Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Resep Bakso Beranak Yang Sederhana Ala Restoran. Setelah pada  artikel sebelumnya saya telah memabahas tentang Resep  Bakso Udang goreng. Berikut adalah Resep Bakso Beranak Enak dan Lezat

Resep Bakso Beranak

resep bakso beranak

Resep Bakso Beranak tengah terkenal di masyarakat Indonesia. Khususnya untuk daerah Malang dan sekitarnya.

Sebab di sana banyak sekali warung bakso yang menyajikan bakso beranak dari ukuran kecil sampai bakso beranak ukuran jumbo yang besarnya hampir 5x mangkok saji.

Harga yang di tawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp 25.000.- sampai ratusan ribu rupiah tergantung besar kecilnya bakso beranak yang di pesan. Kemudian apa saja  yang membuat kreasi bakso beranak ini lebih booming dibanding olahan bakso urat, bakso ikan, bakso tetelan, bakso iga, bakso mangkok dan bakso Malang?

Jawabannya adalah di penyajiannya yang unik dan berbeda dari kreasi bakso lainnya. Yup, rasa-rasanya kalau bakso di isi tetelan dan telur ayam atau telur puyuh sudah biasa ya. Tapi apa jadinya jika bakso yang Anda makan di dalamnya ada baksonya lagi?

Karena itulah makanan ini di sebut bakso beranak. Sebab di dalam bakso yang besar terdapat anak-anak bakso kecil yang kadang juga di padukan dengan telur puyuh, tetelan dan babat yang membuat bakso beranak terasa lebih istimewa. sebelum lebih lanjut kita mengenal dulu sejara bakso.

Sejarah Makanan Bakso

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.  namun kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.

Bakso dari Tiongkok t berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso udang atau resep bakso udang  juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir.  disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Nah itulah sejarah bakso atau asal mula dari makanan bakso. Sebelum lanjut ke resep bakso beranak berikut ada  beberapa varian bakso yang ada di indonesia.

Varian Bakso yang Ada di Indonesia

  1. Bakso urat adalah bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso tenis telur adalah bakso yang berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk pipih
  4. Bakso ikan adalah resep bakso yang berbahan dari daging ikan
  5. Bakso udang adalah resep bakso yang  berbahan dari udang
  6. Bakso Malang adalah hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
  7. Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari ikan ekor kuning.
  8. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang.
  9. Bakso kejuadalah bakso resep baru berisi keju. berbeda dengan resep bakso udang goreeng
  10. Bakso bakar merupakan resep bakso dibakar langsung tanpa arang serta diolesi bumbu khusus dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbunya dioles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  11. Bakso kerikiladalah resep bakso yang bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  12. Bakso Balungan adalah resep bakso yang bahan dasarnya tulang. berbeda dengan resep bakso udang goreng, kalo ini dibuat dengan bahan dasarnya adalah tulang.
  13. Bakso Unyil adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  14. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor)adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.

Varian Bakso Beranak

inilah beberapa varian bakso beranak

1. Bakso Beranak Isi Keju dan Rawit

Bakso isi keju dan isi rawit sudah biasa ditemukan. Tapi, berbeda dengan bakso milik Pak Gayeng di daerah Gambir, Jakarta. Pak Gayeng menyediakan beberapa varian seperti bakso urat cabai, bakso keju, bakso telur, dan primadonanya yaitu bakso beranak.

Yang menjadi ciri khas dari bakso beranaknya yakni begitu dibelah langsung terlihat 8 aneka bakso yang bervariasi isi. Mulai dari keju sampai cabai rawit.

Harganya pun termasuk terjangkau, hanya dibandrol dengan harga Rp15 ribu, itu juga sudah lengkap dengan mi dan sayurnya.

2. Bakso Buaya Beranak

Bakso buaya beranak ini dijual di Kedai Bakso Rusuk Joss, Bekasi.  Kalau mau menikmati bakso buaya beranak ini, bawa teman ya. Jangan sampai makan sendirian, karena dijamin gak bakal sanggup menghabiskannya.

Beratnya sekitar 600–900 gram. Jadi, tak heran kalau harga bakso cukup merogoh kocek yang dalam sekitar Rp75 ribu.

3. Bakso Kerbau Beranak

Bentuknya memang sama dengan bakso beranak yang lainnya. Yang membedakan adalah isi dari baksonya. Bakso beranak asal Demak ini berisi daging kerbau.

Terdiri dari empat butir bakso isi telur puyuh dan tiga butir bakso seukuran kelereng. Daging kerbau yang dipilih adalah yang berserat supaya tak sama dengan tekstur daging sapi. Agar ketika dimakan, bakso ini terasa kenyal di lidah.

4. Bakso Hamil

Memang ada-ada saja inovasi bakso beranak ini. Ada lagi dari Banyuwangi namanya bakso hamil. Kalau berkunjung ke Banyuwangi, kamu wajib cicipi bakso ini.

Bakso hamil ini tersedia di kedai Bakso Andre Banyuwangi. Ada beberapa ukuran. Di antaranya bakso hamil tiga bulan dengan berat setengah kilogram, bakso hamil tujuh bulan dengan berat satu kilogram, dan bakso hamil 9 bulan dengan berat dua kilogram. Harganya bervariasi mulai dari Rp55 ribu sampai Rp220 ribu.

5. Bakso Mangkuk 

Heran dengan nama yang satu ini gak? Tetapi memang seperti namanya, bakso ini diwadahi dengan bakso besar juga. Jadi, mangkuknya juga bisa kamu makan sekaligus. Gak kalah eksis dengan bakso beranak, bakso mangkok ini juga sangat populer.

Dampak  Bakso Bagi Kesehatan

Dalam proses pembuatan resep bakso udang goreng, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman di konsumsi oleh BPOM.

BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5-10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks.

Karena resep bakso terbuat dari daging, maka sebaiknya bakso disimpan dalam kondisi beku sebelum direbus untuk dikonsumsi. Karena alasan itulah di supermarket bakso dijual dalam kondisi beku untuk menjaga temperatur agar bakso dapat terjaga kualitasnya dan tidak tercemar bakteri.

hati-hati dalam memilah bakso yang dijual oleh pedagang bakso keliling maupun yang ada dipinggir jalan. Bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang rawan tercemar bakteri, misalnya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab tifus. Pilihlah bakso yang tengah direbus.

Bukan menakut nakuti bahan borak memanglah berbahaya dapat menyebabkan kanker hati. kita boleh makan bakso tapi pilih tempat yang bersih serta terjamin kebersihannya. Alangkah baiknya kita buat bakso sendiri itu lebih terjamin kesehatannya.

Manfaat Bakso Bagi Kesehatan

Bakso adalah sebuah makanan yang terbuat dari daging. Sebagian besar bakso terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi bulatan bola bola daging. Daging mengandung berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagai pertumbuhan tubuh dan otak.

Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengkonsumsi daging tiga sampai empat kali dalam seminggu. Karena daging mengandung banyak sekali gizi, protein vitamin dan zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari hari adalah dengan makan bakso.

Sebuah solusi yang instan dalam mengkonsumsi daging sehari hari. Bakso yang diolah secara benar dengan mesin pembuat bakso akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Makanan ini sudah tidak asing lagi dari kuliner di indonesia.

Tanpa melihat manfaat dari kesehatannya makanan ini sudah banyak konsumennya. Dikarenakan rasanya yang lezat. Bakso ini sangat populer sekali di kalangan masyarakat. Prospek dari usaha kuliner ini juga sangat menguntungkan.

Karena dari segi kosumen semua orang menyukainya sehingga usaha ini tidak akan berhenti dan selalu ada peminatnya. Pada proses pengolahannya saat ini berbagai pengusaha telah menggunakan mesin pencetak bakso.

Mesin bakso sangat efisien dalam mencetak bakso secara besar. Sehingga pelaku usaha tidak perlu repot repot lagi mencetak adonan bakso secara manual.

Berikut berbagai manfaat bakso bagi kesehatan :

  • Pertumbuhan tubuh. Protein dari bakso adalah protein hewani yang mempunyai struktur mirip dengan tubuh manusia, Daya cerna protein hewani lebih baik dibanding dengan protein nabati. Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein merupakan penyusun bagian besar pertumbuhan badan seperti otot, kulit, jantung, dan paru-paru.
  • Kecerdasan otak. Orang yang sering memakan bakso akan mempunyai kecerdasan yang baik, dibanding dengan yang jarang makan bakso. Karena daging pada bakso mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kecerdasan otak.
  • Penambah tenaga. Bakso mengandung lemak yang bermanfaat sebagai penyimpan energi dan tenaga. Lemak yang terdapat dalam daging bakso berfungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, Selain itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Dengan Beberapa informasi diatas kita mengatahui bahwa bakso sangat begizi pada tubuh kita. Manfaat dan rasa yang lezat dari bakso juga bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha.

Untuk memulai usaha bakso jangan lupa untuk selalu menyajikan bakso yang higienis dari mesin pembuat bakso yang berkualitas. Karena kesehatan makanan ada adalah kepuasan dari konsumen. sekian dan terima kasih

Resep Bakso Beranak

Resep bakso beranak

Resep Bakso Beranak Yang Sederhana Ala Restoran

Bahan – Bahan Resep Bakso Beranak :

  • Daging sapi 500 gram, cincang
  • Tepung tapioka 75 gram
  • Es batu 150 gram
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang putih 3 siung, rajang dan goreng
  • Bawang merah 5 siung, rajang dan goreng
  • Telur ayam 1 butir (telur ukuran besar)
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Garam 2 sendok teh

Bahan Pelengkap Bakso :

  • Mie kuning
  • Bihun
  • Sayuran
  • Tahu

Langkah Langkah Membuat Resep Bakso Beranak Daging Sapi :

  1. Pertama-tema haluskan daging sapi bersama es batu menggunakan penggiling daging, food processor atau blender jika menggunakan blender maka dilakukan sedikit demi sedikit.
  2. Selanjutnya masukkan tepung tapioka, garam, merica, bawang putih, bawang putih goreng, bawang merah goreng, putih telur, dan baking powder. Giling sampai benar-benar halus.
  3. Rebus air sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan bisa matikan kompornya.
  4. Langkah berikutnya buat bakso kecil untuk isian bakso beranak dulu. Isian boleh ditambah telur puyuh, sosis, sayuran sesuai selera.
  5. Bentuk bulat kecil adonan menggunakan dua sendok untuk dijadikan isi dari bakso beranak banyaknya sesuai yang dibutuhkan lalu masukkan dalam rebusan air. Nyalakan api dan rebus bakso sampai mengapung. Angkat, tiriskan.
  6. Cara Membuat Bakso Beranak yang besar Ambil mangkuk ukuran kecil lalu oles minyak tipis tipis. Lalu letakkan adonan dalam mangkuk banyaknya adonan sesuai ukuran bakso yang diinginkan dan ratakan pada mangkuk.
  7. Isi dengan bakso kecil yang sudah matang kemudian tutup adonan dan rapikan tapi jangan ditekan telalu keras supaya bakso tidak jadi satu dengan isinya. Kemudian masukkan bakso dalam rebusan air dan rebus bakso sampai mengapung.
  8. Yeah, bakso beranak siap di hidangkan selagi hangat lengkap dengan bahan pelengkap seperti mie kuning, bihun dan sayuran. Ternyata mudah dan praktis bukan?
  9. Untuk kuah baksonya saya pakai kuah bakso sederhana tanpa tulang. Jadi tinggal pakai air bekas rebusan bakso yang di bumbui bawang putih, lada (merica), kemiri, garam, kaldu, irisan muncang sledri dan bawang gorang saja.
  10. Atur kuah gurihnya sesuai selera, jadi deh! Sajikan dengan saus dan sambal untuk penambah nikmatnya.

Nah, cukup mudah kan kalian bisa coba sendiri dirumah jika kalian suka dengan artikel resep bakso beranak ini share kepada semua orang yang kalian kenal agar dapat mencoba resep ini dirumah masing masing.

Kemungkinan itu saja yang bisa saya samapaikan jika ada kata kata yang kurang berkenan saya minta maaf. Sekali lagi saya ucapkan terim kasih telah berkunjung di artikel kami, semoga artikel kami bisa bermanfaat bagi para pembaca.