Mesin Pemotong Rumput – Mesin Pencacah Rumput Terbaru 2022

Mesin Pemotong Rumput

Mesin Pemotong Rumput ( Pencacah Rumput )

Mesin Pemotong Rumput adalah mesin yang digunakan untuk merajang atau mencacah rumput rumputan yang sebagai bahan pakan ternak.

Selain itu juga dapat pula digunakan untuk merajang daun-daunan hijau lainnya, seperti merajang daun nilam, jerami.

Kelebihan penggunaan mesin ini akan mempermudah pemberian makan pada ternak, selain itu juga dapat mempercepat proses fermentasi pada pakan.

Mesin ini dapat digunakan untuk memotong rumput, jerami atau juga batang jagung. boleh dikatakan sebagai mesin pemotong rumput multifungsi.

Pemotong rumput adalah alat yang digunakan untuk memotong rumput atau tanaman. Alat ini biasa digunakan untuk merapikan taman dan juga untuk membersihkan lahan dari rumput ilalang atau rumput sejenisnya.

Biasanya untuk memelihara dan merapikan rumput dapat menggunakan sabit atau gunting rumput. Akan tetapi dengan menggunakan alat ini membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang ekstra.

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, memelihara atau memotong rumput dapat dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan mesin pemotong rumput, sehingga akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan rapi.

Manfaat Mesin Pemotong Rumput

  • Efisien waktu dan tenaga.
  • Hemat biaya.
  • Mudah dalam pengoperasian.

Kekurangan Mesin Pemotong Rumput

  • Menimbulkan polusi udara.
  • Suara bising.
  • Merusak akar tinggal pada rumput sehingga menimbulkan kerusakan tanah.

Fungsi Mesin Pemotong Rumput

Mesin pemotong rumput gendong ini dapat memotong rumput di halaman yang permukaan tanahnya tidak rata maupun bergelombang. Jenis mesin ini bentuknya hampir sama dengan alat penyemprot hama.

Ketika menggunakan mesin ini sebaiknya dipakai dengan cara berjalan maju, bukan berjalan mundur.

Adanya taman di rumah membuat suasana menjadi lebih asri. Supaya taman selalu terlihat cantik, maka kerapiannya harus dijaga. Rumput harus secara rutin dipangkas agar tidak terlalu tinggi dan terlihat tidak beraturan.

Untuk Anda yang ingin mengurus taman sendiri, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu jenis-jenis mesin potong rumput yang ada di pasaran. Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda.

Mesin potong rumput atau mesin pemotong rumput merupakan salah satu alat yang penting kamu miliki terutama jika memiliki halaman atau taman di rumah.

Cara Kerja Mesin Pemotong Rumput

Mesin rumput menggunakan pisau sebagai alat pemotong .cara kerjanya dengan di dorong.kelebihannya adalah tidak berisik dan hemat listrik/ bahan bakar.

Namun anda akan menghabiskan banyak energi karna mesin ini sepenuhnya bergerak menggunakan tenaga manusia. Kampas kopling pada mesin potong rumput berfungsi untuk mentransmisikan putaran mesin penggerak ke flexible sharft.

Mesin pemotong rumput dorong merupakan mesin rumput yang digunakan dengan cara didorong.

mesin ini cocok digunakan pada permukaan tanah yang rata dan berbentuk persegi.

Mesin ini dapat memotong rumput hingga pinggir sesuai dengan jalur roda.

Pada bagian tangkai pendorongnya bisa dilipat sehingga mudah sekali ketika disimpan dan terdapat penampung rumput.

Ketika mengoperasikan mesin rumput dorong sebaiknya digunakan dengan cara berkeliling memutar agar rumput yang terpotong dapat terkumpul ditengah – tengah halaman dan mudah di buang.

Bagian Lengkap Mesin Potong Rumput – Meskipun banyak orang yang sering menggunakan mesin potong rumput untuk membabat rerumputan, namun ternyata banyak yang belum paham dan tidak tahu mengenai bagian – bagian dari mesin potong rumput itu sendiri. Kebanyakan dari mereka hanya mampu mengoperasikan saja tanpa mengetahui fungsi dari bagian – bagian mesin potong rumput.

Tips Merawat Mesin Potong Rumput

  • Rajin Memanaskan Mesin

Sebelum dipakai, jangan lupa untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya kemacetan di tengah pemakaian. Jangan lupa juga untuk menjauhkan kabel busi dari businya terlebih, karena bisa menyebabkan mesin menyala mendadak.

  • Gunakan Mesin dengan Baik dan Benar

Bukan hanya perawatannya saja yang penting, pemakaian mesin juga harus diperhatikan. Gunakan mesin potong rumput dengan baik dan benar. Dan hindari kecerobohan dalam pemakaiannya.

Jangan memaksa mesin untuk bekerja terus menerus karena akan menurunkan kinerja mesin. Rawat motor mesin secara berkala, setidaknya enam bulan sekali dengan membersihkan kerak yang menempel pada piston, ruang bakar, knalpot, dan sekrup mesin.

  •  Rutin Mengganti Oli dan Bensin

Selalu pastikan oli atau pelumas penuh sesuai dengan parameter yang ada dan jangan lupa untuk menggantinya secara berkala. Pastikan juga bensin selalu terisi sebelum menggunakannya.

  •  Pakailah Busi yang Sesuai dengan Mesin

Suku cadang merupakan komponen utama dari sebuah mesin. Oleh karena itu, jangan sembarangan memakai suku cadang, khususnya pada busi. Gunakan busi yang sesuai, pilih yang memiliki jangka waktu pemakaian panjang, serta jangan lupa untuk membersihkannya secara rutin.

  • Hindari Bensin yang Tercampur Air

Sebisa mungkin hindarkan air masuk ke dalam tabung bensin. Rajinlah membersihkan karburator untuk membersihkan air dan kotoran yang tertinggal.

  • Mengganti Saringan Udara

Mengganti saringan udara ini juga harus dilakukan secara berkala. Saringan udara yang sudah terlalu kotor dapat menghambat kerja mesin sehingga tidak maksimal.

  • Perhatikan Senar Pada Mesin

Sama halnya dengan saringan udara, senar pada mesin pemotong rumput juga harus selalu diperhatikan dan diganti secara berkala.

  • Gunakan Pisau Pemotong Standar

Selalu gunakan pisau pemotong standar sesuai dengan spesifikasi. Hindari penggunaan pisau pemotong yang tidak sesuai karena akan menjadikan mesin bekerja dengan tidak maksimal.

  • Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak

Usahakan jangan libatkan anak-anak dalam kegiatan menggunakan mesin potong rumput ini. Karena akan sangat berbahaya bagi anak-anak jika mereka dibiarkan menggunakan alat tersebut.

  • Simpan di Tempat yang Terlindung

Penyimpanan mesin juga harus diperhatikan. Jauhkan mesin dari sumber api agar tidak berpotensi terbakar.

 

Mesin potong rumput gendong digunakan untuk memotong rumput di lapangan maupun halaman yang permukaan tanahnya tidak rata maupun bergelombang.

Bentuk mesin jenis ini hampir sama dengan alat penyemprot hama yang kerap digunakan oleh petani untuk menyemprot dan membasmi hama. Mesin jenis ini mempunyai gagang besi berukuran panjang.

Cara menghidupkannya hanya dengan menarik tuas yang terletak di dekat mesin. Ketika menggunakan mesin jenis ini, sebaiknya dipakai dengan cara berjalan maju, bukan dengan cara berjalan mundur. Bila terdapat batu pada tanah, sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu sehingga bagian pisau pemotong rumput tidak cepat rusak atau cacat.

Mesin pemotong rumput merupakan suatu alat perkakas rumah tangga yang prinsipnya ditemukan oleh Edwin Beard Budding sekitar tahun 1830. Mesin pemotong rumput terinspirasi dari cara kerja mesin pemotong pakaian yang berbentuk silinder dan menempel pada papan untuk menghaluskan pakaian setelah ditenun.

Paten pertama untuk mesin pemotong rumput mekanis yang dijelaskan sebagai “Mesin untuk memotong rumput, dll.” diberikan pada tanggal 31 Agustus 1830 kepada insinyur, Edwin Beard Budding (1795-1846) dari Stroud, Gloucestershire, Inggris.

Desain Budding didasarkan pada alat pemotong yang digunakan untuk pemangkasan karpet yang seragam. Itu adalah mesin pemotong tipe reel yang memiliki serangkaian bilah yang diatur di sekitar silinder. John Ferrabee, pemilik Phoenix Foundry di Thrupp Mill, Stroud, pertama kali memproduksi mesin pemotong rumput Budding, yang dijual ke Zoological Gardens di London.

keunggulan mesin pemotong rumput

Alat ini biasa digunakan untuk merapikan taman dan juga untuk membersihkan lahan dari rumput ilalang atau rumput sejenisnya. Mesin pemotong rumput sangat diminati sebagian masyarakat karena sesuai fungsinya mesin pemotong rumput ini dapat mempermudah pekerjaan manusia dengan cepat.

Pemotong rumput adalah alat yang digunakan untuk memotong rumput atau tanaman. Alat ini biasa digunakan untuk merapikan taman dan juga untuk
membersihkan lahan dari rumput ilalang atau rumput sejenisnya.

Mata pemotong rumput yang biasa digunakan terbuat dari plat baja yang tipis, keras dan sangat tajam, sehingga dapat dengan mudahnya memotong rumput.

Melihat kegunaannya dan medan tempat rumput itu, alat pemotong rumput dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, alat pemotong rumput yang didorong dan disandang.

Mesin pemotong rumput sangat diminati sebagian masyarakat karena sesuai fungsinya mesin pemotong rumput ini dapat mempermudah pekerjaan manusia dengan cepat.

Pada saat ini mesin pemotong rumput yang sering dijumpai di masyarakat masih menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk konsumsi energinya. Kelemahan mesin pemotong rumput yang menggunakan BBM adalah polusi udara dan suara yang ditimbulkannya selain itu juga ada penggunaannya yang tidak mudah.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka dirancanglah sebuah alat pemotong rumput yang menggunakan akumulator sebagai sumber tegangan dari mesin listrik pemotong rumput tersebut.

Sehingga akan didapatkan sebuah alat pemotong rumput tenaga listrik yang lebih canggih, efektif dan ramah lingkungan serta meminimalkan polusi dan suara yang terjadi pada mesin pemotong rumput yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) .

Mesin jenis ini hanya dipakai untuk halaman yang memiliki permukaan tanah rata. Pada bagian tangkai pendorong pada mesin jenis ini bisa dilipat sehingga mudah sekali ketika disimpan. Mesin jenis ini bisa memotong rumput hingga pinggir sesuai dengan jalur roda.

Mesin jenis ini pun terdapat penampung rumput yang tidak sulit ketika dipasang maupun ketika melepaskannya. Apabila halaman maupun lapangan lumayan luas serta berbentuk segi empat, lebih baik pakai mesin potong rumput dorong serta ketika menggunakannya lebih baik berkeliling memutar.

Hal ini bertujuan supaya rumput yang terpotong dapat terkumpul di tengah-tengah halaman, sehingga rumput yang sudah terpotong tersebut mudah dikumpulkan serta dibuang dan hendaknya ketika memotong rumput dikerjakan sewaktu siang hari.

saat embun telah hilang, gunanya adalah agar rumput yang sudah terpotong tersebut tidak banyak menempel di kantong penampungan pada mesin tersebut sehingga mudah untuk dibersihkan.

Memiliki halaman rumah yang indah dengan ditumbuhi rumput hijau serta bersih merupakan dambaan bagi sebagian orang. Halaman dengan rumput yang hijau dan bersih sangat indah untuk dipandang serta dapat memberikan nuansa tenang, pikiran pun akan terasa rileks.

Akan tetapi kita pun sering terpikirkan bahwa merawat rumput sangatlah merepotkan ketika berkeinginan untuk memiliki halaman dengan rumput yang hijau serta bersih. Anda bisa memakai jasa layanan pemotong rumput, ataupun melakukannya sendiri.

Jika halaman rumah anda tidak begitu luas, anda dapat menggunakan gunting pemotong rumput, sedangkan jika halaman rumah anda lumayan luas anda dapat memakai mesin pemotong rumput.

Apabila anda tidak memiliki mesin tersebut dan berencana hendak membelinya, baca lebih lanjut artikel ini yang akan memberikan tips memilih mesin potong rumput.

Dalam memilih mesin potong rumput Anda harus memperhatikan 3 hal yaitu jenis mesin potong rumput, tipe pisau mesin pemotong rumput dan cara perawatannya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Bagian – bagian dari mesin potong rumput memiliki fungsi yang berbeda, namun memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan berikut merupakan bagian – bagian utama yang ada pada mesin potong rumput.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pemotong Rumput Rumah Mesin

1. Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 100 Kg – 200 Kg / Jam

Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 100 Kg - 200 Kg / Jam
Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 100 Kg – 200 Kg / Jam

Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Kapasitas 100 Kg – 200 Kg / Jam :

Dimensi Mesin:800 mm x 500 mm x 800 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material:Rangka Besi Siku.
Penggerak:Motor Bensin.
Daya ( Power ):5,5 HP.
Energi Yang Digunakan:Bensin.
Bahan Material Pisau:Baja.
Kapasitas:100 Kg – 200 Kg / Jam.
Fungsi:Untuk Mencacah Rumput.

2. Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 250 Kg – 500 Kg / Jam

 

Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 250 - 500 Kg / Jam
Gambar Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 250 – 500 Kg / Jam

Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Kapasitas 250 Kg – 500 Kg / Jam :

Dimensi Mesin:900 mm x 600 mm x 1080 mm.
Kapasitas:250 Kg – 500 Kg / Jam.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):8 PK.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Body:Plat Besi 3 mm
Bahan Material Rangka:UNP 6.5.
Jumlah Unit Pisau:2 Buah.
Jumlah Roll Feeding:2 Buah.

 

3. Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 750 Kg – 1000 Kg / Jam

Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 750 Kg - 1000 Kg / Jam
Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 750 Kg – 1000 Kg / Jam

Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Kapasitas 750 Kg – 1000 Kg / Jam :

Dimensi Mesin:1000 mm x 700 mm x 1100 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material:Rangka Besi Siku.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):12 HP.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Pisau:Baja.
Kapasitas:750 Kg – 1000 Kg / Jam.
Fungsi:Untuk Mencacah Rumput.

 

4. Mesin Pemotong Rumput Kapasitas 1000 Kg – 2000 Kg / Jam

Mesin Pencacah Rumput Kapasitas 1000 - 2000 Kg / Jam
Gambar Mesin Pencacah Rumput Kapasitas 1000 – 2000 Kg / Jam

Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput Kapasitas 1500 Kg – 2000 Kg / Jam :

Dimensi Mesin:1100 mm x 800 mm x 1200 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material:Rangka Besi Siku.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):16 PK.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Pisau:Baja.
Kapasitas:1500 Kg – 2000 Kg / Jam.
Fungsi:Untuk Mencacah Rumput.

 

Video Mesin Pemotong Rumput Rumah Mesin

Berikut adalah video Mesin Pemotong Rumput dengan mesin pencacah rumput kami :

 

Informasi Pemesanan Mesin Pemotong Rumput Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383
Email:rumahmesin@gmail.com
Fax:0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pemotong Rumput yang dapat membantu mempermudah dalam proses penggilingan rumput untuk pakan ternak anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pemotong Rumput.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.