu merepotkan.

 

Selain Anda akan lebih memahami cara kerja mesin, proses pemotongan pun bisa berjalan baik dan menghasilkan helai roti yang berkualitas.

  1. Jangan dulu menyalakan dan pastikan mesin dalam kondisi mati. Selain soal keamanan, hal ini juga bertujuan untuk memudahkan Anda untuk mengatur letak roti di dalam alat pemotong. Apabila Anda memasukkan saat alat sedang menyala, roti akan sulit untuk diatur dan juga kurang aman bagi pengguna.
  2. Siapkan produk roti tawar yang akan dipotong. Untuk ukuran, pastikan roti tersebut memiliki panjang sekitar 20-30 cm agar bisa masuk ke dalam mesin dengan pas.
  3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan roti ke dalam alat pemotong. Letakkan tepat di depan pisau dan atur posisinya agar bisa pas. Setelah itu barulah tekan tombol power untuk mulai menyalakan mesin.
  4. Saat mesin menyala, pisau-pisau pemotong akan langsung bergerak dengan cepat. Pada waktu yang sama Anda harus mendorong roti dengan alat yang sudah tersedia, sehingga dapat dipotong dengan sempurna.
  5. Roti terpotong dengan ukuran yang sama dan siap menuju proses pengemasan.

 

Cara Perawatan Mesin Pemotong Roti Tawar

Namun bagaimaana pun juga perawatan tetap harus dilakukan secara berkala, agar alat ini bisa awet dan tahan lama. Salah satu cara merawat mesin pemotong adalah dengan membersihkannya secara rutin.

Apabila alat pemotong selalu bersih, kualitas produk yang dihasilkan akan selalu terjaga. Apalagi cara membersihkan alat pemotong juga tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Pastikan Anda selalu berhati-hati saat membersihkan Bila tak waspada, tangan Anda dapat terluka oleh pisau yang sangat tajam di bagian dalam mesin. Lalu apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat alat pemotong tersebut? Simak dulu tata caranya berikut ini.

 

Cara Membersihkan Mesin Pemotong Roti

Mesin pemotong sebaiknya selalu dibersihkan setelah selesai digunakan. Setidaknya pembersihan dilakukan secara rutin sebanyak satu kali dalam seminggu.

Sebelum mulai membersihkan, pastikan mesin sudah dalam keadaan mati agar tidak berbahaya.  Kemudian, barulah Anda membersihkan dengan cara menyingkirkan sisa-sisa remah roti yang masih tertinggal di dalam.

Karena sifat roti yang cenderung kering dan tidak lengket, biasanya orang akan membiarkan remahnya begitu saja ketika mesin selesai digunakan.  Padahal jika dibiarkan dalam waktu yang lama, remah roti akan semakin menumpuk dan bisa mengganggu kinerja alat.

Biasanya bagian mesin yang paling banyak terdapat remah adalah loyang yang berfungsi menampung hasil potongan. Akan tetapi kadang, ada pula remahan yang menempel di pisau-pisau pemotong.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain kering atau sikat berbulu halus. Selebihnya, Anda cukup menempatkan mesin pemotong di ruangan tertutup yang tidak lembab demi menjaga kebersihannya.

 

MEMBERI CAIRAN PELUMAS PADA PISAU PEMOTONG

Setelah dianggap bersih, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah pemberian cairan pelumas. Bagian yang perlu diberi pelumas adalah pisau yang ada di dalam alat pemotong.

Seperti yang kita tahu,  pisau pemotong adalah bagian utama yang harus selalu dirawat dan dijaga ketajamannya. Bila pisau tidak tajam lagi, potongan roti yang dihasilkan pun akan rusak dan tidak rapi.

Menjaga ketajaman pisau bisa dilakukan dengan cara melumasinya dengan minyak goreng. Jangan lupa untuk menggunakan kain atau spons halus saat melumasi pisau.

Ingatlah untuk menggunakan minyak seperlunya, jangan terlalu banyak. Selama melakukan proses ini, Anda juga harus selalu hati-hati agar tak terluka oleh pisau. Pelumasan ini tidak perlu dilakukan setiap hari dan cukup dikerjakan sebanyak satu kali dalam seminggu.

Selain pisau, bagian lain dalam alat pemotong roti yang juga harus dirawat dan diberi cairan pelumas adalah bagian bearing dan tuas penggerak. Pelumasan ini bertujuan agar mesinpemotong rotibisa bekerja dengan baik saat proses pemotongan.

 

Keunggulan Mesin Pemotong Roti Tawar

  • Pisau Tajam Namun Dirancang Agar Aman Untuk Operator
  • Potongan Roti Terstandar ( Ukuran Sama)
  • Jarak antar pisau 12 mm
  • Pengerjaan yang cepat
  • Mudah dibersihkan
  • Mudah digunakan
  • Efektif dan efisien

 

Peluang Usaha Roti Tawar

Mendirikan usaha dibidang kuliner seperti macam-macam roti merupakan pilihan yang tepat dan cukup besar prospeknya. Apalagi anda punya keahlian dan kreativitas dalam dunia koki roti dan kue.

Dengan begitu anda dapat menawarkan kepada khalayak produk anda yang lebih berkualitas dan berbeda dari yang lain.

Seiring dengan meningkatnya keluarga atau orang yang sarapan menggunakan roti tawar merupakan kesempatan emas untuk anda.

Namun itu semua juga dibatsamai dengan menjamurnya para pengusaha roti tawar baru. Itu semua bisa disiasati dengan inovasi, kreatifitas, kualitas, daya tawar, dan layanan.

 

Manfaat Roti

  • Kenyang Lebih Lama

Manfaat roti gandum adalah dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, diklaim akan diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar yang tidak menggunakan gandum utuh.

Hal ini lah yang membuat roti gandum sangat cocok untuk seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

  • Lebih Kaya Nutrisi

Manfaat roti untuk kesehatan selanjutnya adalah kandungan nutrisinya yang tinggi pada roti.

Roti gandum yang kaya nutrisi dapat membantu seseorang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Makanan bergizi ini juga sangat baik untuk pertumbuhan sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak dan juga ibu hamil.

  • Kalori Lebih Rendah

Kandungan nutrisi yang terdapat pada roti gandum memang lebih tinggi, tetapi kalorinya justru lebih rendah.

Hal ini merupakan keunggulan lain dari roti gandum. Roti gandum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, namun dengan asupan kalori yang tidak tinggi.

Manfaat roti gandum yang satu ini juga yang membuat roti gandum menjadi pilihan untuk yang ingin menurunkan berat tubuh.

  • Mencegah Obesitas

Obesitas sering kali dikaitkan dengan risiko berbagai macam penyakit serius seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan banyak penyakit lainnya.

Manfaat roti gandum tidak hanya dapat menjadi asupan untuk menurunkan berat badan teteapi dapat juga berguna untuk menjaga berat tubuh ideal Anda.

Ya, salah satu cara untuk menjaga berat tubuh ideal adalah memang dengan cara menjaga asupan makanan.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memerhatikan apa yang kita konsumsi.

Roti gandum yang dibuat dari gandum yang utuh sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

  • Menurunkan Risiko Stroke

Selain kaya akan kandungan nutrisi, perlu diketahui bahwa produk roti gandum umumnya memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah atau bahkan tidak mengandung kolesterol sama sekali.

Sebaliknya, roti gandum justru memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kolesterol yang menumpuk dapat membentuk plak yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan memicu penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa roti gandum juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain untuk membantu memenuhi nutrisi, manfaat roti gandum untuk ibu hamil lainnya adalah menurunkan risiko diabetes.

Diabetes dan gangguan lainnya seperti darah tinggi risikonya dapat meningkat selama masa kehamilan.

Konsumsi roti gandum yang kaya serat dapat menurunkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko diabetes.

Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Baik Untuk Pencernaan

Manfaat roti bagi kesehatan yang terakhir adalah untuk memelihara saluran pencernaan.

Roti gandum memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, hal ini tentunya sangat baik untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup akan menghindari Anda dari sembelit atau susah buang air besar.

Selain itu, serat dalam gandum juga dapat bekerja sebagai prebiotik dan menunjang bakteri baik yang ada dalam pencernaan Anda.

Bakteri baik ini sangat penting keberadaannya untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Sejarah Roti

Sejarah roti konon sudah dimulai sejak 10.000-12.000 tahun yang lalu. Berdasarkan sebuah catatan sejarah, makanan berbahan dasar tepung satu ini kali pertama dikembangkan di daerah Mesopotamia dan juga Mesir.

Pada saat itu masyarakat sekitar hanya mengkonsumsi gandum secara langsung.

Akan tetapi setelah ditemukan sebuah cara yang dianggap lebih baik untuk mengolah gandum dengan dilumatkan dan dicampur dengan air hingga menjadi pasta.

Pasta yang sudah dibuat tersebut kemudian dipanaskan di atas api, lalu dikeringkan. Itulah kali pertama roti dibuat.

Teknik pembuatan roti tersebut, semakin hari semakin berkembang hingga menjadi roti yang hingga saat ini kita lihat.

Sebagai contoh, hasil dari pengembangan teknik pembuatan roti adalah roti canai di India, roti pita di Timur Tengah, dan masih banyak lagi.

Beberapa bukti menunjukan tentang sejarah perkembangan dari roti yang dapat kita lihat dari bekas reruntuhan dari kota Pompei.

 

 

Model dan Spesifikasi Mesin Pemotong Roti Tawar Dari RUMAH MESIN

Aesin Pemotong Roti Tawar Dari RUMAH MESIN

Mesin Pemotong Roti Tawar kami berfungsi untuk memotong roti tawar dan bolu gulung menjadi beberapa potongan dengan ukuran yang sama.

Dengan menggunakan Bread Slicer RUMAH MESIN, memotong roti menjadi lebih mudah, cepat , efektif, efisien, rapi, serta terukur.

 

Spesifikasi Mesin Pemotong Roti Tawar RUMAH MESIN

  1. Tipe BSC – P 300

Mesin Pemotong Roti Tawar BSC - P 300

Alat Pemotong Roti Tawar BSC – P 300

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V.
Frekuensi Listrik :  50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) :  370 Watt.
Ukuran Maksimal :  32 mm ( 3,2 cm ).
Ketipisan :  12 mm ( 1,2 cm ).
Berat Mesin :  64,5 Kg.
Dimensi Mesin :  740 mm x 625 mm x 670 mm.

 

  1. Tipe BSC – P 31 A

Mesin Pemotong Roti Tawar BSC - P 31 A

Alat Pemotong Roti Tawar BSC – P 31 A

Energi Yang Digunakan :  Listrik.
Tegangan Listrik :  220 V.
Frekuensi Listrik :  50 Hz / 60 Hz.
Daya ( Power ) :  250 Watt.
Ketipisan :  12 mm ( 1,2 cm ).
Berat Mesin :  64,5 Kg.
Dimensi Mesin :  740 mm x 625 mm x 670 mm.

Keunggulan Mesin Pemotong Roti Tawar RUMAH MESIN

  • Pisau Tajam Namun Dirancang Agar Aman Untuk Operator
  • Potongan Roti Terstandar ( Ukuran Sama)
  • Jarak Antar Pisau 12 mm
  • Pengerjaan Yang Cepat
  • Mudah Dibersihkan
  • Mudah Digunakan
  • Efektif Dan Efisien

Kegunaan Alat Pemotong Roti Tawar

Mesin Pemotong Roti Tawar ini banyak digunakan oleh para pengusaha roti terutama Roti Tawar dan Bolu Gulung. Dikarenakan dengan menggunakan Bread Slicer, produksi roti mereka akan lebih cepat serta menghasilkan potongan roti yang ukurannya sama.

Mesin Pengiris Roti Tawar juga banyak digunakan oleh para pengusaha kuliner yang menggunakan bahan Roti Tawar sebagai bahan bakunya. Seperti usaha roti bakar, roti goreng, roti panggang, dan usaha kuliner lainnya.

 

Penawaran Dari RUMAH MESIN

Kami CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pemotong Roti Tawar bagi anda para pengusaha Roti, terutama Roti Tawar dan Bolu Gulung.

Mesin Pengiris Roti Tawar ini juga cocok untuk anda yang membutuhkan alat untuk memotong roti dirumah.

Bread Slicer ini telah dilengkapi dengan pisau tajam yang berjumlah 30 dan ada yang 31 pisau. Dengan jarak antar pisau adalah 12 mm. Sehingga membuat proses pemotongan roti lebih cepat dan terukur.

Alat Pemotong Roti Tawar dibuat dari material dengan kualitas terbaik. Dan telah melalui serangkaian uji coba dan lolos Quality Control.

Mesin Pemotong Roti Tawar kami terjamin Kualitasnya, Keandalannya, Kehigienisannya, Keamanannya, serta Keunggulannya. Tentunya kami menawarkan Machine Sliced Bread kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

 

Cara Kerja Mesin Pemotong Roti Tawar

Alat Pemotong Roti Tawar akan memotong Roti Tawar atau Bolu Gulung dengan menggunakan pisau-pisaunya:

  1. Anda tinggal meletekkan Roti Tawar atau Bolu Gulung diatas piasu Bread Slicer.
  2. Kemudian nyalakan Mesin Pengiris Roti Tawarnya.
  3. Anda tekan perlahan-lahan, maka Roti Tawar atau Bolu Gulung akan otomatis terpoptong atau teriris menjadi beberapa bagian.

Biasanya Alat Pemotong Roti Tawar menggunakan pisau yang berjarak 12 mm antar masing-masing pisau.

Dengan jumlah pisau yang bervariasi ada yang 30 pisau, 31, 42, dan yang lainnya. Dengan keterangan diatas dapat diketahui bahwa Roti Tawar atau Bolu Gulung yang dihasilkan adalah berukuran +- 1 cm (10 mm).

 

Harga Mesin Pemotong Roti Tawar Rumah Mesin

kontak rumah mesin

 

Info Pemesanan Mesin Pemotong Roti Tawar Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

CV. RUMAH MESIN sedia Mesin Pemotong Roti Tawar yang akan membantu mempermudah anda dalam memotong roti tawar anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah CV penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pemotong Roti Tawar.

Layanan terbaik kami untuk anda adalah, anda akan kami beri latihan dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu anda akan kami beri konsultasi jika anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk investasi.

Anda hanya akan kami beri mesin mesin yang kualitas dan mutunya tinggi. Karena mesin mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah lolos Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan layanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Peluang Usaha Roti Tawar

Mendirikan usaha dibidang kuliner seperti roti tawar merupakan pilihan yang tepat dan cukup besar prospeknya. Apalagi anda punya keahlian dan kreativitas dalam dunia koki roti dan kue. Dengan begitu anda dapat menawarkan kepada khalayak produk anda yang lebih berkualitas dan berbeda dari yang lain.

Seiring dengan meningkatnya keluarga atau orang yang sarapan menggunakan roti tawar merupakan kesempatan emas untuk anda.

Namun itu semua juga dibarengi dengan menjamurnya para pengusaha roti tawar baru. Itu semua bisa disiasati dengan inovasi, kreatifitas, kualitas, daya tawar, dan layanan.

 

Resep Dan Cara Membuat Roti Tawar Special

Resep dan Bahan Membuat Roti Special :

Tepung Terigu :  1 Kg.
Susu Bubuk :  5 Sendok Makan.
Telur :  3 Butir.
Mentega :  5 Sendok Makan.
Air Dingin atau Air Es :  400 cc.
Gula Pasir :  10 Sendok Makan.
Ragi Instan :  2 Sendok Makan.
Garam :  2 Sendok Teh.

 

Langkah Membuat Roti Tawar Special :

  1. Siapkan bahan-bahan yang saya sebutkan di atas.
  2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam, dan ragi instan ke dalam mesin Mixer Roti. Kemudian aduk sampai rata menggunakan spatula atau pengaduk ( manual tangan ).
  3. Masukkan telur dan tuang air es sedikit demi sedikit sambil dimixer.
  4. Kemudian Masukkan mentega dan uleni adonan sampai menjadi kalis.
  5. Masukkan Adonan Roti Tawar Special kedalam Proofer Roti agar Adonan Roti Tawar Special mengembang dengan kualitas maksimal.
  6. Setelah Adonan Roti Tawar Special mengembang, langkah selanjutnya adalah masukkan Adonan Roti Tawar Special ke dalam Mesin Pembagi Adonan. Mesin Pembagi Adonan akan membagi atau memotong adonan sesuai ukuran berat yang anda inginkan.
  7. Setelah Adonan Roti Tawar Special terbentuk sesuai bentuk dan ukuran yang anda inginkan, masukkan adonan ke dalam Oven Gas. Kemudian nyalakan dan atur Oven Gas sesuai dengan standar pengovenan Roti tawar.
  8. Setelah Roti Tawar Spesial matang, ambil dari dalam Oven Gas. Kemudian Potong.
  9. Roti Tawar Special siap dihidangkan.