Ramadhan tahun ini berbeda dengan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Berbagai macam kegiatan Ramadhan banyak yang ditiadakan atau diminimalisir, baik di kalangan pemerintah, perusahaan, maupun masyarakat. Hal tersebut guna upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Pada tahun sebelumnya, Rumah Mesin menyelenggarakan beberapa kegiatan Ramadhan. Namun kali ini, semua kegiatan dilakukan secara online.

Kegiatan pengajian secara online diagendakan setiap hari Senin, dan mulai terlaksana pada hari Senin (27-04-2020). Pengajian dimulai pukul 08.00 WIB melalui live streaming Instagram akun resmi Rumah Mesin yakni @rumahmesin. Seperti biasa, pengajian diisi oleh Ustadz Dudi M. Rusyad. Pada kesempatan tersebut, Direktur Rumah Mesin Bapak Mansur Mashuri, S.T. juga berkesempatan memberikan sambutannya.

Live Streaming Instagram @rumahmesin

Dalam sambutannya beliau memberikan semangat kepada seluruh karyawan yang terdampak covid-19, yang mana sebagian divisi di Rumah Mesin harus dikurangi jam kerjanya. Beliau juga berpesan kepada kita semua agar selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Karena sebagai umat muslim, hanya Allah satu-satunya penolong.

Seluruh karyawan Rumah Mesin, mulai Ramadhan tahun ini dianjurkan untuk selalu menjaga wudhunya. Sebelum memulai pekerjaan, di bulan puasa ini beliau berharap agar seluruh karyawan juga melaksankan sholat dhuha seminimal mungkin 2 rakaat dan juga tilawah Al-Qur’an setidaknya satu muka atau satu halaman Al-Qur’an. Bapak Mansur Mashuri, S.T. berharap agar seluruh karyawan memnafaatkan momen Ramadhan tahun ini untuk menabung pahala sebanyak mungkin.

Bapak Direktur Rumah Mesin

Setelah sambutan dari Direktur Rumah Mesin pengajian dimulai oleh ustadz Dudi M. Rusyadi. Beliau menyampaikan agar kita semua bukan hanya mengisi amalan duniawi saja, tetapi juga yang berkaitan dengan ukhrawi. Kita bisa memulainya dengan hal-hal sederhana seperti senyum dengan sesame. Senyum, meskipun ringan mengandung pahala karena senyum merupakan salah satu bentuk ibadah untuk bekal ukhrawi kita.

Kajian Online Rumah Mesin

Kemudian, kita juga harus melakukan segala tindakan dengan ikhlas. Ikhlas disini berarti semua yang kita kerjakan semata-mata karena Allah SWT. Apa yang kita berikan untuk orang lain semua karena Allah SWT. Ikhlas juga berarti tidak mengharapkan pujian dari manusia. Semoga dengan ikhlas, kita semua selalu dirahmati oleh Allah SWT.