Mesin Salamander – Alat Pemanggang Terbaru 2021

Mesin Salamander

Mesin salamander merupakan salah satu alat atau kitchen equipment yang wajib ada di dapur professional. Alat yang satu ini biasanya dapat kita temukan di cake house, restoran, bakery, café, hotel, coffee shop, dan western style food shop. Fungsi utama alat ini yaitu untuk memanggang, menghangatkan, serta menyempurnakan pembakaran pada masakan.

Mesin salamander ini dirancang khusus untuk mempermudah proses pemanggangan sehingga menghasilkan masakan dengan tingkat kematangan yang sempurna pada bagian atas dan bawahnya. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak informasi-informasi berikut ini:

Spesifikasi Mesin Salamander LSM-E450

Mesin Salamander
Mesin Salamander LSM-E450

 

Voltase:220 V/ 50 Hz
Power:2800 W
Berat:36 Kg
Dimensi:450 x 520 x 520 mm

Apa Itu Mesin Salamander?

Nama salamander diambil dari salah satu hewan amfibi yang diyakini tahan terhadap api. Sementara itu, mesin salamander merupakan suatu alat pemanggang yang biasanya digunakan di dalam dapur professional. Alat yang satu ini memiliki elemen pemanas berupa listrik ataupun gas dengan suhu yang tinggi. Biasanya mesin ini digunakan untuk mencoklatkan gratin piring, mencairkan keju ke sandwich, serta membuat karamel pada dessert atau makanan penutup misalnya creme brulee.

Dari bentuknya, mesin salamander hampir mirip dengan oven, namun bedanya mesin ini tanpa pintu serta elemen panasnya berada di bagian atas. Sumber perapian yang berada di bagian atas ini menjadi salah satu keuntungan bagi makanan yang mengandung lemak, seperti steik, ayam, serta potongan daging lainnya sehingga tidak meningkatkan risiko yang disebabkan oleh lemak yang menetes ke sumber panas.

Selain itu, suhu mesin salamander yang sangat tinggi juga bermanfaat untuk menyingkat waktu yang dibutuhkan dalam proses pemanggangan. Tentu hal ini sangat memberikan keuntungan bagi dapur professional selama pelayanan pada jam makan yang sangat sibuk.

Jenis-Jenis Mesin Salamander

Jika dilihat dari daya yang digunakan, mesin salamander bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu gas, infrared gas, serta electric. Mari kita simak penjelasan lengkap ketika jenis mesin salamander berikut ini :

1. Gas Salamander

Seperti namanya, mesin salamander yang satu ini menggunakan daya gas dalam proses pemanggangannya. Mesin yang satu ini memiliki perapian pada bagian atas dan bagian bawahnya. Gas yang digunakan pun bertekanan rendah, dengan konsumsi daya sekitar 6.700 BTU dalam setiap kali pemakaiannya.

2. Infrared Gas Salamander

Jenis daya yang digunakan mesin salamander yang berikutnya yaitu infrared gas salamander. Mesin ini dilengkapi dengan pengatur api infrared serta mempunyai pemanggang infrared yang terbuat dari keramik sarang madu. Suhu pada alat yang satu ini bahkan bisa mencapai angka 850 derajat celcius. Mesin panggang salamander gas infrared ini menggunakan gas dengan konsumsi daya sekitar 21.000 BTU per jamnya.

Mesin salamander dengan daya gas infrared ini dilengkapi dengan area pemanggangan yang terbuka dan baku. Salah satu keunggulan dari jenis mesin salamander ini yaitu karena proses pemanggangannya yang bersifat terbuka. Selain bisa dipantau dengan lebih mudah, proses pemanggangan secara terbuka ini juga bermanfaat untuk menjaga citarasa makanan tanpa membuatnya kering.

3. Electric Salamander

Jenis mesin salamander yang terakhir yaitu electric salamander. Sesuai dengan namanya, mesin yang satu ini menggunakan energi listrik sebagai elemen pemanasnya. Kelemahan dari jenis mesin salamander ini yaitu membutuhkan konsumsi daya listrik yang cukup besar.

Jika dilihat dari segi biaya, jenis electric salamander cenderung lebih mahal. Namun, dalam  penggunaannya sendiri, electric salamander lebih bersih serta dapat meminimalisir polusi yang ditimbulkan.

Fungsi dari Fitur Mesin Salamander

Berikut ini beberapa fungsi dari fitur-fitur yang ada pada mesin salamander :

1. Statis atau Dapat Disesuaikan

Ada dua cara untuk mengubah jarak antara sumber panas dengan makanan. Kebanyakan mesin salamander masih menggunakan mekanisme takik sederhana, di mana ketinggian rak panci dinaikkan atau diturunkan secara manual.

Namun, ada juga beberapa mesin salamander yang lebih canggih dan memungkinkan Anda untuk menaikkan seluruh bagian panggangan atas. Hal ini disebut juga sebagai rise and fall salamander grills. Pada umumnya, versi rise and fall ini memungkinkan akses yang lebih cepat sehingga proses memasak lebih efisien.

2. Deteksi Piring

Jika mesin salamander menyala sepanjang waktu, hal ini justru dapat dengan cepat membuang energi dan membuat dapur menjadi lebih panas. Mesin salamander dengan deteksi piring hanya akan menyala saat piring atau pan berada di pemangangan.

Selain itu, Anda dapat memprogram mesin ini untuk memasak atau menghangatkan makanan dalam waktu tertentu. Tentu fungsi-fungsi tersebut menjadikan mesin salamander ideal untuk menghasilkan hasil yang konsisten setiap saat.

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Salamander?

Sebelum memulai menggunakan mesin salamander, Anda perlu mengetahui beberapa cara penggunaannya. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini :

1. Nyalakan mesin salamander dengan benar

Langkah berikut ini mungkin tampak sederhana, namun beberapa mesin salamander mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk memanas sepenuhnya.Oleh karena itu, Anda harus memberikan waktu untuk mesin salamande memanas sebelum Anda dapat mulai menggunakannya.

2. Gunakan pemanas ganda

Kebanyakan mesin salamander memiliki sistem pemanas ganda. Oleh karena itu, Anda bisa memasak beberapa makanan berbeda dalam berbagai suhu.

Dengan sakelar dasar dan pengangkat fleksibel, mesin salamander tergolong cukup mudah untuk dioperasikan.

Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Salamander?

Masalah umum yang biasa dihadapi di sebagian besar dapur yaitu sulitnya memelihara mesin salamander dengan benar. Konsekuensi utama yang dapat timbul jika Anda tidak merawat mesin salamander dengan benar yaitu risiko sanitasi dan kesehatan.

Bagi dapur-dapur profesional, menjaga kebersihan peralatan merupakan salah satu kunci utama. Jika peralatan-peralatan memasak tidak dibersihkan dengan tepat, maka Anda juga mempertaruhkan kesehatan para pelanggan.

Berikut ini beberapa petunjuk tentang bagaimana cara membersihkan serta memelihara mesin  salamander Anda dengan tepat.

  • Letakkan masakan dengan benar ke dalam piring atau pan.
  • Jika bagian panggangan kotor dan terdapat sisa-sisa makanan, maka Anda cukup membersihkan bagian panggangan yang kotor dengan menggunakan air hangat dan sabun cuci piring.
  • Jangan gunakan alat pembersih kasar untuk membersihkan bagian permukaan panggangannya.

Frekuensi membersihkan mesin salamander Anda tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Namun biasanya mesin salamander dibersihkan setiap satu minggu sekali untuk menghindari risiko sanitasi dan kesehatan.

Manfaat Mesin Salamander

Dalam proses memasak profesional, hidangan yang dihasilkan harus memiliki citarasa lezat serta tampilan yang menarik. Bahkan makanan yang rasanya enak sekalipun tidak akan menarik perhatian jika tampilannya terlihat buruk serta tidak menarik. Oleh karena itu, makanan yang disajikan harus mendapatkan sentuhan akhir untuk menyempurnakannya.

Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendukung hal tersebut yaitu dengan menggunakan mesin salamander. Peralatan dapur profesional tersebut bisa membuat masakan Anda terlihat lebih sempurna.

Pasalnya, dengan peralatan dapur ini, Anda bisa memanaskan hidangan lezat dengan cara yang sederhana atau sering dikenal dengan sebutan gratin. Mesin salamander juga dikenal sebagai salamander grill atau cheese melter.

Sesuai dengan sebutannya, mesin salamander juga memiliki fungsi utama untuk melelehkan keju dalam beberapa masakan misalnya adalah keju mozzarella. Anda juga bisa menggunakan mesin ini untuk mencoklatkan bagian atas makanan seperti pada crème brulee.

Selain bisa melelehkan keju serta mencoklatkan bagian atas makanan, mesin salamander juga sering digunakan untuk merenyahkan tekstur bagian atas makanan.

Beberapa fungsi lain dari mesin salamander ini adalah untuk memanaskan masakan, memanggang roti dan sandwich, atau hanya sekedar untuk mempercantik tampilan piring.

Sumber panas perapian yang ada di bagian atas mampu menghindarkan kontak langsung antara api dengan makanan seperti pada alat pemanggang barbekyu. Mesin salamander biasanya digunakan di dapur-dapur professional karena mudah digunakan serta membantu mempercepat pekerjaan. Jika dibandingkan dengan oven biasa, salamander mampu memanaskan makanan dengan lebih cepat.

Keunggulan Penggunaan Mesin Slamander

Dalam pengoperasiannya, mesin electric salamander menggunakan daya listrik sebagai sumber panasnya, yang tentu saja dapat menjaga cita rasa pada makanan.

Mesin yang satu ini memiliki model yang simpel dengan tray pemanggang yang mudah dibersihkan. Selain itu, Anda juga dapat melihat proses pemanggangan dan penghangatan makanan secara langsung.

Kelebihan dari mesin salamander yaitu proses pemanggannya lebih cepat jika dibandingkan dengan mesin pemanggang biasa. Pasalnya, mesin salamander terdapat sistem pengapian pada bagian atas dan bawahnya. Agar lebih jelas, berikut ini kami ringkas beberapa keunggulan mesin salamander :

  • Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencuci struktur ini – sangat cepat dan mudah dibersihkan dengan bahan pembersih sederhana;
  • Tidak memakan banyak ruang;
  • Memiliki output yang tinggi;
  • Terbuat dari baja tahan karat, yang meningkatkan ketahanan ausnya;
  • Anda dapat mengatur serta mengawasi proses memasak;
  • Menjaga cita rasa pada masakan
  • Multifungsi – memungkinkan Anda untuk menghangatkan dan menyiapkan berbagai macam hidangan.

Peluang Usaha dengan Memanfaatkan Mesin Salamander

Berikut ini beberapa makanan olahan yang dapat Anda olah dengan menggunakan mesin salamander, yang tentunya bisa Anda jadikan ide untuk memulai usaha :

1. Creme Brulee

Bahan-bahan :

  • 300 ml susu cair
  • 300 ml whipping cream cair
  • 2 butir kuning telur
  • 3 butir telur
  • 60 gram gula pasir
  • 1/2 sdt ekstrak vanili

Bahan karamel :

  • 50 gram gula pasir halus

Bahan Topping :

  • Irisan buah-buah segar sesuai selera

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, siapkan sebuah wadah. Kemudian campurkan whipping cream cair, susu, ekstrak vanili, gula pasir, telur, dan kuning telur. Aduk-aduk hingga semua bahan merata dan gula larut.
  2. Setelah itu, saring adonan tersebut untuk mendapatkan tekstur creme brulee yang lembut.
  3. Selanjutnya, siapkan ramekin berbahan dasar keramik atau alumunium.
  4. Lalu tuang adonan creme brulee ke dalam ramekin yang telah disiapkan sebelumnya hingga hampir penuh. Letakkan ramekin di dalam loyang, kemudian beri air setinggi 2 cm pada loyangnya.
  5. Panggang menggunakan oven dengan suhu sekitar 150 derajat celsius selama kurang lebih 45-60 menit atau hingga teksturnya agak padat.
  6. Selanjutnya, biarkan creme brulee dingin pada suhu ruangan. Jika dirasa sudah tidak panas, dinginkan kembali creme brulee pada lemari es selama kurang lebih 4 jam.
  7. Setelah 4 jam, keluarkan creme brulee dari kulkas, lalu beri taburan gula pasir halus secukupnya.
  8. Terakhir, bakar gula pasir halus dengan menggunakan blow torch ataupun mesin salamander hingga menjadi karamel . Hentikan proses pembakaran hingga terbentuk kristal karamel. Selanjutnya, tamahkan irisan buah di atas creme brulee sesuai selera.
  9. Creme brulee pun siap dihidangkan. Agar tektur creme brulee lebih lembut, Anda bisa membuat creme brulee sehari sebelum dihidangkan.

2. Coffee Bun

Bahan-bahan :

Bahan roti :

  • 7 gram ragi instan
  • 100 gram air hangat
  • 60 gram gula pasir
  • 2 sdm susu bubuk
  • 7 gram garam
  • 350 gram tepung terigu
  • 100 gram susu cair
  • 35 gram mentega

Bahan topping :

  • 60 gram mentega
  • 60 gram gula pasir
  • 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • 70 gram protein sedang
  • 1 sdm kopi instan, dilarutkan dengan 1 sdm air hangat

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, larutkan ragi dalam air hangat. Aduk sebentar lalu tunggu hingga berbuih.
  2. Masukkan gula pasir, susu bubuk, garam, dan tepung terigu ke dalam mangkuk mixer.
  3. Setelah itu, tambahkan susu cair dan larutan ragi yang telah berbuih. Kemudian mixer adonan tersebut hingga hampir kalis.
  4. Masukkan mentega lalu mixer kembali hingga adonan licin dan kalis.
  5. Selanjutnya, bulatkan adonan roti lalu simpan dalam wadah dan tutup dengan plastik. Tunggu hingga adonan mengembang kurang lebih selama 30 menit.
  6. Sambil menunggu adonan mengembag, buat adonan topping.  Aduk dan kocok semua bahan topping dengan menggunakan kocokan kawat hingga semua bahan merata dan gula menjadi larut. Sisihkan.
  7. Setelah itu, kempiskan adonan roti. Potong-potong adonan tersebut hingga memiliki berat masing-masing kurang lebih 100 gram.
  8. Isi adonan roti dengan potongan mentega. Kemudian bulatkan dan susun dalam loyang datar. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Sebelumnya, mentega isian coffee bun ini telah dibekukan terlebih dahulu di dalam freezer. Mentega akan mencair saat roti matang.
  9. Selanjutnya, tuang adonan topping ke dalam kantong plastik lalu gunting sedikit bagian ujungnya.
  10. Setelah itu, letakkan adonan topping secara melingkar di atas permukaan roti. Jangan menaruh adoan topping terlalu ke bawah, cukup 3/4 bagian dari atas roti saja. Pasalnya, adonan topping ini akan meleleh dan mencair hingga menutupi bagian bawah roti.
  11. Terakhir, panggang coffee bun di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit.
  12. Coffee bun pun siap dihidangkan. Untuk memanaskan serta merenyahkan topping coffee bun, Anda dapat menggunakan mesin salamander.

Informasi Pemesanan Mesin Electrict Lift Salamander LSM-E450

CV. Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

kontak rumah mesin

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

CV. Rumah Mesin saat ini menyediakan mesin Electrict Lift Salamander LSM-E450 yang dapat membantu Anda dalam proses memanggang, menghangatkan, serta menyempurnakan pembakaran pada makanan.

Kami siap membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Kenapa harus CV. Rumah Mesin? Kami merupakan salah satu perusahaan penyedia serta pembuat mesin terpercaya dan sudah memiliki banyak pengalaman di bidangnya.

Produk mesin yang kami tawarkan ada banyak macam jenis dan bidang. Diantaranya yaitu mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, kuliner, UMKM, dan masih banyak lagi. Kami menyediakan mesin-mesin dari yang paling sederhana, hingga mesin-mesin pada industri besar.

Selain itu, CV. Rumah Mesin juga memberikan layanan khusus bagi para pelanggan setia kami. Diantaranya yaitu ide bisnis, serta training cara mengoperasikan mesin-mesin yang kami produksi. Anda bisa mengonsultasikan kepada kami jenis usaha apa yang cocok untuk dilakukan, disaat Anda memiliki modal, namun bingung akan menginvestasikan uang Anda kemana.

Kami hanya memberikan mesin-mesin dengan kualitas baik. Mesin-mesin yang kami buat dikerjakan oleh para tenaga ahli dan sudah melalui beberapa tahap quality control.

Sebelum membawa mesinnya pulang, Anda juga dapat mencoba serta memastikan mesin berfungsi dengan baik. Hal ini kami lakukan karena kepuasan Anda adalah prioritas utama kami.