Rumah Mesin kembali mengirimkan puluhan mesin ke salah satu daerah di Indonesia. Kali ini puluhan mesin tersebut dikirimkan ke Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur, Senin (21/10/2019). Pengiriman tersebut menggunakan sebuah kontainer. Adapun mesin yang dikirimkan adalah mesin pengolah sorghum yang terdiri dari 14 Mesin Perontok Multifungsi, 14 Mesin Penggiling Sorghum, dan 14 mesin penepung.

Persiapan Pengiriman Mesin

Mesin-mesin tersebut merupakan salah satu pengadaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu. Tujuan dari pengadaan mesin tersebut adalah untuk membantu masyarakat di daerah Kabupaten Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur agar mampu mengembangkan hasil alam mereka dengan lebih maksimal.

Mesin Perontok Multifungsi sendiri merupakan alat atau mesin yang digunakan untuk memipil beberapa jenis biji-bijian seperti jagung, sorghum, kedelai, dan kacang. Dengan menggunakan mesin perontok multifungsi ini akan mempermudah para petani maupun user mesin dalam memipil biji jagung, sorghum, kedelai, dan kacang. Untuk penggunannya akan lebih mudah apabila jagung, sorghum, kedelai, dan kacang sudah dalam kondisi kering.

Teknisi Menaikkan Mesin ke dalam Kontainer

Sementara itu, untuk mempermudah mengolah sorghum menjadi beberapa produk makanan, mesin yang dibutuhkan selanjutnya adalah mesin penggiling sorghum. Mesin penggiling sorghum merupakan mesin yang dapat digunakan untuk menghancurkan ukuran sorghum yang telah dipipil atau dirontokkan dengan mesin perontok multifungsi.  Hasil olahan dari sorghum yang telah digiling sudah bisa digunakan. Apabila ingin hasil yang lebih lembut seperti tepung maka bisa menggunakan mesin penepung.

Sedangkan mesin penepung merupakan mesin yang digunakan untuk menghaluskan hasil gilingan biji-bijan menjadi lebih halus lagi seperti tepung pada umumnya. Untuk mesin penepung sendiri dapat digunakan untuk menghaluskan biji-bijiang seperti jagung, beras, singkong, rempah-rempah, gula semut, dan bahan obat-obatan.

Rumah Mesin juga menyediakan mesin lainnya yang dapat mempermudah produksi UKM sehingga produksi tidak lagi dengan cara manual, tetapi dengan mesin yang akan lebih cepat dan efisiensi waktu. Adapun mesin-mesin yang tersedia di rumah mesin antara lan mesin pengolahan kelapa terpadu, mesin pengolahan makanan, mesin pertanian/perkebunan, mesin peternakan dan perikanan, serta mesin kemasan.