Pada artikel ini saya akan membahas beberapa Resep Cara Buat Cappucino yang mudah. Sebelum ke penjelasan utama mari kita pelajari materi kopi dibawah ini!

A.Pengertian Kopi

   kopi adalah tumbuhan  berbuah kecil,bulat  sebesar biji kelereng.Tumbuhan kopi ini seringkali di buat bubuk, untuk dibuat minuman,makanan,atau keperluan lainnya.Cara buat minuman kopi bisa dibuat secara tradisional atau modern (menggunakan mesin pembuat kopi). Menurut banyak ahli istilah kopi berasal dari Bahasa qahwah(Bahasa Arab).

Tanaman Kopi banyak ditemukan di Indonesia, hampir di setiap wilayah Indonesia ada jenis-jenis kopi yang berkualitas dunia.Seperti di Aceh, Lampung, Sulawesi, dan daerah lainnya.Bahkan saking terkenalnya kopi ada film yang hits di pasaran,yakni film “Filosoi Kopi”.

B.Sejarah Kopi

   Ada sebuah cerita yang mengisahkan bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh seorang pengembala kambing dari Abessynia. Kopi semakin populer saat  Ali bin Omar sani dari Yaman menjadikan air rebusan kopi sebagai obat penyakit kulit dan obat-obatan lainnya. Sejak saat itu kopi  mendapat tempat  dikalangan masyarakat negeri itu.

C.Jenis Jenis Kopi Nusantara

1.Kopi Java Ijen Raung

   Kopi Java Ijen Raung adalah jenis kopi khas Bondowoso. Kopi java ijen raung pertama kali diekspor pada tahun 2011 dan kepopulerannya semakin melesat.Hingga pada tahun 2016, Indonesia berhasil mengekspor 43 kontainer atau 859 ton kopi. Kopi Java Ijen Raung memiliki ciri khas yaitu sensasi rasa pedas dengan sentuhan floral.

2.Kopi Rangsang Meranti Riau

Selain kopi arabika dan robusta, ada juga kopi liberika.Kementerian Pertanian meminta kepada para petani kopi Liberika Meranti Riau untuk  mengekspor kopi ini sebanyak 200 ton perbulan. Kopi Liberika Meranti riau ini ternyata banyak diminati di Malaysia sejak dulu.

3.Kopi Temanggung

   kopi Temanggung kebanggaan Indonesia ini  menjadi salah satu jenis kopi favorit yang banyak digemari.Daerah Kota Temanggung yang pada dasarnya mempunyai iklim yang sangat baik,sehingga cocok untuk kriteria penanaman kopi secara single origin, didukung juga oleh tingkat curah hujan yang cukup dan iklim yang baik, sehingga daerah Temanggung dapat menghasilkan kopi yang berkualitas baik.

Daerah dataran tinggi Temanggung banyak ditanami tumbuhan kopi arabika. Kopi Temanggung juga sudah banyak diekspor di beberapa negara seperti Swiss dan Amerika.

4.Kopi Arabika

   Kopi Arabika ini diperkirakan pertama kali diklasifikasikan oleh Carl innaeus (Carl von Linné) ilmuan dari swedia pada tahun 1753. Kopi arabika yang memiliki kandungan kafeina sebasar 0.8-1.4% ini awalnya berasal dari negara Brazil dan Etiopia. Arabika atau coffea arabica adalah jenis kopi yang pertama ditemukan dan dibudidayakan manusia hingga sekarang.

Kopi arabika tumbuh subur didataran tinggi pada ketinggian 700–1700 m dpl dengan suhu 16-20 °C,dan beriklim kering tiga bulan secara berturut-turut. Jenis kopi ini sangat rentan akan serangan penyakit karat daun Hemileia vastatrix (HV), terutama bila ditanam di elevasi kurang dari 700 meter dari permukaan laut.

5.Kopi Robusta

   Robusta merupakan salah satu jenis kopi dengan nama lain (nama ilmiah) Coffea canephora.kopi robusta mempunyai cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit dibandingkan dengan kopi arabika.Secara global produksi robusta menempati urutan kedua setelah arabika. Indonesia juga termasuk dalam salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Sebagian besar perkebunan kopi di indonesia ditanami kopi berjenis robusta, sisanya arabika,dan liberika.

6.Kopi Flores

Selain terkenal akan keindahan alamnya, flores juga memiliki hasil tanaman yang khas,yakni kopi khas flores yang terdapat pada dataran ngada di Nusa Tenggara Timur.Daerah flores ini juga menyumbang kopi terbaik nusantara yang di kenal dunia.

cara buat cappucinoBiji buah kopi flores

   Kopi di flores tumbuh subur dengan adanya abu vulkanik sisa erupsi gunung berapi di sekitarnya.Jenis kopi arabica merupakan jenis kopi flores. Beraroma buah dan ada tambahan rasa tembakau setelah meminumnya.

7.Kopi Jawa

   Kopi jawa mulai di kenal dunia pada abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji kopi ini di tanah jawa dan menjadikan indonesia sebagai produsen penghasil kopi terbesar di dunia.Walaupun Jenis-Jenis Kopi  sudah banyak tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

Kopi ini beraroma tipis rempah-rempah. Dengan kopi yang diproses melalui giling basah membuat kopi jawa ini terasa berbeda dan menarik untuk dinikmati.Di pegunungan ijen banyuwangi jawa timur inilah kopi jawa arabika berkualitas dunia di hasilkan sempurna untuk pecinta kopi sejati.

8.Kopi Lanang

Jenis-Jenis KopiBiji Kopi Lanang Dalam Kemasan

   Terciptanya kata kopi lanang yaitu karena pada biji kopi lanang ini berbentuk  bulat, tunggal serta tak memiliki belahan tengah seperti biji kopi pada umumnya.Kata “lanang” merupakan istilah bahasa jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.”

Dan memang betul bahwa salah satu manfaat dari kopi lanang adalah menambah vitalitas pada pria.Tak heran jika kopi ini harganya lebih mahal dari kopi lainnya.Kopi ini juga bisa menghasilkan kopi lanang jenis robusta dan kopi lanang jenis arabika.Kopi ini sangat populer di jaman pemerintahan Belanda.

7.Kopi Luwak

Ketika kita membahas jenis-jenis kopi di nusantara  belum lengkap rasanya kalo belum kenal kopi yang satu ini.Kopi ini menjadi incaran bagi para pecinta kopi di seluruh dunia.Produksi yang sangat terbatas membuat kopi ini langka dan sangat mahal untuk menikmati secangkir kopi ini.Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik dan menarik.

Jenis-Jenis KopiKopi Luwak Asli

   Awal mula terciptanya kopi luwak ini yaitu pada Zaman belanda dimana belanda tidak memperbolehkan para petani mencicipi kopi yang telah di tanamnya.

Suatu ketika para petani melihat luwak yang sedang memakan biji kopi.Ternyata luwak tidak bisa mencerna biji kopi yang telah di makannya itu.Dilihat dari hasil kotorannya yang masih menyisakan biji kopi yang di tanamnya.

Para petani yang memiliki rasa penasaran tinggi akan rasa kopi ini teringin untuk merasakan kopi tersebut.Dan ternyata kopi itu menghasilkan sajian kopi yang bercita rasa tinggi.Hingga sekarang Kopi luwak menjadi kopi terbaik dan termahal di dunia, tentunya kopi ini asli produk indonesia.

9.Kopi Wamena

   Kopi Wamena adalah jenis kopi yang tumbuh subur di pegunungan wamena dan menjadi salah satu sektor penghasil kopi di indonesia.Mempunyai aroma yang ringan dan mempunyai ciri khas harum di setiap biji kopinya adalah karakter kopi wamena.  Para petani di wamena menggunakan bahan-bahan organik untuk pupuk tanaman biji kopi mereka.

Jadi jika dicicipi kopi ini akan terasa akan rasa kopi yang original, ringan tampa ampas, harum dan tidak meninggalkan rasa asam di mulut.Jenis-Jenis Kopi wamena ini masih tergolong susah dalam mendistribusikannya.

10.Kopi Sidikalang

   Kopi sidikalang adalah salah satu kopi terbaik di indonesia yaitu dengan cita rasa yang mantab dan berkualitas tinggi.Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi sejati baik dari nusantara ataupun dari manca negara.

Karena kualitasnya yang tinggi kopi sidikalang menjadi pesaing utama dalam pasar dunia dari kopi brazil .Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia.Kopi Sidikalang menjadi pilihan terbaik untuk menemanimu saat bersantai.jenis kopi ini sangat mudah kamu jumpai di berbagai tempat di indonesia.

Pada dasarnya kopi adalah bahan utama dalam pembuatan cappucino.

   Cappucino adalah minuman dari racikan kopi yang nikmat dengan banyak penggemar setia dari berbagai kalangan. Kopi cappucino ini selalu jadi orderan langgangan di setiap kedai kopi , cafe dan resto yang menyediakan cappucino ini.

Namun rasa nikmat ini tentunya sebanding dengan harganya yang cukup menguras isi dalam dompet.Walau demikian anda tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang anda dapat menikmati kemewahan sajian kopi cappucino  dengan kreasi tangan anda sendiri.

Bagaimana resep cara buat cappucino???Nah kalian akan segera tahu setelah membaca artikel dibawah ini, tentang resep cara buat cappucino!!

Untuk membuatnya anda cukup menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan kopi cappucino ini dan segera membuatnya.Untuk rincian bahan komposisi kopi cappucino dan langkah-langkah penyajiannya dapat anda lihat dalam resep cara buat  cappucino  berikut ini.

cara buat capppucino

                                                             Cappucino-resep-cara-buat-cappucino

A. Resep Cara Buat Cappucino

Bahan-Bahan Cappucino

1. Biji kopi favoritmu
      Bisa 18 hingga 20 gram kopi untuk 60 mililiter air.
2. Timbangan
     Timbangan digunakan untuk mengukur rasio. Rasio antara air dan kopi yang akan kita seduh harus pas dan seimbang. Terlalu banyak kopi, tidak baik. Terlalu encer, juga tidak baik.
3. Penggiling kopi
     Untuk hasil terbaik, biji kopi yang baru digiling sangat direkomendasikan.Sebab kopi yang baru digiling masih fress dan aromanya juga kuat.Pilih pengiling kopi yang baik.
4. Air
     Inti dari resep kopi adalah air. Jadi, pastikan air pada suhu temperatur 90 derajat. Jika tak ada termometer, kita dapat jerang air dan diamkan selama 1 hingga 2 menit.
5.Susu Sapi Segar
    Susu sapi segar baik untuk membuat cappucino.Kondisi susu juga harus diperhatikan,karena mempengaruhi rasa cappucino.
6.Presso/aeropress
    Kita  bisa menggunakan presso/aeropress untuk memeras saripati kopi.
7.French press
French press  digunakan untuk metode seduh manual untuk menghasilkan kopi yang berkarakter,atau untuk membuat susu steamed–dengan cara manual.
8.Server atau gelas untuk tempat penyajian cappuccino
Biasanya gelas/cangkir ukuran 250 ml sudah cukup.Atau,kalian bisa menggunakan gelas/cangkir yang sudah kalian siapkan.

Cara Buat  Cappucino Yang Mudah

1.Panaskan air hingga 90 derajat Celcius sampai mendidih.

2.Sambil menunggu air mendidih,giling kopi 18 gram.

3.Masukkan kopi yang sudah digiling tadi  ke dalam presso atau aeropress.

4.Press kopi. Untuk takaran 18 gram kopi, masukkan air dengan suhu 90 derajat Celcius sebanyak 60 ml.  Dalam hal ini, rasio 1:3,4 dengan aeropress bisa menjamin kekentalan kopi menyerupai penggunaan dengan espresso.

5.Masukkan espresso ke dalam gelas penyajian.

Kedua, kita buat susu untuk  espresso

  1. Panaskan susu sapi segar hingga 90 derajat Celcius.
  2. Press 120 mililiter susu sapi segar dengan menggunakan french press yang telah kita siapkan. Butuh sedikit tenaga agar susu yang kita press dapat mengeluarkan busa. Busa tersebut akan menghasilkan tekstur yang enak saat kita menikmati si cappuccino nanti. Biasanya, kita harus “mengocok”  french press–katakanlah dalam waktu 1 menit–untuk menghasilkan foam yang cukup untuk pembuatan cappucino nanti.

Terakhir,  kita buat cappuccino 

  1. Tuangkan susu panas ke dalam espresso. Pelan-pelan dan jangan terlalu penuh, agar tak tumpah.
  2. Jika ada bubuk coklat, kita dapat taburkan di atasnya sebagai pemanis (garnish).
  3. Secangkir cappuccino  siap disajikan.

B. Resep Cara Buat Cappucino Cincau

Bahan-Bahan ES Cappucino Cincau:

  • 2 sachet capuccino bubuk
  • Cincau secukupnya atau kita bisa ganti menggunakan 1 bungkus nutrijel yang rasa cincau
  • 1 sachet susu kental manis, boleh yang rasa putih ataupun yang rasa coklat
  • 1 sendok makan gula pasir / sesuai selera dan larutkan dalam air yang hangat hingga larut (menjadi air gula)
  •  Air putih dan air dingin atau air es secukupnya=>jika masih kurang bisa ditambah
  • Secukupnya es batu serut

Alat Membuat Es Cappucino Cincau:

1.BlenderGelas saji / mangkuk

2.Sendok

3.Pisau

Cara buat Es Cappucino Cincau:

1.Jika kalian menggunakan nutrijel rasa cincau, rebus dulu nutrijelnya dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan hingga mengeras menjadi agar-agar / jelly. Jika menggunakan cincau.

2.Setelah dingin dan menjadi jelly, potong nutrijel menjadi kotak-kotak atau dadu,atau bisa sesuai selera.

3.Siapkan blender yang sudah disiapkan, lalu tuang air gula, air dingin/es, cappucino bubuk, dan es batu serut. Lalu blender semua bahan tersebut hingga halus dan tercampur rata.

4.Siapkan gelas saji atau gelas yang telah kalian siapkan, isi dengan jelly cincau, lalu tuangkan es cappucino yang telah diblender tadi diatas jelly cincau.

5.Es Cappucino Cincau siap disajikan.

cara membuat cappucino cincau                                    Es Cappucino Cincau-cara-buat-cappucino

C. Resep Cara Buat Cappucino Es Cream

Bahan-bahan
  1. 250 ml susu full cream
  2. 2 sachet kopi goodday cappucino
  3. 100 ml skm
  4. 4 sdm gula pasir
  5. 2 sdm penuh tepung maizena
  6. 1/2 gelas air
  7. 1 sdt sp(tim lalu biarkan kembali beku)

Cara Buat Cappucino Es Cream

  1. Persiapkan semua bahan bahannya.
  2. Campurkan susu cair, susu kental manis,kopi, gula pasir , kemudian masak dengan api kecil sambil diaduk. Lalu tambahkan  dengan 1/2 gelas air maizena yang telah dilarutkan.
  3. Masak hingga meletup-letup, tunggu uap panasnya hilang baru pindahkan kedalam wadah, setelah dingin bekukan di freezer.
  4. Setelah menjadi beku keruk menggunakan sendok,kemudian pindahkan kedalam mangkuk/baskom kecil, masukan sp yang sudah tim tadi & di bekukan lagi.
  5. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan tekstur nya jadi lembut.
  6. Tuangkan kedalam wadah /cup lalu masukkan ke dalam freezer kurang lebih 8 jam sampai beku.
  7. Cappucino Es Cream siap di sajikan.

D.Resep Cara Buat Cappucino CupCake

Bahan-bahan

1.50 gram milk cooking chocolate

2.4 butir telur

3.1/4 sendok teh garam

4.200 gram margarin

5.125 gram gula pasir halus

6.1 sendok teh baking powder

7.200 gram tepung terigu

8.2 sachet cappucino bubuk

9.25 gram maizena

10.50 gram chcoco chips

Topping

1. 50 gram cokelat chip

2.100 gram dark cooking chocolate

3.200 gram buttercream

Cara Buat  Cappucino CupCake

1. Lelehkan  milk cooking chocolate menggunakan panci dan masukkan kedalam mangkuk anti panas.

2.Rebus air menggunakan panci dan tunggu sampai air mendidih, kemudian masukkan coklat kedalam mangkuk dibagian atasnya. Tunggu dan diamkan bahan ini menjadi meleleh secara merata.

3.Angkat dan sisihkan bila sudah siap dan meleleh.

4.Selanjutnya silahkan larutkan capucino bubuk dengan menggunakan air panas sebanyak 2 sendok makan. Aduk-aduk dengan sendok sampai cappucinonya menjadi lebih larut secara merata dan tidak bergumpal.

5.Setelah itu baru lanjutkan dengan mengocok margarin dalam wadah dan masukkan kedalamnya gula pasir bersama dengan garam. Aduk-aduk secara merata dengan menggunakan mixer hingga lembut kurang lebih selama 7 menit.

6.Kemudian masukkan milk cooking chocolate kedalamnya dan aduk secara merata sampai tercampur.

7.Masukkan telur kedalamnya satu per satu dengan bergantian.

8.Lalu masukkan campuran tepung mazeina bersama dengan tepung terigu kedalamnya. Aduk secara merata sampai tercampur.

9.Kemudian masukkan larutan capucino bergantian dengan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diaduk-aduk secara perlahan. Lalu masukkan choco chips kedalamnya. Aduk kembali sampai merata.

10.Setelah adonan kue jadi, silahkan masukkan adonan kedalam cetakkan muffin yang sudah dialasi dengan  paper cup. Masukkan hingga 3/4 penuh.

11.Panggang adonan dalam oven dengan suhu 190 derajat selama kurang lebih 25 menit sampai matang dan mengembang.

Cara Buat Topping

1.Lelehkan  dark cooking chocolate dan cara buat nya sama seperti saat anda melelehkan milk cooking chocolate diatas.

2.Setelah mencair angkat dan sisihkan sementara.

3.Untuk cara buatnya kocok buttercream sampai lembut dengan mixer pada kecepatan yang tinggi.

4.Masukkan dark cooking chocolate yang sudah meleleh.

5.Lalu aduk bahan ini secara merata sampai tercampur dan warnanya berubah. Kemudian oleskan topping pada bagian atas cupcake yang sudah jadi.

Demikian penjelasan dari saya seputar kopi, resep cara buat cappucino,resep cara buat cappucinocincau,dan resep cara buat es cream cappucino serta resep cara buat cappucino cupcake.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
WhatsApp Chat Whatsapp!