Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang resep minuman cafe dengan alat dan bahan rumahan. Jadi pastikan kalian membacanya sampai akhir dan jangan lupa untuk mempraktekkannya dirumah.

Selain membuat tetang resep kopi cappuccino, kali ini saya membahas tentang resep minuman cafe dengan alat dan bahan rumahan

Bagi kalian yang tidak tau apa itu cafe, cafe adalah tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang dimana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe termasuk tipe restoran namun lebih mengutamakan suasana rileks, hiburan dan kenyamanan pengunjung sehingga menyediakan tempat duduk yang nyaman dan alunan musik.

Resep Minuman Cafe dengan Alat dan Bahan Rumahan

resep minuman cafe

Kata Kafe berasal dari bahasa Perancis yaitu cafe yang berarti coffe dalam bahasa Indonesia kopi atau coffehouse dalam bahasa Indonesia kedai kopi, istilah ini muncul pada abad ke 18 di Inggris.

Kopi pertama kali masuk ke Eropa pada tahun 1669 ketika utusan sultan Mohammed IV berkunjung ke Paris, Perancis, dengan membawa berkarung-karung biji misterius yang nantinya dikenal dengan nama coffee.

Ketika utusan si Sultan meninggalkan kota Paris tepatnya pada bulan Mei pada tahun setelah itu, kebiasaan meminum serta menikmati kopi yang telah dikenalkannya kepada kaum bangsawan di Paris telah menjadi mode yang baru tepatnya pada tahun 1672

Seorang pengusaha muda tepatnya berasal dari Armenia, yang dikenal dengan nama Pascal menjualnya secara umum, pertama-tama di sebuah pameran besar di Saint Germain dan kemudian di sebuah toko kecil tepatnya di Quai de Evole, dimana ia menjual kopi dengan harga dua sol, enam dernier (sekitar dua penny Inggris) untuk satu cangkir kopi.

Adalah Jean de la Rogue yang berperan penting dala sejarah kopi di Perancis, ia menulis bahwa ketika tahun 1714 ia berjalan bergegas menuju jalan besar ke arah Jardin des Plants, yang dimana hampir tidak ada satu kota pun yang tidak memiliki kedai kopi / kafe.

Penyebaran Kafe / Coffe House di Eropa ini terjadi melalui jalur perdagangan, ke wilayah italia yang dikenal dengan sebutan Caffe yang hanya berbeda penulisan saja. Yang kemudian pada tahun 1839 muncul kata cafetaria dalam bahasa Amerika English yang berasal dari bahasa Mexican Spanish untuk menyebutkan sebuah kedai kopi.

Resep Minuman Cafe

Milo On Top

Bahan-Bahan

  • 3-4 bungkus Milo
  • 1 sendok makan gula pasir
  • ¼ gelas air panas
  • ½ gelas air dingin atau air biasa
  • Es batu secukupnya

Langkah-Langkah

  1. Masukkan 2½ atau 3 bungkus Milo ke dalam gelas yang sudah disiapkan. Tambahkan gula pasir serta air panas, lalu aduk sampai Milo nggak menggumpal.
  2. Tuangkan air dingin atau air biasa ke dalam larutan Milo. Aduk sampai tercampur rata.
    Masukkan es batu secukupnya sesuai seleramu.
  3. Taburkan Milo yang tersisa ke dalam gelas. Kali ini, nggak perlu kamu aduk.
  4. Yuhuuu! Milo on top-nya sudah jadi! Saat kamu meminumnya nanti, Milo yang ditaburkan memang akan menggumpal karena nggak bisa larut. Tapi, justru itu yang menjadi cita rasa dari minuman ini; nggak hanya segar dan manis tetapi juga sedikit crunchy karena gumpalan Milo taburannya.

Mocca Frappuccino

Bahan-Bahan

  • 2 sendok makan kopi bubuk
  • 2-3 sendok makan sirup cokelat
  • 100 ml air mendidih
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 100 ml susu putih cair
  • 1 gelas es batu

Langkah-Langkah

  1. Seduh kopi bubuk dengan air mendidih. Aduk rata, lalu saring untuk membuang ampasnya, dan simpan selama 8-10 menit di dalam kulkas.
  2. Masukkan es batu, kopi dingin, susu cair, gula, dan sirup cokelat ke dalam blender. Halus dan campurkan semua bahan tersebut selama 20-30 detik atau sampai lembut.
  3. Tuang deh ke dalam gelas saji.

Iced Taro Latte

Bahan-Bahan

  • 2 sendok teh bubuk taro; warnanya ungu
  • 240 ml susu putih cair; bisa kamu ganti dengan susu almond atau susu kedelai
  • Gula pasir sesuai selera
  • 100 ml air hangat
  • Es batu secukupnya

Langkah-Langkah

  1. Larutkan bubuk taro menggunakan air hangat. Kocok selama 30 detik sampai permukaannya berbuih.
  2. Masukkan susu ke dalam botol atau tempat minum. Tutup rapat kemudian kocok sekitar 1 menit untuk membuat buih di permukaannya.
  3. Siapkan es batu secukupnya ke dalam gelas. Tuangkan larutan taro, gula pasir, dan susu yang sudah dikocok.
    Aduk rata semua bahan di dalam gelas tersebut.

Resep Cappuccino Latte

Bahan-Bahan :

  • 3/4 cup kopi Perancis
  • 2 cup susu tawar
  • 2 sdm coklat
  • bubuk coklat secukupnya

Langkah-Langkah :

  1. Siapkan blender. Seduh kopi dalam blender menggunakan air panas secukupnya. Setelah itu nyalakan blender dan blender hingga kopi berbusa.
  2. Panaskan susu dan coklat di dalam wajan sampai mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya supaya susu tidak pecah dan coklat tidak menggumpal.
  3. Tuangkan susu coklat tadi ke mangkuk. Setelah suhunya agak hangat, Anda bisa mengaduknya menggunakan mikser sampai tercipta busa yang cukup banyak.
  4. Tuangkan kopi ke dalam cangkir saji. Berikutnya tuangkan juga susu coklat di atasnya. Taburkan bubuk coklat untuk mempercantik tampilan minuman ini.

Bisnis Cafe

resep minuman cafe

Keberadaan Kafe / cafe makin lama makin menjamur. Selain mall sebagai tempat jalan-jalan dan ngadem-nya masyarakat perkotaan, cafe menjadi alternatif tempat nongkrong dan ngrumpi. Di Jakarta sana , setidaknya ada lebih dari 300 cafe yang sedang beroperasi. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia,

Jumlah kafe serta restoran di wilayah Surabaya pun tumbuh pesat sebesar 15-20% pada tahun 2012, dan akan terus meningkat. Begitu juga dengan cafe-cafe yang ada di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Makassar, Yogyakarta, serta Denpasar, yang bukan main banyaknya. Semua ini menandakan bahwa bisnis ini cukup diandalkan dan menjanjikan.

Berbicara dan melihat perkembangan bisnis kafe yang cukup pesat saat ini, tentu tidak bisa dilepaskan dari asal-usul munculnya bisnis ini di Indonesia. Dan bisnis cafe bermula dari minuman dengan kata-kata yang mirip, yaitu kopi. Ide untuk memodernkan cara meminum kopi memang bukan asli dari wilayah Indonesia.

Gagasan ini diawali dari langkah bersejarah dari kemunculan Starbucks, yang kemudian membuat masyarakat berpikir bahwa minum kopi pun bisa terlihat berkelas dan ‘wah’. Begitu juga ketika Starbucks hadir di Indonesia. Ide brillian warung kopi kelas atas inilah yang lalu diadaptasi oleh masyarakat.

Sejak saat itu, berbondong-bondong lahir cafe-cafe yang menyuguhkan kopi dengan suasana yang modern. Harga yang jauh lebih mahal dari kopi sachet pun akhirnya bisa ditoleransi dengan alasan kenyamanan dan standard gaya hidup tingkat tinggi yang ingin dimiliki oleh semua orang.

Terus membaca resep minuman cafe 🙂

Tren Bisnis Warung Kopi

Perlahan namun pasti, acara ngopi di cafe menjadi bagian dari gaya hidup, yang tanpanya seakan membuat kita menjadi kurang gaul dan bahkan terkesan kampungan. Aktivitas ini kemudian menjadi ajang kumpul-kumpul dengan kolega, teman kuliah, arisan, reuni, ngobrol soal bisnis, curhat, dan bahkan meeting.

Tapi, lebih dari itu, sebenarnya kini cafe telah menjadi bagian dari identitas serta eksistensi masyarakat pecintanya. Kopi pun menjadi lebih membaur lagi dengan banyaknya variasi minuman ini, mulai dari pencampuran dengan coklat, susu, krimer, es, dan gula.

Ditemani dengan aneka makanan ringan seperti puding, kue, dan bermacam-macam roti yang menemani suasana santai, semakin membuat kegiatan menyesap kopi menjadi lebih elegan. Semua itu untuk memfasilitasi mereka yang ingin turut serta menikmati gaya hidup mewah dan seni minum kopi.

Suasana seperti ini kemudian menjadi peluang yang lebih besar bagi orang-orang yang tergiur manisnya bisnis cafe. Mereka berpendapat bahwa selama masyarakat tidak keberatan dengan harga yang mahal dan menginginkan gaya serta kenyamanan, maka bisnis cafe bisa dikembangkan.

Cafe pun menjamur. Tidak hanya fokus pada menu kopi, cafe mulai memperluas lingkup pada menu-menu yang lain. Kini, bisa kita temukan cafe yang khusus menyajikan menu es krim, hasil olahan susu, cafe yogurt, coklat, brownies, cookies, serta masih banyak lagi menu-menu yang disajikan di tempat makan yang memiliki konsep cafe.

Bisnis Warung Kopi Serta Analisis Modalnya

Kopi itu sendiri merupakan sejenis minuman yang terbuat dari hasil pengolahan dan juga ekstraksi biji tanaman kopi. Biji ini sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu untuk dihaluskan dan dijadikan bubuk. Selain sebagai minuman teman santai, kopi juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh.

Di antaranya adalah dapat mengurangi risiko kanker, mencegah diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, minuman hitam ini juga dapat mengurangi nyeri kepala dan memperbaiki suasana hati.

Walaupun demikian, banyak pula yang menyebut bahwa kopi merupakan salah satu jenis minuman yang kurang baik bagi kesehatan.

Kandungan kafeinnya diyakini dapat memberikan efek negatif pada tubuh. Namun, dengan porsi yang sesuai, kopi bisa memberi banyak manfaat bagi manusia, yang salah satunya seperti yang disebutkan di atas.

Kebiasaan Minum Kopi

Pada tulisan ini akan membahas analisa modal dan potensi keuntungan warkop. Akan tetapi, sebelum menuju ke pembahasan tersebut, ada baiknya diketahui penjelasan tentang kebiasaan minum kopi, yang ternyata sudah ada sejak lama.

Pada zaman dahulu, kopi merupakan minuman yang identik dengan kaum laki laki dewasa. Rasanya yang pahit menjadikannya cenderung tidak disukai kaum hawa dan para remaja.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan minum kopi ini hampir dilakukan semua kalangan. Mulai dari orang tua, kalangan dewasa, remaja, bahkan anak-anak muda, baik laki-laki atau perempuan, telah menjadikan minum kopi sebagai salah satu hobi atau kebiasaan dan telah berkembang menjadi bagian pola hidup masyarakat.

Pengolahan dan Penyajian Kopi

resep minuman cafe

Cara pengolahan serta penyajian kopi yang cenderung mudah, kini telah tersedia banyak varian pada kopi. Jenisnya pun beragam, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk kebutuhan komersial lainnya.

Kopi juga merupakan jenis minuman yang dapat disajikan dengan kombinasi berbagai campuran bahan lain seperti krim, susu, atau toping, yang menjadikannya semakin menarik dan menambah cita rasanya. Tak heran jika saat ini, kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat.

Semakin meningkatnya penggemar kopi telah membuka peluang bagi mereka yang memiliki jiwa usaha untuk merambah bisnis warkop.

Konsumen yang hampir selalu ada dan meningkat dari waktu ke waktu membuat usaha ini kian diminati. Keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ini pun cukup menjanjikan dan prospek ke depannya dinilai cukup bagus.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Warkop

Sebelum kalian mencoba menjalankan usaha yang satu ini, Alangkah baiknya kalia mencermati terlebih dahulu analisa modal dan potensi keuntungan warkop yang ada di bawah ini sebagai gambaran berapa sekiranya biaya awal yang dibutuhkan dan juga proyeksi keuntungan yang bisa diperoleh ke depannya.

Modal Awal Usaha Bisnis Warung kopi

  • Investasi Peralatan yang dibutuhkan
  • Mesin kopi Rp8.500.000,00 (delapan juta limaratus ribu rupiah)
  • Cup sealer Rp800.000,00 (delapan ratus ribu rupiah)
  • Peralatan dapur Rp700.000,00 (tujuratus ribu rupiah)
  • Bahan baku kopi Rp2.500.000,00 (duajuta limaratus ribu rupiah)
  • Total Modal Awal Rp12.500.000,00 (duabelas juta limaratus ribu rupiah)
  • Estimasi Penjualan : Dengan perkiraan penjualan per hari mendapatkan pelanggan 90 cup dengan harga per
  • kopi Rp3.500,00, maka dapat dihitung perkiraan pendapatan setiap bulannya dengan formula berikut ini.

Pendapatan per bulan = Pendapatan per hari x 30 hari kerja
= (90 x Rp3.500,00) x 30
= Rp315.000,00 x 30
= Rp9.450.000,00 (sembilan juta empat ratus limapuluh ribu rupiah)

Biaya Tetap per Bulan : Dalam melakukan perhitungan analisa modal dan potensi keuntungan warung kopi, estimasi biaya tetap per bulan juga menjadi hal yang sangat penting untuk meminimalisisasi kerugian yang ditimbulkan di kemudian hari.

Tambahan

  • Sewa tempat usaha 1 Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah)
  • Gaji karyawan 2 Rp550.000,00 (llimaratus limapuluh ribu rupiah)
  • Listrik 1 Rp250.000,00 (duaratus limapuluh ribu rupiah)
  • Air 1 Rp200.000,00 (duaratus ribu rupiah)
  • Depresiasi mesin 1 Rp30.000,00 (tigapuluh ribu rupiah)
  • Depresiasi peralatan dan tempat 1 Rp120.000,00 (seratus duapuluh ribu rupiah)
  • Total Biaya Tetap Rp2.700.000,00 (duajuta tujuratus ribu rupiah)
  • Biaya Variabel per Bulan : Selain biaya-biaya pokok yang berada di atas tadi, Anda juga perlu menghitung
  • biaya variabel yang perlu dikeluarkan untuk menunjang usaha warung kopi ini. Berikut adalah rinciannya.

Bahan-Bahan

  1. Teh Rp350.000,00 (tigaratus limapuluh ribu rupiah)
  2. Gula Rp650.000,00 enam ratus limapuluh ribu rupiah)
  3. Air bersihRp200.000,00 duaratus ribu rupiah)
  4. Cup dan plastikRp1.000.000,00 (satujuta rupiah)
  5. Total Biaya Variabel Rp2.200.000,00 (duajuta duaratus ribu rupiah)
  6. Potensi Keuntungan Dari Bisnis Warung Kopi
  7. Rumus untuk menghitung keuntungan dari usaha warung kopi adalah ( Pendapatan per bulan dikurangi Biaya per bulan).

= Rp9.450.000,00 – (Rp2.700.000,00 + Rp2.200.000,00)
= Rp9.450.000,00 – Rp4.900.000,00
= Rp4.550.000,00 (empat juta limaratus limapuluh ribu rupiah)

Dengan keuntungan yang bisa diperoleh per bulan cukup menggiurkan bukan?, tak akan butuh waktu lama untuk mengembalikan modal awal Anda untuk memulai usaha warung kopi ini.

Perlu diingat bahwa perhitungan di atas hanyalah sebagai gambaran tentang usaha warung kopi ini. Hasil yang diperoleh bisa lebih besar atau bahkan lebih kecil, tergantung situasi dan kondisi lingkungan usaha tersebut.

Strategi Marketing

Selain menu dan konsep tata ruang, cafe juga harus didukung dengan strategi marketing yang maksimal. Apalagi di kota-kota besar, tempat bisnis hiburan tumbuh pesat, promosi dan taktik pemasaran wajib dikuasai.

Tidak hanya promo di momen-momen yang special saja, cafe juga kerap menghadirkan entertainment tambahan melalui serangkaian event serta paket-paket khusus. Tidak jarang, pengelola bersedia memberikan space secara gratis, bahkan sengaja menyewa Event Organizer untuk menyiapkan event sebagai daya tarik pengunjung.

Pengelola juga membuat harga paket khusus untuk acara tertentu, misalnya ulang tahun. Memang, jika tidak pandai-pandai mengelolanya, bisa dipastikan cafe tersebut akan tenggelam, seperti yang sering terjadi di banyak cafe yang hanya modal nekat.

Cukup sekian yang dapat saya tuliskan tentang resep minuman cafe, semoga resep minuman cafe ini dapat bermanfaat untuk kalian para pembaca serta dapat mempraktekkannya sendiri dirumah masing masing, terimakasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini 🙂