Dampak dari wabah covid-19 ini telah dirasakan oleh berbagai pihak. Di sektor ekonomi dampak pandemik covid-19 ini juga sangat terasa. Berbagai kegiatan ekonomi mikro maupun makro mengalami penurunan atau pertumbuhan yang lambat. Hal ini juga dirasakan oleh Rumah Mesin. Daya beli masyarakat di tengah pandemik ini sangat menurun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Mesin Pengolah Kelapa

Meskipun demikian, sampai dengan akhir Maret 2020 lebih dari 30 mesin masih dikirimkan ke berbagai wilayah di Indonesia. Selama bulan Maret 2020, mesin-mesin tersebut dikirimkan ke area DIY seperti Gunungkidul dan juga Bantul. Sementara untuk luar daerah, mesin dikirimkan ke Gombong, Surabaya, Tuban, Salatiga, Banjarmasin, Riau, Semarang, Belitung, Kupang, Kalimantan, Rembang, Pekanbaru, dan  Kalasan. Secara keseluruhan, pengiriman di dominasi wilayah pulau Jawa.

Mesin Parut Kelapa

Puluhan mesin yang dikirimkan di bulan Maret 2020 terdiri dari berbagai macam kategori mesin, mulai dari mesin makanan dan kemasan, mesin pertanian, mesin pengolahan kelapa, mesin perkebunan, serta mesin pengolah sampah. Kategori mesin makanan dan kemasan yang dikirimkan di bulan Maret 2020 yaitu mesin es serut, mesin giling daging, mesin hand sealer, mesin pencetak mie, mesin filling, mesin shrink, grinder kopi, mesin arum manis, dan mesin pengaduk dodol.

Kemudian di kategori mesin pertanian dan perkebunan ada mesin pengupas bawang, mesin parut jahe, dan mesin giling sekam. Kategori mesin pengolahan kelapa terpadu terdiri dari pencetak briket serta mesin gula semut baik dari penepung, kristalisator, dan oven. Terakhir adalah mesin pengolah sampah. Mesin pengolah sampah yang dikirimkan antara lain mesin pencacah plastik, mesin press hidrolik, mesin pencuci plastik, dan mesin pencacah organik.

Mesin Pencacah Plastik dan Mesin Penepung

Sebagian besar mesin-mesin tersebut akan digunakan untuk perorangan, UMKM dan juga kelompok usaha. Jumlah pengiriman mesin di bulan Maret lalu tentunya masih jauh dari target yang diharapkan. Manajemen berharap penjualan dan pengiriman mesin di bulan-bulan berikutnya bisa lebih stabil dan tidak mengalami penurunan secara terus menerus.

Semoga pandemik covid-19 ini segera berakhir dan seluruh aktivitas perekenomian dan lainnya dapat berjalan normal kembali.