Saat ini Kementerian Kesehatan telah merilis protokol new normal pada Senin (25/5/2020) berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pengendalian Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Pola hidup sehat baru dapat dijalankan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Protokol kesehatan yang dimaksud adalah menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah, jaga jarak, serta menjaga kesehatan dengan asupan makanan dan berolahraga lebih rutin.

Protokol New Normal Anjuran Dari Pemerintah

Beberapa protokol kesehatan yang dirilis oleh pemerintah juga mengatur tata cara berkumpul di luar rumah, makan di restoran hingga beribadah.

  1. Pimpinan kerja memberikan prosedur untuk pekerja melaporkan setiap ada kasus yang dicurigai sebagai Covid-19 agar segera melapor ke petugas kesehatan.
  2. Perusahaan wajib membentuk Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja. Tim Covid-19 bisa terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas Kesehatan. Selain itu juga harus  yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan tempat kerja.
  3. Memastikan seluruh area kerja tetap bersih dan terjaga higienitas. hal ini bisa rutin dengan pembersihan menggunakan pembersih dan desinfektan dalam kurun waktu tiap 3-4 jam sekali. Terutama handle pintu dan pegangan tangga, tombol lift, peralatan kantor yang sering digunakan bersama, dan fasilitas umum lainnya.
  4. Tetap melakukan bekerja dari rumah (work from home) dengan menentukan pekerja esensial yang harus tetap bekerja dan pekerja yang bisa melakukan pekerjaan dari rumah.
  5. Mewajibkan pekerja menggunakan masker sejak perjalanan dari rumah, dan selama di tempat kerja, maupun selama perjalanan untuk pulang.
  6. Di pintu masuk tempat kerja lakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermogun, dan sebelum masuk kerja. Terapkan Self Assessment Risiko Covid-19 untuk memastikan karyawan yang akan masuk kerja dalam kondisi tidak sedang terjangkit Covid-19.
  7. Tidak memperlakukan kasus positif sebagai suatu hal patut dihindari.
  8. Mengatur asupan nutrisi makanan dan menyediakan makanan sehat di tempat kerja. Pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jambu, lemon jeruk, dan sebagainya untuk membantu mempertahankan imunitas tubuh. Jika bisa, akan lebih baik jika pekerja dapat diberikan suplemen vitamin C.

Semoga pandemi ini cepat berlalu dan perlahan lahan sektor penting negara bisa pulih dan beraktivitas kembali tanpa takut adanya ancaman dan penyakit berbahaya lainnya.