Water Boiler – Termos Pemanas Air Berkualitas Terbaru 2024

water boiler
Water Boiler atau termos Pemanas air adalah wadah tertutup dimana panas hasil pembakaran dialirkan ke dalam air hingga terbentuk air panas atau steam yang merupakan energi kerja. Air adalah media yang berguna dan murah untuk mentransfer panas ke suatu proses.
Air panas atau steam pada tekanan dan suhu tertentu memiliki nilai energi yang kemudian digunakan untuk mentransfer panas berupa energi panas ke suatu proses. Jika air dididihkan menjadi steam maka volumenya akan bertambah sekitar 1600 kali lipat, menghasilkan tenaga yang menyerupai bahan peledak mesiu, sehingga system boiler merupakan peralatan yang harus dikelola dan dirawat dengan sangat baik.

Model dan Spesifikasi Water Boiler – Termos Pemanas Air

1. Water Boiler STB-10L

Mesin Termos Air Panas STB-10L ini Berfungsi untuk menampung air panas, sehingga kadar panas air tetap terjaga dan tidak mudah dingin. Produk ini dibuat juga untuk memanaskan air atau menjadi tempat air. Selain berguna untuk merebus air, teko ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan bakteri yang ada pada air mentah maupun air matang.

Mesin termos air panas STB-10L ini memiliki gagang plastik yang berguna untuk memudahkan Anda mengangkat teko dari atas kompor maupun ketika menunangkan air ke dalam gelas dan juga dapat menyerap panas dengan cepat sehingga tidak terasa panas ketika menyentuh gagang tersebut.

Water Boiler STB-10L
Water Boiler STB-10L
Dimensi  :  27cm x 27cm x 40cm
Temperatur  :  -20°C s/d 120°C
Kapasitas  :  10 Liter
Ukuran Mangkuk  :  2cm x 4cm

2. Water Boiler WBE-16L

Mesin Termos Pemanas Air WBE-16L Berfungsi untuk memasak air dengan menggunakan sumber daya listrik. Bisa juga untuk menampung air panas. Cocok untuk kopi, teh dll.

Water Boiler WBE-16L
Water Boiler WBE-16L
Voltase  :   220V / 50Hz
Daya  :   1.500 Watt
Kapasitas  :   16 Liter
Berat  :   4 Kg
Ukuran  :   Ø 265 x 380

Informasi Pemesanan Water Boiler – Termos Pemanas Air

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV.RUMAH MESIN menyediakan yang dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin memanaskan air. Jika Anda hanya ingin memanaskan kopi, Rumah Mesin juga ,menyediakan alat pemanas kopi.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Water Boiler – Termos Pemanas Air.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Pengertian Water Boiler

Water Boiler atau yang lebih dikenal dengan istilah water flask, merupakan alat yang sering digunakan untuk merebus air dan menyimpannya dalam suatu wadah. Boiler air juga bisa menjaga suhu air panas yang dihasilkan agar tetap stabil dan efisien. Pada intinya water boiler sering digunakan dalam industri kuliner di Indonesia, antara lain restoran, cafe, hotel, kantin, losmen, usaha kecil menengah, dan lain-lain.
Satu hal yang tidak kalah pentingnya dari ketiga fitur di atas adalah daya tampung airnya. Untuk fitur yang satu ini bisa diatur sesuai kebutuhan. Volume air yang tersedia berkisar antara 10 hingga 40 liter. Fitur ini merupakan harga patokan untuk setiap unit dari water boiler. Semakin besar daya dukungnya, semakin mahal harganya.

Klasifikasi

Boiler/ketel uap pada dasarnya terdiri dari bumbung (drum) yang tertutup pada ujung pangkalnya dan dalam perkembangannya dilengkapi dengan pipa api maupun pipa air. Banyak orang mengklasifikasikan ketel uap tergantung kepada sudut pandang masing-masing. Dalam laporan ini ketel uap diklasifikasikan dalam kelas yaitu:
1.Berdasarkan fluida yang mengalir dalam pipa, maka ketel diklasifikasikan
sebagai:

  • Ketel pipa api (fire tube boiler)Pada ketel pipa api, fluida yang mengalir dalam pipa adalah gas nyala (hasil pembakaran), yang membawa energi panas (thermal energy),yang segera mentransfernya ke air ketel melalui bidang pemanas (heatingurface). Tujuan pipa-pipa api ini adalah untuk memudahkan distribusi panas (kalor) kepada air ketel. Api/gas asap mengalir dalam pipa sedangkan air/uap diluar pipa Drum berfungsi untuk tempat air dan uap, disamping itu drum juga sebagai tempat bidang pemanas. Bidang pemanas terletak di dalam drum, sehingga luas bidang pemanas yang dapat dibuat terbatas.
  • Ketel pipa air (water tube boiler)Pada ketel pipa air, fluida yang mengalir dalam pipa adalah air, energi panas ditransfer dari luar pipa (yaitu ruang dapur) ke air ketel.

Keunggulan

  • Temperature control, sebuah fitur yang mampu memanaskan dan mendidihkan air pada suhu tertentu, sesuai dengan yang diinginkan.
  • Water level indicator, tools ini akan meminimalisir luapan air pada saat proses air mendidih sedang berlangsung, sehingga menjamin keamanan pengguna.
  • Boiled & keep warm signal, dengan fitur ini pengguna bisa dengan mudah melihat proses yang sedang berlangsung. Biasanya alat ini dilengkapi dengan dua lampu indikator berwarna merah, untuk menandakan bahwa air memang benar-benar siap untuk disajikan.

Mesin water boiler terdiri dari beragam jenis yang memiliki fungsi dari setiap tipenya mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang sekadar hanya untuk menghangatkan, hingga ada juga yang mempunyai kemampuan untuk mendidihkan air pada suhu tertentu sesuai kebutuhan.

Fungsi Dasar

Fungsinya sendiri sejalan dengan kemampuanya yang terkenal mumpuni dalam membuat air menjadi mendididh dan panas secara konstan dalam kurun waktu tertentu yang telah diatur sedemikian rupa. Material yang digunakan pun dijamin aman karena terbuat dari bahan stainless steel, antikarat serta tidak mudah berkerak, sehingga minuman yang disajikan akan tetap terjaga kualitasnya dan tentunya layak untuk dikonsumsi.

Alat ini memanfaatkan tenaga listrik untuk pengoperasiannya. Berbeda dengan jenis ketel yang masih memanfaatkan kompor gas. Water boiler dirancang lebih mudah untuk penggunaanya. Water boiler mampu memanaskan air sesuai dengan suhu yang sudah diatur. Jika sudah mencapai suhu yang diinginkan, heater pada water boiler akan mati dan melakukan penyesuaian.

Misalnya, suhu yang diatur 100C, jika sudah mencapai suhu tersebut heater akan mati dan turun menjadi 95oC. Berikutnya suhu akan naik kembali dan begitu seterusnya. Metode itu juga disebut dengan istilah thermostat. Thermostat adalah suatu perangkat yang dapat memutus-sambungkan arus listrik pada saat mendeteksi perubahan suhu di lingkungan sekitarnya sesuai dengan pengaturan suhu yang ditentukan.

Alat ini juga dapat digunakan selama 24 jam dengan syarat terdapat air dan listrik masih terhubung. Selama waktu itu juga suhu dapat menyesuaikan lingkungan sekitar dengan pengaturan temperatur yang sudah ditentukan.

Cara Menggunakannya

Sama dengan ketel pada umumnya, untuk memanfaatkan water boiler hanya membutuhkan media utama, yaitu air. Perbedaanya hanya terletak pada daya yang mengoperasikan alat tersebut. Agar lebih jelas, simak cara sederhana penggunaannya berikut.

  • Masukkan air. Air adalah bahan utama untuk water boiler. Masukkan air sesuai dengan batas garis atas water boiler. Anda dapat menggunakan air matang atau air mentah. Water boiler memiliki peran menghangatkan sekaligus mendidihkan. Tuangkan air sesuai kapasitas mesin, jangan memaksakan hingga terlalu penuh.
  • Hubungkan kabel mesin ke stop kontak. Pastikan bagian kabel aman dan tidak terkelupas. Water boiler berhubungan dengan air akan sangat rentan jika terkena kabel yang terkelupas.
  • Atur suhu. Setelah dua tahapan tersebut terlaksana, saatnya Anda mengatur suhur pada water boiler. Gunakan knop untuk mengarahkan ke suhu yang Anda mau. Berikutnya suhu yang telah diatur akan bekerja secara otomatis dengan metode thermostat.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

Cara Merawat Water Boiler

Satu kemudahan bagi Anda untuk membersihkan alat yang satu ini. Karena memiliki material stainless steel, alat ini mudah untuk dibersihkan. Bersihkanlah menggunakan kain lap lembap. Menggunakan kain lembap mudah untuk menghapus noda atau debu yang menempel. Lakukanlah pembersihan ini secara rutin sesuai intensitas penggunaan. Merawat water boiler adalah salah satu cara untuk mempertahankan keawetan mesin.

Water boiler listrik terdiri dari suatu reservoir air dengan elemen pemanas di bagian bawah. Beberapa model menawarkan pengaturan suhu ganda untuk memnjadikan air menjadi panas, dingin, atau suam suam kuku. Penyajiannya bermacam macam ada yang masih manual dengan cara dituang, menggunakan selang ataupun tombol untuk menyalurkan air secara otomaits.

Beberapa water boiler mampu mendeteksi panas karena dilengkapi dengan termostat atau termometer analog yang mampu mendeteksi air ketika telah mencapai titik didih 100 ° C ( 212 ° F ) dan secara otomatis akan menghentikan pemanasan.

Electric Water Boiler biasanya digunakan untuk menyediakan sumber langsung dari air panas untuk membuat teh , cokelat panas , kopi , mie instan , atau susu formula bayi , atau untuk penggunaan rumah tangga lainnya di mana air panas bersih diperlukan.

Untuk di aplikasikan di sebuah restorant, hotel, ataupun pabrik panci pemanas listrik sangat efisien karena mampu menghasilkan panas dengan cepat. Namun tetap kita harus selalu merawat dan menjaga kebersihannya ,karena pemanasan menyebabkan terpisahnya mineral air dan menjadikan endapan di dasar panci.

Berikut Ini Adalah Cara untuk Merawat dan Membersihkan Electric Water Boiler :

  1. Matikan ketel listrik dan cabut unit. Biarkan ketel dingin sebelum membersihkan .
  2. Bersihkan bagian luar dan dalam ketel listrik kain basah dan Keringkan dengan kain lembut .
  3. Cuci bagian dalam ketel listrik dengan hidangan deterjen dan air . Jadi jangan merendam ketel di dishwater atau dengan menggunakan cairan apapun .
  4. Keringkan bagian dalam ketel dengan handuk piring atau biarkan udara kering .
  5. Untuk membersihkan noda putih karena pemanasan air,isi ketel listrik dengan air dan cuka berbanding 1:1  Kombinasi air dan cuka bekerja untuk mengangkat kotoran hasil pemanasan air .
  6. Selanjutnya panaskan ketel sampai mendidih , kemudian matikan ketel setelah didinginkan dan buang larutan air dan cuka .
  7. Bersihkan bagian dalam ketel dengan pad nilon untuk membersihkan sisa sisa kotoran.
  8. Bilas ketel listrik dengan air dingin dan keringkan bagian dalamnya dengan kain bersih .

Boiler atau ketel uap adalah suatu bejana tertutup yang di dalamnya berisi air untuk dipanaskan. Energi panas dari uap air keluaran boiler tersebut selanjutnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk turbin uap, pemanas ruangan, mesin uap, dan lain sebagainya. Secara proses konversi energi, boiler memiliki fungsi untuk mengkonversi energi kimia yang tersimpan di dalam bahan bakar menjadi energi panas yang tertransfer ke fluida kerja.


 

Mesin Boiler

 

Ketel uap atau boiler adalah alat konversi energi yang mengubah air menjadi uap dengan cara pemanasan. Panas yang dibutuhkan air untuk penguapan tersebut diperoleh dari pembakaran bahan bakar pada ruang bakar ketel uap.
Secara sederhana, prinsip kerja boiler adalah memanaskan air hingga mencapai titik didihnya sehingga air berubah menjadi uap (steam). Uap panas itulah yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pemanasan crude oil agar tidak membeku, untuk proses produksi minyak kelapa sawit, dan lain-lain. Ada pun beberapa tipenya sebagai berikut.

1. Fire Tube Boiler

Pada fire tube boiler, gas panas melewati pipa – pipa dan air umpan boiler adadidalam shell untuk di rubah menjadi steam. Fire tube boiler biasanya di gunakan untuk kapasitas steam yang relatif kecil dengan tekanan steam rendah sampai sedang. Sebagai pedoman, fire tube boiler kompetitif untuk kecepatan steam sampai 12.000 kg/jam dengan tekanan sampai 18 kg/cm.

Fire tube boiler dapa menggunakan bahan bakar minyak bakar, gas atau bahan bakar padat dalam operasinya. Untuk alasan ekonomis, sebagian besar fire tube boiler di konstruksi sebagai “paket” boiler (dirakit oleh pabrik) untuk semua bahan bakar.

2. Water Tube Boiler

Pada water tube boiler, air umpan boiler mengalir melalui pipa – pipa masuk ke dalam drum. Air yang tersikulasi dipanaskan oleh gas pembakar membentuk steam pada daerah uap dalam drum. Boiler ini dipilih jika kebutuhan steam dan tekanan steam sangat tinggi seperti pada kasus boiler untuk pembangkit tenaga.

Water tube boiler yang sangat modern di rancang dengan kapasitas steam antara 4.500-12.000 kg/jam, dengan tekanan sangat tinggi. Banyak water tube boiler yang di konstruksi secara paket jika di gunakan bahan bakar minyak bakar dan gas. Untuk water tube boiler yang menggunakan bahan bakar padat, tidak umum di rancang secara paket.

Baiklah ini adalah informasi menganai water boiler yang dapat berguna untuk anda dalam membeli barang ini. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Komponen – Komponen Water Boiler

Bagian-Bagian Pada Boiler dan Fungsinya

Sama seperti contoh pompa, kompresor dan juga peralatan pabrik lainnya yang akan tersusun dari berbagai komponen sehingga dapat alat tersebut dapat bisa beroperasi dan juga menjalankan pada perannya. Boiler juga akan tersusun dari berbagai macam komponen dengan fungsinya masing-masing.
Di bawah ini adalah fungsi dari masing-masing komponen pada boiler, yaitu:

1. Tungku Pengapian (Furnace)

Bagian ini adalah tempat terjadinya sebuah pembakaran bahan bakar yang akan menjadi sumber panas, proses penerimaan panas oleh pada media air dilakukan atau di gerakan melalui pipa yang telah dialiri air, pipa tersebut akan menempel pada bagian di dinding tungku pembakaran.

Proses perpindahan panas pada furnace terjadi dengan tiga cara:
  • Perpindahan panas secara radiasi, dimana akan terjadi pancaran panas dari api atau gas yang akan bisa  menempel pada bagian dinding tube sehingga bisa menjadi panas tersebut akan diserap oleh fluida yang akan mengalir di dalamnya.
  • Perpindahan panas secara konduksi, panas akan mengalir melalui hantaran dari sisi pipa yang akan menerima panas kedalam sisi pipa yang bisa memberi panas pada air.
  • Perpindahan panas secara konveksi, panas yang terjadi dengan akan singgungan molekul-molekul air sehingga dapat menjadi panas akan menyebar kesetiap aliran air tersebut.

2. Steam Drum

Steam drum mempunyai fungsi berfungsi sebagai tempat penampungan air panas serta tempat terbentuknya menjadi uap. Drum ini akan menampung uap jenuh (saturated steam) beserta juga air dengan perbandingan antara 50% air dan juga 50% uap.

Agar untuk bisa menghindari agar air tidak akan terbawa oleh uap, maka dari itu dipasangi sekat-sekat, air yang mempunyai atau memiliki suhu rendah dan bisa akan turun ke bawah dan juga air yang bersuhu tinggi akan bisa naik ke atas dan juga kemudian menguap.

3. Superheater

Adalah tempat dijadikan pengeringan steam, dikarenakan uap yang berasal dari steam drum masih dalam keadaan basah walaupun belum dapat di pakai atau digunakan. Proses pemanasan pun akan lanjutan menggunakan atau memakai superheater pipe yang bisa dipanaskan dengan keadaan suhu 260°C sampai 350°C.

Dengan adanya suhu tersebut, uap akan bisa menjadi kering dan juga dapat digunakan atau di pakai untuk menggerakkan turbin maupun juga untuk keperluan peralatan lain – lainyya.

4. Air Heater

Komponen ini juga merupakan alat yang mempunyai berfungsi untuk memanaskan udara yang juga dapat di pakai atau digunakan untuk menghembus atau meniup bahan bakar agar dapat bisa terbakar sempurna.

Udara yang akan dihembuskan, sebelum akan melewati air heater memiliki atau mempunyai suhu yang sama dengan suhu udara normal (suhu luar) yaitu 38°C.
Namun, juga setelah melalui air heater, suhunya akan udara tersebut akan bisa meningkat menjadi 230°C sehingga sudah dapat di pakai atau digunakan untuk menghilangkan kandungan air yang bisa terkandung didalamnya karena uap air dapat bisa menganggu proses pembakaran.

5. Dust Collector (Pengumpul Abu)

Bagian ini juga berfungsi untuk menangkap atau mengumpulkan abu yang akan berada pada aliran pembakaran hingga debu yang terikut dalam gas buang. Keuntungan menggunakan atau memakai alat ini adalah gas hasil pembakaran yang akan dibuang ke udara bebas dari kandungan debu.

Alasannya tidak lain karena debu dapat bisa mencemari udara di lingkungan sekitar kalian, serta bertujuan untuk bisa mengurangi kemungkinan juga akan terjadinya kerusakan pada bagian alat akibat adanya gesekan abu maupun pasir lembut.

6. Pengatur Pembuangan Gas Bekas

Asap dari sebuah ruang pembakaran akan dihisap oleh blower IDF (Induced Draft Fan) melalui dust collector selanjutnya juga akan dibuang melalui cerobong asap.

Damper akan pengatur gas asap diatur terlebih dahulu karena sesuai kebutuhan sebelum IDF dinyalakan, karena itu semakin besar damper juga akan dibuka maka dari itu akan semakin besar isapan yang akan bisa terjadi dari dalam tungku.

7. Safety Valve (Katup pengaman)

Alat ini memiliki berfungsi untuk membuang uap sehingga apabila tekanan uap itu akan telah melebihi batas yang telah akan ditentukan. Katup ini bisa jadi terdiri dari dua jenis, yaitu katup pengaman uap basah dan juga katup pengaman uap kering.

Safety valve ini akan dapat bisa diatur sesuai dengan aspek maksimum yang kalian telah ditentukan. Pada uap basah biasanya bisa diatur pada tekanan 21 kg per cm kuadrat, sedangkan kalau untuk katup pengaman uap kering diatur pada tekanan 20,5 kg per cm kuadrat.

8. Gelas Penduga (Sight Glass)

Gelas penduga dipasang pada bagian drum bagian atas yang mempunyai berfungsi untuk mengetahui ketinggian air di dalam drum. Tujuannya adalah agar bisa untuk memudahkan pengontrolan ketinggian air di dalam ketel selama boiler sedang melaksanakan beroperasi.

Gelas penduga ini juga harus dicuci dengan secara berkala untuk agar bisa menghindari terjadinya penyumbatan yang bisa membuat level air tidak akan dapat bisa dibaca.

9. Pembuangan Air Ketel

Komponen boiler ini juga berfungsi untuk membuang air di dalam drum di bagian atas. Pembuangan air ini akan dilakukan atau dilaksanakan bila terdapat zat-zat yang akan tidak dapat terlarut, contoh sederhananya yaitu munculnya busa yang bisa dapat menganggu pengamatan terhadap gelas penduga.

Untuk bisa mengeluarkan air dari dalam drum ini, pakaialah atau digunakan blowdown valve yang sudah terpasang pada di drum atas, katup ini akan bekerja bila jumlah busa itu sudah melewati batas yang telah ditentukan.